Sudah Nonton Joy of Life Season 2?

Waaah.... Sungguh membahagiakan! Akhirnya Joy of Life Season 2 beneran tayang. Sudah nonton? Bagus, kan?

Joy of Life Season 2


Drama ini juga menjawab banyak pertanyaan tentang sosok-sosok penting nan misterius. Ada banyak tambahan orang baru juga. Yang paling saya ingin tahu, siapa sih villain di antara putra raja? Apakah Putra Mahkota atau Pangeran Kedua? 

PM tampak sangat baik hati dan taat tata aturan. Orang lurus. Ini beneran atau pengecoh? Tanda tanya besar saya makin menjadi saat si PM membunuh semua penjaganya gara-gara Fan Xian datang ke kediamannya. Andai Fan Xian tahu... pasti bakalan ngamuk banget, nih. Demi Teng Si Jin dan si tua Jin (karakter baru) saja dia mengobrak-abrik semua kementerian.

Joy of Life Season 2 ini benar-benar sangat layak ditunggu. Yuk sobat Susindra, baca ini tuk mengurangi rasa penasaranmu. Review dan sinopsis lengkap Joy of Life Season 2 ala Susindra semoga datang tepat waktu. 


Sinopsis Joy of Life Season 2

Fan Xian memalsukan kematiannya untuk menyelamatkan Fan Si Zhe (adiknya), Fei Jie (gurunya) dan anak-istri Teng Si Jin. Tindakan nekat yang bisa membunuhnya karena membohongi kaisar.

Reaksi kaisar juga sangat heboh; berlari panik sampai terjatuh dan sedih tiada terkira. Reaksi bapak yang ditinggal mati anaknya. Padahal hanya kaisar, Cheng Ping Ping dan Fan Jian yang tahu kalau Fan Xian adalah anak kaisar. 

sinopsis Joy of Life Season 2


Cheng Ping Ping juga sangat shock dan tanpa sadar berlari. Tentu saja ia jatuh dari kursi rodanya. Ia segera mengumpulkan semua penyidik yang ada untuk bersiap menghadapi chaos di ibukota.

Fan Jian juga sangat marah. Meski bukan anak kandung, jelas ia sangat menyayangi Fan Xian. Ia bahkan membuat pernyataan yang berbahaya jika ada yang memperhatikan; "Meski hanya membantu menyembunyikan identitas tapi aku menyayanginya dan ia bukanlah bidak."

Trio bapack penopang bangsa, kita sebut demikian, sangat shock namun mencoba mencerna kabar yang diterima. Trio bapack yang menaruh harapan besar pada Fan Xian ini punya reaksi berbeda saat tahu kalau kematian itu palsu. Semua bergantung pada reaksi kaisar yang tampak sangat marah.

Fan Xian datang ke ibukota secepat mungkin setelah pura-pura mati. Misinya harus selesai sebelum rombongan diplomatik dari Bei Qi sampai di gerbang ibukota.

Di ibukota, Fan Xian ditemani Wang Qi Nian mencari tahu keberadaan Fan Si Zhe (adiknya), Fei Jie (gurunya) dan anak-istri Teng Si Jin. Mereka mencari di Menara Baiyeu. 

Menara Baiyeu menjebak banyak orang dengan sangat kejam. Ternyata Fan Si Zhe adalah salah satu pemiliknya. Hal ini membuat Fan Xian memukulinya dan ia sendiri muntah darah karena aliran qi-nya kacau.

Fan Xian sangat murka dengan keadaan ini. Jika ia tak melihat sifat asli adiknya yang tetap lugu dan berkata, "memang ada lagi yang lebih menyenangkan daripada menghitung akun?" di depan perempuan-perempuan cantik di depannya. 

Fan Si Zhe tak sendirian. Ia dan pangeran ketiga dijebak oleh pangeran kedua. Diiming-imingi punya usaha untuk pencari bakat terbaik, mereka membuka Menara Baiyeu. Tak pernah tahu kalau itu adalah rumah pelacuran. 

Mereka tidak tahu teknis pengelolaannya. Fan Si Zhe hanya suka mengatur keuangan dan pangeran ketiga suka mengatur dekorasi. 

Dengan bantuan putra mahkota, Fan Xian membuat Menara Baiyeu ditutup. Anak istri Teng juga dapat diselamatkan. Fan Si Zhe dihukum tak boleh keluar kamar sebelum ia pulang. Bagaimana dengan Fei Jie? Ternyata ia sedang ada dinas dan tak ada ancaman apapun.

Setelah memastikan semua selamat, Fan Xian kembali ke rombongannya. Rombongan misi diplomatik yang ia pimpin akan segera tiba. Dengan rombongan ini ia akan "hidup kembali". 

Sebelum tiba di gerbang, Fan Xian diminta mengalah karena pangeran pertama akan memasuki ibukota dari gerbang yang sama. Tokoh yang mengutamakan kesetaraan tentu saja tak hendak mengalah. Siapa yang sampai terlebih dahulu yang masuk dulu. Kebetulan rombongannya sampai duluan. Fan Xian nyaris berselisih dengan anak kaisar yang pertama.... Putra mahkota menengahi perselisihan dengan membawa masuk semua rombongan bersama-sama.

Belum usai badainya, Fan Xian menuduh pangeran kedua menggelapkan uang Neiku. Ia tak kapok meski sudah dihukum. Lencana ketua penyidik miliknya dibuang ke kolam. 

Saat sangat kecewa Cheng Ping Ping datang memberinya lencana baru dan menaikkan jabatannya menjadi pemimpin divisi 1 yang dulu dipimpin Zhu Ge. Ia memulai dari situ untuk mengobrak-abrik tatanan kementrian dan semua kantor pembantu kaisar. Ia menyindir dengan telak, menerima suap secara terbuka untuk dicatat dan dilaporkan. 

Seperti biasa, kebiasaan suap-menyuap memang sudah melembaga. Bagaimana ia bisa membersihkan para koruptor yang jumlahnya amat sangat banyak dan bertingkat-tingkat sampai ke istana para selir? Pasti layak ditunggu.

Pertanyaan saya yang perlu dijawab adalah, siapakah yang kelak jadi kaisar? Ada indikasi bukan hanya pangeran kedua yang jahat sekali. Putra mahkota juga tak kalah barbarnya. 

Ia membunuh semua penjaga kediamannya hanya karena Fan Xian menyusup masuk. Putra mahkota juga berhasil menyulut pangeran kedua agar membakar sebuah kota. Sikapnya yang tampak lugu memang mengecoh. Ada indikasi Fan Xian juga terkecoh meskipun mungkin juga tidak. Mungkin hanya pinjam tangan putra mahkota saja.

Mungkin kelak pangeran pertama yang jadi kaisar pengganti karena cita-cita hidup Fan Xian adalah hidup enak berkecukupan. Ia bisa hidup demikian jika kesetaraan sudah diakui di negerinya.

fan xian jadi kaisar



Review Joy of Life Season 2

1. Bertema kesetaraan hidup

Kesetaraan hidup, itulah salah satu yang diperjuangkan oleh Fan Xian. Prinsip ini sejalan dengan ibunya. Ye Qing Mei. Prinsip ini juga ada di prasasti pendirian Lembaga Penyidik. Sesuatu yang sudah banyak dilupakan. Rakyat kecil hidup dengan kesulitannya sendiri dan menerima perbedaan kelas sosial dengan sukarela.

Old Jin menjadi contoh, bagaimana ia akhirnya meninggal dunia karena statusnya rendah, tak mampu melawan Kasim Dai. Anaknya menjual diri ke Menara Baiyeu dan ayahnya meninggal dunia setelah "membeli waktu" 4 jam untuk anaknya. 

Demi Pak Tua Jin, penjual sayur, Fan Xian mengobrak-abrik hukum Negeri Qing. Ia harus membersihkan pemerintahan. Meskipun ia sangat kecewa pada reaksi kaisar saat mengetahui kejahatan pangeran kedua. 

Kaisar masih belum mengakuinya sebagai anak karena ingin ia menjadi kaki tangan kerajaan dan membersihkan pemerintahan. Sudah pasti ia tahu kelakuan anak-anaknya tapi ia butuh bukti yang tak terbantahkan.

Makin lama memang makin menarik dan membuat sangat penasaran, ya. Sosok Fan Xian sebagai anak muda yang kelihatannya brangasan dan sembrono namun ia sangat memperhatikan orang lain. Dia juga mulai bermain catur, mengimbangi permainan Cheng Ping Ping. 

Bisa dipahami bahwa Fan Xian sangat marah saat tahu kalau dirinya menjadi bidak dalam permainan akbar Cheng Ping Ping. Yang ia tidak tahu adalah dalang semuanya adalah Kaisar Qing, ayahnya sendiri, yang masih dalam kegelapan.

Fan Xian mengirim Fan Si Zhe ke Bei Qi untuk membantu Gao Ba Kun. Kekacauan macam apa yang ia buat di negeri musuh tersebut, dan bagaimana reaksi Kaisar Bei Qi yang juga pemain catur ulung? 

Permainan tingkat tinggi mereka ini membuat saya tak sabar menyelesaikan Joy of Life Season 2 dan ingin segera sampai pada ending.


2. Intrik keluarga kerajaan

Mengenai pangeran kedua, semua sudah melihatnya sebagai sejak di Joy of Life Season 1. Mungkin ada yang baru menyadari saat menjelang ending Joy of Live, mungkin juga tahu dari sejak ia merobohkan bangunan yang ia gunakan untuk berbicara dengan Fan Xian. 

Bagaimana dengan putra mahkota yang lugu dan sangat taat adat? Di Joy of Life Season 2 sosok lainnya dibuka secara perlahan. Mulai saat ia membunuh semua penjaga kediaman di episode pertama, lalu di episode ke-7 ia menampakkan karakter aslinya yang hanya ingin tampak sempurna. Aslinya ia seperti pangeran kedua. 

Ibunya yang jadi permaisuri juga muncul sebagai sosok misterius yang takut pada kegelapan sehingga tak pernah keluar kediaman. Dari reaksi singkat pelayan kita bisa tahu bahwa perempuan ini kejam. Saya curiga  dialah yang membunuh Ye Qing Mei. Ia telah jadi perempuan nomor satu, di puncak semuanya.

Dari informasi kecil kita juga bisa melihat bahwa para selir juga punya andil dalam kekacauan dan ketidaksetaraan hidup di Negeri Qing. Meski ada larangan mencampuri urusan pemerintahan namun di tataran domestik dan kebutuhannya, mereka ikut mengacau. 

Target Fan Xian kali ini adalah keluarga kerajaan alias para selir yang melakukan kejahatan pada rakyat kecil melalui tangan lain. Makanya ia sengaja mengundang pangeran kedua dan semua anggota Lembaga Penyidik Divisi I melihatnya menerima suap dari Kasim Dai.

Intrik kerajaan nantinya juga diperuncing dengan "pembagian kue kekuasaan" antar pangeran. Pangeran pertama dinikahkan dengan putri dari Negeri Bei Qi, pangeran kedua menikah dengan Nona Ye (sahabat terdekatnya Li Wan er), dan entah bagaimana nanti dengan pernikahan Fan Xian-Wan er. Rou Rou juga dapat dekrit menikah dan tampaknya berseberangan karena "orangnya" pangeran kedua.

fan xian menikahi wan er


Btw, ada gambar spoiler pernikahan Wan Er, lho.... juga ada tarian pesta pernikahan kenegaraan. Bikin penasaran.


3. Karakter baru maupun karakter pengganti

Siapa yang penasaran dengan istri Wang Qi Nian yang super galak? Pasti ingat dong sebelum mengejar Si Li Li di Joy of Life Season 1 lalu Pak Wang ditampar oleh istrinya saat pamit.

