Ingin S2 Teknik di Swiss? Ini Daftar Kampusnya

Menempuh jenjang magister di bidang Teknik merupakan impian bagi banyak orang. Terlebih lagi kalau bisa menempuhnya di Swiss yang memang populer akan jurusan tekniknya. Kamu pun bisa melakukan hal yang sama bersama kredit tanpa agunan atau KTA.



Pasti tahu, dong, betapa pentingnya hal ini bagi kesuksesan mereka yang meniti karier di bidang teknik. Saya jadi ingat tiga film post-apocaliptyc yang menurut saya sangat benar, yaitu peluang hidup juru teknik sangat besar jika ada bencana dunia karena keahlian mereka. Lha, malah ke mana-mana ya, sobat Susindra. Padahal bukan itu intinya. 

Intinya adalah memberikan harapan bagi semua yang punya kebutuhan untuk belajar teknik ke Swiss namun terhambat oleh dana. Saya sudah merangkumnya kali ini, kampus-kampus mana saja yang bisa dipilih. Yuk, jangan lewatkan ulasan selengkapnya dalam pembahasan berikut.


Daftar Kampus S2 Teknik di Swiss 

Menurut Kiat-Kiat Berburu dan Tembus Beasiswa Pendidikan di Luar Negeri, Ninda Alberta (2016: 88). Swiss ialah negara multikultural yang terbuka sekali pada mahasiswa dari seluruh dunia dan mempunyai suasana yang nyaman serta tenang.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui mengapa Swiss menjadi salah satu destinasi belajar mahasiswa. Tak hanya itu saja, Swiss juga memiliki berbagai kampus S2 teknik terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Berikut beberapa di antaranya.


ETH Zurich

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan kampus yang satu ini. Ya, kampus ini sangat populer karena kualitasnya. Bahkan ETH Zurich memperoleh peringkat 29 di dunia dan peringkat 15 sebagai kampus teknik terbaik.

Ada berbagai jurusan yang diunggulkan di kampus ini, seperti Kecerdasan Buatan, Teknik Mesin, Teknik Komputer, Teknik Kimia, dan lain-lain. Ada juga jurusan non-teknik yang menjadi favorit di sini seperti Kimia dan Ekonomi.

Tentu kamu perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin kalau ingin masuk ke kampus ini. Hal ini disebabkan kepopulerannya membuat kampus ini menjadi incaran mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia.


Universitas Bern

Universitas Bern juga menjadi salah satu kampus terbaik di dunia yang bisa kamu pilih bersama KTA kredit tanpa agunan. Bahkan kampus ini menduduki peringkat 107 di seluruh dunia.

Universitas Bern, No 107 di dunia


Ada berbagai program unggulan yang ada di kampus ini, seperti Informasi Teknologi, Teknik Biomedis, Teknik Sipil dan lain sebagainya. Sebagai suatu universitas, kampus ini juga menyediakan berbagai jurusan lain seperti Musik.


Institut Teknologi Federal Swiss di Lausanne

Kampus yang memiliki nama asli Ecole Polytechnique Federale de Lausanne atau EPFL ini memperoleh peringkat 39 sebagai kampus terbaik di bidang teknik sedunia. Itulah mengapa kampus ini diminati oleh banyak mahasiswa setiap tahunnya.

Berbagai jurusan yang ditawarkan di sini antara lain Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Elektronika dan lain-lain. Beragam jurusan di luar teknik seperti Optik, Matematika, dan Bioteknologi juga dapat ditemukan di sini.

Perlu diketahui bahwa institusi ini menjadi salah satu kampus terbaik di Swiss. Bahkan ia menduduki peringkat ketiga di sana. Jadi mahasiswa Swiss yang berprestasi pun akan berebut masuk ke sini setiap tahunnya.


Universitas Jenewa

Universitas Jenewa merupakan institusi yang menduduki peringkat 105 di dunia. Tak hanya itu saja, kampus ini juga berada di peringkat 363 untuk bidang kampus teknik terbaik di dunia pada tahun 2021 lalu.

Beragam jurusan bisa dipilih oleh mahasiswa dari seluruh dunia di sini, seperti Teknik Biomedis, Teknik Komputer, Teknik Elektro dan lain-lain. Kamu pun bisa belajar hingga memperoleh gelar Ph.D di sini.

Memang kampus ini terkenal akan departemen bisnisnya. Bahkan ada beragam jurusan di departemen tersebut, seperti Manajemen Olahraga hingga Analisis Bisnis. Namun kini jurusan teknik di kampus ini mulai naik daun.

Swiss yang selalu menawan

Universitas Basel juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik saat kamu memutuskan untuk melanjutkan studi di Swiss. Hal ini disebabkan institusi tersebut menduduki peringkat 139 sebagai kampus terbaik di dunia.

Beragam jurusan bisa kamu pilih di sini, seperti Teknik Komputer dan Teknik Biomedis. Bahkan kamu juga bisa melanjutkan studi hingga memperoleh gelar Ph.D untuk beberapa jurusan seperti Teknik Biomedis itu sendiri.

Selain teknik, berbagai jurusan lain juga bisa kamu temukan di sini. Misalnya adalah Kedokteran, Psikologi, hingga Hukum. Jurusan-jurusan tersebut bisa menjadi referensi kalau kamu ingin belajar hal lain selain teknik.


Universitas Sains Terapan Zurich

Institusi yang mempunyai nama resmi Zuercher Hochschule fuer Angenwandte Wissenchaften atau ZHAW ini juga bisa kamu jadikan pilihan untuk berkuliah bersama kredit tanpa agunan.

Berbagai jurusan teknik bisa kamu temukan di sini, seperti Teknik Bisnis. Tak hanya itu saja, kampus ini juga menawarkan beragam jurusan lain yang tak kalah menarik seperti Terapi Okupasi dan Ilmu Kehidupan.

Untuk bisa masuk ke kampus ini, kamu perlu menyiapkan berbagai hal. Salah satunya adalah belajar agar bisa memperoleh nilai IELTS di angka 6 saat tes nanti.

ZHAW di malam hari, memesona

Universitas Italia Swiss

Institusi yang mempunyai nama resmi Università della Svizzera Italiana merupakan kampus yang masih muda karena baru dibangun pada tahun 1995. Bagaimanapun juga, kampus ini telah menduduki peringkat 240 di dunia.

Kampus ini menawarkan beragam jurusan yang bisa kamu pilih untuk studi magister, seperti Teknik Komputer. Uniknya, kampus ini mempunyai jurusan Artificial Intelligence untuk jenjang magister pertama di Swiss.

Sesuai namanya, beberapa program di kampus ini menggunakan bahasa Italia sebagai bahasa pengantar. Namun banyak juga program yang menggunakan bahasa Inggris. Jadi bisa kuatin bahasa Inggrisnya untuk kuliah ke Eropa.

Jadi apakah kamu tertarik untuk melanjutkan studi di kampus-kampus di atas? Kalau iya, kamu bisa mulai memikirkan biaya tambahan untuk kuliah di sana. Tenang saja karena KTA bisa membantumu.

Saat ini, kredit tanpa agunan yang paling recommended di Indonesia yaitu digibank KTA. Tak perlu khawatir untuk mengajukan kredit, karena DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik dengan, dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan seperti proses pengajuannya hanya. Klik di sini untuk dapatkan info selengkapnya terkait digibank KTA ini.




13 Komentar

  1. Wah bermanfaat banget nih, Kak artikelnya tentang kampus S2 yang bagus di Swiss

    BalasHapus
  2. Keren kak rekomendasinya. Dosen saya dulu ada yang kuliah ke sana.

    BalasHapus
  3. dulu waktu masih SMA karena ikut PMR aku pengen banget bisa ke jenewa swiss sampai buat geng Jenewa Friendship, semoga bisa dimudahkan dan sekolah lanjut kesana

    BalasHapus
  4. Keren banget kalo bisa kuliah di kampus2 Teknik ternama di dunia. Beberapa teman saya yang berprofesi sebagai dosen ambil magisternya di luar negeri ... masya Allah keren banget. Urusan pembiayaan memang tidak sederhana, perlu mencari cara jika tidak dapat beasiswa penuh.

    BalasHapus
  5. Kabarnya, Swiss ini standar pendidikannya tinggi ya, ka Susi.
    Ketika bersekolah di standar yang tinggi, pastinya saingan dan juga semangatnya semakin membara. Pingin banget mengejar ilmu sampai luar negeri begini..

    BalasHapus
  6. Ngelihat temen temen pada bisa study di luar negeri kayanya seneng banget ya, terus ada info ini .. jadi pengen ke swiss sekalian studi lanjut

    BalasHapus
  7. Ngeliat gedung-gedung kampus di Swiss ini kok kayak keren banget ya 😌 Apalagi jurusan teknik nih, kayaknya banyak yang terkenal. Pengen lanjut S2 tapi kapan 🙈

    BalasHapus
  8. Semoga anakku bisa melanjutkan S2nya di Swiss.Kebetulan dia di jurusan teknik jg.Lagipula swiss jg alamnya indah dan kondusif.Semoga mestakung

    BalasHapus
  9. Asyik banget ya kak kalau bisa tembus beasiswa ke luar negeri. Apalagi kampus ternama. Dapat plusnya juga, bisa jalan2 sambil study abroad

    BalasHapus
  10. Ah Keren banget sih kalau bisa dapat kuliah di luar negeri. Selain lulusannya juga bakal diakui kek bonafide gitu cma masalah pembiayaan memang gk gampang sih ya tapi orang tua harus smart

    BalasHapus
  11. Banyak banget ya pilihan universitas disana terutama bagi yang ingin meneruskan jenjang S2, ketika melihat kualifikasi tiap universitas saya jd berdoa agar anak-anak saya kelak bisa sekolah di luar negeri dengan jalur beasiswa

    BalasHapus
  12. Cakep-cakep ini pilihan kampus S-2 teknik ala mbak Susi.
    Tinggal pilih yang sesuai dengan minat dan bujet juga.
    Daku pengen S-2, cuma masih mager buat mulai hehe

    BalasHapus
  13. Wah makasih rekomendasinya mbak, buat anak lanang yg maunya teknik komputer

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)