9 Destinasi Wajib di Kupang ala Susindra

Desember tahun lalu, saya mengikuti pelatihan UKM Jahit di BPSDM Semarang selama 20 hari. Saya datang bersama rombongan satu bis berisi 20 orang. Dari kota lain, jumlah peserta bervariasi. Waktu belajar selama dua puluh hari. Di saat yang sama, sekitar seminggu sebelumnya, serombongan peserta dari Kupang tiba terlebih dahulu. Mereka belajar selama empat puluh hari, termasuk pelatihan menjahit khusus sesuai minat, menyulam, anjangsana ke beberapa tempat, dan magang di pabrik garmen. Rombongan peserta dari Jepara sangat beruntung karena bertetangga kamar dan kelas kami sering bersebelahan dengan mereka. Lebih beruntung lagi, akhirnya kami menjadi satu kelas. Kami bergabung di kelas khusus yaitu membuat pola dan membuat tas sulam pita.

Berdekatan selama 20 hari, membuat saya yang memang mudah tertarik dengan wisata dan budaya tertentu, sering terlibat perbincangan seru dengan mereka. Saya bahkan belajar sedikit (sekali) kalimat penting seperti sapaan, perubahan kaidah bahasa (ber ba, ter ta), nama buah/benda, dan beberapa lagi. Pada dasarnya sih, teman-teman dari Kupang berbicara bahasa Indonesia  - melayu, campur belanda dan beberapa bahasa lain. Bahasa Chreole, atau bahasa campur aduk. Saya yang senang mempelajari bahasa baru mengamati beberapa tambahan khusus sehingga cukup paham. Namun, kecepatan berbicara tema-teman Kupang sungguh luar biasa. 4 kalimat bisa diucapkan dalam satu nafas! Hahahaha…. Tidak semua, sih, tetapi saya beberapa kali mendengar tanpa sengaja ketika mereka bercerita sesuatu. Saya paham, tetapi tidak paham. Hahaha..

Fotber dengan tas sulam buatan sendiri
Contohnya: Oma-opa (nenek-kakek), susi (Mbak – dari kata suster), batanam (bertanam), balia (melihat - dari kata berlihat atau melihat), balari (berlari) telempar (terlempar), beta kasturun tadi (aku sudah menurunkannya tadi). Jadi.. meski sedikit mengerti pola bahasanya, dengan kecepatan bicara yang setara motor melaju, saya kepayahan menerjemahkan hingga otak kecil beta pun barasap jua.

Saya beneran ingin ke Kupang Lho. Banget-banget inginnya. Meski 70% perbatasan Jepara berupa laut dan pantai, tetapi saya tetap pengen ke beberapa pantai di Kupang. Juga air terjun indah di sana. Di Jepara ada banyak air terjun, tetapi pastilah beda sensasinya. Berwisata tidak dilihat dari lokasi yang dituju saja, tetapi juga petualangannya. Apalagi ada teman-teman di sana yang siap menerima traveler nekat seperti saya. Berikut destinasi incaran saya:

1. Pantai Lasiana. Pantai ini disebut Brazilnya Indonesia. Pantai indah berkarang dan berpasir putih yang membentang luas dengan banyak nyiur pohon kelapa. Sunset berwarna orange kemerahan adalah panorama andalan dan sering menghipnotis pengunjungnya. Apalagi yang menarik? Es kelapa muda, pisang bakar dan jagung bakar.
2. Pantai Kolbano dengan keistimewaan bebatuan aneka warna. Dari jauh terlihat berwarna pink dan peach, tetapi jika didekati, ada lebih banyak warna.

