Bunga Krisan Untuk Mama Kinan: Sebuah Review Blog

Bunga Krisan untuk Mama kinan
Mengunjungi blog mbak Sugiharti atau lebih dikenal dengan mama Kinan, pasti akan langsung mengenali wajah cantik Kinan. Mbak Atik, panggilan akrab mama Kinan, sukses membuat saya iri. Anak perempuan adalah dambaan saya dan suami. Foto-foto cantik dan celoteh Kinan banyak di kisahkan di sini. Karena saya dan suami bermaksud mencukupkan dua anak saja, jadi irinya masih iri yang sehat.  Hmm… mungkin kalimat yang pantas adalah, saya turut bahagia dengan keberuntungan mbak Atik. Kisah keseharian Kinan di blog bisa menjadi memori yang indah. Agar lebih mudah, untuk selanjutnya saya menyebut mbak Atik dengan nama mama Kinan saja. Nama ini lebih familiar bagi teman-teman blogger. 

Sejauh ini saya mengenal 2 blog mama Kinan; yaitu My New World dan Jurnal Kinan. Blog My New World atau blog Artyakinanti adalah blog utamanya. Jadi atas permintaan dan tantangan pakde Cholik, sohibul Hajat Kontes Unggulan Blog Review: Saling Berhadapan saya akan mereview Blog My New World milik mama Kinan. Saya akan memberikan sebuah bunga Krisan untuk mbak Atik - Mama Kinan. Bunga krisan di sini adalah sebuah kritik-saran yang saya harap bisa berguna bagi mbak Atik dan para sahabat blogger yang membaca artikel saya ini. 

Si cantik Kinan
Kesan pertama saya ketika mengunjungi blog Artyakinanthi atau Mama Kinan adalah……  ini blog emak gaptek. #komentarsadis. Saya memang tak begitu familiar dengan platform wordpress. Jujur saja, meski punya blog di wordpress dan beli beberapa buku tentang platform blog ini, saya tetap kurang puas dengan template blog yang ada. Rasanya kurang variatif jika dibandingkan dengan blogger. Kecuali jika memakai wordpress premium yang berdomain namamu.com. Bisa bebas menggunakan widget dan plugin. Maklum, saya memang suka main-main dengan template blog. Suka gonta-ganti suasana blog sesuai tema yang saya pilih.  Itulah alasan blog saya di wordpress masih bertahan di 2 artikel sejak dibuat tahun lalu. 

Saya tak asal mengatakan mama Kinan masih gaptek dan belum mengenal fasilitas wordpress. Mama Kinan belum banyak mengubah setting wodpress. Bagaimana saya tahu?

Membuka blog ini dan terus memencet page down, pastilah tetap lancar jaya. Ada 20 posting dalam 1 laman. Lalu saya membuka blog My New world dengan HP Valencia saya. Versi mobile-nya ada 5 posting. Jum;ah 20 posting/laman adalah rekor laman terbanyak yang saya tahu. Apalagi jumlah kata tiap posting sering melebihi 1000 kata. Bahkan bisa sampai 2000 sekian kata. Saya tahu karena saya copas ke microsoft word dulu. Dari posting-posting mbak Atik, saya mencoba menebak seperti apa karakter mama Kinan ini. ;) Yang jelas, mama Kinan  tipe orang yang sangat care, jujur, dan senang menumpahkan semua rasa di tulisan. Dan…. Mama Kinan belum terbiasa menulis sistematis. Terbukti dari setiap postingnya yang rinci, detail, dan beberapa kali diulang-ulang. Pertanyaan kecil saya adalah, “Apakah mama Kinan membaca kembali 2-3 kali tulisannya sebelum dipublish?

Sejak 2 tahun lalu saya mempraktekkan dari salah satu tulisan pakde cholik tentang cara menulis blog yang baik. Dan dari pakde saya belajar menulis secara singkat, padat dan jelas. Saya lupa pada waktu itu membacanya di Blogcamp atau newblogcamp. Sejak itu, tulisan saya menjadi lebih baik (menurut saya).  Tetap berciri khas dan memakai keyword tepat di tiap pos. Saya membatasi jumlah kata yang saya pakai. Edit saya lakukan berkali-kali setelah selesai menumpahkan semua ide. Kalimat yang panjang saya perpendek.  Agar saya yakin, saya membacanya berkali-kali – termasuk versi preview web – agar yakin apa yang ingin saya sampaikan dipahami pembaca blog saya. Setahu saya, tulisan yang terlalu banyak biasanya membuat pembaca memakai fasilitas fast reading. Sayang sekali jika buah pikiran kita tidak dibaca semestinya. Sedih juga jika ide yang kita sampaikan disalah-artikan pembacanya. Itu pendapat saya.

Berapa jumlah kata yang baik dan SEO friendly? Ini pertanyaan saya yang mungkin juga menjadi pertanyaan sobat blogger. Dan dari beberapa artikel, saya menemukan jawabannya. Secara umum, search engine seperti Yahoo, google, dan Bing menyukai artikel yang memiliki 400-600 kata. Tak banyak pengulangan kata yang tak perlu, serta menggunakan bahasa baku. Artikel juga bukan merupakan copy paste. Khusus yang terakhir ini, pastilah takkan ditemukan di blog My New world
Blog wordpress saya

Secara khusus mama Kinan meminta saran saya mengenai pemakaian widget dan tata letak blognya seperti review blog mbak Enny Mamito dulu. Permintaan yang satu ini membuat saya menjenguk blog Susindra versi wordpress yang sudah koma sejak tahun lalu. Saya perlu memahami isi dashbor wordpress. Dan saya berterima kasih dengan mama Kinan untuk ini. Terlebih, saya mendapat ide untuk mengaktifkan kembali blog  wordpress saya lagi. 

Blog mama Kinan termasuk yang ringan dibuka. Point ini sangat menguntungkan. Widget-nya pun standard dan tidak memberatkan pengunjung. Saya suka blog yang ringan dibuka. Bandingkan dengan blog saya yang cukup berat. Beragam kepentingan saya masukkan di blog saya, dan saya sedih melihat blog saya mirip pasar. Tetapi saya mencoba menyiasatinya semampu saya. 

Di blog mama Kinan, ada foto untuk memperkenalkan diri di atas agar pengunjung mengenal lebih dekat pemilik blog. Ada recent post, recent comment, categories, archives, link sahabat. Semua penunjang untuk navigasi pengunjung ada. Blog yang bagus. Blog ini termasuk blog yang mudah dijelajah. Saya suka itu. Kri-san saya, akan lebih elok jika jumlahnya diperkecil dan lamannya diperpendek. Recent post dicukupkan 5 saja. Recent comment juga cukup 5 saja. Dan yang tak kalah penting, jumlah posting perlaman dicukupkan 1-3 saja. Jump break sudah ada, tetapi masih terlalu panjang. Potong setelah 1-2 paragraf agar web tak terlalu panjang ke bawah. Saya tidak memakai widget recent coment karena komentar terbaru  dengan mudah saya dapatkan di dashbor blog.

Khusus untuk daftar link yang diberi nama sahabat blogger, saya beberapa kali menemukan blogger berplatform wordpress menyiasatinya dengan baik. Link para sahabat diletakkan di page lain sehingga blog lebih ringkas. Daftar link di wordpress bentuknya statis. Tidak seperti blogger yang selalu berubah sesuai update blog terbaru. Semakin banyak teman kita, akan semakin panjang ke bawah. Sungguh tidak praktis. Jika pemilik blog wordpress membatasi jumlahnya juga akan terlihat seakan blog kita tidak punya teman (saya sudah mencobanya di blog diarysusindra versi wordpress, dan saya kecewa).

Tak sadar, ternyata jumlah kata yang saya pakai sudah mencapai angka 800. Jauh dengan saran yang saya berikan di atas. Mohon dimaklumi, karena artikel review memang beda. Semoga review ini bermanfaat dan tidak menyinggung mama Kinan. 

Terima kasih pada pakde Cholik yang sudah memberi tantangan dalam Kontes Unggulan Blog Review: Saling berhadapan. Tantangan yang harus dijawab semua blogger yang suka belajar hal baru. Masih ada waktu sampai 29 Juni 2013 jam 20 malam. Cukup waktu untuk meminang satu sahabat blogger agar saling mengenal dan saling mereview. 


Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan


Kontes ini mengajak dua blog berhadapan dan saling mereview. Alhamdulillah, Mama Kinan sudah menyelesaikan reviewnya untuk blogsusindra. Penasaran? Baca postingnya yang berjudul Mengenal lebih dalam "Susindra" Bloggerwati dari Jepara. Ada banyak tips untuk optimasi SEO yang bisa dicoba.


Share:

33 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Asyik sudah dapat cap jempol peserta..! Terima kasih pakde cholik.

    ReplyDelete
  3. wah... Panjang dan lengkap sekali ya...,
    Reviewnya patut diperhitungkan ni he2

    Semoga kontesnya sukses deh.. :)

    ReplyDelete
  4. mbak Susi pintar mereview dari segala sisi, mantap mbak...
    good luck ya mbak

    ReplyDelete
  5. wah sadisssss mbak susi...hehehe....tapi asli jadi terbuka mata emak kinan untk lebih banyak belajar nulis dan ngeblog....selama ini asal asalan aja dan suka2 thanks saran dan kritiknya..insyaallah nanti dilaksanakan dan berbenah blognya biar tambah ok hehe

    ReplyDelete
  6. mbak Novita & mbak Monda: terima kasih pujiannya.
    mbak atik-mama Kinan: hehe... kadang aku kebablasan mengomentari. maaf ya....

    ReplyDelete
  7. Lengkap sekali penjelasannya Mbk.

    Jadi minder ini mau ikutan ,takut kalah saing.

    Heheheeee

    ReplyDelete
  8. peruntungan orang beda2 mas. jangan minder. banyak celah kekurangan di review ini. dan banyak ide yg bisa diambil jika berkenan. Tulis saja dan rasakan sensasinya.
    membaca review teman malah akan memperkaya ide tulisan. tinggal diramu hingga menjadi sajian enak dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  9. ulasannya benar-benar komplit skali, salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
  10. Salam kenal juga, mbak. Makasih ya apresiasinya.

    ReplyDelete
  11. nice review :)

    saya juga baru ikutan kontesnya pakdhe~ semangat semangat!

    ReplyDelete
  12. kalo krisan saya mah sesama blogger harus terus menjalin persahabatan dg saling mengunjungi, walau ajaran pakde bener, menulis dg padat dan jelas, tapi yg penting buat blogger itu bahagia, kalo terlalu terikat ama cara berpikir satu orang, maka biasanya tertekan yg dirasakan orang lain itu.

    ReplyDelete
  13. Noorma: iya, tetap semangat berkarya lewat tulisan.
    Rusdi Hikmawan: itu benar sekali. silaturrahmi dan menulis apa saja tanpa sekat dan segala teknis cara menulis. Dulu saya melakukannya. blog ini jadi virtual diary. Lalu saya merubahnya menjadi tempat belajar menulis, dan lebih jauh bersiap mendulang receh di blog melalui jalur yg saya pilih. Makanya style menulis saya ubah sesuai tuntutan SE.

    ReplyDelete
  14. idem ama punya saya, emak gaptek..hihihi

    ReplyDelete
  15. jujur, dhe baru tahu kalo nama asli mama Kinan itu mbak Atik, atau mbah Sugiharti.. hehe

    selama ini taunya cuma mak Kinan doang.. sukses kontesnya buk Sus.. :)

    ReplyDelete
  16. Mbak Hilsya: tapi sudah sekolah ke luar negeri.
    Dhenok: hehe.... iya.

    ReplyDelete
  17. saya juga gaptek mbak, haha..

    Sy jg akhirnya bikin di wp, dan ya templatenya gak bisa diatur2 yah mbak, ndak seperti blogger..

    Oiya mbak, pernah jg baca di daily prompt wp tempo hari, katanya satu paragraf lebih baik ndak lebihndr 7 baris ya... Katanya pembaca akan mudah hilang di tengah2 paragraf dan membaca ulang..

    Jadinya sy skrg bikin tulisan paragrafnya jd banyak banget hahaa...

    Sukses GAnya mbak Susi.. :-)

    ReplyDelete
  18. Pendapat yg masuk akal,mbak. Bisa jadi benar. Aku juga sering dapat masalah kalo kalimat dan paragraf terlalu panjang. Kecuali tulisan sendiri tentunya. hahaha..... waktu baca kan sambil melagukannya....

    ReplyDelete
  19. Masaknya tidak sampai gosong Kan Mba ? Ha,,,,x9. Pembahasan dri semua sudut lini, hampir rata-rata melakukan reviwew pengulasan yang baik. Semoga sukses acara GA nya.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  20. Mbak.... sukaaaa banget-banget baca tulisan di atas. Reviewnya mantap banget. Aku jarang banget ngereview blog... jadi terkesan setelah baca tulisan di atas. Dapat ilmu juga aku jadinya. Makasih banyak ya mbak... Ohya, gudlak utk kontesnya ya :)

    ReplyDelete
  21. Jadi penasaran, tolong dong review blogku juga mbak. Seneng banget pastinya dapat Kri-San secerdas di atas. Aku masih harus belajar banyak nih supaya bisa buat review blog yang mantap surantap spt itu hehehe

    ReplyDelete
  22. Mbak Reni: Terima kasih mbak. InsyaAllah akan saya review blognya. :)

    ReplyDelete
  23. hohoho...lagi pada rame ngikut kontesnya kumendang ya... xixixi...

    pada pinter-pinter ni ngreview nya, sukses ya bun kontesnya, paling gak jadi lebih kenal dengan blog yang direview :)

    ReplyDelete
  24. review antar pulau ya mbak :) semoga sukses ya mbak

    ReplyDelete
  25. semoga sukses reviewnya, ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  26. Oyen, mama Cal-Vin & mama Keke-Naima: makasih.....

    ReplyDelete
  27. waah keren mbak reviewnya.... aku doakan menang yaa

    ReplyDelete
  28. Terima kasih untuk do'anya, mbak. :)

    ReplyDelete
  29. Mbak Susi, baca ini saya keder duluan. Gak bakal menang kayaknya kalo ikut :)

    Saya bersyukur juga bukan mbak Susi partner saya, abis reviewnya super kumplit hehehe.

    Moga menang ya mbak :)

    ReplyDelete
  30. Lengkap neh Mbak review blognya. Semoga sukses ya.... Saya juga suka bila berkunjung ke blog mamanya Kinan.

    ReplyDelete
  31. ini neh Mbak, kalau bikin postingan singkat, padat, jelas dan enjoy di baca....saya masih angkat tangan deh. Masih saja nglantur klo bikin postingannya.

    #sukses ya Mbak GANya

    ReplyDelete
  32. tiap2 blogger akan berkembang ilmu blognya, sepanjang mau aktif ngeblog

    menurutku memang perlu agar halaman Home ga usah panjang-panjang isinya. Artikel 5 sudah cukup dan juga paragaraf pertama dipotong baca slanjutnya

    ReplyDelete
  33. itu bunga pelastik atau bunga asli ya mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra