Menaklukkan Tes Skolastik dan Literasi di UTBK-SNBT

Ada yang berbeda dari seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi nasional tahun 2023 nanti. Tesnya akan berpusat pada pemahaman dan penalaran, jadi bukan hafalan lagi. Ini berita bagus atau sebaliknya? Sobat Cakrawala Susindra bisa baca artikel ini untuk informasi lengkap dan cara menaklukkan UTBK-SNBT.



Kalau dahulu ada Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang membutuhkan hafalan materi. PTN punya semacam instrumen penerimaan mahasiswa baru (maba). Tapi tahun ini TKA dihapus. Semua PTN menerima maba dari satu tes yang diselenggarakan oleh pemerintah. 


Tentu saja beberapa jurusan bisa mengajukan persyaratan khusus ke pemerintah sebelumnya. Misalnya jurusan olahraga tentu perlu memberikan prasyarat fisik dan kemampuan tertentu. 


Beda UTBK 2022 dan 2023

Sekilas tampaknya sama seperti 2022 lalu, tapi tidak sama. Bisa menguntungkan tapi bisa juga malah membuat gagal masuk ke PTN impian. Ya karena ini sesuatu yang baru dan perlu semacam tempat untuk sama-sama menyiapkan diri dalam memasuki jenjang perkuliahan. Salah satu caranya adalah ikut bimbingan belajar yang memang punya program untuk persiapan UTBK agar bisa lancar mengikuti SNBT.

SNBT adalah istilah pengganti untuk SBMPTN. Mas Menteri mengubah istilahnya bersamaan dengan perubahan tes yang digunakan. Kepanjangannya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes.

Oh iya, untuk yang masih bingung apa beda UTBK dan SNBT, penjelasan paling sederhana itu, UTBK adalah nama ujian atau tesnya, sedangkan SNBT adalah proses seleksinya. Jadi keduanya adalah istilah dalam jalur masuk perguruan tinggi. 


Baca juga: Rekomendasi bimbel untuk persiapan UTBK 2023




Sampai tahun 2022 lalu, tes untuk SBMPTN atau disebut UTBK, ada dua, yaitu tes akademik atau disebut TKA dan tes skolastik atau disebut TPS. Melalui TKA, calon mahasiswa diarahkan untuk tes sesuai jurusan yang diambil. Nah, untuk tahun 2023 ini, tak ada lagi tes TKA. Hanya ada tes skolastik. Tak ada lagi TKA Saintek atau TKA Soshum.

Inilah beda antara UTBK 2022 dengan UTBK 2023.

Ini bisa jadi kabar baik, bagi sebagian besar calon mahasiswa, karena peluang masuk PTN jadi lebih besar. Namun juga harus mempunyai persiapan matang untuk bisa lolos tes UTBK 2023,  sebagai bagian dari persiapan ujian SNBT. Kenapawhy? Karena tesnya ini lebih menekankan pada penalaran.


Tes Potensi Skolastik 

Tes Potensi Skolastik adalah tes yang mengukur kemampuan kognitif, yang mencakup penalaran umum dan kemampuan pemahaman. Menurut Mas Menteri, soal dalam seleksi nasional berdasarkan tes menitikberatkan penalaran peserta didik, bukan pada hafalan. 

Untuk tes skolastik SNBT 2023, ada 4 poin atau materi atau yang akan digunakan sebagai instrumen penerimaan maba, yaitu kemampuan potensi kognitif, logika penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. 


1. Potensi Kognitif

Potensi Kognitif adalah tes untuk mengukur kemampuan calon maba dalam berlogika dan menganalisis suatu masalah. Fokusnya pada kemampuan bernalar dan kemampuan problem solving.


2. Penalaran Matematika

Penalaran matematika merupakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan calon maba dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan, untuk memecahkan masalah secara logis dan masuk akal. Pertanyaannya tidak hanya dalam bentuk teks tapi juga berupa kurva, grafik, dan tabel.


3. Literasi dalam Bahasa Indonesia

Tes literasi dalam bahasa Indonesia dalam UTBK dimaksudkan untuk menyeleksi calon maba dalam memahami inti paragraf, pesan tersirat yang ada, dan atau kesimpulan yang bisa diambil. Tes ini memerlukan wawasan dalam berbagai bacaan, dan membutuhkan pemahaman tentang antonim, sinonim, idiom, dan PUEBI.


4. Literasi dalam Bahasa Inggris.

Tes bahasa Inggris bisa jadi ganjalan jika tidak dipersiapkan dari awal. Apalagi tes bahasa Inggris untuk UTBK 2023 akan lebih banyak pada penalaran dan pemahaman. Soal-soal literasi bahasa Inggris dimaksudkan untuk akan menguji kemampuan literasi penalaran bacaan. Kosakata, idiom, antonim, sinonim, juga kemampuan mengenali inti cerita menjadi sangat penting. 


Baca juga: Pentingnya belajar bahasa Inggris



Bisa dilihat bahwa tes literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris memang dimaksudkan untuk menguji kemampuan dalam memahami esensi suatu bacaan serta menganalisis argumen yang ada di dalamnya. Tes ini juga akan menguji kemampuan memahami makna yang tersurat dan tersirat dalam kalimat, paragraf, serta keseluruhan teks sebagai satu kesatuan. Tak heran jika bimbel SNBT menjadi sangat aktif berpromosi dan menunjukkan keunggulannya.


Bimbel untuk menaklukkan tes UTBK

Bisa dilihat bahwa meski sekilas tampak lebih mudah dan sedikit melegakan namun pada dasarnya tes UTBK adalah memberi kesempatan yang sama bagi semua lulusan SMU untuk memasuki PTN melalui seleksi SNBT yang ada. 

Ini tentu kabar baik. Tapi persiapannya juga harus jauh lebih matang. Beberapa anak punya kegigihan dalam belajar menaklukkan tes dengan berlatih banyak soal yang bisa di-googling sendiri. Tapi mengerjakan soal-soal seperti ini sendiri butuh tekad yang sangat kuat karena sesekali akan mendapatkan self-warning apakah benar soal ini nanti akan masuk? Bagaimana jika soalnya jauh lebih sulit? 

Kalau memang mau masuk ke perguruan tinggi nasional, persiapannya bukan hanya nilai dan kepintaran. Karena sekarang bukan lagi zamannya tes akademik yang bersifat hapalan. Tesnya adalah kemampuan literasi. Bentuknya pemahaman dan penalaran. Makanya penting sekali untuk mengambil bimbingan belajar tes skolastik dan literasi. 



Bimbingan tes skolastik SNBT menjadi sangat dibutuhkan pada saat ini karena sistem masuk ke PTN berubah. Ini merupakan sesuatu yang wajar karena seperti halnya membeli asuransi atau mengambil program kesehatan tertentu adalah untuk persiapan dan ketenangan. Tenang berpikir merupakan kunci dari bernalar. 

Brain Academy merupakan salah satu bimbel persiapan tes skolastik terbaik dan terlengkap saat ini. Tak hanya terlengkap fiturnya namun juga membaginya menjadi 3, sesuai kemampuan membayar pelajarnya, yaitu reguler, premium, dan elite. Jadi bisa pilih mana yang akan diambil. Secara garis besar banyak kesamaan tapi secara kuantitas, makin tinggi pilihannya makin banyak jumlah belajarnya.



Fitur dan fasilitas Brain Academy

Saat ini, Brain Academy merupakan solusi yang bagus untuk persiapan mengikuti seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 karena punya banyak tawaran menarik yang bisa dipilih. Ada juga tawaran yang paling mudah dijangkau oleh semua orang karena harganya. Dan tentu saja karena bisa diikuti secara online bagi mereka yang jauh dari ibukota. 


Secara umum, ada 3 tawaran berdasarkan harga, yaitu:

1. Brain Academy online reguler,

2. Brain Academy online Premium

3. Brain Academy online Elite


Fitur dan fasilitas Brain Academy Online Reguler SMA+SNBT:

  1. Live teaching hingga 6 sesi per minggu 
  2. Bebas tanya di forum tanya-jawab PR (dijawab dalam 2x24 jam) 
  3. Modul digital 
  4. Full akses ruangbelajar
  5. Try out hingga 20x per tahun 
  6. Laporan perkembangan belajar per semester 



Fitur dan fasilitas Brain Academy Online Premium SMA+SNBT:

  1. Live teaching + kelas akselerasi + kelas asah konsep hingga 10 sesi per minggu
  2. Pilihan jadwal 
  3. Bebas tanya di forum tanya-jawab PR (dijawab dalam 1x24 jam) 
  4. Klinik PR hingga 5 siswa per grup 
  5. Modul cetak yang dikirim ke rumah 
  6. Full akses ruangbelajar
  7. Try out hingga 25x per tahun 
  8. Konseling privat via chat dan google meet
  9. Kelas pengembangan diri


Fitur dan fasilitas Brain Academy Online Elite SMA+SNBT:

  1. Live teaching + kelas akselerasi + kelas asah konsep + kelas tutorial (via google meet) hingga 12 sesi per minggu
  2. Pilihan jadwal
  3. Bebas tanya di forum tanya-jawab PR (dijawab dalam 1x24 jam)
  4. Klinik PR hingga 3 siswa per grup
  5. Modul cetak yang dikirim ke rumah
  6. Full akses ruangbelajar
  7. Try out hingga 25x per tahun
  8. Konseling privat via chat dan google meet
  9. Kelas pengembangan diri
  10. Buku panduan jurusan

 

 

Bisa dilihat penawaran dari Brain Academy ini sulit untuk ditolak, ya. Lengkap sekali. Dan ada lagi yang sangat menarik yaitu kesempatan mendapatkan diskon sebesar 60% melalui kode promo brain academy utbk-sbmp. Dan kalau mau sering dapat kesempatan kupas tuntas tes tersulit SNBT 2023, saya sarankan sering ke Instagram Brain Academy, deh. 