Pantai Kolbano - sumber

3. Pantai Pasir Panjang. Pantai ini berada di kota Kupang dan mudah diakses. Disebut Pasir Panjang karena pasirnya yang memanjang dari ujung ke ujung. Pasti asyik bisa duduk-duduk manis sambil menikmati birunya laut. 
4. Pantai Neam, pantai dengan pasir sangat luas dengan ombak yang selalu menghapus jejak di pasir. Berlarian di pantai ini sambil sesekali balapan dengan ombak akan sangat menyenangkan.
5. Pantai Tablolong, pantai berpasir putih dengan pohon bonsai yang unik. Keistimewaannya ada pada pasir berwarna pink dan air laut dua warna, biru dan hijau. Pantai ini sudah dikelola dengan baik sehingga sudah ada warung, kafe dan semacamnya. Lokasinya 30 KM dari kota.
6. Air terjun Oehala, air terjun bertingkat karena terdiri dari cerukan-cerukan alami yang meneruskan debit air ke bawah. Sekilas mirip air terjun Rahtawu di kaki bukit Muria, tetapi lebih besar dan debit air selalu ada meski musim kemarau. Ada lopo-lopo (gazebo) untuk menikmati gemericik air. Damai.
7. Air terjun Oenesu yang bentuknya mirip singa bermulut gorilla. Unik sekali pastinya.
8. Gong Perdamaian Nusantara di Kupang yang sudah berusia 450 tahun. 
9. Pulau Rote  untuk menikmati alam dan pembuatan tilangga, topi khas dari daun lontar. Juga mendengarkan musik dari sasando, alat musik khas Kupang yang berasal dari daun lontar.


Belum pergi, khayalan saya sudah ke mana-mana. Saya bahkan sudah membayangkan makan kelapa muda dan pisang bakar sebanyak-banyaknya. Juga memuaskan diri makan ikan mahal karena di sana sangat murah. Karena di sana jumlahnya melimpah. Maka jangan heran jika banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang merapat ke sana. Panorama indah dipadu makanan murah. Perfect combination, apalagi nginepnya gratis.

Namanya destinasi impian, tak boleh hanya ditulis, tetapi harus dibuat planningnya. Mumpung sedang senggang, juga saat sedang kangen, saya mencoba mencari tiket pesawat murah menuju ke sana. Karena saya tinggal di Jepara, bandara tujuan saya adalah Semarang (SRG) - Kupang (KOE). Saya sampai di sebuah situs penjualan tiket pesawat termurah yang menjual tiket ke sana. Namanya tiket2.com. Jangan lupa angka 2 setelah kata tiket ya. Beda dengan yang satunya, kok. Awalnya, saya melihat tiket pesawat seharga Rp 190.000,- untuk Surabaya - Lombok. itu yang menarik minat saya di awal. Murah bangeeeettt..... Maka saya pun mencoba beberapa simulasi harga tiket pesawat di sana. Biasaaaa.... cari yang termurah.

Harga tiket pesawat yang sangat murah membuat saya stalking promo tiket di sini. Saya cek promo yang diberikan beserta daftar harganya. Teknologi bernama “promo flash tracker” yang dipakai memungkinkan kita menemukan promo tiket pesawat termurah mulai dari last minutes sampai beberapa bulan ke depan. Iya, mitos tiket pesawat termurah hanya bisa dibeli jauh-jauh hari terpatahkan. setiap ada perubahan harga tiket, database selalu memperbarui informasi. Maka saya pun mencari tiket pesawat Semarang - Kupang yang termurah se-Indonesia.


“Setiap hari Promo Flights Tracker kami melintasi Internet untuk mencari penerbangan promo dan maskapai bertarif rendah.” Demikian kalimat yang disematkan di tagline website-nya. Makanya jangan heran jika ada 200-an penawaran tiket murah yang selalu bisa diakses, dan dimulai dari tiket terendah saat itu. Makanya pengunjung yang suka window shopping tiket pesawat termurah bisa puas-puasin diri menelusuri penawaran termurah. Cukup klik tiket pesawat promo selanjutnya sampai habis.

Malas memakai sistem itu dan ingin mencari berdasarkan maskapai pesawat? Bisa. Klik Maskapai yang diminati lalu isi kota keberangkatan dan tujuan serta tanggal. Kita bebas mengganti tanggal tanpa mengulang dari awal. Cukup klik tanggalnya. Saya sudah mencobanya untuk destinasi Kupang, Lombok, Makassar dan Surabaya. Awalnya iseng sih, ingin tahu tiket pesawat ke destinasi impian saya harganya berapa. Ternyata memang lebih murah daripada yang lain. Sudah termurah, masih ada diskonnya pula. Kalau untuk tiket pesawat harga seratusan, diskon tersebut kelihatan kecil, tetapi untuk maskapai seperti Garuda, diskonnya lumayan sekali. Sudah dicarikan yang termurah, masih didiskon pula! 
Cara mencari promo tiket pesawat termurah

Kok bisa murah seperti itu, ya? Penjelasannya sederhana banget.
1. Usia. Ini adalah website pembanding harga tiket pesawat pertama di Indonesia. Tepatnya sejak 2010 lalu, sehingga lebih banyak pengalaman.
2. Database terluas. Usia 5 tahun membuatnya memiliki database maskapai dan rute terlengkap.
3. Algoritma flash tracker yang canggih menjamin data tiket pesawat termurah selalu up to date.
pesan tiket via HP lebih mudah

Dengan 3 keunggulan di atas, makanya jangan heran jika selalu ada di menit-menit terakhir penerbangan dengan diskon menggiurkan. Jikalau kamu bosan dan tiba-tiba ingin mengunjungi teman atau mantan di kota yang jauh, kamu bisa bepergian secara mendadak. Oh, ya, pembayaran tiket tidak harus kartu kredit, lho. Bisa melalui transfer bank atau ATM. Setelah proses pemesanan dan pembayaran, e-tiket akan dikirim ke e-mail kita. Ketika akan berangkat, kita bisa mencetaknya. Caranya seperti biasa. Merasa ribet? Ya sudah, pesannya via HP di depan ATM. Karena mobile friendly, kita tak perlu download aplikasi. Cara membeli tiket anti ribet ala saya adalah:

1. Pergi ke ATM (Jika punya Mobile Banking dengan token, atau tetap nyaman memesan di rumah, abaikan tips pertama ini)
2. Buka tiket2.com. Cari promo yang ingin dibeli.
3. Klik pesan, lalu isi form yang disediakan. Di keterangan bagian tengah ada jumlah jam perjalanan. Jika berwarna biru, berarti ada pilihan lain (yang kadang lebih cepat dari jumlah jam yang ditunjukkan.
4. Tunggu informasi no rekening yang harus di transfer. 
5. Bayarkan sesuai jumlah ke rekening yang dituju
6. Verifikasi pembayaran, dan terima e-tiket
7. Tunjukkan e-tiket dari HP ketika memasuki bandara. 

Mudah sekali, ya, beli tiket sekarang? Atau masih bilang ribet? Berarti tidak punya niat traveling. Hahahahaha…. 

Sekilas info, ya. Jika teman-teman berminat mendapatkan tiket pesawat gratis, sering ada kontes tiket pesawat gratis, lho. Mumpung masih ada waktu ikut kontes. Sangat layak dicoba. Dari page-nya, saya lihat sudah ada 36 pemenang tiket gratis. Saya kurang tahu berapa minggi sekali ada kontes ini. Lebih baik sering-sering ke sana saja. Kamu bisa cari promo pesawat terbaru sambil mencari informasi kesempatan mendapatkan tiket pesawat gratisnya. Silakan dicoba. Saya mau ikut lagi dengan semua akun media sosial saya. Siapa tahu saya beruntung. 
Share:

18 comments:

  1. mauuu ... saya juga mau ke kupang :)

    ReplyDelete
  2. Aaaa ayo ajak aku ke Kupang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayolah... packing sekarang nanti kubisiki caranya. :v

      Delete
  3. Ikuuuut, mau jg diajak ke Kupang ��

    ReplyDelete
  4. Semoga mendapatkan tiket gratis mbak Susindra :D
    kan lumayan ke Kupang :D

    ReplyDelete
  5. wah moga terwujud yaa ke kupangnya mbaaa, boleh tuh kalo mau ajak2 aku eeaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayolah Mbak Nchie, kita nikmati senja di Kupang bersama

      Delete
  6. Seru banget mbaak...kalo dapat tiket gratis aku juga pengen ke Kupang hihi

    ReplyDelete
  7. Mb.. itu acaranya yang pas kita kopdaran di kampus Fiksi itu bukan? trus jalan-jalan ke bookfair? :)

    Semoga terwujud mimpinya Mba..
    aku pun... ingin sekali menjelajah Indonesia bagian timur.. pantai-pantai indahnya seolah melambai memanggil :D

    ReplyDelete
  8. Aku pernah ke Kupang tapi nggak sempat mampir kemana-mana, mba. Bawaanya pengen pulang. PAdahal tempatnya kece2 yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa.... eman banget ya... tapi kadang gitu sih

      Delete
  9. Mau deh ke Kupang, pantainya keceee semua. Eh katanya pengen ke Nusa Dua, hahaha... galau, semua dipilih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... dari Nusa Dua kr Kupang sudah dekat Mbak Wati. Tinggal nyebrang saja.

      Delete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra