Mysterious Lotus Casebook (2023) Persahabatan dan Pengembaraan untuk Memecahkan Kasus

Rasa hati ikut nelongso melihat Li Lian Hua ambruk dan Fang Duo Bing berusaha keras menyelamatkannya. Keduanya dekat karena mengembara dan menyelesaikan kasus lianhua (teratai) alias Mysterious Lotus Casebook


mysterious lotus casebook bukan drama bromance
Drama bromance?


Kalau lihat formasi pemain utama, saya sempat punya syak kalau cdrama yang satu ini bakalan ada bromance-nya, alias romansa dua pria. Ternyata murni persahabatan. Persahabatan 3 pria yang seharusnya saling bunuh karena dendam, eh malah bersahabat erat. Yang satunya adalah Di Fei Sheng, orang yang "membunuh" masa lalu Li Lian Hua. 

Persahabatan Li Lian Hua-Fang Duo Bing sudah sedemikian erat meskipun banyak adegan ala ayah-anak membuat para penonton berusia senior membayangkan bagaimana jika terjadi di dunia nyata. Ketulusan ala ayah pada anak manja yang ingin menjadi pahlawan bagi dunia, atau kesalahpahaman anak karena ayahnya selalu menipunya agar pergi jauh dari kasus yang ditangani..

Tentu saja mereka bukan ayah-anak. Disebut murid-guru juga susah meskipun jika di-gatuk-matuk ya memang murid guru. Bebas mengartikan karena toh karakter Li Lianhua memang dibuat selicik rubah. Namun rubah yang baik hati dan setia pada kawan. Dia bahkan percaya bahwa lawan utamanya, yang mencelakai dirinya sampai jadi "petarung" cacat, bisa jadi sahabat dan partner dalam memecahkan kasus yang sedang ia selidiki. 


Sudah terbayang karakter dan cerita kira-kiranya? Kalau belum, sobat Susindra harus baca karena sangat seru.


Detil Mysterious Lotus Casebook


Detail drama

Judul: Mysterious Lotus Casebook

Judul lain: Auspicious Pattern Lotus House, Ji Xiang Wen Lian Hua Lou, 吉祥紋蓮花樓, 吉祥纹莲花楼, The Lotus Casebook, 蓮花樓.

Judul novel: Auspicious Pattern Lotus House (吉祥纹莲花楼) 

Penulis novel: Teng Ping (藤萍)

Penulis naskah drama: Liu Fang (salah satu sutradara Heroes)

Sutradara: Guo Hu, Ren Hai Tao

Negara asal: Cina

Jumlah episode: 40

Waktu tayang 23 Juli - 18 Agustus 2023

Produksi: iQiyi

Durasi: 45 menit

Genre: wuxia, detektif/misteri (dan komedi jika mau memasukkannya)

Tempat nonton: iQIYI dan WeTV


Pemeran utama

Cheng Yi sebagai Li Lian Hua/Li Xiang Yi

Joseph Zeng sebagai Fang Duo Bing

Xiao Shun Yao sebagai Di Fei Sheng

[Semuanya laki-laki]


Pemain pendukung

Chen Du Ling sebagai Qiao Wan Mian [mantan kekasih Li Xiang Yi]

Estelle Chen sebagai Su Xiao Yong [gadis yang kadang ikut berkelana]

Xu Bai Hui sebagai He Xiao Hui [Ibunya Fang Duo Bing]

He Gang sebagai  Shan Gu Dao


Sinopsis Mysterious Lotus Casebook

Seorang tabib miskin bernama Li Lian Hua berkelana dengan sebuah kereta berbentuk lotus/teratau. Dari keretanya inilah ia dikenali sebagai tabib Lu si lotus. Lian hua memang artinya teratai.

review terlengkap mysterious lotus casebook
Fang Duo Bing


Li Lian Hua berkelana di dunia jianghu, karena sedang menyelidiki sesuatu. Ia ingin mencari jenazah kakak seperguruannya yang raib. Shan Gu Dao dibunuh 10 tahun oleh Aliansi Jinyuan. Sebuah aliran yang meresahkan para pembela kebenaran. 

Li Lian Hua 10 tahun lalu adalah pendekar nomor satu di jianghu atau dunia persilatan bernama Li Xiang Yi. Xiang yi yang berarti sempurna. Pendkar nomor wahid di dunia yang doyan berkompetisi. Pedang kilatnya mengalahkan semua orang. 

Usia 15 tahun sudah mengalahkan banyak pendekar, usia 17 tahun jadi ketua pendekar di Sekte Sigu, dan di usia yang sama sudah jadi pendekar nomor satu. Prestasi itu lenyap saat usianya 20 tahun, tepatnya 10 tahun lalu, dan semua orang mengira ia meninggal dunia. Bahkan makamnya pun ada.

Sepuluh tahun lalu juga, ia ditantang oleh Di Fei Seng, ketua Aliansi Jinyuan, yang terobsesi menjadi pendekar nomor satu. Mereka bertarung di Laut Timur dan keduanya raib selama 10 tahun.

Mereka tidak mati. Li Lian Hua menjadi Tabib Li Liangua, sementara Di Fei Seng menjalani pengobatan dan mengisolasi selama 10 tahun di gua bersama tabib iblis.

Li Lian Hua dengan kesaktian tersisa 10% dari sebelumnya, yang ia butuhkan untuk mengendalikan racun Teh Hijau dalam tubuhnya, sama sekali tak boleh bertarung. Untunglah ia licik dan jenius. 

Dalam pengasingan tersebut ia tetap mencari jejak mayat Shan Gu Dao, dan tak sengaja menjadi terkenal sebagai tabib jenius, serta di-notice oleh para pendekar. Namun tak ada teman lama yang mengenali dirinya yang sudah lemah serta berubah wajah akibat racun yang ada dalam tubuhnya.

Li Lian Hua bertemu dengan Fang Duo Bing di perjalanan saat menyelidiki kasus. Pertemuan ini berlanjut dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya yang selalu berakhir dirinya meninggalkan Fang Duo Bing, meski tahu bahwa detektif muda tersebut sangat memuja dirinya dan menjadi muridnya, yang tidak resmi.

Fang Duo Bing menjadi sangat jengkel bahkan menjadi sangat marah karena merasa selalu diperdaya oleh Li Lian Hua. Dia akhirnya tahu bahwa Shan Gu Dao adalah ayahnya, dan ayahnya ini menurut informasi, dibunuh oleh Li Xiang Yi, masa lalu Li Lian Hua ini. Bisa dibayangkan nantinya saat ia tahu.

Dalam perjalanan mereka juga dibantu oleh Di Fei Sheng yang berhasil diperdaya Li Lian Hua. Di Fei Sheng pada dasarnya adalah sosok yang kejam dan sangat tidak suka dikhianati. Prioritas hidupnya hanya ingin jadi pendekar nomor satu di jianghu. Maka obsesinya adalah mengalahkan Li Xiang Yi. 

mysterious lotus casebook sinopsis lengkapnya


Saat ia tahu bahwa Li Lian Hua adalah Li Xiang Yi, ia ikut berpetualang bersama mereka dengan maksud menyembuhkan dan mengembalikan kesaktian Li Xiang Yi. Ia ingin kemenangan yang adil. Meski dunia mengatakan 10 tahun lalu dirinya sudah mengalahkan Li Xiang Yi, namun ia menganggapnya belum karena saat itu lawannya diracuni oleh aliansinya. 

Petualangan mereka berlanjut. Fang Duo Bing dan Di Fei Sheng sering ribut namun masing-masing punya tugas dalam menyelesaikan kasus. Kasus mereka berhubungan dengan upaya kebangkitan bangsa Nanyin yang sudah punah. Dunia akan berakhir jika mereka berhasil bangkit. Dengan tekad yang sama, sesuai dengan peran dan karakter yang ada. mereka bahu-membahu untuk menyelamatkan dunia. Menjadi pahlawan bagi dunia mereka. 

Bagaimana ending-nya? Bagaimana reaksi ketiganya saat tahu, Shan Gu Dao, yang mayatnya mereka cari dan kuburkan setelah bertemu ternyata adalah seorang pangeran Nanyin yang menjadi dalang semua kekacauan jianghu sejak lama? Akankah Fang Duo Bing mengikuti ayahnya atau menjadi lawannya?


Review Mysterious Lotus Casebook (2023)

Drama Cina ini saya tonton dengan penuh minat, karena termasuk bagus. Bagus dari sisi pemainnya, cgi-nya, ceritanya, silatnya, kostumnya, juga misteri-misteri yang dilemparkan untuk dikunyah para penonton yang suka nonton drama/film berjenre detektif.


Drama bromance?

Penonton juga akan sering dibuat tertawa sehingga masuk ke dalam kategori drama komedi. Para bucin alias budak cinta akan mendapati setidaknya 4 perempuan bucin dengan permasalahan masing-masing. Kisah mereka para bucin hanya selewatan, sekaligus menegaskan bahwa meski drama tentang 3 pendekar laki-laki namun bukan drama bromance.

Tak ada pemain perempuan yang dominan. Bahkan tokoh perempuan yang akhirnya ikut berkenala serta punya peran - meski tak banyak - bukanlah perempuan glamour yang akan memikat orang dengan sekali melihat, melainkan sosok gadis dengan ilmu cetek yang kebetulan menjadi cucu dari si kakek kamus berjalan yang disegani semua orang. Kostumnya sangat biasa, gaya mencintainya juga tenang. Malahan kesannya akan seperti dayang yang selalu membantu urusan domestik.

Kalau lihat kekhasan seperti ini, saya agak curiga kalau Teng Ping si pengarang cdrama Mysterious Lotus Casebook (2023) adalah seorang laki-laki. Drama laki-laki biasanya berunsur jantan seperti ini. Wkwkwk.

Saya belum berhasil mencari siapa dan bagaimana sosok Teng Pin ini. Hanya menemukan di Good Read ada 56 buku yang dimasukkan dalam akunnya, yang tak mempunyai foto. Bisa jadi akun fan made.


Kisah persahabatan

Salah satu yang indah di drama Mysterious Lotus Casebook adalah persahabatan dan saling percaya. Meskipun penonton akan sering dibuat tertawa saat Li Lian Hua memperdaya Fang Duo Bing dan Di Fei Sheng. Oh iya, meski tak bisa berbahasa Cina tapi kalau terjemahan bebas dari google translate, arti nama mereka:

1. Lian Hua= teratai/si lidah manis

2. Fang Dou Bing = kasih sayang/kesakitan

3. Fei Sheng = memuncak

Cukup unik sih, sebenarnya, kalau memperhatikan nama-nama dalam drama Cina. Meski terjemahan di atas cuma sedikit benar tapi bisa dijadikan cocok logi tentang karakter yang dibangun. Saya sering membayangkan nama Indonesia zaman dulu yang unik-unik.


akhir cinta li xiang yi li lian hua
Cinta sejati Li Lian Hua atau Li Xiang Yi


Apakah beneran tak ada kisah cinta pria-wanita atau laki-perempuan? ADA, tapi hanya tambalan saja. 

Li Xiang Yu jelas masih mencintai Qiao Mian Wan namun tahu kalau hidupnya hanya menghitung hari. Ia juga tahu bahwa Nona Su mengikuti kelananya karena cinta. Juga tahu Nona Ketiga He (bibinya Fang Duo Bing) juga sangat mencintai dirinya. Dua nona yang saya sebutkan di atas mencintainya sebagai tabib yang tulus membantu orang lain. Bahkan tak tahu kalau yang dicintai adalah pendekar yang melegenda.


Si rubah tua Li Lian Hua

Si lidah manis kita ini, si Li Lian Hua, memang benarlah ketika dijuluki rubah tua oleh Fang Duo Bing, karena kemampuannya dalam memecahkan kasus. Ia seorang desertir dunia persilatan karena kesaktiannya hilang serta merasa sangat bersalah pada rekan-rekan seperjuangannya. Jika dulu dia tidak terlalu merasa dirinya hebat, kekacauan dunia yang ia cintai takkan terjadi.

Ia tahu bahwa dianggap mati serta sektenya bubar merupakan sebuah konsekuensi dari kesalahannya. Kembali ke dunia jianghu hanya akan membuat susah orang-orang terdekatnya serta akan ada banyak orang yang menantangnya duel. Dia hanya ingin memakamkan saudara seperguruannya di sebelah makam gurunya serta menjalani hidup terisolasi bersama mereka sampai mati. Tapi keinginannya itu terlalu muluk karena sejak awal ia yang salah mengenali lawan terbesarnya.

Kalau ada yang tanya kok teman-teman di Sekte Sigu tidak mengenalinya, saya bisa jawab karena memori mereka tentang sosok ketua sekaligus pendiri sekte adalah anak muda tampan dengan pakaian rapi jali cenderung mewah. Bisa dilihat dari kualitas kain, potongan, dan bordir bajunya yang bagus. Masih ditambah aura, gaya bicara mendominasi dan maunya menang sendiri.

Sosok Li Lian Hu adalah kebalikan dari dirinya di masa lalu. Li Lian Hu berbaju abu-abu yang kusut dengan banyak tambalan di sana-sini. Jika dicek pun tak ada sisa kesaktian di sana. Masih ditambah sifatnya yang suka membantu tapi tak mau dikenang jasanya. Ini masih ditambah keterangan racun Teh Hijau mengubah bentuk wajahnya, jadi tidak hanya lebih tua dari usia sebenarnya tapi juga karena wajahnya beda. 

mengapa tak ada yang mengenali li lian hua sebagai li xiang yi


Kalau kita para penonton tahu ya karena tak bisa diwakili wajah lain, kan? Sedikit mengingatkan pada karakter Ji Yun He dalam drama The Blue Whisper. Diceritakan di situ, si Ji Yun He mengubah wajahnya selama berkelana di jianghu dan wajah samarannya hanya terlihat saat bercermin saja.

Peran Li Lian Hua/Li Xiang Yi diserahkan pada Cheng Li, aktor darling saya yang pertama kali kenal pada tahun 2016 lalu sebagai Ling Jing Yu di drama Legend of Chusen atau Noble Aspiration. Dramanya Immortal Samsara pernah saya ulas di sini. Bagus tapi bikin saya jadi capek kalau menonton drama bucin yang terlalu mengharu-biru. Padahal drama xianxia seringnya mengutamakan kesetiaan cinta yang langgeng karena berlangsung ratusan sampai ribuan tahun.


Si anak manja Fang Duo Bing

Pemuda yang selama hidup selalu kecukupan. Anak menteri kerajaan  (ayah) dan penguasa Aula Tianji (ibu) yang terkenal. Sangat ingin berkelana dan meneladani Li Xiang Yi. Tekadnya bulat ingin menjadi pahlawan dan mengembalikan kejayaan Sekte Sigu yang didirikan oleh Li Xiang Yi.

Duo Bing kalau dalam bahasa Cina diartikan sakit. Ia memang sakit parah saat kecil dan demi janji bisa menjadi murid Li Xiang Yi makanya ia berjuang agar bisa sembuh. Ternyata ia anak yang berbakat menjadi pesilat hebat.

Fang duo bing dapat diartikan sebagai kasih sayang, karena ia adalah sosok penyayang. Ciri khas pahlawan pembela kebenaran yang tulus membantu. Cerdas tapi tak punya banyak pengalaman dengan watak manusia yang beraneka rupa.

Joseph Zeng atau Zeng Shun Xi memang cocok dengan karakter heroik yang mudah diperdaya karena terlalu mudah percaya. Karakternya saat jadi Zhang Wu Ji di cdrama Heavenly Sword and Dragon Slaying Sabre pastilah belum lupa. Atau lebih tahu Wang Xiao Xi di cdrama Heroes? Boleh juga. Karakternya kurang lebih sama. Bedanya di sini tak ada rubah tua Li Lian Hua yang selalu mengusirnya secara halus karena mencemaskan keselamatan si pahlawan muda yang masih panjang perjalanan hidupnya.


Obsesi Di Fei Sheng

Orang hidup memang harus punya obsesi. Inilah bahan bakar untuk terus memperkuat diri. Di Fei Sheng terobsesi untuk mengalahkan Li Xiang Yi. Dia bahkan bisa memberikan seluruh hidupnya untuk itu. 

Bagi Aliansi Jinyuan yang ia pimpin, sosoknya sangat menakutkan. Tak pernah segan menghilangkan nyawa. Siapapun yang mengkhianati akan mati, tanpa mempertimbangkan prestasi. Menakutkan. 

Karakternya masih mirip dengan Lin Hao Qing dalam drama The Blue Whisper yang dibintangi oleh Dilraba Dilmurat dan Ren Jia Lun. Tentang sosok yang kejam di permukaan namun punya rasa kasih sayang yang sangat kuat. Tak pernah ragu menyerahkan hidupnya untuk apa yang ia percayai.

obsesi di fei sheng kawan atau lawan


Ketika tahu kalau musuh bebuyutannya masih hidup dan jadi manusia lemah, Di Fei Sheng berusaha untuk menolongnya. Mengembalikan kemampuannya agar bisa mengalahkan secara adil. Baginya pertarungan 10 tahun lalu tidak adil karena lawannya dalam kondisi keracunan.

Menuju ending ia tampak bergabung pada sekte antagonis yang menjadi dalang semua peristiwa. Namun dengan karakternya, bukan tak mungkin ia akan menjadi pahlawan pembela kebenaran.


Itulah kurang lebih yang saya tangkap dalam drama Mysterious Lotus Casebook (2023). Kalau tertarik bisa menonton di iQIYI atau WeTV. Sudah hampir tamat sekarang, jika sesuai jadwal maka tanggal 18 Agustus ini tamatnya. Untuk yang suka nonton tapi tak suka menunggu lama updatannya, cocok banget, nih. 




19 Komentar

  1. jumlah episodenya cukup banyak juga ya mba
    Akhir-akhir ini aku memang sering nonton drama cina, apalagi kalau yang main ganteng-ganteng hahaha
    Kebanyakan yang aku tonton bukan yang bergenre kolosal seperti ini
    Bisa juga nih nonton Mysterious Lotus nantinya, buat mengisi waktu senggang

    BalasHapus
  2. Mba sampai cari si Teng Pin hihi.. dulu suka nonton yg drama bucin, udah lama nggak. Romcom lebih suka ehhhh sama aja ya hehe. Ku kira hanya ada di Iqiyi, ada di WeTv jg ya mba

    BalasHapus
  3. Kalo drama homo tuh bukan bromance sih Mbak istilahnya tapi BL a.ka Boys Love. Kalo bromance ya kayak sahabatan dua cowok aja, macam goblin dan malaikat maut di drama Goblin. Penggemar drama gula-gula kayak aku kayaknya skip deh nonton ini ✌️

    BalasHapus
  4. Penasaran juga sih gimana caranya dari pengen saling bunuh eh malah bersahabat antar laki-laki. Biasanya alur ini kan kalau laki-laki n perempuan, trus mereka jatuh cinta. Belum lagi kisah cinta dengan perempuan terkesan tempelan, rasanya agak aneh kalau sering nonton romance

    BalasHapus
  5. Waoww ada 40 eps dengan durasi yang mayan panjang ya 45 menitan. Murni cerita persahabatan nih ya dan minim romance wkwkk. Tapi ya bisa banget dapet insightnya dari cerita persahabatan dan saling percaya.

    BalasHapus
  6. Saya suka nonton yang ga pake lama updatenyannya...berasa garing nunggu soalnya kwkw, pas nih Mysterious Lotus Casebook dinikmati, apalagi dah mau tamat sebentar lagi

    BalasHapus
  7. Drama cina mulai banyak lagi ya mbak. Dlu kan sempet booming trs kalah sama dorama dan drakor. Termyata sekarang ceritanya bagus2 juga

    BalasHapus
  8. Membaca cuplikan ceritanya, kelihatan C-Drama yang menarik Mbak. Tema drama cina emang selalu seperti ini, cinta dan balas dendam. Namun yang ini diberi twist yang sangat keren ya. Dimana Shan Gu Dao yang dianggap sudah meninggal 10 tahun lalu ternyata otak semua kejahatan..Seru..seru...

    BalasHapus
  9. Duh yang main cakep-cakep ini, aku kalau nonton drama China atau Korea biasanya lihat dari pemainnya dulu nih. Penasaran pengin nonton juga ah.

    BalasHapus
  10. Hah, cowoknya tampan-tampan yaaaa. Aku belum nonton karena ya kolosal. Masih maju mundur kecuali emang bener-bener pengen, hehehe

    BalasHapus
  11. biasanya dari yang benci banget malah bisa jadi sahabatan gak sih? btw ini seru lho alur ceritanya

    BalasHapus
  12. Kok seruu yaa alur ceritanya, ahaha. Yang main ganteng2 pula 😍

    Udah lama banget aku gak nonton dracin. Dulu sih lumayan sering. 😁

    BalasHapus
  13. Unik nih mengupas drama cina, aku sukaa.kisah kisah yang masih ada latar belakang jaman dulu kala. Bajunya juga masih model kuno.gitu....

    Jadi pengen nonton makk...

    BalasHapus
  14. Aku hanya sekali apa dua kali gitu nonton dracin, ini seru juga ya jadi kepo ingin nonton juga deh

    BalasHapus
  15. Sebentar lagi dong tamat... Unik ya kak alurnya aku kebanyakan klo dracin nontonnya awal tengan terus akhir .. jadi penasaran sama akhir dari Mysterious Lotus Casebook ini kisan persahabatan dan saling percaya.

    BalasHapus
  16. Seru banget baca sinopsis alur ceritanya. Apalagi bromance jadi inget Goblin euy. mau coba nonton ah

    BalasHapus
  17. Aku jadi paham sama kak Susi nih..
    Suka banget genre sageuk gini ya.. ketimbang dracin modern.
    Dan TOP blog review dracin terbaik.

    Kali ini mengangkat kisah perjuangan 3 cowo kece dalam drama Mysterious Lotus Casebook. Aku jadi inget drakor kesayangan aku sepanjang masa, Moonlovers. Heheh, kan adapted from dracin juga yaa..

    BalasHapus
  18. Drama Cinaaa ya ini mba... episodenya banyak ya. Tapi aku suka ikuti kalau ceritanya bagus dan sukaaa lho sama setting sejarah dan kostumnyaaa

    BalasHapus
  19. Lihat gambarnya kukira bromance, baca reviewnya ternyata enggak. Boleh nih ditonton, drachin itu enggak kalah seru dari drakor. Tapi ya itu, episodenya panjang...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)