Ternyata ia memang sangat tegas, pencemburu, dan disiplin. Karakternya cerdas, menurut saya. Suami istri Wang punya anak perempuan imut bernama Ba (dari arti mendominasi). Si usia 5 tahun ini benar-benar menggemaskan dan sangat menghibur selama episode 1-3.

Joy of Life Season 2


Karakter baru lainnya adalah pangeran pertama dan calon istrinya (putri sulung Negeri bei Qi). Pangeran pertama selalu berperang di perbatasan dan sudah bertahun-tahun tidak pulang. Ada sikap besar jenderal utama yang tegas dan enggan mengalah. 

Calon istrinya juga ternyata cukup pemberani. Dia membantu Fan Xian kembali ke rombongan diplomatik melalui cerita heroik rekaan. 

Ada banyak juga karakter baru yang minor sehingga agak sulit dijabarkan. Mereka para tokoh dari Menara Baiyeu dan Lembaga Penyidik. Oh ya, tokoh dari area domestik kekaisaran juga. 

Tokoh lama rasa baru adalah Yan Bing Yun yang diperankan aktor baru yang belum punya banyak peran. Kalau membandingkan dengan karakter Xiao Yan akan jomplang sekali. Dia gagal memerankan sosok Yan Bing Yun yang dingin dan tak punya emosi. Semua demi Negeri Qing adalah prinsip yang tak bisa diabaikan. 

Karakter Yan Bing Yun yang kaku diuji dengan tugas baru dari Cheng Ping Ping dan ayahnya: menjadi sahabat Fan Xian dan membantunya. Fan Xian menggunakan si lurus ini untuk mengacaukan ibukota dan menyingkirkan kejahatan di sana.

Tokoh lain yang diganti masih belum jelas. Di gambar tampaknya calon mertua Fan Xian diganti namun versi trailer ada yang masih wajah lama. 

Karakter pangeran ketiga yang kecil juga diganti menjadi lebih remaja. Sayangnya, penggarap Joy of Life Season 2 lupa kalau di season 1 ia sudah pernah bertemu dengan Fan Xian. Sebenarnya sosok pangeran pertama juga beda dengan flash video


Puas atau tidak dengan Joy of Life Season 2?

Saya sangat senang! Saya selalu menantikan episode baru dengan tidak sabar. Meski banyak perubahan dan penggantian pemeran, tapi saya tetap puas dengan Joy of Life Season 2.

Lucu tanpa melucu, cerdas tanpa menggurui. Cdrama Joy of Life Season 2 tetap seperti ekspektasi. Minor-minor yang ada tak seberapa mengganggu.

review Joy of Life Season 2


Okelah, saat pertama menonton saya agak kecewa dengan kegagalan beberapa pemeran. Sebut saja karakter Yan Bing Yun yang jadi aneh. perlu disebutkan juga perasaan kalau drama ini bertele-tele dalam memperkenalkan Wang Qi Nian dan keluarganya. Juga penyelidikan Fan Xian di ibukota yang dijabarkan dengan lambat. 

Saya menonton 3x untuk mendapatkan feel yang ingin ditonjolkan sebelum bisa meramu tulisan ini. Setelah itu saya melihat gambaran besarnya dan memahami itu semua nantinya akan berdampak signifikan. 

Menyenangkan sekali bermain tebak-tebakan dan drama Joy of Life memang sangat jago menggarap hal ini. Siapa yang tak penasaran dengan cerita aneh tentang kehidupan kerajaan ribuan tahun setelah kehidupan kita ini? 

Eh iya, sudah tahu belum kalau setting drama Joy of Life Season 2 bukanlah Negeri Qing yang sudah lampau akan tetapi rekaan tentang kehidupan ribuan tahun yang akan datang? Kalau belum tahu harus baca fakta seputar cdrama Joy of Life.

Sebelum mengakhiri cerita kali ini saya ingin memberi rekomendasi drama Zhang Ruo Yun lainnya yang tak kalah bagus yaitu Sword Snow Stride.

Yuk nonton Joy of Life Season 2 sampai tamat dan bagikan pendapatmu.


0 Komentar