14 Komentar

  1. Alhamdulillah kalau tes masuk perguruan tinggi jadi dipermudah. Tapi tetap saja butuh belajar ekstra agar tes pemahaman dan penalaran bisa maksimal. Semoga banyak yang lolos masuk PTN ya. Aaamin

    BalasHapus
  2. Dengan sistem seperti ini berarti dipermudah atau dipersulit anak ya? Bagaimanapun tetap harus ada usaha untuk belajar giat dan berdoa. Semoga ujian masuk universitas tahun depan lebih baik dan sukses.

    BalasHapus
  3. agak senang waktu mendengar sekarang masuk PTN hanya satu tes saja, tapi agak takut juga anak saya nanti bisa gak ya. tapi eh pikirannya jauhh banget mengingat anak saya masih SD, hehe. siapa tahu nanti tes nya berubah lagi. btw brain academy ini emang bagus untuk membantu anak dalam belajar apalagi menghadapi tes PTN. bukan hanya kurikulum dan materi, tapi tutornya juga berkualitas

    BalasHapus
  4. Wah anak saya masih SMP, harus disiapkan dari sekarang nih agar nanti apapun bentuk tesnya sudah lebih siap. Brain academy jadi pilihan untuk belajar

    BalasHapus
  5. Aku lihat foto pertama langsung nostalgia SMA mba. Wkwkwk. Penting banget pensil 2B dan kertas membulatkan itu ya. Sampai ada penggarisnya yang khusus untuk memastikan pembulatan bagus dan terbaca komputer.

    Bimbingan tes skolastik SNBT ini dibutuhkan untuk menjawab berbagai persyaratan PTN yang kerap berubah-ubah, seperti kurikulumnya ya mba. Ternyata juga difasilitasi di Brain Academy.

    BalasHapus
  6. Benar nih, tes potensi skolastik sedang viral yang baru saja diumumkan mas menteri. Karena baru, bagusnya calon mahasiswa banyak cari tahu termasuk ke lembaga yang memang terpercaya. Brain Academy bisa jadi pilihan nih...

    BalasHapus
  7. Anakku dah kelas 10, dan pastinya makin dag dig dug dgn aneka printilan dan kebijakan tes masuk PTN yg berubah laksana mood ABG 😂

    Apapun itu, ya sudahlaahh

    Fokus aja menemani anak utk belajar dan berusaha yg terbaik plus tawakkal.

    BalasHapus
  8. kudu bener memilih tempat latihan dan belajar bagus serta dibimbing tentor yang bener bener mumpuni yes. Brain Academy adalah pilihan terbaik!

    BalasHapus
  9. Brain academy ini makin banyak aja fasilitasnya ya. One day aku butuh bimbel bs nih pake brain academy

    BalasHapus
  10. Wah , sistim baru yang positif dan negatifnya pasti ada ya. Kalau memang mudah tentu perlu diperhitungkan juga kemampuan perguruan tinggi untuk menampung mahasiswanya

    BalasHapus
  11. Aku juga lagi belajar2 tes bakat skolastik nih mbak. Doain lulus ya. Kalau udah berumur gini dan punya bocil harus usaha lebih memang

    BalasHapus
  12. Pernah ngikut beberapa kali latihan soal² seperti ini, memang tergantung dari cara didik dan cara anak untuk memahami soal seperti ini. Mau tmpt les mahal sekalipun tp kalo anaknya gk mampu ya percuma 😂

    BalasHapus
  13. Jadi tau mengenai tes SNMPTN zaman sekarang namanya SNBT. Dan ada tes UTBK dulu sebagai pengganti UNAS ya..
    Rasanya zaman sekarang soal berdasarkan nalar memang terasa lebih membingungkan. Tapi dengan bekal yang mantap karena bimbingan belajar yang tepat, in syaa Allah berbagai jenis tes bisa dikerjakan dengan baik.

    BalasHapus
  14. Wah aku pikir Brain Academy cuma les2an Bahasa Inggris mbak ternyata juga mata pelajaran lainnya ya. Bahkan ada persiapa tes2nya juga. Anak2 penting banget ikutan supaya bisa bersaing kalau tes yang sebenarnya. TFS.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)