Jangan Angkat Vcall dari Nomor yang Tidak Dikenal

Ada modus baru, video call yang berujung pada pemerasan. Agak seram sih, karena memanfaatkan ke-easygoing-an kita dalam hal menerima telpon dari nomor yang tidak dikenal. Baiknya jangan asal menerima, deh. Kalau menerima, tak perlu menunjukkan wajah kita. Why oh why, kenapa oh kenapa, jika penelpon adalah pemeras maka kita akan jadi korban.

Vcall dari Nomor yang Tidak Dikenal


Tulisan ini mangkrak di draft sejak tanggal 3 Juli. Baru publish sekarang karena baru sempat menyelesaikan. Juga karena ada beberapa artikel yang harus dipublikasikan terlebih dahulu di Cakrawala Susindra.

Kebetulan setelah membaca tentang ini, dua hari kemudian saya menerima vcall dari nomor yang tak dikenal. Kalau benar untuk niat pemerasan maka gambar video yang ia terima adalah telinga saya; pasalnya tanpa memperhatikan jenis panggilan saya membawa ponsel ke telinga dan mengucapkan, "Assalamualaikum". Jawabannya adalah suara samar yang segera terputus.

Apa hubungannya?


Memanfaatkan ketakutan

Reaksi seseorang akan sesuatu tidaklah buruk, namun di tangan orang yang berniat jahat bisa jadi sesuatu yang memalukan. Misalnya reaksi senyum saat menerima telpon digabung dengan video orang tanpa baju. 

Apa maksudnya?

Ada modus pemerasan baru yang membuat orang akan manut saja meski diminta mentransfer sejumlah dana asal video gabungan di atas tidak disebarkan. Orang yang melihat memang sangat mungkin langsung mengira video tersebut adalah potongan video call s_x. Benar atau tidak, zaman sekarang banyak yang tak peduli dan mudah saja percaya.


Waspada dengan vcall dari nomor yang tidak dikenal

Lazimnya kita akan memberi nama pada nomor-nomor WhatsApp seseorang yang kita kenal. Jika ada nomor yang tak dikenal tiba-tiba menelpon, pastinya kita akan waspada. Kecuali dalam kasus khusus, seperti saya yang asal buka saja karena sedang asyik nonton drama. Kadang terlalu sibuk dengan pekerjaan rumah tangga juga bisa bikin lengah.


Video call dari Nomor yang Tidak Dikenal



Saya asal terima dan mengarahkan layar HP ke telinga. Tak sampai 2 detik telpon tersebut dimatikan dan tidak menelpon lagi. Saat dicek di aplikasi caller ID, nomor tersebut banyak diberi nama yang tidak baik.

Saya menulis ini untuk memberitahu sobat Susindra agar lebih waspada saat menerima vcall dari nomor telpon yang tidak dikenal.


Modus yang dilakukan

Jika menerima vcall berkali-kali dalam jarak waktu yang dekat,dari nomor yang tidak dikenal, sebaiknya mulai perhatikan aktivitas nomor tersebut. Bagus juga jika mengecek di aplikasi caller ID

Lazimnya seseorang yang baik akan memberitahu orang yang dipanggil dengan video, tentang siapa dia dan maksudnya. Apalagi jika ia menelpon berkali-kali, yang dapat diartikan ada sesuatu yang penting. 

Salah satu cara yang dipakai penipu dan pemeras adalah memanfaatkan kejengkelan kita karena merasa terus diganggu. Makanya dia akan menelpon terus. Dia akan terus melakukannya sampai mendapatkan ekspresi yang dibutuhkannya. Tak perlu lama untuk mendapatkan yang ia mau. 

Reaksi saat menerima telpon inilah yang akan dikombinasikan dengan video orang tanpa baju, seakan-akan sedang ada vcall s_x yang berlangsung. Dan dengan inilah tabungan bisa dikuras semaunya. Pasalnya, video ini akan dijadikan sumber ancaman. Pembuat akan mengancam menyebarkan video kita ini jika tidak mau mengikuti tuntutan mereka.

Jadi, lebih baik berhati-hati saja, ya. Artikel ini tak bermaksud menakut-nakuti. Hanya ingin mengingatkan bahwa banyak keseharian kita yang bisa dijadikan celah penipuan. Bahkan hal sesederhana ini pun, ternyata bisa. 

5 Komentar

  1. Benar kak, jangan diangkat terlebih dahulu lebih baik cek dulu di get contact hih

    BalasHapus
  2. Sekarang memang banyak banget nih ya kak modus-modus pemerasan, makin menakutkan

    BalasHapus
  3. Kalau saya dapat telfon dari nomor tidak dikenal jelas tidak saya angkat sih kak hehe

    BalasHapus
  4. Sekarang modus-modus pemerasan bisa dilakukan dengan berbagai cara ya kak, mengerikan

    BalasHapus
  5. Wah harus lebih waspada lagi nih ya kak misalnya ada yang telfon dari nomor tidak dikenal

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)