Tak Sekadar HP Gaming, Tapi Juga Jadi Andalan Saat Bermain Game Secara Live Streaming

"Cari HP gaming yang kameranya bagus, kok susah amat, ya," kata seorang teman. "Seakan keduanya tidak bisa disandingkan."

Saya tersenyum saat membaca chat ini. Kalimat serupa tapi tak sama juga dilontarkan oleh suami. Reaksi saya saat itu juga sama.

Tak Sekadar HP Gaming, Tapi Juga Jadi Andalan Saat Bermain Game Secara Live Streaming


"Kalau beli HP gaming yang kameranya bagus itu, jangan membatasi budget," jawab saya. "Tak ada HP harga di bawah lima juta yang menawarkan keduanya. Paling minim dengan merk yang masih jadi tanda tanya, setidaknya menyiapkan uang sepuluh jutaan. Mending yang sudah pasti kualitas terbaiknya seperti ROG Phone Series."

"Yaaa.... tapi kan eman kalau beli HP semahal itu hanya untuk me time saja," katanya. 

"Me time apaan. Me time-mu kebanyakan. Jadiin profesi, dong. Jangan hanya push rank saja. Ikut turnamen esports dan sering lakukan live streaming di Facebook Game, Youtube Game atau Nimo TVKayak Alex Prawira, tu, yang sekarang jadi pelatih PUBGM dan Free Fire di tim Aura Esports, dari live streamer menjadi pelatih. Banyak juga live streamer yang jadi pemain esports. Kenal Eko Julianto, dong? Jonathan Liandi juga. Kamu kan mainnya bagus dan sudah ala-ala pro. Perangkatmu aja yang belum mumpuni."

Hening cukup lama.... mungkin mulai memikirkan saran saya.

Memang banyak orang yang cuma main game saja, tak terpikir untuk melangkah lebih lanjut. Kalau memang bisa mengatur waktu sebagai me time, itu bagus. Kalau cenderung kebablasan, harusnya mulai berpikir untuk menjadikannya profesi. Minimal yang bisa dijadikan cuan sekalian.



Banyak lho yang belum tahu kalau gaji pemain esports Indonesia termasuk besar. Setidaknya 6-7 juta per bulan, bahkan banyak yang tembus 20 juta. Nominal itu belum termasuk bonus turnamen, endorse produk, dan gaji sebagai live streamer. Kalau ditotal bisa sampai 50 juta, sampai seratusan juta. 

Pemain esports yang sudah level internasional gajinya sudah bukan puluhan juta lagi melainkan milyaran. Dari artikel CNBC Indonesia berjudul 5 Gamer Terkaya di Indonesia, Sudah Hasilkan Miliaran Rupiah yang mengutip dari esportsearnings.com, pro player seperti Nizar Lugatio, mengantongi pendapatan sebesar US$ 117.825 atau yang bila dikonversikan berkisar Rp 1,6 miliar. Muhammad Albi yang beken dengan nama Ryzen berpenghasilan US$ 141.395 atau setara dengan Rp 1,9 miliar. Masih ada yang lebih tinggi lagi, tentu saja. Mereka bisa jadi contoh penyemangat.


Layar HP saya berkedip, sebuah jawaban datang.

"Kasih alasan kenapa harus beli HP gaming ROG Phone 6 yang katanya cocok untuk pro player.

Jawaban yang mudah, tapi penjelasannya banyak. Mending ditulis di Cakrawala Susindra saja lalu kirimkan padanya.


Esports dan realitanya

Meski tak seberapa mengikuti berita esports, tapi saya suka nonton serial drama Cina bertema game. Pertama kali kesengsem dengan acting Yang Yang di Love O2O (2016), lalu lanjut ke The King's Avatar (2019) dan You Are My Glory (2021) yang juga diperankan oleh Yang Yang. Yang baru selesai menonton adalah Falling into Your Smile (2021) bersama Xu Kai. 

