Seperti Apa Sih Ciri Bimbel yang Bagus?

Masih semangat di tahun ajaran 2022/2023, dan kali ini saya harus sekolah lagi, alias menunggui Gi belajar di dalam kelas. Tahun ini ia masuk PAUD, dan sampai bulan Oktober masih meminta ditunggui. Hiks.... antara ga enak hati dan bahagia bisa keluar sangkar tiap pagi. Ups...

Seperti Apa Sih Ciri Bimbel yang Bagus


Ya, diambil senangnya saja daripada sedihnya. Setidaknya seminggu tiga kali saya berpakaian rapi dan dandan cantik untuk ke sekolah. Lainnya dianggap enteng agar anak juga makin nyaman di kelas dan mau ditinggal. Lagian masih ada 4-5 anak yang setipe dengan Gi. Jadi, saat ada mamah-mamah yang bilang, “Sekolah lagi, kita....” sesekali diiringi senyum saling menguatkan.

Masih dengan semangat membara di tahun ajaran 2022/2023, anak-anak yang lebih besar juga sudah mulai sibuk cari bimbel atau bimbingan belajar. Sudah bulan keempat, pelajaran makin berat. Penjelasan di kelas bisa jadi kurang masuk padahal target capaian nilai tinggi. Nah, yang seperti ini, cocok banget kalau mampir ke Rumah Susindra yang punya cerita tiga anak laki-lakinya, yang saat ini menjadi pelajar PAUD, anak SMP kelas IX dan SMA kelas XII. Komplit, dah, kalau ada satu anak lagi yang SD. Anak tetangga....


Bimbel yang bagus

Bicara bimbel, nih, kalau melihat sekilas atau baca rekomendasi sana-sini, semuanya bagus, ya. Banyak fasilitas, metode belajar, dan tempat yang nyaman. Biasanya tenaga pengajar atau mentor jarang disebut dalam prasyarat mencari bimbel karena sudah masuk ke kualitas bimbelnya. Padahal mentor juga sangat penting. 

Selain itu masih ada fitur, layanan, skill tambahan, dan lainnya yang harus diperhatikan. Misalnya, psikotes, pemetaan kekuatan-kelemahan siswa, public speaking, dan lainnya. Ada lho, bimbel yang memberikan semua itu termasuk smart classroom yang super lengkap.

Kalau mau tahu, baca artikel seperti apa sih bimbel yang bagus itu dari awal sampai akhir. Boleh banget dicatat juga.


Ganesha Operation

Bicara tempat bimbel bagus, saya teringat pada Ganesha Operation yang ada di kota saya. Sudah cukup lama ada dan jadi andalan. 

view Brain Academy Center Vs Ganesha Operation


Kalau menurut analisa omtelolet.com, berikut keunggulan Ganesha Operation:

  1. Pengajar berkualitas melalui seleksi yang ketat
  2. Punya fasilitas Tutorial Service Time, sehingga ada pendampingan belajar tambahan di luar KBM rutin.
  3. Ada Try Out dan evaluasi prestasi belajar.
  4. Ada Psikotes untuk mengetahui potensi, minat, bakat, keunggulan,  bahkan kendala belajar.
  5. Tersedia Racing atau kelas adu kemampuan dengan teman. 
  6. Buku Penunjang Belajar lengkap dengan latihan soal
  7. Ada Meeting on Maximing Motivation
  8. Punya Evaluasi, Remedian, dan Enrichment
  9. Go kreasi, yakni soal-soal try out, quiz, evaluasi prestasi, dan sebagainya.

Kalau diperhatikan sudah lengkap ya. Sudah masuk dalam ciri bimbel yang bagus. Sangat bagus, malah. Tapi saya mau compare dengan new comer di bidang perbimbelan yang sedang sangat digemari di masa sekarang. 

Pasti tahulah Brain Academy. Bimbel ofline-nya bernama Brain Academy Center. Memang dari online ke ofline dan kelasnya punya fasilitas kombinasi keduanya.


Brain Academy Center

Brain Academy pasti sudah banyak yang tahu. Sudah sejak sebelum pandemi, tapi dapat momentum di masa kita semua masuk dalam 'pingitan corona'. Sekolah dari rumah atau BDR, dengan segala dinamikanya. Paling banyak di kesiapan guru sebagai pendidik dalam menjalankan tugasnya. Saya tahu banget karena dua anak saya kebetulan kelas VII dan IX saat BDR, dan bagaimana seleksi kualitas guru terjadi secara alami. Makanya, bimbel menjadi sangat dibutuhkan.

Kalau versi online-nya sudah banyak diketahui. Bagaimana dengan bimbel Brain Academy Center? Oh, oh, oh, padahal tempat bimbelnya amat sangat bagus dan representatif, lho. Juara! 

Tahun ini Brain Academy Center sudah hadir di 36 cabang di Indonesia. Melihat kecepatan penambahannya, bakalan seru kalau diadu dengan kompetitor kuatnya, Ganesha Operation. Sambil menunggu ada di kota kamu.... Saya yakin tak lama lagi.

view Brain Academy Center Vs Ganesha Operation


Keunggulan Brain Academy Center:

  1. Satu-satunya bimbel yang menawarkan kombinasi bimbingan belajar secara offline dan online
  2. Pengajar berkualitas dan pilihan terbaik, dari perguruan tinggi impian. Sebutannya Master Teacher.
  3. Memiliki fasilitas berupa smart classroom untuk mendukung pembelajaran digital yang lebih maksimal, yang juga dapat diakses oleh pelajar Brain Academy Center.
  4. Modul Lengkap dan try out Gratis
  5. Ada Klinik PR dan rapor bulanan
  6. Tersedia konsultasi gratis 
  7. Ada diagnostics test untuk pemetaan kekuatan dan kelemahan siswa. 
  8. Ada kelas pengembangan diri gratis dengan aneka softskill gratis untuk kesuksesan anak di masa depan di samping kemampuan akademis
  9. Ada aplikasi online dan komunitas belajar dengan ribuan pelajar lainnya. 
  10. Tempat belajar yang lebih nyaman dan representatif.
Sepuluh keunggulan di atas membuktikan bahwa Brain Academy Center merupakan tempat bimbel terbaik di Indonesia saat ini.

Mana yang lebih unggul?

Kalau merunut dan menyejajarkan keduanya, akan mudah diketahui bahwa Brain Academy Center lebih unggul dalam hal fitur, layanan, dan fasilitas. Bahkan seperti penyempurnaannya. Cocok banget dijadikan bimbel untuk persiapan UTBK tahun 2023 nanti.

Bisa dinalar juga kenapa lebih unggul, karena bicara mentornya saja, standarnya harus lulusan dari kampus impian segala umat manusia di Indonesia dan punya segambreng pengalaman di bidang mentorship. Jadi bukan hanya seleksi ketat saja. Saringannya sangat rapat. Dan para pengajar/mentor ini dipanggil Master Teacher. Berikut ini 3 master teacher terbaik pilihan para siswa saat ini: Kak Stenley dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kak Umam dari Universitas Indonesia dan Kak Pingkan dari Universitas Pendidikan Indonesia. 



Kualitas kelasnya juga sudah pasti sangat bagus, representatif, dengan lobby yang cocok untuk tacit knowledge antar pelajar. Nilai plus lainnya adalah, mengkombinasikan bimbel online dan ofline. Penjelasan sederhananya, ambil bimbel ofline, berbonus membuka fasilitas bimbel online. Baru Brain Academy Center yang punya fasilitas ini. Jadi, segala kebaikan Brain Academy didapatkan dalam satu tempat. 

Tapi keunggulan tersebut juga membawa konsekuensi logis yaitu jumlah yang harus dibayarkan. Lumayan mahal. Saya sudah pernah menulis keunggulan Brain Academy pada bulan Agustus 2022 lalu. Bahkan ada tawaran multy year untuk pengambilan kelas Brain Academy dalam 2-4 tahun. Potongan harganya sangat lumayan dan jadinya jauh lebih murah daripada bimbel sekelasnya. 

Keterangan foto: dari Google Map masing-masing bimbel.

28 Komentar

  1. Ya ampuuun GO masih ada yaaa. Aku ga pernah liat lagi di daerah rumahku mba. Kirain udh kalah saing dengan bimbel online yg makin banyak sekarang.

    Brain academy ini aku banyak baca testimoni bagus ttg mereka . Mungkin kalo ntr anakku udh besar, dan butuh bimbel, akupun LBH milih bimbel yg sudah punya nama dan track record jelas kayak mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOL, ada mbaaak
      bimbel zaman kita sekolah yak
      masih laris banget GO di dekat tempat mertuaku. Ruameee parkiran motornya, berarti masih laku kan, hehe
      kalau aku suka cari bimbel yang bisa online dan offline supaya fleksibel.

      Hapus
  2. Dulu sempat melirik GO, namun harga yang ditawarkan dulu cukup terlalu mahal jadi tidak disana dan akhirnya di Primagama

    BalasHapus
  3. Anakku udah Sma dan bbrp tmnnya juga pada sibuk ikutan BimBel
    Ini anakku blm mutusin mau join kapan sih, ada baiknya kami discuss dulu yak

    BalasHapus
  4. Aku dulu pas mau SPMB bimbel di GO lhoooo. Btw di aceh juga sudah ada brain academy. Kapan-kapan mau lihat-lihat program dari bimbel ini juga soalnya kelihatannya bagus banget.

    BalasHapus
  5. Brain Academy sebagus itu ya, Mbak.. dari segi fitur, fasilitas, dan layanan oke banget.. para mentornya juga berkualitas semua. Jadi gak ragu kalau mau ambil bimbel di sana. Tinggal siapin budgetnya aja.. hehehe.

    BalasHapus
  6. Anakku yang sulung Rafa kelas 12 les di GO nih, mbak. Dia merasa cocok bimbel di sana :D kelas 8 dan 9. Enaknya lagi pas mulai offline jadi lebih paham. Kalau Brain Cademy aku perhatikan bagus juga. Ya semua pasti tujuannya sama ya agar nilai2 lebih baik dan bisa mencapai sekolah lanjutan yang diinginkan.

    BalasHapus
  7. Widihhh ini penting bgt dibaca ortu jaman now.....apalagiii anakku udah SMA mba.
    Dia kudu makin serius belajar, persiapan utk kuliah ye kan
    Makasih mbaaa👌

    BalasHapus
  8. Ganesha Operation masih ada ya?sempat lihat banyak cabangnya ya di Indonesia. Menarik sekali ini mbk Brain Academy, mentornya benar-benar berkualitas dan fiturnya juga banyak ya

    BalasHapus
  9. Semangat sekolah lagi Mama Gi!

    Di Malang sudah ada brain academy center ini mbak, bahkan di kota kelahiran saya, Klaten pun juga sudah ada.

    BalasHapus
  10. Wah, dua ini berarti termasuk bimbel unggulan yaa. Brain academy udah sering denger sih, ternyata memang sebagus itu ya. Anak2ku belum ekspor bimbel gini nih. Kayanya kalau mereka sudah mulai ngebahas bimbel, bisa ya aku sarankan ke brain academy aja

    BalasHapus
  11. Bagus ya mba bisa online sekaligus offline. Pas dengan kondisi sekarang. Dan satu sisi pengajar ya juga terbukti bagus. Brain Academy emang programnya baik

    BalasHapus
  12. Ganesha Operation emang udah lama ada di kota kami, kalo Brain Academy aku malah baru tahu kalo ternyata ada juga. Anakku udah kerja semua, eh si bungsu masih mahasiswa nyambi kerja. Ada tetangga yang anaknya kursus di Brain Academy, mba. Dari blio lah aku tahu bimbel ini ada di sini

    BalasHapus
  13. Tempat bimbel selalu jadi andalan untuk orang tua mengatasi kesulitan ngajarin materi sekolah ya, alhamdulillah bisa diajarin di bimbel, ga semua ortu ahli di mata pelajaran sekolah yang sebanyak itu kan, semoga anak-anak terus semangat belajar dimana pun..

    BalasHapus
  14. aku anak GO jogja nih hahaha. Sekarang GO udah ada dimana-mana ya mak. Membantu juga untuk para siswa akhir untuk bisa tembus PTN

    BalasHapus
  15. Zaman sekarang bimbel online dan mudah dipahami karena menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak zaman sekarang yakni menggunakan media video seperti Brain Academy Center memang jadi rekomendasi banget yaah..

    Haturnuhun kak Susi.
    Butuh banget pertimbangan seperti ini. Karena zaman aku dulu, les di GO tuh kaya udah top banget, hahaha.. Segitunya yaa.. Soalnya selalu ada guru bimbel yang stay dan bisa ditanya-tanyain kalo ada soal yang kurang dipahami di sekolah.

    BalasHapus
  16. Dulu pernah bimbingan di GO. Aku jadi mengenang masa masa sulit cape lelah jaman SMA karena belajar dan les teruusss.

    Tapi penting sih memilih bimbingan yang bagus, agar terbantu juga dalam belajar

    BalasHapus
  17. Brain academy sudah ada di kotaku mbak. Rencana juga kayaknya anakku mau disana kalau udah kelas 12. Sekarang baru kelas 11.

    BalasHapus
  18. Menilik keunggulannya, Brain Academy pas nih buat dijadikan bimbel untuk persiapan UTBK tahun 2023 nanti untuk si Sulung. Memang mesti dilihat dulu ciri agar nemu bimbel yang bagus ya Mbak

    BalasHapus
  19. Bimbel atau bimbingan belajar emang kadang diperlukan untuk membantu anak memahami pelajaran sekolah ya mbak
    Oleh karena itu, harus pilih bimbel yang recommended

    BalasHapus
  20. GO akuu dulu les di sanaa sama prismagama sekarang mah sma cicilan cc (gusti ueni

    BalasHapus
  21. Brain academy nih bagus ya. Saya sering baca reviewnya. Sampai saya buat list survey tmp bimbel buat bocah nanti

    BalasHapus
  22. Kualitas mentor di Brain Academy juga bagus - bagus ya dari perguruan tinggi favorite. Jujur aja, kalau aku mau nyari pendidik anak - anakku, selain fasilitas dan kurikulum pastilah akan mempertimbangkan kualitas pengajarnya juga.

    BalasHapus
  23. Aduh ngomongin bimbel aku jadi keinget kepengen masukin si bujang ke bimbel. Pengennya ya bimbel offline. Buat persiapan ujian dan juga tes masuk PTN. Tapi masih nyari nih yang mana. Bingung. :D

    BalasHapus
  24. Aku baru tau ni bimbel Brain Academy. Ada kelas offline dan online. Ini yang paling enak. Lebi fleksibel. ENak banget ya kalau ikut kelas offline bisa ikut kelas online juga. Soal biaya emmm. Bimbel yang bagus emang maal sekarang ini ya. Emak tarik nafas ngurut dada.

    BalasHapus
  25. Anak-anakku bimbel di dekat rumah aja, itupun udah cape banget mereka karena sekolahnya pulang sore masih harus les.

    BalasHapus
  26. Seru ya mba, sekolah PAUd lagi. Aku sukaa banget kalo mba Susi story in Gi di WA atau di FB, gumuush banget gitu, hihi

    BalasHapus
  27. Wah aku baru tau keunggulan-keunggulan Brain Academy. Cocok buat nanti kalau mau cari bimbel buat anak aku sekolah hehe. Makasih infonya mbak!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)