Langkah-langkah untuk Dapat Tiket Bus Murah

Transportasi darat masih menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian ataupun mudik. Harga tiket bus dan travel yang terjangkau membuatnya makin populer dibandingkan jenis transportasi lainnya. 



Bulan desember akan dihadapkan dengan libur panjang natal dan tahun baru, Armada bus dan travel telah disiapkan dan ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal pertama yang terasa adalah penjualan tiket bus dan travel pada akhir tahun makin diminati. 


Cara Mendapatkan Tiket Bus Murah

Harga tiket bus dan travel untuk liburan akhir tahun diprediksi mengalami kenaikan dari harga normal. Walaupun begitu, apakah masih bisa mendapatkan tiket dengan harga murah? Jawabannya tentu bisa. Cakrawala Susindra punya tipsnya. Tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

Tiket bus murah dapat kamu temukan melalui aplikasi seperti Traveloka, Perusahaan Otobus, atau menghubungi langsung pihak penyedia jasa. 

Kamu perlu melakukan cara dibawah ini untuk mendapatkan tiket bus dan travel dengan harga murah. Sukur-sukur dapat cashback menarik. 




1. Pesan tiket bus murah lewat Traveloka

Pemesanan tiket bus dan travel dapat melalui aplikasi jasa tiket. traveloka merupakan salah satu penyedia layanan tiket perjalanan darat maupun udara. Aplikasi Traveloka dapat diunggah melalui App Store dan Google Play Store.

Kamu dapat mengikuti cara memesan tiket bus dan travel di traveloka sebagai berikut:

a. Buka aplikasi Traveloka,

b. Pilih menu Bus dan Shuttle di halaman aplikasi awal,

c. Masukkan titik keberangkatan dan tujuan akhir,

d. Atur jadwal keberangkatan dan jumlah kursi yang dibutuhkan,

e. Klik opsi search, lalu muncul daftar ketersediaan bus sesuai dengan permintaan pengguna beserta harga tiket,

f. Pilihlah bus yang sesuai dengan fasilitas yang dibutuhkan, kemudian klik opsi Select,

g. Berikutnya, akan muncul formulir pemesanan tiket bus,

h. Masukan data penumpang dan pemesan seperti nama lengkap, nomor, dan alamat email pada kolom yang sudah tersedia,

i. Cek sembali detail pemesanan tiket, kemudian klik opsi Pilih Cara Pembayaran.




Pembayaran tiket bus dan travel lewat Traveloka bisa dilakukan lewat ATM, Mobile Banking atau datang ke minimarket terdekat. Tiket kamu akan dianggap hangus kalau belum menyelesaikan pembayaran di luar batas yang dianjurkan. 


Kalau pembayaran berhasil, kamu akan menerima notifikasi email berupa e-tiket yang kamu pesan. Tiket ini bisa diakses melalui halaman aplikasi pada menu Pemesanan. Fungsi e-tiket ini untuk validasi tiket saat hendak naik bus di tempat keberangkatan. Cek kembali e-tiket dan tanyakan kepada pengelola bus dan travel terkait penukaran tiket.



2. Pesan tiket bus murah lewat situs resmi perusahaan

Cara mendapatkan tiket bus murah lainnya adalah lewat situs resmi perusahaan bus. PO Harapan Jaya adalah salah satu perusahaan bus yang ada di Indonesia. Langsung aja masuk ke tiket.busharapanjaya.com untuk pemesanan tiket bus. 

Mula-mula, kamu perlu masuk ke situs tersebut lalu pilih tempat berangkat dan tujuan akhir. Tak lupa dengan jadwal keberangkatan. Nantinya kamu mendapatkan informasi ketersediaan bus beserta harga tiketnya. 

Setelah dapat bus yang kamu mau, jangan lupa isi data diri. Masukkan nama lengkap, alamat email, nomor aktif, dan jumlah kursi yang dipesan. Apabila sudah mengisi data diri beserta bus yang dipilih, kamu dapat menyelesaikan pembayaran melalui Mobile Banking atau ATM.

Tiket digital langsung dikirim ke alamat email kamu apabila pembayaran berhasil. Tukarkan dengan tiket cetak resmi dari perusahaan bus kalau sudah sampai lokasi keberangkatan.



3. Pesan tiket bus murah lewat WhatsApp

Kalau kamu mau pesan tiket lebih cepat lagi, langsung aja lewat Whatsapp. Butuh kecermatan untuk hal ini karena gak semua PO bus menyediakan pemesanan lewat WA. Kamu perlu cek informasi melalui akun sosial media tentang pelayanan dan pemesanan tiket bus lewat WA. 


PO Sumber Alam merupakan salah satu PO yang menyediakan pemesanan tiket lewat Whatsapp. Kamu bisa memulai whatsapp admin untuk booking tiket. 

Format pemesanan tiket PO Sumber Alam adalah nama, tujuan, waktu, dan kelas yang dipilih. Masalah pembayaran dapat melalui transfer bank, pemrosesan dapat dilakukan setelah menunjukan bukti transfer. 

Selanjutnya, kamu mendapatkan foto bukti pesanan dan tukarkan dulu ke agen sesuai titik keberangkatan. Cukup ditunjukan ke petugas loketnya nanti akan dicetakkan tiket fisik. 


Keuntungan Memesan Tiket Bus Melalui Traveloka

Berikut adalah merupakan keuntungan kalau kamu pesan tiket bus dan travel secara online. 

a. Proses pembelian tiket bus dan travel cepat dan aman.

b. Tersedia layanan lengkap dalam genggaman.

c. Traveloka menawarkan harga tiket bus dan travel yang terbaik.

d. Pembelian dimudahkan dengan fitur-fitur canggih.

e. Metode pembayaran pun lengkap mulai dari PayLater, ATM, Mobile banking, internet banking, kartu kredit, dan uangku.

f. Tersedia promo menarik lainnya bersama Traveloka.



Pesan tiket bus dan travel kamu bersama Traveloka. Download aplikasinya hanya di Google Play Store dan App Store. 


18 Komentar

  1. Beli tiket bus bisa juga di Traveloka ya, Mbak? Aku baru tahu juga. Jadi pengin ngrasain naik bus yang cem kaya hotel gitu, jadi bisa buat tiduran. Isinya gak banyak karena space-nya bukan seperti bus pada umumnya, ada kursi kursi gitu tapi ini bentuknya seperti kasur gitu terus nanti dikasih gorden. Lah...jadi pengin check di Traveloka, xixixi

    BalasHapus
  2. Iya benar pas beli tiket kudu di cek dengan baik, terutama bagian tanggalnya. Biar gak lupa mau perginya kapan dan bisa ada persiapan matang

    BalasHapus
  3. Wah, asyik banget nih tips nya. Bisa segera dicoba pesan tiket bus ke Yogya untuk liburan desember depan. Makasih ya kak atas sharing pengalamannya...

    BalasHapus
  4. Aku mupeeenggg liburan bareng kluarga ke Jogja atau Solooo.
    Bersama Traveloka pastinya makin enjoy bgt ya mbaaa

    BalasHapus
  5. huhuhu jadi pingin segera solo traveling
    selama ini ragu2 takut keabisan uang di tengah jalan
    padahal bisa dapetin tiket murah di traveloka ya?
    Malah bisa menggunakan traveloka paylater

    BalasHapus
  6. Melakukan perjalanan dengan naik bus pengalamannya banyak serunya.
    Tapi memang kudu milih beli tiket di penjual yang tepat seperti Traveloka, agar dapat tiket promo dan banyak metode pembayaran yg dapat dipilih.

    BalasHapus
  7. Papa dan mama mertua saya sekarang rutin pulang ke Padang, 3-4 kali setahun. Sebulan di kampung, pulang lagi ke Bekasi ketemu anak cucu. Mereka selalu naik bus sekarang. Soalnya, bus-bus ke Sumatra itu udah bagus-bagus, bahkan sleeper bus. Nyaman banget dan harganya lebih murah dari tiket pesawat.

    Tipsnya oke banget Mba Susi. Bisa dipraktikkan.

    BalasHapus
  8. Hmm kalo ada promo diskonnya boleh juga nih, auto jadi pengen ceki-ceki Traveloka deh mbak 🤩

    BalasHapus
  9. Waah menuju libur akhir tahun ini harus pinter berburu tiket murah meriah. Apalagi kalo yang berangkat rame..

    Senengnya ya sekarang tiket bus udah tersedia di traveloka. Terlebih traveloka bisa cek harga tiket hari2 lainnya jadi ada gamabaran gitu kan

    BalasHapus
  10. Lewat bus inilah yang akan membuat kita terpenuhi hasrat kangen dengan biaya transportasi murah dan tanpa perlu panas-panas antri lagi cukup traveloka

    BalasHapus
  11. Sekarang pesan tiket bus lebih mudah ya, mba. Bisa cari bus jurusan kota yang diinginkan pakai traveloka. Kalau dulu aku harus nunggu di pol bus atau terminal.

    BalasHapus
  12. Traveloka memang jempolan deh pelayanannya. Saya dan suami selalu menggunakan aplikasi ini terutama untuk tiket pesawat dan hotel. Gak pernah mengalami masalah. Gampang juga untuk memproses pemesanan termasuk untuk urusan pembayaran. Sampai detik ini, saya dan suami, tak berniat untuk berpindah ke lain hati. Traveloka is still the best for us.

    BalasHapus
  13. Seru nih, pesan tiket bus sekarang bisa lewat aplikasi Traveloka. Saya terakhir kali bepergian dengan bus tuh kapan ya? udah lumayan lama sih. Kayaknya di tahun 2018. Itu juga gak begitu jauh, dari Mataram ke Kabupaten Dompu. Kalau udah bisa pesan via Traveloka gini asyik, memudahkan, gak perlu pesan di kantor perwakilan/terminal lagi.

    BalasHapus
  14. Mending sih emang langsung pesan tiket via online kayak di Traveloka atau langsung ke agen busnya langsung. Lebih simple dan kadang malah dapat bonus kayak cashback atau potongan harga.

    BalasHapus
  15. Aku pun kalau memesan bus kudu lewat OTA terpercaya seperti Traveloka atau langsung ke CS perusahaan supaya enggak tertipu calo tiket mbak.
    Udah lama banegt nih gak naik bus, jd pengen deh kapan2 Jkt-Sby naik bus, khususnya bus sleeper hehe

    BalasHapus
  16. Samaan mba traveloka.juga jadi andalan buat pergi kemanapun dan naik tranportasi apa aja, aplagi Traveloka menawarkan harga tiket bus dan travel yang terbaik, banyak promo potongan kadang

    BalasHapus
  17. Pengen cobain sleeper bus, kak Susi.
    Tapi sayanganya pool-nya gak ada yang di Bandung.
    Pesan lewat traveloka dan mencoba hal baru dengan pengalaman perjalanan yang luar biasa.

    BalasHapus
  18. Jadi inget anakku sekarang impiannya adalah ingin traveling menggunakan bus, apalagi kan sekarang bus udah cakep dan keren, bila nanti mau pesen mau coba di Traveloka aja

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)