7 Menu Olahan Daging Sapi Kekinian yang Enak dan Praktis

Siapa sih yang bisa menolak kenikmatan daging sapi yang empuk dan penuh rasa? Tapi, kalau bosan dengan olahan daging sapi ala steak atau rendang, saatnya mencoba variasi menu baru yang tak kalah lezat dan tentunya praktis. 

7 Menu Olahan Daging Sapi Kekinian yang Enak dan Praktis


Di artikel ini, Cakrawala Susindra akan membahas 7 menu olahan daging sapi kekinian yang bisa dicoba di rumah. Tidak perlu khawatir, semua resepnya simpel dan tidak akan memberi kesulitan saat memasaknya. Jadi, yuk simak dan siap-siap memanjakan lidah dengan resep dari kami!


7 Menu Olahan Daging Sapi Kekinian

Ada banyak menu daging-dagingan yang kekinian. Kuliner memang terus berkembang sejalan dengan makin kreatifnya seseorang. Setidaknya sobat harus coba salah satu dari 7 olahan daging sapi yang simpel namun tetap modern berikut ini. Penasaran? Simak baik-baik, ya!


1. Daging Sapi Mercon

Olahan daging sapi kekinian pertama yang kami rekomendasikan ini cocok untuk sobat semua yang suka makan makanan pedas. Olahan ini dibuat dengan daging sapi yang dimasak hingga empuk dan matang. Untuk menambah sensasi pedas yang segar, gunakan cabai rawit yang agak banyak, boleh 15 biji atau lebih.

Jangan lupa juga untuk menambahkan bumbu-bumbu lainnya agar rasanya lebih nendang, seperti bawang merah, tomat, bawang putih, hingga garam dan gula. Mulailah dengan merebus daging terlebih dahulu. 

Setelah daging empuk, masukkan bumbu-bumbu yang sudah diulek kasar. Biarkan dagingnya sampai matang, dan daging sapi mercon siap dihidangkan!

resep teriyaki sapi-beef
Beef teriyaki kekinian


2. Beef Teriyaki

Kalau resep yang satu ini cocok untuk yang suka dengan kebudayaan Jepang, khususnya makanan dari Negeri Sakura. Untuk membuat Beef Teriyaki ini bisa dimulai dengan merendam daging menggunakan saus teriyaki. Untuk mendapatkan saus teriyaki, bisa gunakan campuran kecap asin, mirin, dan sedikit gula. Lalu, jangan lupa taburkan wijen atau daun bawang agar rasanya lebih menggugah selera!


3. Beef Bulgogi

Kalau tadi ada resep dari Jepang, kali ini kami rekomendasikan olahan daging sapi dari Korea Selatan yang namanya Beef Bulgogi. Bagaimana cara membuatnya? Sobat cukup merendam daging sapi dalam bumbu Bulgogi. Praktis sekali.

Pastikan bumbu meresap sempurna sebelum dagingnya dibakar atau tumis. Jika ingin lebih autentik, pakai api arang kayu saat membakarnya, supaya aroma khas Bulgogi semakin terasa. Selesai, deh! Gampang, kan?


4. Sei Sapi Sambal Matah

Mau coba sesuatu yang unik dan ngehits dari daging sapi? Yuk, kenalan dengan Sei Sapi Sambal Matah! Resep ini sempat viral dan jadi pusat perhatian di dunia kuliner. Sei sendiri adalah istilah dari bahasa Rote yang artinya daging iris tipis memanjang. 

Gaya masak ini berasal dari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan cara pengasapan. Daging sapi yang sudah diiris tipis-tipis itu diasapi sampai matang, sambil ditaburi rempah-rempah yang aromanya bikin lapar. Agar rasa dagingnya lebih enak dan nikmat, bisa juga ditambahkan sambal matah. Pasti nagih!


5. Tumis Daging Cabai Hijau

Ini juga adalah resep yang cocok untuk yang suka pedas dan segar. Beberapa orang bahkan membuat resep ini sebagai makanan comfort food karena penyajiannya yang simpel tapi tetap kekinian. Cara pembuatannya mudah, hanya perlu menggoreng daging, kemudian bumbui dengan cabe hijau dan bumbu lainnya. Selesai deh! Simpel banget, kan?

bistik kekinian
Bistik sapi kekinian


6. Bistik Sapi

Jika ingin menikmati sajian daging sapi yang tak hanya enak tapi juga mewah, Bistik Sapi bisa jadi pilihan yang tepat. Daging sapi yang empuk, bumbu yang meresap sempurna, dan kuah yang kental, semua ada dalam satu piring! Nah menu ini juga cukup sehat karena ada tambahan buncis dan wortel rebus untuk nutrisi yang lebih lengkap. Tertarik?


7. Daging Sapi Saus Tiram

Kombinasi daging sapi yang lembut dan saus tiram yang aromatik bikin hidangan ini jadi favorit banyak orang. Nah, agar daging sapi saus tiramnya lebih nikmat dan gizinya lebih komplit, sajikan dengan nasi putih dan sayuran hijau. 

Butuh saran sayur? Brokoli atau buncis bisa jadi pilihan paling tepat. Wortel juga oke banget. Cocok sekali untuk menu makan malam atau saat sobat butuh sesuatu yang cepat tapi tetap istimewa.


Itulah beberapa resep daging sapi kekinian yang enak dari bahan daging sapi. Namun, resep di atas akan kurang afdol jika kita salah memilih daging sapi. Inilah kuncinya.



Bagaimana cara memilih daging sapi yang bagus dan cocok untuk resep-resep di atas? Mudah saja, pastikan beli daging sapi segar di Kingkong Meats. 

Sekilas informasi, Kingkong Meats merupakan tempat beli daging sapi segar yang pastinya punya kualitas terbaik. Tak Belanja di Kingkong Meats tidak perlu mendatangi gerainya, karena tersedia pembelian secara online. Cukup beli daging dari rumah saja dan bisa kapan saja. Hanya perlu memesan daging secara online dan tunggu daging pesanan akan langsung dikirim ke rumah. Sambil menunggu bisa menyiapkan area perdapuran atau undang teman-teman.

Bagaimana dengan harganya? Tenang saja, harga di Kingkong Meats bersaing dengan harga pasaran, bahkan biasanya Kingkong Meats mengadakan diskon hingga 16% lho! Lumayan banget, kan... Jadi tunggu apalagi? Yuk, belanja di Kingkong Meats sekarang juga! 

35 Komentar

  1. Kalau saya biasanya saya jadikan bakso hihi. Tapi sepertinya yang beef teriyaki bisa nih dicoba hihi

    BalasHapus
  2. Daging sapi sambal matah ini, jadi andalan kalau lagi males masak. Apalagi tiap weekend sekeluarga pasti masak masakan kampung halaman di Bali. Yang pengen dicoba sekarang tuh tumis daging sambal ijo. Boleh nih di spill resepnya, Mbak. ❤️

    BalasHapus
  3. Aku si yang gabsa masak :"> ngeliat gini jd pengeb

    BalasHapus
  4. Daging sapi saus tiram sepertinya olahan sapi yang mudah dan menarik dikarnakan aku sering banget liat di tiktok skrg pada masak pakai saus tiram seperti oseng2 tahu dan tempe

    BalasHapus
  5. Wuahhh..... jadi pingin makan nech kalau liat foto-fotonya....
    air liur ngecessssssssssssss ahahahahahaha....
    nice post boskuh
    salam kenal n salam BloggerHub Nusantara
    wahono secret

    BalasHapus
  6. Waduh² kalau udah bahas daging sapi merah begini, ngiler aja bawaannya ... wanginya itu pasti semerbak 🥹

    BalasHapus
  7. Teriyaki dan Tumis daging cabe ijo yang paling sering saya masak deh. Selain emang simpel dan mudah, emang jadi favorit juga dirumah. Masing masing masakan punya karakter dan emang kembali lagi ke jenis daging yang mau diolah

    BalasHapus
  8. Bikin ngiler, daging sapi kalo d olah dengan resep yang pas tentunya akan lezat.

    BalasHapus
  9. daging sapi ini emang olahan yang menggugah selera. Pingin coba masak sei sapi tapi takut failed dibanding yg dijual orang hihi tar mau coba cabe ijo deh kayanya simple

    BalasHapus
  10. Dari 7 menu yang disebutkan di atas, istri saya sering banget masak beef teriyaki, selain jadi menu favorit. Beef Teriyaki lebih mudah bikinnya apalagi buat barbeque enak juga tuh.

    BalasHapus
  11. Hmmm, baru tahu aku klo sei itu ternyata merujuk pada cara mengirisnya (bentuk irisan daging sapinya) ... kukira nama bumbunya. Ternyata pula dari negeri kita sendiri, dari Indonesia bagian wetanan. Kukira dari Jepang. Lhah sei sapi ini kan sedang ngehitz ...di sini sei sapi di sana sei sapi ...

    BalasHapus
  12. Kalau saya sukanya daging dipotong kecil-kecil, ditumis pakai bawang putih jahe kecap, kasih garam gula sedikit, tumisnya pakai margarin. Gatau namanya apa tapi simple dan enak. Selebihnya saya lebih sering terima jadi alias yang masak biar orang lain hahaha

    BalasHapus
  13. Kak, untuk yang daging sapi saus tiram itu enaknya gimna ya si dagingnya? Lebih baik di potong gede atau kecil? Soalnya mau nyobain masak. Hihi

    BalasHapus
  14. Walaupun saya orangnya cuma bisa makan tapi lihat menu olahhan daging ini pengen buat jadinya dagin sapi mercon jadi selera makan semakin tinggi haha

    BalasHapus
  15. Beef Bulgogi udah bolak balik baca resepnya tapi belum sempat juga bikin ini. karena pengen dapat aroma arang kayu itu makanya masih menimbang-nimbang, padahal bisa panggang di kompor juga bisa kan. Btw, kalau beli daging segar di Kingkong Meats itu langsung ke websitenya ya Kak?

    BalasHapus
  16. Langsung jadi bookmark untuk ide masak daging nanti! Pernah nyoba bikin semuanya kecuali daging mercon. Kalau aku paling suka sei sambal matah, tapi gak bisa kalau ngolah dagingnya sendiri, belum nyoba juga sih, kayaknya sulit hehe

    BalasHapus
  17. Sei daging sapi, varian dari sajian sei yg terkenal dari ntt.

    BalasHapus
  18. Tulisan ini mengundang decakan liur, hehe. Harus banget disimpan tulisan ini. Soalnya sering banget kalau mau masak daging tuh pakai acara blank ga tau mau dikreasikan jadi apa

    BalasHapus
  19. Kebetulan punya daging di rumah, terinspirasi untuk eksekusi jadinya.
    Untuk setiap olehan diatas apa bisa memakai jenis potongan daging apa saja mba? kan kayak ada daging khas dalam, dan potongan lainnya yang saya gak hapal nama2nya tuh suka ada di peta daging di meat section..

    BalasHapus
  20. Sebagai penyuka makanan pedas tentunya daging sapi dengan bumbu mercon menjadi yang paling menyedot perhatian. Terus yang pedas-pedas itu entah mengapa selalu membuat makan lebih lahap.

    BalasHapus
  21. Wah makasih rekomendasinya ! Kadang saya suka bingung mau masak apa kalau ada daging haha

    BalasHapus
  22. Aku jadi ngiler kak lihat foto-fotonya. Terima kasih resepnya ya kak, nanti langsung aku coba praktekan semoga berhasil dan enak terutama Daging Sapi Mercon karena aku suka bangeeettt.....

    BalasHapus
  23. Saya baru coba menu 1 dan 4 dari 7 menu di atas. Makanya wajib mencoba yang lain dan menuliskannya di blog, hehe

    BalasHapus
  24. Wuahh olahan daging sapinya enak semua sepertinya. Dan aku hampir selalu suka olahan daging sapi, Mbak. Hehe. Tapi bener juga kalau salah pilih daging sapi, bisa gak enak ya masakannya. Baru tau nih ada Kingkong Meats. Bisa jadi pilihan, ya.

    BalasHapus
  25. Ulalah.. Ini sih kesukaan anakku banget. Tapi salfok sama Sei Sapi Sambal Matah, melokal banget, hehe..

    BalasHapus
  26. cocok nih, ada pilihan baru buat masak daging sapi, biasanya kalau beli daging sapi, langganannya kalau bukan rendang ya kari aja hehe

    BalasHapus
  27. Wah ini emang resepnya kekinian semua sih, apalagi kalau pedas nya nendang, pasti lebih laris manisss

    BalasHapus
  28. rekomendasi resep2nya enak banget.. favorit saya beef teriyaki tapi ngga pake saus karena sausnya mengandung mirin yang kebetulan mengandung alkohol jadi aku ngga bs konsumsi mirin.. paling kalo makan teriyaki, cuma pake saos biasa aja :)

    BalasHapus
  29. kini olahan sapi jadi banyak macamnya dan kekinian ya Mbak, belum pernah nih coba buat menu olahan sapi kekinian sendiri, jadi penasaran sih sebenarnya tapi selalu takut untuk mencoba, gak PD kalau soal masak sih hihih

    BalasHapus
  30. Pengen banget nyobain daging sapi mercon sama sei sapiiii. Beef bulgogi udah pernah coba di rumah dan lumayan jadi favorit. Kayanya sei sapi bakal puas banget kalau bisa masak sendiri sih, ahaha. Aku pecinta pedes, makanya pengen juga nyobain daging sapi mercon. Ada di tempat makan yang gak jauh dari rumah dan lumayan jadi rekomendasi nih. Jadi pengen ke sana kan, hahaa

    BalasHapus
  31. Kalau dari resep untuk mengolah daging sapi di atas, sepertinya aku lebih suka opsi nomor terakhir, mbak
    Yak, buat tumis daging sapi cabai hijau aja deh
    Kalo yang pertama, takut pada kepedesan orang rumah heheheh

    BalasHapus
  32. Diantaranya semuanya saya paling suka dengan Beef Teriyaki. Apalagi jika dipotongnya tipis-tipis dan dapat bagian yang banyak lemaknya. Ya ampun. Itu makannya bisa lahap dan tanpa nasi. Aih jadi pengen ke resto barbeque.

    BalasHapus
  33. auto cari lokasi pengantaran KingKong Meats, karena saya suka banget eksperimen daging sapi yang kekinian
    Bikin nafsu makan nambah :D
    Sayang belum sampai Bandung ya? Ditunggu kabarnya jika sudah menjangkau Bandung. Bakal dapat daging sapi segar deh

    BalasHapus
  34. aku paling suka olahan Sei Sapi :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)