Metode Belajar Eksakta Teranyar

Zaman terus berubah. Inovasi demi inovasi dilakukan. Tak terkecuali metode belajar. Terkhusus belajar eksakta. Saya menemukan empat metode belajar teranyar yang penting. Dengan metode ini anak bisa menggenjot kemampuan memahami dan memecahkan ilmu eksakta yang sangat penting bagi kehidupan zaman ini.

Metode Belajar Eksakta Teranyar


Belajar ilmu eksakta itu punya perbedaan dengan belajar ilmu sosial. Anak yang suka belajar eksakta juga punya karakter yang berbeda. Biasanya mereka tidak seluwes anak yang suka mempelajari ilmu sosial.

Sampai sini sudah terbayang dong, mengapa metode belajar eksakta penting dikulik di blog Susindra? Dan kali ini saya kupas yang terbaru alias teranyar saja.


Ilmu eksakta dan non eksakta

Zaman dahulu orang membedakan ilmu pengetahuan secara garis besar, yaitu ilmu pasti dan ilmu tidak pasti. Sesuatu yang mungkin akan membuat kita mengernyitkan dahi, terutama pada "ilmu tidak pasti." Jika tidak pasti kenapa disebut ilmu.

Zaman berubah, akhirnya diubah istilahnya menjadi ilmu eksakta dan non eksakta. Lalu, sejalan dengan waktu, muncul yang namanya ilmu semi eksakta untuk akuntansi dan bisnis. Sampai paragraf ini pastinya sudah bisa lebih dipahami, bahwa perubahan atau transformasi pendidikan memang sejalur dengan perkembangan zaman. 

Ilmu eksakta dan non eksakta


Ilmu eksakta mempelajari hal-hal yang bersifat konkrit dan nyata, yang bisa diketahui atau diselidiki dengan berdasarkan pada percobaan sehingga hasilnya dapat dibuktikan dengan pasti. Objek belajarnya berupa fakta-fakta, benda-benda alam, dan hukum-hukum pasti yang tidak dipengaruhi oleh manusia. Ingat, ya, "tidak dipengaruhi oleh manusia". Jadi imu eksak identik dengan rumus dan perhitungan angka pasti. Bidang ilmunya adalah matematika, fisika dan kimia.

Hal ini bisa dikatakan bertolak belakang dengan ilmu non eksakta yang banyak membahas teori dengan sedikit atau tanpa ilmu hitung. Singkatnya, ilmu eksak jawabannya pasti dan tidak dapat diubah-ubah, sedangkan ilmu non eksak jawabannya bisa berubah seiring dengan waktu.

Dengan definisi di atas, maka beberapa bidang ilmu yang dulu dianggap tidak pasti menjadi kabur dan diberi label baru yaitu semi eksakta. Bidang ilmu tersebut adalah ekonomi dan bisnis, karena membutuhkan matematika dalam menganalisis. 


Karakter anak yang suka ilmu eksakta

Anak yang suka ilmu eksakta biasanya cerdas, cepat menghapal dan memahami angka, rajin dan rapi, juga sangat teliti. Sungguh karakter idaman semua ibu untuk anaknya. Tapi... yang ada juga beberapa karakter yang bikin ibunya mengelus dada, yaitu:

    1. Kurang pandai bersosialisasi
    2. Tak mudah berkomunikasi
    3. Suka menggunakan data sehingga tidak luwes
    4. Kadang tidak wawasan luas, karena hanya menggunakan hasil analisis kuatnya.
    5. Kurang santai saat mengalami kesulitan 


Siapa yang anaknya punya karakter seperti di atas? Di satu sisi merasa bangga karena semua orang cuma lihat sekilas sudah bisa memasukkan anak dalam kelompok pintar atau jenius, tapi kalau tantrum lama selesainya. Hehehehe.

Karakter anak yang suka ilmu eksakta


Ya, memang sebenarnya karakter anak memang menyesuaikan dengan kemampuan atau kecerdasan otaknya. Kemampuannya mencerna dan menyelesaikan masalah juga ikut menyesuaikan. Maka wajar-wajar saja jika anak tipe eksakta tak seluwes atau seceria anak non eksakta. Toh tak semua anak seperti itu dan tak ada yang minus dari karakternya. Hanya butuh guru dan lembaga belajar yang tepat saja.

Saya jadi ingat dengan stigma guru eksakta yang kadang mendapat julukan guru killer dari muridnya. Hayo siapa yang berpikir begini?? Kasihan ya, guru yang ikutan kena getahnya gara-gara tidak tahu asyiknya belajar eksakta. Takutnya nih, anak-anak yang punya potensi ini jadi tidak terasah lalu menyerah.

Makanya para guru harus bisa membuat terobosan baru guna meghapus citra buruk yang dilekatkan oleh para siswa/orangtua yang tak suka pelajaran berhitung. Padahal kita tahu, pelajaran yang satu ini sangat dibutuhkan untuk masa depan yang lebih baik. 

Kalau sudah begini... perlu banget menemukan sebuah tempat belajar eksakta yang menyenangkan. Pasalnya, saat hati senang, belajar jadi lebih mudah dan mengasyikkan. Kabetulan saya punya rekomendasi bimbel matematika dengan metode belajar eksakta teranyar.


Metode belajar eksakta teranyar

Metode adalah “prosedur, teknik, atau langkah untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan metode belajar adalah suatu cara yang ditempuh dalam menyajikan materi atau pelajaran yang akan disampaikan untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Dari sini tampak bahwa suatu ilmu membutuhkan metode khusus. Tak terkecuali jika ingin belajar eksakta. 

Perkembangan zaman membutuhkan manusia-manusia yang mampu mengiringi lajunya. Metode-metode baru bermunculan untuk mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan ilmu pengasuhan anak.

Karakter anak yang suka ilmu eksakta


Kita tak bisa menghentikan perkembangan zaman karena seperti waktu, ia akan selalu laju dan melaju. Mereka yang berhasil memenangi zaman adalah mereka yang berkemampuan. Akan tetapi bukan rahasia umum jika jauh lebih banyak manusia yang gagal mengikuti zaman lalu tergerus dalam mentalitas lawas dengan kemampuan yang seadanya.

Hal ini membuat transformasi belajar menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Namun lagi-lagi, kelompok swasta dan kelektif yang paling cepat melakukannya. Mengapa saya katakan demikian, karena transformasi pendidikan merupakan proses pengembangan, pembaruan, dan penyesuaian paradigma pendidikan dengan tuntutan jaman. Di sini tampak bahwa SDM pendidikan haruslah unggul, kreatif, dan inovatif. SDM pendidikan meliputi pendidik dan tenaga kependidikan.

Terkhusus mengenai ilmu eksakta, maka metode belajarnya pun tidak bisa disamakan dengan ilmu lainnya. Tidak semua metode belajar berhasil dipakai untuk anak-anak berkarakter eksakta. 

Dari Sinotif setidaknya kita bisa menemukan 4 metode belajar yang bisa membuat si anak eksakta menjadi bisa belajar seluwes anak non eksakta, yaitu:

  1. Personelized 
  2. Sistemized
  3. Specialized
  4. Limitless


1. Personalized

Belajar dengan metode personalized artinya belajar dengan cara fokus pada kebutuhan siswa atau peserta didik. Cara ini sangat efektif karena anak belajar sesuai dengan kebutuhan dan target belajarnya saja. Dengan fokus seperti ini belajar akan lebih mudah dan menyenangkan. 

Bagaimana orangtua tahu kebutuhan dan target belajar terpenuhi? Tentu saja melalui catatan dan laporan belajar dikirimkan setiap sesi belajar selesai. Hal ini bisa menjadi review hasil belajar dan menentukan target selanjutnya apakah tetap seperti semula atau perlu ditambah karena ternyata anak mudah menyelesaikan tugasnya.


2. Systemized

Anak eksakta suka dengan sistem belajar yang sistematis dan kadang terpaku pada apa yang sedang dipelajari. Di Sinotif ternyata dikembangkan metode belajar baru yang mengombinasikan gaya belajar linear dan global. Jadi meskipun modulnya sistematis namun anak bisa lebih mudah memahami konsepnya. Memahami konsep berarti memahami secara keseluruhan. Tak ada lagi stigma close-minded yang disematkan ke anak eksakta jika memakai metode ini.



3. Specialized 

Belajar dengan guru yang satu aliran akan memudahkan dalam berkomunikasi sehingga proses transfer ilmu berjalan dengan lebih nyaman dan lancar. Apalagi jika guru yang setipe ini merupakan para ahli di bidangnya. Anak yang belajar eksakta perlu dibimbing oleh tiga guru spesialis matematika, fisika dan kimia. Mereka juga harus punya keahlian yang dibutuhkan dan tersertifikasi khusus.


4. Limitless

Belajar tanpa batas adalah idaman semua orang, yang tak selalu bisa dipenuhi. Bisa jadi ada halangan-halangan yang menghambat proses pembelajaran. Padahal yang namanya belajar itu kadang perlu dilakukan secara frontal dengan tanpa mengingat jam. Makanya perlu tempat layanan belajar yang bisa 24 jam nonstop. Untuk yang ini, bisa mencoba belajar mandiri di website e-learning seratusinstitute.com. Web ini bisa jadi tempat bertanya semua soal bahkan yang tersulit. Ada aplikasinya juga. Ada guru-guru spesialis eksakta yang terhubung pada muridnya 24/7. 


Kenalan dengan Sinotif

4 metode belajar di atas dikembangkan secara khusus oleh Sinotif. Sinotif adalah sebuah tim yang terdiri dari orang-orang yang positif, mencintai dunia pendidikan yang selalu sabar, jujur, berorientasi terhadap hasil didikan dan penuh integritas. Tim ini mengkhususkan diri pada bimbingan belajar spesialis eksakta. 

Mereka ini bergabung dalam satu bimbel online rasa tatap muka. Live interaktif lebih cocok disematkan karena meskipun dilakukan secara online namun dilakukan dalam 2 arah. Lebih tepatnya ada 1 guru dan 1 murid (untuk kelas privat) yang belajar, atau 3-5 murid untuk kelas semi privat. Kalau mau tahu penjelasan lebih lanjut tentang sistem kelasnya, silakan melihat infografis produk-produk Sinotif berikut ini.




Jadi, belajarnya itu bukan hanya menonton video atau mengikuti zoom sambil lalu, sambil makan atau rebahan. Oh, jelas tidak. Sistem belajarnya seakan guru dan murid dalam satu ruang kelas yang privat. Inilah mengapa dikatakan bimbingan online rasa tatap muka.

Kelebihan dan keunikan Sinotif ini merupakan hasil inovasi dan transformasi belajar yang dilakukan selama lebih dari dua puluh tahun. Pengalaman ini juga mencakup portofolio dalam meng-handle sekolah-sekolah dan kampus-kampus favorit menggunakan Kurikulum Nasional, Nasional Plus & Internasional (Cambridge, IB, HSC)

Selama lebih dari dua puluh tahun itu, Sinotif terus mengembangkan diri dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa dari berbagai sekolah nasional dan internasional, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, bahkan  sampai mahasiswa semester awal di universitas.



Pengalaman tersebut juga ditunjang dengan 15 elemen budaya, dengan tujuan agar semua siswa Sinotif akan memperoleh perkembangan kepribadian sekaligus saat mengupayakan peningkatan kemampuan pemahaman pelajaran eksakta. Semuanya demi memberikan bekal  terbaik dan terlengkap untuk menghadapi masa depan mereka.

