Persiapan Daftar Sekolah Kedinasan 2023 Sedari Sekarang

Setiap tahun Sekolah Kedinasan membuka pendaftaran. Biasanya bulan April. Jadi untuk yang tahun 2022 sudah selesai. Saatnya melakukan persiapan daftar sekolah kedinasan 2023 sedari sekarang. Agar peluang diterima semakin besar. Ingat, jika memulai dari sekarang, persiapan sekolah kedinasan lebih panjang.


Olah Canva, sumber foto Tempo - Bisnis


Sekolah kedinasan sangat diminati. Memang banyak plusnya dan bisa dikatakan punya jaminan menjadi PNS setelah lulus. Kan ada ikatan dinasnya.


Tapi bukan itu saja alasannya. Pasti tahulah kalau sekolah kedinasan itu dikelola oleh institusi pemerintah, badan pemerintah, atau bahkan kementerian. Suatu kehormatan bisa terangkut ke sana karena standarnya lumayan tinggi. Tak hanya standar kecerdasan tapi juga tinggi dan berat badan. 

Pasti sudah paham lah alasan kenapa sekolah ini sangat diminati. Tapi saya tetap akan merangkum alasan mengapa sebaiknya memilih sekolah kedinasan. Siapa tahu berjodoh dengan sobat Cakrawala Susindra



Sekolah kedinasan itu apa?

Pengertian paling sederhana dari sekolah kedinasan adalah:

Perguruan tinggi yang dikelola dan berada dalam naungan institusi pemerintah; baik lembaga pemerintahan, badan pemerintahan, atau pun kementerian. Sekolah eh perguruan tinggi yang satu ini gratis alias tidak membayar. Malahan menyediakan fasilitas asrama, konsumsi, dan seragam. Ada juga yang memberi uang saku juga. Karena pada dasarnya semua mahasiswa di sekolah kedinasan sudah menyandang status sebagai CPNS.

Itu sependek pengetahuan saya, lho. Kalau ternyata ada sekolah kedinasan yang membayar boleh diberitahukan di komentar. Saya akan dengan senang hati meng-update-nya.

Sumber foto: kalderanews


Biasanya setelah lulus akan langsung mendapatkan ikatan dinas alias penempatan. Penempatan pertama tentu saja tidak di propinsi tinggal, sangat mungkin di luar pulau. Misalnya lulusan dari Jawa berdinas di Sumatera. Misalnya.

Peluang masuk ke sekolah kedinasan termasuk besar kalau memang punya kemampuan untuk itu. Satu contoh saja, tahun 2022 lalu, dari pengumuman Nomor PENG-59/PKN/2022, jumlah mahasiswa yang akan diterima dalam pendaftaran STAN tahun akademik 2022 ini total sebanyak 750 orang. Ini baru satu sekolah tinggi ya. 


Daftar Sekolah Kedinasan

  1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)
  2. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
  3. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)
  4. Poltekip (Politeknik Pemasyarakatan)
  5. Poltekim (Politeknik Imigrasi)
  6. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
  7. Politeknik Statistika STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
  8. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)
  9. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)
  10. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
  11. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)
  12. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)
  13. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI)
  14. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ)
  15. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP)


Syarat umum masuk ke sekolah kedinasan

Beberapa sekolah kedinasan memberi syarat tentang tinggi badan. Setahu saya itu benar. Biasanya ada dalam juknis pendaftaran. Jadi pendaftar sudah tahu sedari awal. Biasanya persyaratan tinggi badan yang dicantumkan adalah, perempuan minimal 160 cm dan laki-laki minimal 170 cm. 

Selain tinggi, usia juga menjadi syarat wajib, yaitu minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada tahun pendaftaran. Biasanya batasnya bulan Desember di tahun pendaftaran.

Sekolah kedinasan ini kebanyakan tidak dipungut biaya, disediakan asrama, masih kuliah sudah diangkat menjadi CPNS, selama masa pendidikan diberi uang saku, lulus kuliah tidak bingung mencari kerja karena langsung ditempatkan di instansi pemerintah. Menarik, kan? Siapin ini kalau mau daftar:

  1. Kartu Keluarga.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus bagi lulusan tahun 2022.
  4. Rapor SMA/Sederajat.
  5. Pas foto.
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Ada baiknya segera pastikan nama dan keterangan di Kartu Keluarga sudah benar karena sekarang ini titik pun harus diperbaiki.

Sumber foto: Kementerian Keuangan


Keuntungan masuk sekolah kedinasan

  1. Tanpa biaya
  2. Fasilitas asrama dan makan
  3. Selama kuliah langsung jadi CPNS, bahkan ada yang memberi uang saku.
  4. Dinaungi langsung oleh lembaga negara. 
  5. Memiliki bekal skill yang mumpuni.
  6. Networking yang luas
  7. Langsung kerja/diangkat PNS



Persiapkan diri dengan beberapa tes standar masuk ke sekolah kedinasan

  1. Coba ceritakan tentang dirimu.
  2. Lulusan dari sekolah mana?
  3. Organisasi apa yang pernah kamu ikuti?
  4. Keahlian apa yang kamu miliki di luar akademik?
  5. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?
  6. Mengapa kami harus menerima kamu?


Itu beberapa contoh yang akan ditanyakan dalam (tes) wawancara. Satu tes di antara tujuh tes yang ada. Berikut 7 tes dalam seleksi sekolah kedinasan

  1. Seleksi Kompetensi Dasar
  2. Seleksi Kompetensi Bidang
  3. Tes Kesehatan
  4. Tes Psikologi
  5. Tes Matematika
  6. Tes Kesamaptaan dan Kebugaran
  7. Wawancara


Baca: Kenali tes skolastik di UTBK-SNBT

Kalau merasa pertanyaan di atas gampang, sebaiknya langsung waspada. Baiknya langsung ikut bimbingan sekolah kedinasan saja. Karena tes semacam ini digunakan untuk mengenali semua karakter, visi-misi, dan kesanggupan mengikuti sekolah dan ikatan dinas. Ini baru satu tes saja. 


Bimbel untuk sekolah kedinasan

Sekolah kedinasan memang impian setiap anak SMA. Saya yang sudah lulus sekolah 25 tahun lalu masih ingat saat mahasiswa STAN datang untuk semacam roadshow. Suami saya - kami sepantaran - juga masih mengingatnya. Setelah kedatangan mereka, beberapa anak sampai terbawa mimpi.

Mimpi apapun jika sekira layak diperjuangkan, maka harus diperjuangkan. Kalau nilai rapor bagus, tinggi badan dan kesehatan sesuai persyaratan, sebaiknya segera melakukan persiapan untuk pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023. Caranya tentu saja dengan ikut bimbel yang tepat.



Kalau ditanya kenapa perlu mengikuti bimbel untuk masuk sekolah kedinasan, jawabannya sudah pasti, yaitu agar bisa lolos seleksinya. Agar punya persiapan terbaik nantinya. Saya beri rekomendasi bimbel yang bagus deh ya.


Perlu persiapan yang banyak untuk bisa menaklukkan seleksi ini. Hanya bimbel tertentu yang memang sejak awal punya tekad memberikan pelayanan yang terbaik. Misalnya di Brainy academy yang punya semua ciri bimbel bagus. Berikut yang kita dapatkan:


1. Konsultasi Minat & Bakat

Poin nomor satu ini bisa dikatakan sangat penting karena menjadi semacam tes awal untuk tahu sekolah kedinasan yang mana yang cocok untuk diambil. Semua peserta akan diberikan tes untuk kesesuaian dengan kecerdasan genetik (genetic intelligence) mereka. Jadi meskipun mungkin baru punya tekad pokoknya harus masuk ke sana, bisa diarahkan. Yang penting tahu bakat dan minatnya apa dulu karena ini akan jadi modal yang besar saat menjalani perkuliahan. Jadi kita akan diberi pandangan yang jauh lebih luas dan lebih jauh ke masa depan. Ini poin yang sangat plus plus.


2. Fasilitas modul dan Try Out

Banyak modul soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan modul materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang didapatkan oleh peserta bimbel. Juga ada e-book materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) juga. Tak lupa, aneka Try Out yang diselenggarakan secara online dalam bentuk Computer Assisted Test. Beberapa modul dan try out mendekati kemiripan dengan tes aslinya. Jangan lupa, semua itu juga disertai arahan sampai paham dan bisa menjawab dengan cepat dan tepat.


3. Tips dan trik mengerjakan soal 

Kentara sekali perbedaan antara peserta tes yang sudah mengikuti bimbel di Brain Academy dan yang tidak. Karena mereka yang ikut bimbel sekolah kedinasan sudah punya bekal berupa tips dan trik dalam pengerjaan soal secara cepat dan tepat. 


4. Melatih sikap percaya diri 

Ikut bimbel, membaca banyak modul, mengerjakan banyak soal bahkan tray out berkali-kali akan memberikan rasa percaya diri. Terlebih, jadi lebih mengenali siapa diri sebenarnya dan bagaimana menjawab semua tes dengan tepat. 



