Menikmati Legitnya Sambel Jambu Mete

Hari ini hari terakhir GiveAway Nyam-Nyam Enny Mamito dan saya hampir saja melewatkannya. Maklum saja, setelah absen berbulan-bulan dan dengan berat hati mengabaikan giveaway para sahabat Susindra, saya menjadi agak semangat menyiapkan bahannya. Semangat yang tidak diimbangi waktu sebenarnya karena saya masih sibuk. Tapi dengan bantuan suami tercinta, seperti biasa, saya akan membagi resep turun-temurun keluarga kami. Tak banyak warga Jepara yang mengetahui masakan satu ini padahal makanan yang sangat khas Jepara. Namanya Sambel Jambu Mete.
Sambel Jambu mete

Keluarga Jepara saya dari pihak ibu berasal dari desa kecapi. Bisa dikatakan sentra ukir Jepara meski kerajinan ukir sudah merata di Jepara. Mengapa saya sebut begitu? Karena selain ukiran di mebel, desa Kecapi Jepara juga penghasil camilan gurih bernama kacang mete atau kacang mede. Banyak sekali kebun yang ditanami buah ini. Tahukan kacang mete berasal dari Jambu monyet? Nah, jika seperempat kilo kacang mete berisi 5 ratusan biji, lalu diapain dong limbah jambunya? Nah ini rahasianya.

Setidaknya ada 4 masakan jambu mete yang saya kenal. Sambel jambu mete, oseng-oseng jambu mete, pepes jambu mete, dan lodeh jambu mete. Hmm….. semua rasanya sangat unik Bau khas jambu monyet ditambah rasa manis asemnya bikin ketagihan. Jadi, orang seperti saya yang tak sabar menanti musim hujan agar puas makan rebung, saya tak sabar menunggu puncak kemarau untuk menikmati masakan dari jambu mete ini.

Sepulang sekolah Binbin, saya dan suami ke pasar untuk membeli buah jambu monyet. Cukup merogoh kocek 1000 rupiah untuk dapat 4 buah jambu monyet. Karena saya minta yang seger dan bentuknya bagus plus ada biki metenya, hanya dapat 4. Kalo tampa biji, saya bisa dapat 8-10 buah dengan uang 1000 rupiah saja. Langsung saja ditata di cobek andalan yang memang hanya satu-satunya. Jepret-jepret… jadilah bahan blog ini. Tak sesederhana itu sebenarnya. Binbin yang semangat menanti giliran memfoto sampai harus menangis. Haha… memasak di dapur yang super seru karena keempat Susindra memenuhi dapur.

Resep Sambel Jambu Mete

Mau tahu resepnya? Siap? Oke langsung saja ya.
10-20 biji jambu mete goreng. 
3 buah cabe merah
5 buah cabe rawit
½ bungkus terasi instant, lebih juga boleh.
2-3 buah jambu monyet segar
Gula dan garam secukupnya. 
*Bahan boleh ditambah sesuka hati. 


Semua bahan kecuali buah jambu dihaluskan. Setelah halus baru potong jambu monyet kecil-kecil agar mudah menghancurkannya. 

Sambel Jambu Mete siap dinikmati

Setelah semua bahan halus dan tercampur rata, sambal siap dinikmati bersama nasi hangat. Nah, hari ini lebih spesial karena kami menyantap sambel jambu mete dengan nasi jagung. Jadi berasa sangat jadul sekali, kan?

Ada satu minset yang berhasil ibu tanamkan ke otak sederhanaku. Makan sambel jambu mete paling enak jika dinikmati dengan nasi panas tanpa lauk. Maklum, jaman kecil saya dulu memang masa-masa sangat sulit dan lebih sering makan tanpa lauk.