Dari penjelasan di atas, berikut ini adalah kualifikasi Sinotif:

    1. Sinotif sudah membantu 35.629 siswa 
    2. Spesialis eksakta, matematika, fisika, kimia 
    3. Berpengalaman lebih dari 20 tahun
    4. Kurikulum Nasional, Nasional Plus & Internasional (Cambridge, IB, HSC)
    5. Menghandle sekolah-sekolah negeri & swasta favorit
    6. UN/USBN

Ada satu lagi keunggulan Sinotif yang nyaris terlupakan, nih, yaitu Tanya Jawab Soal by Sinotif. Bentuknya aplikasi mobile, jadi tinggal install saja di HP. Kelebihannya adalah:

    1. Aplikasi mobile untuk tanya soal di mana saja & kapan saja
    2. Mudah dan praktis, tinggal foto soal, kirim, dan tunggu jawabannya
    3. Tersedia 5 pelajaran, yaitu matematika, fisika, kimia, bahasa Inggris dan Mandarin
    4. Download mudah, berbonus Diamond pula.

Belajar matematika, fisika, dan kimia bisa semudah ini, ya. Bisa jadi tempat belajar bahasa Inggris dan bahasa Mandarin juga. Keren banget, sih. Kalau punya anak yang kelihatan suka berhitung dan ilmu sains, lebih baik siap-siap saja, dan ambil kelas di Sinotif. Beri kesempatan seluas-luasnya bagi anak untuk belajar dan berkembang di bimbel live interaktif yang keren ini.



Kalau mau tahu lebih lanjut atau mungkin mencari info promo, boleh banget mengunjungi kantor pusat yang beralamat:
Jl. Danau Sunter Utara Blok B1B No. 2-3
Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara

Atau untuk yang jauh di daerah seperti saya, bisa sering buka media sosial berikut ini:
Instagram: @sinotif.official
YouTube: Sinotif Official
Facebook: Bimbingan Belajar Sinotif

12 Komentar

  1. Perlu juga sih ya aplikasi belajar kaya gini apalagi kan kurikulum nya terua berubah kadang ibu yang pusing ngisi pr

    BalasHapus
  2. Wah sangat cocok nih lesnya buat ibu-ibu pekerja yang sudah super sibuk tidak sempat mengajari anak

    BalasHapus
  3. Memang ya, Mbak tiap anak mempunyai gaya belajar sendiri-sendiri

    BalasHapus
  4. Benar tuh setiap anak pasti mempunyai kelebihan dan juga kekurangan dalam menerima ilmu

    BalasHapus
  5. Memang rekomendasi banget nih tempat untuk lesnya. Terima kasih informasinya

    BalasHapus
  6. Jadi memudahkan nih ya ketika belajar eksakta ini dengan menggunakan metode di atas

    BalasHapus
  7. Anakku nih mba suka banget eksak..makasih infonya jadi ada tempat rekomendasi buat belajar bimbel nih

    BalasHapus
  8. Pas tau ada bimbel onlibe yang cara belajarnya sistematis dan Live Interaktif rasanya wajib pilih Sinotif Bimbel Matematika

    BalasHapus
  9. Jadi membantu pastinya nih buat anak-anak biar belajar eksaktanya lebih mudah. Karena makin meningkat kelasnya biasanya makin menantang lagi matematika nya hehe

    BalasHapus
  10. Kalau uda SMA menuju kuliah, anak bisa memilih yaa, eksakta or non-eksakta.
    Tapi selama SD sampai minimal kelas 11 SMA, pastinya kudu menguasai seluruh pelajaran yang menjadi kurikulum di sekolah.

    Dan bantuan belajar Sinotif, tentu akan sangat dibutuhkan. Menanamkan dan membiasakan cara belajar dan berpikir eksakta yang dibutuhkan sebagai pondasi memahami materi.

    BalasHapus
  11. baru tahu ada web semacam sinotif, thanks udah sharing kak

    BalasHapus
  12. Bisa banget sepertinya buat pembelajaran anak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)