Di Brain Academy, peserta akan diberi materi Bimbel di Brain Academy sudah disesuaikan dengan sekolah kedinasan yang dipilih. Misalnya PKN STAN, Polstat STIS, IPDN, Akpol, Akmil, dan lain-lain. Ini akan sangat membantu saat mengikuti tes seleksi nanti. 

Aneka fasilitas soal seperti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Modul materi Tes Wawasan kebangsaan (TWK), E-Book materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), serta Try Out yang diselenggarakan secara online (Computer Assisted Test) juga didapatkan peserta bimbingan belajar di Brain Academy.

Tak hanya itu, ada juga fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar seperti kelas pengembangan diri, koseling, klub hobi, hingga klinik PR. Jadi bisa dikatakan semua kebutuhan sudah disediakan. Kalau penasaran dan ingin lebih banyak informasi, bisa ke https://www.brainacademy.id/kedinasan. Lengkap informasinya termasuk berapa yang harus dibayarkan. 



13 Komentar

  1. Ini sekolah impian semua orang yang sering diburu, sayangnya untuk masuk ke sana sekarang agak sulit persaingannya. PKN STAN terutama, sering diperbincangkan dan jadi incaran siswa SMA akhir. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. yang paling berat di sekolah kedinasan itu harus siap ditempatkan di luar pulau, ya. Ternyata ada bimbelnya juga di brain academy

    BalasHapus
  3. Waktu daku lulus SMU kepingin masuk sekolah kedinasan. Tapi karena badan mungil (bagian dari syarat kudu minimal 160senti kan) jadilah urung diri hehe.

    BalasHapus
  4. Impianku dulu yang ingin ikut seleksi sekolah kedinasan akhirnya gagal karena ayah sakit saat itu...ya terpaksa lanjut kuliah... makasih kak infonya. Jadi nostalgia dg masa lalu hehe

    BalasHapus
  5. Pernah mengikuti kak, belum rizqi. Teman saya alhamdulillah lolos, pun turut senang sebagai sahabat. Persiapkan apapun prestasi, akademik, do'a agar hasil diihtiarkan pada Illahi.

    BalasHapus
  6. Sekolah kedinasan saingannya luar biasa ya Mbak. Apalagi enaknya sekolah jenis ini bisa langsung disalurkan ke pekerjaan yang pas sesuai dengan ilmu yang didapat. Ingat begitu banyak keponakan yang ingin banget masuk STAN. Selama SMA mereka konsen di matematika dan bahasa Inggris. Alhamdulillah yang butuh karena ortu tak mampu menyekolahkan sampai S1, bisa terbantu dengan adanya sekolah kedinasan ini.

    BalasHapus
  7. Sekolah kedinasan bisa jadi alternatif dalam melanjutkan pendidikan ya mbak
    Banyak juga pilihan sekolah kedinasan
    Tapi memang harus dipersiapkan dari jauh ya, karena proses seleksinya ketat banget

    BalasHapus
  8. wah keren, ada bimbel sekolah kedinasan di Brain Academy
    Brain Academy emang selalu solutif ya?
    Paham yang dibutuhkan masyarakat dan memenuhinya

    BalasHapus
  9. Jadi inget kalau dulu pernah punya mantan yang cita-citanya masuk STIS. Aku gak paham banget kenapa doi lebih milih masuk sekolah kedinasan daripada PTN sepertiku.

    Tapi sekarang aku paham..
    Dan mashaAllah~
    Masing-masing anak memiliki daya juangnya masing-masing untuk memenuhi impiannya.

    Terima kasih kak Susi untuk informasi mengenai persiapan mendaftar sekolah kedinasan 2023. Akan menjadi panduan untuk yang memilih jalur kedinasan tahun depan. Sukses selalu..

    BalasHapus
  10. Sekolah idola dan dambaan para orang tua nih, sebagian orang tua deh tepat nya.
    Ternyata, kalau sudah sesuai persyaratan juga harus cakap ilmu ya
    Untung sudah ada solusinya nih.

    BalasHapus
  11. Banyaakkk juga ya sekolah kedinasan ini.
    Memang assoy, karena karirnya udah jelas mau k mana ya.
    Sipp, info ini bs aku bagikan k para ortuuu

    BalasHapus
  12. Mba aku baru ngeuh kalau STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) itu sekolah kedinasan juga. Masuk sekolah kedinasan memang banyak ya kelebihannya. Salah satunya peluang besar untuk jadi CPNS

    BalasHapus
  13. Jadi tau banyak tentang sekolah kedinasan nih. Plusnya setelah tamat langsung ada jaminan kerja ya mbak. Langsung ditempatkan. Nggak kayak perguruan tinggi umumnya. Kudu pinter nyari kerjaan sendiri kalo tamat. Hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)