Dari serial drama semacam ini saya bisa memahami bagaimana kehidupan pemain esports. Terkhusus di drama Falling into Your Smile,  saya menemukan realitas yang sama di mana pun berada tentang ketidakpahaman orang awam tentang olahraga ini. Sebagai contoh saat Tong Yao meminta izin ibunya untuk gabung di tim esports ZGDX, ibunya menjawab,

"Oh, aku tadi beli ikan di pasar dan katanya aku mendapat undian Roll Royce."

Tong Yao otomatis merasa seperti ada yang patah dalam hatinya saat mendengar jawaban sarkas ibunya. Jawaban ayahnya lebih baik:

"Kami menguliahkanmu di universitas terbaik bukan untuk menjadi pemain game. Jika waktumu sesenggang itu lebih baik tak usah keluar universitas sebelum lulus S3, belajar yang tekun."

Dua jawaban itu sedikit banyak menjadi contoh bahwa masyarakat masih belum memandang tinggi profesi ini. Bisa jadi karena stigma pemain game itu sendiri yang belum diterima dengan baik oleh masyarakat.

Cheng Xiao sebagai Tong Yao dalam drama Falling into Your Smile


Saya pribadi sebagai orangtua dari anak yang suka main game, mau tak mau mencari komunitas esports atau akademi jika ada di kota kami agar anak tahu cara bermain dengan sehat. Pemikiran ini didukung oleh suami yang diam-diam sering mencari HP gaming yang bisa menjadi "senjata" anak dalam menekuni hobinya. Sebisa mungkin hobi dijadikan 4E sekaligus profesi.


HP gaming yang mumpuni

Pembuka di atas adalah keluhan berjamaah para pecinta game yang ingin punya perangkat yang mumpuni untuk bermain game sekaligus bisa jadi perangkat hobi fotografi. Kalau bisa sekalian yang bisa untuk live streaming langsung dari HP saja.

Berikut ciri HP yang mumpuni untuk semua itu:

1. Prosesor Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform

HP dengan prosesor Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform merupakan standar terbaru saat ini, dan menjanjikan kecepatan saat bermain game. ASUS ROG Phone 6 Series memiliki prosesor ini dan terbukti memiliki efisiensi yang lebih tinggi dan didesain sebagai smartphone tercepat di pasar.


2. Punya sistem pendingin tercanggih

Jika ingin memainkan game-game yang menuntut kecepatan dan konsistensi, maka HP dengan GameCool 6 Cooling System menjadi sebuah solusi. Sistem yang satu ini merupakan pembaruan dan generasi kelima sejak seri ROG Phone diperkenalkan.



Prinsip kerjanya adalah meningkatkan struktur internal pada sistem  pendinginan, terutama pada pembuangan panas yang lebih efisien. Kali ini sistem pendingin CPU 360° didesain ulang tata letak dual-PCB-nya, diletakkan di tengah, mengisi celah udara antara dua PCB dengan  senyawa  termal  khusus. Alhasil, kinerja pendinginan pun meningkat. 


3. Pembuangan panas dengan AeroActive Cooler 6

Jika sistem pendinginan dipercanggih, maka pembuangan panas pun juga perlu dioptimalkan. ROG Phone 6 Series menggunakan AeroActive Cooler 6 untuk mengimbanginya. Memang berupa aksesoris optional, tapi sangat membantu saat memainkan game hardcore karena mampu menurunkan temperatur permukaan dekat CPU sampai 25°C. Aksesoris ini nirkabel dan bekerja dengan daya dari  baterai ponsel. Cocok banget dengan seri ROG terbaru yang punya baterai 'sekelas monster'.


4. Baterai yang anti-habis

Baterai menjadi salah satu alasan membeli sebuah HP gaming. Biasanya pengguna non gamer juga memilih HP gaming dengan alasan ini. Biasanya minimal 5000 mAh.



ASUS merancang baterai untuk ROG Phone 6 Series sebagai baterai monster yang unik. Keunikannya adalah posisi baterai yang berada di kanan dan kiri saat HP diposisikan landscape atau tidur. Posisi saat bermain game. Kok bisa?

Ya begitulah, baterainya dibagi dalam dua cell masing-masing 3000 mAh.  Letaknya mengapit motherboard yang berada di tengah frame HP. Baterai ini memungkinkan pengisian daya 65W. Dari baterai 0% sampai penuh membutuhkan waktu 42 menit saja. Posisi baterai juga membuat HP tidak menghasilkan panas saat diisi sambil bermain. 


5. Layar revolusioner dan imersif

Layar yang nyaman bagi mata dan aman dari goresan sudah jadi standar Hp berkualitas bagus. ASUS ROG Phone 6 Series membuatnya lebih baik lagi dengan teknologi layar AMOLED HDR10+ seluas 6,78 inci. Dengan refresh rate maksimum 165Hz, touch-sampling rate hingga 720 Hz dan latensi sentuh 23 ms, HP yang satu ini menjadi yang paling tajam dan paling cepat di pasar terkini. Untuk keamanan dari goresan, layarnya sudah dilindungi dan diperkuat dengan Corning® Gorilla® Glass Victus™. Untuk keamanan mata pengguna, teknologi Eye Care Display disematkan.


6. Sensivitas layar dan kontrol maksimal dengan AirTrigger 6 dan Ultrasonic Buttons

Sensivitas layar menjadi sangat sangat penting saat bermain game. Apalagi game ala pro player yang tak hanya menuntut kecepatan namun juga ketepatan. Untuk itu teknologi AirTrigger 6 menjadi pilihan terbaik karena menawarkan sensitivitas dan pemosisian yang lebih baik, juga kemampuan kontrol gerak yang lebih banyak. Sudah ada hingga 18 titik sentuh spesifik yang dipetakan pada layar. Titik sentuh ini aktif saat AeroActive Cooler 6 diaktifkan. Jika dikombinasikan dengan sistem Ultrasonic Buttons, maka hasilnya akan lebih mencengangkan, karena pengguna bisa menggunakan giroskop untuk membidik atau mengontrol sudut pandang. Cukup tekan dan tahan tombol ultrasonik terlebih dahulu, lalu pengguna dapat mengontrol area tampilan dengan menggerakkan atau memiringkan ponsel.




7. Kamera terbaik di antara semua HP gaming lainnya

Kamera juga menjadi pertimbangan utama para gamer saat memilih ponsel gaming andalan mereka. Apalagi yang sudah tahu jalur memasuki dunia esports salah satunya adalah melalui live streaming saat bermain game. Untuk mereka, ROG Phone 6 Series memberikan kamera terbaik di antara semua yang terbaik. 

Ponsel ini punya formasi tiga kamera belakang, dengan sensor SONY IMX766 50MP. Mode utama 12,5MP menggunakan filter warna Quad Bayer atau mode asli 50MP. Tak hanya itu, kita bisa melakukan perbesaran 2x lossless asli dalam kondisi pencahayaan siang hari. 

Kamera keduanya juga menarik, karena mempunyai lensa sudut ultra lebar 13MP. dan mampu merekam sampai sudut 125 derajat dengan koreksi distorsi secara real time. Bagaimana dengan kamera ketiga? Ada lensa makro 5MP bagi yang suka foto makro. 

Kamera depan tak mau kalah. User bisa merekam group selfie dalam kualitas tinggi dan melakukan video streaming secara langsung menggunakan kamera depan beresolusi 12 MP.



Sungguh sebuah HP gaming yang terbaik di pasaran saat ini. Semua keunggulan diramu jadi satu. Luar biasa. Memang ini pilihan utama jika mau menapaki karier sebagai seorang atlet esports nasional. Atau minimal seorang pembuat konten game di kanal-kanal yang disediakan dan memberi pendapatan yang sangat menggiurkan.


Kalau ingat potensi karir yang bisa didapatkan melalui kepemilikan sebuah ponsel, yaitu ROG Phone 6 Series, maka harga bukanlah sebuah masalah. Banyak jalan untuk mendapatkannya. Yang kelas sih, HP ini akan tersedia dan bisa di pre-order lima hari dari sekarang.

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober - 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia. Info selengkapnya kamu bisa cek di sini ya: https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/  


Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia  di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000.  So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!


Bagaimana? Mau ikutan meramaikan bursa pasar ROG Phone 6 Series? Pastikan kamu tahu bahwa ada dua seri yang ditawarkan, yaitu:

1. ROG Phone 6 (reguler), tersedia dalam pilihan warna Storm White dan Phantom Black,

2. ROG Phone 6 Pro dengan warna Storm White.



Kedua jenis ROG Phone 6, baik yang reguler maupun pro, secara umum hampir sama. Bedanya ada pada RAM dan penyimpanan. ROG Phone 6 Pro hadir dengan RAM 18 GB dan penyimpanan 512 GB. Sedangkan ROG Phone 6 (reguler) hadir dalam beberapa konfigurasi RAM dan penyimpanan, yaitu 8 GB/256 GB dan 12 GB/256 GB. 

Keduanya mampu memainkan game kelas berat setipe Role-playing Game (RPG). Semua bisa dimainkan dengan sempurna bahkan dengan setting grafis tertinggi. Dengan frame rate tertinggi 60 fps dan refresh rate 165Hz, semua game bisa dimainkan dengan mulus dan dengan animasi yang smooth. Bahkan pada pertarungan paling intens sekalipun, tanpa screen tearing yang mengganggu. Ini luar biasa! 


Segera bersiap untuk melakukan pre-order, ya. Hanya mulai tanggal 24 Oktober - 10 November 2022, dan dapatkan banyak promo menarik seperti gratis Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports (selama persediaan masih ada). Kalau ditotal, bonusnya ini setara Rp.2.000.000. 


24 Komentar

  1. Bener banget, Bun, enggak hanya main game aja mengingat sekarang gamer banyak profesinya mending dimanfaatkan untuk menghasilkan. Memang keren ikut esport, keuntungannya juga banyak. Kayaknya enggak rugi beli asus ROG kalau bisa dimanfaatkan dengan baik. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Impian anak ku nih mba Asus ROG 6 ini, ram nya itu juara ya

    BalasHapus
  3. Bonusnya ciamiikkk benerrr ya mba.

    Dahlah klo urusan gadget, serahkan pd ASUS
    Karena emang produknya super duper mumpuni bgt 😍🙏

    BalasHapus
  4. Aku klo boleh milih mau yg storm white mbaa..heheuu. hp gaming dan kameranya bagus, ini sih ASUS ROG ya mbaa. Nah pak suami aku gamer jg 😁 harus disalurkan bakat ke jenjang yg lebih tinggi lagih nih 😄

    BalasHapus
  5. Rasanya out of the box banget ya, kak Susi..
    Sulit sekali membayangkan anak-anak tekun berlatih bermain games dan mengikuti kejuaraan eSport. Tapi bener banget... kalau suka dan bisa menghasilkan, kenapa tidak difasilitasi dengan ASUS ROG Phone 6 yaa..

    Mantap banget dengan spek terbaik sehingga bermain games tidak hanya sekedar me time ini, sungguh benar adanya.

    BalasHapus
  6. Harganya lebih mahal dari laptopku mbak hehehe....
    Tapi emang layak sih ya, ono rego ono rupo, dengan spesifikasi se keren itu, rasanya harga belasan juta pun jadi kecil. Apalagi jika memang dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa menunjang pekerjaan/karir sebagai gamer

    BalasHapus
  7. Ternyata lumayan ya penghasilan seorang gamer jika ditekuni.Semula aku suka ngoceh sama anakku kalau dia main games kelaman di HP, tenyata manfaatnya oke ya. Hmmm...mau dong punya HP ASUS ROG Phone 6 Series, nabung dulu ya

    BalasHapus
  8. Hp impian para gamer ini kayanya yaa. Anak2 aku malah belum kenal dunia gaming kayak gini kayanya. Mainnya masih game yang gratisan dan game ringan2 gitu, ahaha.

    Tapi emang lumayan banget sih yaa kalau diseriusin jadi atlet esport.

    BalasHapus
  9. Buatku penting nih mba kalau ada hape yang batrainya tahan lama. Pas emang dan cocok buat gaming

    BalasHapus
  10. Segala sesuatu kalau ditekuni pasti menghasilkan sesuatu ya. Apalagi para gamers yang udah kelas international bisa mendapat penghasilan yang fantastis..Asal support systemnya bagus, baik alat pendukung dan penyemangatnya pasti jadi deh..

    BalasHapus
  11. HP Gaming kalau buat main dan menjadi time aja, rasanya emang sayang sih. Tapi kalau mau buat serius di esport, ya dukung banget. Kujuga nonton beberapa drama china yang berbau e-sport. Minimal dapat gambaran gimana mereka benar-benar bermain gak kalah dengan olah raga lain

    BalasHapus
  12. Udah mulai pre-order nya ya mba, gimana jadinya, ikutan juga pre-order? HP gaming yang kameranya udah cakep banget nih ASUS ROG. RAM nya juga gede, udah pas banget buat yang mau ikutan e-sport. Apalagi baterai nya awet ya mba

    BalasHapus
  13. Menjura sama ROG ASUS hape gaming yang sekarang tak hanya barang luxurious tanpa tujuan tapi digunakan juga untuk mencari cuan aka penghasilan fantastis

    BalasHapus
  14. Jadi inget tulisan di bak truk, bunyinya gini : hidup memang selucu itu, dari main game bisa jadi miliarder.

    Pas banget ya kan..Banyak juga seleb yang berangkat dr game. Gimana anak2 zaman now ga ngiler sama profesi ini? Ortu pun mulai banyak yg terbuka kalau anaknya mau jd gamer.

    Dan bener sih, soal gadget utk gamibg, kalau budget unlimited sih pilihan jauh lebih banyak hehehe.

    BalasHapus
  15. Asus Rog 6 woww banget spesifikasi HP nya...jadi mupeeng banget pengen memilikinya. Mesti nabung nihh scr harganya mayan bikin dompet menjerit tapi sepadan sih dg keunggulannya.

    BalasHapus
  16. haduh beneran artikel racun ini hahah. Dari dulu pengen punya ROG. meskipun gamer tapi ebagai blogger ROG ini sangat mendukung banget untuk aktivitas blogging

    BalasHapus
  17. Emang ASUS ROG Phone 6 ini emang hp gaming banget ya
    Andalannya para gamer
    Bahkan saat live streaming

    BalasHapus
  18. Wow beneran ya, penghasilan gamer sampai milyaran rupiah..Memang wajar jika ditanya alasan kenapa harus beli HP gaming ROG Phone 6 ya jawabannya karena cocok untuk pro player.

    BalasHapus
  19. Aku kapan hari pas ke toko HP sempat megang2 HP ini mbak. Fisiknya kokoh dan agak lebar gitu, emang nyaman sih buat bermain game di HP. Speknya juga kuat jadi dijamin awet, batereinya juga gak akan boros dan cepat panas. Rekomen deh uaa.

    BalasHapus
  20. Jangan diliatin blii Gandi pasti mupeng dia.. hahahaa..
    Tapi ini memang hp keren banget sih.. recommended buat yang hobi nge-game ya mba

    BalasHapus
  21. Kerennya ROG phone 6 series ini. Hp Gaming yang super Keren. Bisa mendukung kinerja online di rumah nih. Saya suka barian warna yang strong white Mba.

    BalasHapus
  22. Game kelas berat babat habis deehh kalau pake ROG Phone 6 ini. Mantaappp... keponakanku kapan hari lihat aku nulis ttg hape ini langsung mupeng pengin banget deeehh...

    BalasHapus
  23. Aku kira cuma komputer gaming aja yang makin canggih, handphone pun ada ya mbak? Aku langsung salah fokus sama desain HP gaming ini, yang sungguh memanjakan pencinta game, apalagi klaimnya sebagai smartphone tercepat, wih!

    BalasHapus
  24. Kalo buat pro player, ASUS ROG emang nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bahkan nggak cuma buat gaming aja, tapi juga buat kebutuhan visual lain seperti editing, baik video maupun desain gratis.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)