Sinopsis Film Pasific Rim 2013


Menonton film Pasific Rime serasa menonton film Godzilla dalam versi berbeda. Ada begitu banyak monster godzilla di sepanjang film. Meski sisi humanis tetap ada, tetapi terror Godzilla yang semakin besar dan powerfull tetap terjaga. Ehm… baru prolog sinopsis Pacific Rim saja saya sudah mengecoh. Hehe… atau saya yang merasa ambigu dengan sosok Godzilla saya yang di film ini disebut Kaiju? Karena penasaran, saya mencari tahu apa itu Godzilla dan apa itu Kaiju. Siapin teh hangat dan snack ringan saja agar enak bacanya. 
Poster film Pasific Rim

Godzilla berasal dari bahasa Jepang gojira yang berasal dari kombinasi 2 kata Jepang, gorira (gorilla) dan kujira (paus). Kata ini mengacu pada besarnya ukuran dan kekuatan makhluk yang berasal dari laut. Dan godzila pertama kali keluar tahun 1954 di film Godzilla, King of the Monsters! Karya Raymond Burr. Nah kan….. sekarang tahu mengapa saya menganggapnya Godzilla. Lalu penelusuran saya menemukan bahwa Godzilla adalah salah satu versi kaiju Jepang yang paling terkenal setelah Gamera, Mothra, dan Rodan. Secara harfiah, kaiju artinya makhluk luar atau monster. Mix deh. Kaiju itu ya godzilla. Atau Godzilla itu ya kaiju. Yang saya bingung, jika Godzilla adalah makhluk hidup atu monster hidup, kok seperti ada semacam lampu di tubuh mereka seperti robot, ya? Dan mengapa setiap saat selalu muncul kaiju yang makin canggih seperti robot yang telah belajar cara mengalahkan lawannya. Terserah Gullermo del Torro saja deh!

Film Pacific Rim dimulai dari serangan pertama kaiju pada tahun 2013. Monster super besar ini berasal dari portal/jembatan interdimensi di lempeng samudra pacifik. Serangan yang muncul beberapa kali itu menghancurkan semua kota yang didatangi. Dunia pun bersatu untuk membentuk monster tandingan yang berupa robot robot yang disebut jeager. Jeager berasal dari bahasa Jerman j├óger yang berarti pemburu.  Robot yang seukuran kaiju ini dipiloti oleh 1 orang dan mengakibatkan kerusakan otak. Untuk menyiasatinya, jeager dikendalikan oleh 2 manusia yang otaknya terhubung. Jeager berhasil mengalahkan kaiju dan melindungi manusia. Namun kaiju yang muncul semakin besar dan semakin banyak pilot jeager yang mati. Pada tahun 2020 saja, kaiju sudah sampai ke level 3 (saya bingung bagaimana mereka bisa menentukan berapa level kaiju dan apa namanya. Mungkin karena seringnya muncul hingga mereka punya semacam katalog?). Singkat cerita, program jeager sudah dinyatakan gagal pada tahun 2025 karena banyaknya kekalahan jeager. Pihak berwenang memutuskan memakai tembok anti kaiju dan memberhentikan proyek jeager. Komandan Stacker Pantecost (diperankan oleh Elba) diberi waktu 8 bulan sebelum menghentikan jeager dan memindahkan proyek jeager ke Hongkong. Mengetahui waktunya tak banyak, Stacker mencari salah satu mantan pilot jeager terbaiknya, Raleigh Becket(Hunnam). Raleigh dan yancy dulunya adalah pilot dari jeager Gipsy Danger yang terkenal. Raleigh berhasil memiloti Gipsy Danger sendiri pasca kematian Yancy. Namun Raleigh memilih menyembunyikan diri sebagai buruh pembuat tembok anti-kaiju. Trauma akan keputusasaan, ketakutan, kesakitan dan kematian Yancy (ketika itu otak mereka masih terhubung) masih sulit dihilangkan Raleigh. Stacker berhasil membujuk Raleigh agar kembali memiloti Gipsy Danger dan membawanya ke Hongkong.
Cara memiloti Jaeger

Audisi co-pilot Gipsy Danger mengantarkan Mako (Kikuchi) sebagai partner Raleigh. Ini adalah sisi feminis film dan ide del Torro akan kesetaraan gender laki-laki dan perempuan. Mako adalah anak angkat Stacker sekaligus direktur perbaikan jeager. Ia memiliki trauma masa kecil yang luar biasa. Semua keluarganya mati ketika kotanya di serang kaiju, dan ia pernah melihat kaiju dalam jarak yang sangat dekat. Trauma ini yang membuat mereka tak lagi diperbolehkan memiloti jaeger. Mako hampir menghancurkan seluruh hangar jeager. Pada saat itu, jeager yang tersisa hanya 4, dan proyek mereka akan dihentikan. Stacker mempunyai ide menghancurkan jembatan interdimensi menggunakan nuklir. Ia membutuhkan semua jeager yang tersisa untuk bertarung di area portal.

Ketika 2 kaiju muncul di permukaan, 3 jeager diturunkan. 2 jeager berhasil dihancurkan kaiju dan 1 jeager hampir hancur ketika Raleigh dan Mako diijinkan memiloti jaeger Gipsy Danger. Mereka berhasil mengalahkan 2 kaiju dan menjadi pahlawan. Tak banyak waktu yang tersisa, mereka harus segera menghancurkan portal interdimensi penghubung bumi dan dunia kaiju.

Seorang ilmuwan pengkaji kaiju sekaligus kaiju’s admirer yang bernama Newton Geiszler berusaha menghubungkan otaknya ke otak kaiju. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kaiju bukanlah makhluk liar tetapi senjata hidup yang diciptakan oleh alien penjajah. Gaeiszler berhasil menemukan bahwa portal penghubung itu hanya terbuka dengan kesamaan DNA kaiju.

2 jaeger yang tersisa dikirim ke portal dan menyerang portal. Jeager utama yang dipiloti komandan Stacker sendiri dan salah satu pilot terbaik, terpaksa menghancurkan diri demi memberi jalan pada Gipsy Danger agar bisa menghancurkan portal. Endingnya seperti biasa, misi sukses dan 2 pilot jeager Gipsy Jeager selamat. Yea…..

Itulah sinopsis Pasific Rim versi saya. Filmnya bagus sih. Meski full combat dengan monster, tetapi sisi humanis tetap dijaga. Juga sisipan-sisipan pribadi sutradara Guilermo del Torro tentang feminist, juga tentang hero itu bisa siapa saja. Remaja yang tak berprestasi di sekolah dan tak berbekal ilmu militer bisa menjadi pilot handal di jeager. Contohnya Raleigh-Yancy dan 2 pemuda lokal China. Layaklah jika film berbudget $190 juta ini masuk film box office. Dan durasi film 132 menit tidak terasa membosankan. Di IMDb sendiri, film Pacific Rim mendapat rating 7.3. Itu review film Pasific Rim Versi saya.

Selamat hari Blogger Nasional!!!

Selamat menonton


Tertarik dengan sinopsis film horor Amerika populer lain yang sudah saya tulis?



Note: Beberapa informasi berasal dari sini, sini dan sini. Foto berasal dari sini
Share:

9 comments:

  1. Saya sudah nonton ne film mas
    mantap mas film-nya
    nice pos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, mas. saya emak-emak, nih. :D

      Delete
    2. hehehe sama mbak, dblogku juga suka ada yang panggil aku mas

      Delete
  2. makasih reviewnya mbak, nanti aku nonton juga deh :)

    ReplyDelete
  3. Ahh film ini biasanya adik saya yang suka nonton.

    Saya lebih suka Damarwulan dan Si Buta. Heheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih penonton semua jenis film, kecuali sinetron. hehe

      Delete
  4. nontonnya sama duo DB?
    piye kabare jeng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdua dgn suami. hehe..
      kabarku baik mbak. :)
      sudah kembali ke Indonesia?

      Delete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra