Pilih Ruangguru atau Zenius? Ini Alasannya

Barusan iseng main ke situs tanya jawab yang populer di antara milenial. Lumayan buat ide tulisan. Kebetulan saya baca pertanyaan mana yang lebih baik antara Ruangguru atau Zenius dan perbandingannya. Sobat Cakrawala Susindra pasti tahulah kalau saya sesekali menulis tentang rekomendasi bimbel terbaik secara online maupun ofline. 

zenius vs ruangguru


Kebetulan minggu lalu saya membaca status seorang teman yang bertanya apa kelebihan Ruangguru, karena ia ingin mengambilkan paket untuk anaknya. Tak dinyana, banyak yang jawab panjang lebar dan mayoritas mengaku puas dengannya. Beberapa memberi catatan agar tetap mendampingi anak agar semua fitur yang ditawarkan dapat dimanfaatkan secara optimal. Di antara itu ada yang memberi saran lebih baik di Zenius saja karena gratis. Wah... wah... jadi penasaran. 

Saya googling review perbandingan Ruangguru dengan Zenius agar lebih tahu. Sobat Cakrawala Susindra penasaran juga?


Bukan untuk menjatuhkan

Saya mau menegaskan di awal bahwa saya membuat perbandingan bukan mengacu pada baik buruk karena keduanya sama-sama baik dengan keunggulan masing-masing. Juga bukan untuk menjatuhkan salah satu untuk meninggikan yang lainnya. Karena keduanya ini memang tidak bisa dibandingkan dari segi harga. Ya... gimana mau bandingin harga karena yang satu kan gratis sementara yang satunya berbayar. 

Zenius itu gratis. Tak perlu membayar untuk bisa mengakses ruang belajarnya. Ruangguru harus membayar dulu baru bisa menggunakannya. Bisa ambil bulanan atau tahunan. Dari sini bisa dimaklumi jika ada perbedaan pada fitur, layanan, fasilitas dan keunggulannya. 

Eh enggak ding, itu dulu. Zenius berbayar juga kok. Kalau dihitung-hitung memang lebih murah daripada Ruangguru.


Zenius dan keunggulannya

Zenius bisa dikatakan sebagai pioner untuk bimbingan belajar secara online. Zenius didirikan pada tanggal 7 Juli 2007 oleh Sabda PS dan Medy Suharta. Jadi sudah bisa dikatakan 15 tahun malang melintang di dunia perbimbelan. 




Menurut data bulan Desember 2020, Zenius memiliki lebih dari 16 juta pengguna. Jadi temmasuk yang sangat digemari. Alasannya karena Zenius hadir sebagai bentuk revolusi pendidikan di lndonesia dengan mengedepankan cara berpikir kritis, logis, rasional, dan pengetahuan sains yang terintegrasi terhadap semua pelajar Indonesia. Ini menurut klaim dari website-nya.

Kalau menurut para pengguna, mereka suka karena Zenius menekankan konsep dalam materi edukasinya, sehingga sekali terpegang maka mudah memahami soal dan variasinya. Tak salah kalau banyak yang menyarankan anak IPA belajar gratis di sini. Padahal berbayar juga sih sekarang. Dan tentu saja jika sudah merasa puas materinya, yang kadang tidak lengkap seperti materi inti yang terdapat di kurikulum 2013 revisi 2017. Meski bagus, materi di sini bersifat umum, tidak terbagi dalam kelas-kelas atau jenjang pendidikan secara rinci seperti di Ruangguru. 

Zenius memiliki soal-soal yang juga berkualitas dan bisa didownload tanpa harus menjadi member. Disediakan video juga untuk menjelaskan tentang materi SD, SMP dan SMA. Namun tetap terkesan “seadanya” karena tidak sebanyak dan seinteraktif bimbel yang lain. Tidak ada quiz materi interaktif, tidak ada rangkuman materi dalam bentuk teks/gambar, dsb.

Jika butuh motivasi dan penyemangat, Zenius menyediakan ‘Zenius Learning', yang secara umum berisi tentang mindset-mindset mengenai belajar, self concept, kesalahan umum pelajar, dan bagaimana cara memperbaikinya. Kiranya cita-cita Zenius dalam mencetak generasi Indonesia yang memahami ilmu pengetahuan dan cinta belajar, ketimbang menjadi generasi penghafal, sudah banyak terwujud. Oh iya, Zenius sekarang sudah ada aplikasi belajar online juga.


Ruangguru dan keunggulannya

Ruangguru adalah bimbel yang berbayar. Kalau dari segi usia, tentunya jauh lebih muda. Usianya baru 8 tahun, karena didirikan pada April 2014. Namun jangan salah, yang lebih muda ini sudah memiliki pengguna yang jauh melebihi para seniornya. Saya sedikit curiga jika salah satu penambahan pengguna senior bimbel juga berasal dari promosi gencar Ruangguru. Menurut catatan, tahun 2021 lalu pengguna Ruangguru sudah mencapai 22 juta. 


Salah satu promosi membuat para orangtua mengambil paket belajar di Ruangguru adalah para tutor, atau di sini disebut "master teacher." Memang masih banyak emak yang mengedepankan bimbel dengan tutor yang merupakan lulusan terbaik dari universitas terbaik. Jadi background pengajar sangat diperhitungkan. Ini salah satu poin plusnya.

Ruangguru menyediakan berbagai materi pelajaran yang lengkap, bisa didonload dan dibaca berkali-kali tanpa terkoneksi internet. Orangtua juga bisa untuk mengontrol perkembangan kemampuan anak, karena ruangguru menyediakan fitur rapor bulanan. 

Yang paling menyenangkan dari Ruangguru adalah, kelengkapan video belajar yang menarik, animatif, dan disajikan per-materi. Jadi memang disesuaikan dengan kebutuhan tiap tiap anak. Bahkan sampai saat ini masih satu-satunya bimbel online yang menyediakan materi untuk pelajar SMK.

Untuk mengasah kemampuan anak, disediakan latian soal yang dikemas  dengan menarik. Bentuknya seperti kuis namun tampilannya menarik.  Jadi anak tanpa sadar atau secara willingly akan mengerjakan soal. Di akhir akan langsung dapar nilai dan penjelasan yang salah.

Yang terbaru dan mungkin tercanggih di antara semua bimbel adalah Roboguru yang bisa jawab pertanyaaan dari foto. Jadi jika punya soal dari guru sekolah, bisa langsung foto dan upload, lalu beri waktu bagi Roboguru untuk menjawab.

Ruangguru bisa diakses di dekstop (personal computer atau laptop) dan di aplikasi Android. Jadi tetap bisa belajar di Ruangguru secara optimal meski hanya dari HP saja. Aplikasi belajar online-nya mungkin yang paling baik dan interaktif saat ini. Ya karena pengguna harus membayar dulu, kan, jadi mereka harus dipuaskan. 

Dari penjelasan tentang Ruangguru, kita bisa menyimpulkan bahwa bimbel yang satu ini merupakan penyempurnaan dan pemenuhan harapan dari para orangtua yang ingin memasukkan anaknya dalam bimbel terbaik versi mereka.


Pilih Ruangguru atau Zenius?

Setelah membaca poin-poin plus di atas, sekarang waktunya memutuskan. Mau yang Zenius dengan segala kelebihannya atau Ruangguru dengan segala keuntungan dan keunggulannya. Tinggal pilih mau Ruangguru atau Zenius saja.

Kalau memang mau mengambil bimbel yang serius, saya merekomendasikan Ruangguru. Apalagi jika anaknya tipe malas belajar dan sulit berkonsentrasi. Selain anaknya dapat belajar dalam ruang kelas yang menarik dan interaktif, orangtua juga dapat melihat raport belajar anak. Untuk mereka ini, sebaiknya orangtua ikut menemani anak belajar juga agar bisa lebih mengoptimalkan pemakaiannya. Anak yang malas belajar biasanya merasa cukup hanya dengan mengerjakan 1-2 soal, dan tidak mengeksplor fitur lainnya. 



Kalau punya anak yang rajin belajar dan selalu ingin tahu, maka Ruangguru akan jadi tempat belajar yang paling tepat. Anak rajin dan ingin tahu ini akan dengan senang hati membuka fitur-fitur dan layanan yang disediakan dengan sepenuh hati. Seperti membuka kotak-kotak ajaib yang berisi ilmu pengetahuan di luar sekolah.

9 Komentar

  1. Tulisan bernas, enak dibaca mudah dipahami dan membuka wawasan berpikir orang tua tentang pendidikan

    Sebagai guru, aku malu tak secerdas mbak Susi

    Salam kangen

    BalasHapus
  2. Ternyata zenius juga sudah lama ya. Kurang perhatian karena anak2 sudah lepas sekolahnya

    BalasHapus
  3. Anak saya yang nomor 2 belajar di Ruangguru, alhamdulillah dia suka. Ruangguru ada versi gratisnya tapi sangat terbatas. Anak2 saya belikan paket yang setahun atau setahun setengah, lebih murah tapi memang promosinya gencar. Sekali berlangganan, kita dikirimin promosi terus2an atau ditelepon terus, Kalau Zenius, belum pernah coba.

    BalasHapus
  4. Kalau adekku makenya Zenius, mba. Katanya dulu pas mau ujian buat masuk ITB, dia belajar dasar2nya dari konsep materi yang diajarkan Zenius. Lebih mudah dipahami juga. Jadi tinggal anaknya rajin atau nggaknya aja ngerjain soal2 latihan.

    BalasHapus
  5. Wah aku baru tahu ternyata Zenius lebih tua dari Ruangguru mbak, kirain sebaliknya. Manteb nih bisa jadi bahan perbandingan kalau mau bimbel online di Zenius atau RG. Mungkin kalau anakku dah masuk kelas atas aku bimbelin juga TFS infonya.

    BalasHapus
  6. Paling bener emang udahlah, ruang guru dan zenius. Semangat untuk membantu pendidikan di Indonesia ya.

    Keren banget mak

    BalasHapus
  7. dua bimbel ini keren loh . aku sangat terbantu karena waktu pandemii ada muridku yg pakai bimbel ruang guru.

    BalasHapus
  8. Keduanya ini bagus dan pasti punya metode unggulan biar yang belajar makin asik.
    Dan yang lebih bagus adalah si anaknya sendiri yang semangat buat belajar, jadi dimana aja bagus kan..

    BalasHapus
  9. Aku setuju banget kalau ruangguru ini sangat membantu sekali. Karena videonya yang bikin happy dan mudah dipahami. Interaktif saat belajar dan agaknya memang metode pembelajaran kekinian banget deh..

    Hanya saja, Zenius ini bisa jadi solusi bagi yang budgetnya pas banget. Semoga tetap bisa belajar dengan tekun, apapun media yang digunakan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)