Ya… hanya nasi dan sambel jambu mete saja sudah sangat lezat dan biasanya kami makan sampai semua sambel tandas. Jadi bisa berkali-kali menambah nasi. Hmm…. Coba ya… buktikan, bener ga sih makan sambel ini tanpa lauk akan lebih nikmat. Harumnya nasi hangat dicampur sambel manis asem gurih. Jika ingin menikmati sambel ini dengan lauk, pastikan lauknya yang agak netral seperti tempe tahu goreng, ya. Ikan laut akan merusak kenikmatan sambel ini. Monggo dicicipi sambel unik buatan saya …




Share:

21 comments:

  1. salah komen tadi mbak :) kirain sambal kacang mete ternyata jambu mete

    ReplyDelete
  2. Baru tau kalau ada sambel jambu mete, tapi kalau ditempat saya jambu mete lebih pas kalau di buat rujak Mbak hehe

    eh ternyata saya baru tulisan jambu mete, tak kira tulisannya "Jambu Mente" hehehe,,makasih atas informasinya Mbak :)

    Sukses GA nya Mbak, semoga menang :)

    ReplyDelete
  3. kayak apa rasanya ya mbak?
    pas pula mbaca postingan ini bersama suami, dia pun udah menelan air liur tuh
    kayaknya enak nih katanya hehehe
    tanggung jawab lho mbak Susi :D

    semoga berjaya di kontesnya Mamito Enny ya mbak

    ReplyDelete
  4. ya ampun mba susindra, aku baca postingan ini sambil berkali2 nelen ludah loh... perut jg jd keroncongan lg, hahaha... kebayang pasti rasanya uenak nih...

    sukses kontesnya ya mba.. ohya mohon maaf lahir batin :)

    ReplyDelete
  5. Hwaaaa...sambelnya merangsang banget.
    Mudah2an bisa nemu jambu mete jeng agar busa di coba
    tak share di Taman Blogger ya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  6. pingin bgt mbakkkkkkk nyicipin sambelnya di sana >.< apalagi sego jagungnya >.< udah lama ga makan sego jagung ...

    ReplyDelete
  7. aku blm pernah mb bikin sambel mebte..boleh dicoba nih resepnya ^_^

    maaf kmrn malem gk onlen jadi baru bisa ngintip skrg ya mb..sdh terdftr mb susi..trimakasih sdh ikutan :)

    ReplyDelete
  8. disana udah banyak ya mbak, jambu metenya
    aq pesen suami belum dibawain je
    suka dimakan gtu aja, tp boleh deh dicoba resepnya *kira2 suami doyan gak ya

    ReplyDelete
  9. hmmm... mantap nih kayaknya mbak.. :D

    ReplyDelete
  10. Wech baru tahu Mbak kalu bisa dijadikan sambel :) Enak ya Mbak, dah kelihatan :)

    ReplyDelete
  11. makin mantep mungkin dgn lalapan tunas daun jambu mede ya
    di keluarga suami, lalapan ini jadi andalan, tapi sambalnya bukan smbal jambu
    unik banget ini mbak... rasanya asem2 segar gitu ya...
    Saya doyan jambunya

    ReplyDelete
  12. wah manteb sambelnya jeng susu..met lebaran ya..liat metenyaa ajah dah mupeng nih

    ReplyDelete
  13. Wuih.. pasti mak nyus tuh Sambel Jambu Mete nya.. semoga sukses ya di ajang GiveAway Nyam Nyam Enny Mamito..

    ReplyDelete
  14. mba, sambelnya bikin ngiler. kayanya pedess yah :D

    ReplyDelete
  15. jambu mete dibikin sambel...wow baru dengar nich...sepertinya dari tampilannya cukup menggoda selera :)

    ReplyDelete
  16. ternyata jambu mete bisa dijadin sambel ya..

    salam kenal dari ranah minang

    ReplyDelete
  17. mba beli jambu mete nya dimana ? didaerah mana ? saya pgn beli jambu mete tp susah mencarinya...

    ReplyDelete
  18. wah belum pernah mba makan yang kayak begini...

    ReplyDelete
  19. Aku suka mete disambel, klo makan langsung gak terlalu suka, nyam nyam

    ReplyDelete
  20. akan sy coba mbak..kebetulan pohon jambu mete didepan rumah sy lg berbuah banyak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra