Bahasa Inggris di Bali dan di Mana Tempat Belajarnya

Bali sudah menjadi heaven on earth sejak masa kolonial. Promosinya sangat gencar. Tradisi, budaya dan manusianya sangat menarik. Setelah seratusan tahun berlalu, masih selalu menjadi angan-angan masyarakat dunia di mana pun berada untuk berkunjung ke Bali. Tak mengherankan jika bahasa Inggris seakan menjadi bahasa kedua yang harus dikuasai oleh warga Bali. 





Kenapa bahasa Inggris? Tentu saja karena bahasa Inggris adalah bahasa global di dunia. Bahasa dengan pemakai terbanyak. 

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat diminati di Bali, terutama yang ingin bekerja di bidang industri pariwisata. Warga Bali yang bisa berbahasa Inggris juga lebih banyak daripada di daerah lain di Indonesia. 

Sejalan dengan perkembangan pariwisata di Bali, yang sudah sejak lebih dari 100 tahun lalu itu, muncullah beberapa variasi bahasa Inggris di Bali. Istilah akademisnya adalah pidgin, atau suatu istilah yang umum digunakan untuk suatu bahasa yang banyak digunakan di suatu wilayah yang bukan merupakan penutus asli. Bahasa tersebut berkembang sebagai sarana komunikasi antara orang-orang yang tidak punya bahasa yang sama. Hal ini memunculkan variasi bahasa.

FYI, di Bali setidaknya ada 6 pidgin atau variasi bahasa Inggris yang berkembang, akibat terjadinya kontak dekat antara bahasa daerah Bali dengan penutur asing. Intensitas kontak tersebut sangat tinggi. Hal ini membuat munculnya semacam bahasa baru yang dipahami bersama, bagi yang paham tentunya, karena tidak sesuai dengan kaidah bahasa Inggris yang ada. Bahkan ini bisa masuk ke dalam penyimpangan bahasa.

Jadi bisa dikatakan meski penggunaan bahasa Inggris di Bali sangat tinggi namun bukan bahasa Inggris yang benar dan terstruktur. Selama masih berada di Bali atau di wilayah nusantara, atau maksimal di wilayah yang sama-sama menganggap bahasa Inggris adalah bahasa asing, maka penguasaan bahasa Inggrisnya masih bisa dikatakan aman. Karena prinsip komunikasi adalah kedua belah pihak sama-sama memahami.


Mereka yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris

Kebutuhan akan tenaga kerja yang bisa berbahasa Inggris di Bali sangat tinggi. Lazimnya para pelaku usaha pariwisata dan industri pendukungnya ingin usahanya maju dan mampu bersaing dengan sesama pelaku usaha, dan bahasa ini adalah pengantar yang baik. Bahkan mungkin bisa dimasukkan sebagai lingua franca atau bahasa pergaulan antar golongan tertentu yang konsern di bidang ini. 



Efektivitas komunikasi dan peningkatan ekonomi di Bali tak lepas dari kemampuan berbahasa asing yang menjadi bahasa global. Hal ini secara tidak langsung menjadi sinyal bagi para pelaku dunia pendidkan untuk merespon kebutuhan. 

Bayangkan saja, di Bali, semua pekerjaan yang terkecil dan paling sepele pun sebaiknya bisa berbahasa Inggris, demi hospitality bagi para tamu. Agar para wisatawan serasa berada di rumah dan nyaman bertanya kapan saja di mana saja sehingga kegiatan berwisatanya menjadi optimal.

Peramu saji adalah pekerjaan yang paling banyak menyerap pembelajar bahasa Inggris, dan menjadi profesi yang sangat banyak diserap oleh industri pariwisata. Guide juga menjadi profesi yang banyak dibutuhkan. Biasanya guide merupakan pekerjaan lepas yang dilakukan saat ada tamu. Saya adalah contoh guide yang ada di kota saya. Bedanya saya adalah guide furniture. 

Seperti yang saya katakan sebelumnya, di Bali, ada banyak sekali pekerjaan yang menuntut penguasaan bahasa Inggris dengan baik.  Penyerapan tenaga kerja berbasis bahasa Inggris amat sangat tinggi. Anak-anak di Bali sejak TK sudah familiar dengan bahasa Inggris, dengan aneka variasinya, sesuai lokasi tinggal. 

Tapi, dunia kerja lebih mengapresiasi penguasaan bahasa Inggris yang baik dan benar. Tak sekadar bisa, atau menggunakan bahasa pidgin-Inggris. Kebutuhan dan tuntutannya lebih banyak. Mereka ini butuh tempat kursus bahasa Inggris yang bagus, kalau bisa yang terbaik.


Pakai bahasa Inggris yang benar

Suka atau tidak, bahasa adalah citra diri. Orang Jawa mengatakan, ajining diri ana ing lathi. Citra seseorang ditunjukkan oleh kemampuannya menggunakan bahasa dengan tepat. Ini bukan hanya tentang struktur bahasa yang benar, namun juga makna dan ketepatan penggunaan kata. Termasuk manner juga. Kalau dalam bahasa Jawa, itu termasuk ketepatan menggunakan level bahasa Jawa yang secara umum terbagi menjadi tiga itu; krama, madya, ngoko. Di Bali juga ada pelevelan bahasa Bali bahkan bisa dikatakan ketat, karena sistem kasta masih banyak yang mempertahankan.

Kita bisa merasa lega karena bahasa Inggris sebagai lingua franca tidak mengenal kasta bahasa. Namun demikian, secara umum pemilihan kata juga mewakili status literasi seseorang. Kalau berkomunikasi dengan pidgin, bisa dikatakan masih belum 'tersentuh' kursus bahasa Inggris yang bagus. 

Kalau butuh saran tempat kursus bahasa inggris Denpasar yang bagus kualitasnya, English Academy Center Mahendradatta tempatnya. Lokasinya Jl. Mahendradatta, Desa Padangsambian, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80119.



English Academy Center Mahendradatta

Ruangguru sebagai platform belajar yang inovatif dan akomodatif tahu benar kebutuhan bahasa Inggris di dunia usaha. Apalagi dunia wisata. Bahkan bisa dikatakan di semua bidang usaha, karena sebagai guide asal Jepara pun, saya beberapa kali terbang ke Bali dan Lombok untuk menemani tamu.

Untuk warga Bali, yang ingin bisa berbahasa Inggris dengan baik, yang ingin tempat kursus bahasa Inggris bonafide, English Academy Center Mahendradatta adalah tempat yang terbaik. Standar Ruangguru Learning Center. Tempatnya menjadi satu dengan Brain Academy Center.

Sistem belajarnya adalah tatap muka alias seperti kursus pada umumnya. Tentu saja dengan fasilitas yang plus plus. Pembelajar di sana mulai dari usia sekolah dasar sampai usia dewasa. Usia memang tidak dibatasi, namun dibagi dalam kelas-kelas sesuai projek yang ditawarkan. Tentu saja ada level-level yang ditentukan menggunakan pretest agar pembelajar masuk di kelas yang tepat dengan kebutuhannya. 

Kalau bicara fasilitas, saya sudah pernah menulis di artikel Kurikulum Kursus bahasa Inggris berstandar internasional. Kelasnya juga memiliki 4 jenjang, yaitu:

Runner: 7-10 Tahun

Sprinter: 11-14 Tahun

Ranger: 15-18 Tahun

Explorer: 18+ Tahun


Fasilitas kursus di English Academy Center Mahendradatta Bali

English Academy Center adalah kursus Bahasa Inggris luring/tatap muka dengan pengajar bersertifikat dan fasilitas serta sistem terbaik. Level profisiensi inggris yang sesuai dengan CEFR (Common European Framework of Reference) mulai dari level A1 hingga B2. 

Fasilitas untuk pembelajar adalah: 

  1. Kelas yang nyaman berbasis interaksi sosial dengan metode tatap muka terjadwal
  2. Cozy lounge
  3. Sterilisasi berkala
  4. Aktivitas belajar seru
  5. Fasilitas belajar modern
  6. Guru bersertifikat dan professional
  7. Menggunakan kurikulum Cambridge yang mencakup pembelajaran mengenai budaya lokal dan dunia dengan menggunakan bahasa Inggris
  8. Kapasitas kelas max. 15 siswa
  9. WiFi
  10. Modul cetak menggunakan kurikulum berstandar internasional
  11. Laporan belajar berkala
  12. 1 on 1 EA Clinic
  13. Latihan soal

Tiga belas fasilitas di atas merupakan standar yang harus ada di English Academy mana pun termasuk di Mahendratta Bali. Ruangannya sudah pasti ber-AC dan nyaman untuk tacit knowledge antar peserta kursus, saling mengembangkan networking. Tempat duduknya memang didesain kekinian dan nyaman, dengan banyak terminal power di tempat yang tepat sehingga saat kehabisan baterai pun bisa sambil kenalan dengan yang sedang di sana. 

Jangan khawatir untuk berlama-lama di sana meski masih di penghujung pandemi. Standar kesehatannya bagus. English Academy Center Mahendradatta Bali sangat memperhatikan prokes sesuai yang berlaku saat ini, yaitu: 

  1. Wajib menggunakan masker di area gedung
  2. Cek suhu tubuh sebelum memasuki gedung
  3. Rutin mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer
  4. Menjaga jarak fisik 1-2 meter
  5. Dilarang berkerumun di dalam gedung dan kelas
  6. Segera meninggalkan gedung jika kegiatan sudah selesai

Oh iya hampir lupa, ada English Club untuk semua pelajar di sana, sehingga komunikasi dengan semua angkatan bisa terjalin. Bisa latihan bersama di luar kelas, bahkan boleh bikin projek bareng seperti kunjungan ke mana. 


Mau tahu berapa biayanya? Berikut Harga Paket English Academy Center Mahendradatta Bali:

Runner 3 Bulan Rp. 5.250.000,-

Runner 6 Bulan Rp. 10.000.000,-

Runner 9 Bulan Rp. 13.500.000,-

Runner 12 Bulan Rp. 16.000.000,-


Bingung masuk kelas mana? Ada placement test, kok. Tujuannya untuk mengetahui level dan kelas yang tepat. Berikut alamat dan narahubungnya:

English Academy Center Mahendradatta, Denpasar

Alamat: Jl. Mahendradatta, Desa Padangsambian, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80119

Jam operasional: Senin – Jumat : 09.00 – 21.00 WITA, dan Sabtu : 10.00 – 18.00 WITA

Nomor WhatsApp: 0813 3889 4974


16 Komentar

  1. Bali menjadi kota yang dipenuhi dengan turis enggak heran kalau perlu belajar bahasa Inggris, eh tapi di zaman sekarang penting untuk mengusai bahasa Internasional ini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. kalau di Bali memang keahlian berbahasa inggris itu sudah seperti menjadi bahasa wajib karena banyak sekali turis dari manca negara yang datang ke Bali

    BalasHapus
  3. Sebagai kota wisata memang kemampuan berbahasa Inggris jadi salah satu kebutuhan penting di Bali, terutama buat mereka yang bekerja di bidang pariwisata. Senangnya ada tempat belajar yang memfasilitasi kebutuhan ini dengan harga terjangkau ya

    BalasHapus
  4. Kalo belajar bahasa Inggris di ruang guru yg lokasinya di Bali kayaknya mendukung banget... Secara kalo di Bali itu banyak bule nya, sehingga praktiknya lebih mudah.

    BalasHapus
  5. Belajar bahasa asing, akan lebih lancar kalau sekalian dipraktikkan ya kak. Dan belajar bhs English di Bali, pas banget.

    BalasHapus
  6. Udah pas banget ini judul tulisan. Karena dari hasil belajar bisa langsung dipraktekan nantinya ya mba, secara bali banyak bule bule datang kan

    BalasHapus
  7. Baru tahu di Bali ada 6 pidgin atau variasi bahasa Inggris ... perlu juga belajar kembali untuk mengetahui aspek2 yang tepat dalam berbahsa Inggris ... untuk di Bali ada English Academy Center Mahendradatta.

    BalasHapus
  8. Thanks mba Susi ini lengkap bgt informasinya, pas buat yang sedang cari tempat les bahasa Inggris terbaik dengan kualitas yang baik di Bali

    BalasHapus
  9. bagus banget ini tempat belajar bahasa inggrisnya. kalau ada di kota saya akan masukan anak untuk belajar english di sini. apalagi biayanya lumayan terjangkau

    BalasHapus
  10. Pidgin ini mungkin kalo di Singapura, kayak BHS Inggris mereka yg biasa disebut singlish ya mba?

    Tiap kali ke Bali, aku salut Ama banyak orang lokalnya yang memang menguasai BHS Inggris. Tapi mungkin Krn aku seringnya stay di hotel, jadi kemampuan bahasa Inggris staffnya ga sekedar pidgin sih. Memang menguasai .

    Sering denger pas mereka bicara dengan bule2 di hotel

    Oh jadi English academy centre ini bagian dari Ruang guru ya mba? Bbrp kali baca testimoni dari teman2 yang pernah belajar dari ruang guru, metode pembelajarannya memang bagus dan interaktif. Ga membosankan . Jadi aku yakin memang bagus sih. Dan untuk kursus bahasa, aku memang lebih suka yg tatap muka drpd online

    BalasHapus
  11. Lumayan lumayan, 3 bulan 5 jutaan ya mbak. Tapi percaya deh kalau ruang guru kan udah punya nama harusnya kualitas sepadan ya

    BalasHapus
  12. Belajar bahasa Inggris udah menjadi keharusan ya, apalagi jaman now biar memudahkan juga ketika lulus nantinya untuk melamar kerja

    BalasHapus
  13. Sekarang Bahasa Inggris seolah menjadi keharusan ya mbak. Bahkan ketika mau lulus kuliah saja harus lulus TOEIC dulu. Nah, di Bali ini kemampuan berbahasa Inggris juga sangat dibutuhkan karena Bali merupakan destinasi wisata dari seluruh dunia.

    BalasHapus
  14. Belajar bahasa Inggris di English Academy Center Mahendradatta kota Denpasar, Bali ya. Pingin belajar terus meski udah lulus sekolah ada kelas explorer 18+ ya, agar semakin lancar cas-cis-cus nya ya

    BalasHapus
  15. Course nya bakal rame banget ini mah, karena Bali dikelilingi wisata Mancanegara.

    BalasHapus
  16. Pengen banget belajar bahasa Inggris, biar kalau main ke luar negeri gak bingung sih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)