Smart Casual Dress Code Ala Mbak Ria Tumimor

Masih di semangat berubah menjadi pribadi penulis yang lebih baik, saya ingin menulis tentang fashion. Meski saya termasuk tipe yang tidak menonjol dalam hal dandan, tetapi adakalanya saya memperhatkan mode. Apalagi saya memiliki Mbakyu yang memiliki butik dan memang gemar memakai baju yang sedang menjadi trend. Meski tinggal di daerah, namun jangan salah, perempuan Jepara sangat fashionable dan up to date. Makanya, kali ini saya akan menulis tentang Smart casual Dress Code. Posting ini terinspirasi dari posting Mbak Ria Tumimor di penghujung tahun 2016 lalu.

Smart Casual Dress Code - pixabay
Jika menilik usia dan bentuk badan, saya dan Mbak Ria memiliki kesamaan. Maka jangan heran jika gaya berbusananya menarik dan bisa jadi inspirasi bagi saya. Bagi kamu yang berbadan cukup lebar dengan usai di sekitar 40, harus membuka tips fashion-nya Mbak Ria. Mbak Ria rajin membuat posting outfit of the day lengkap dengan foto pribadi dan foto koleksi bajunya. Bukan baju yang sulit kita jangkau karena harga. Benar-benar baju yang dekat dan kemungkinan besar kita punya. Sangat applicable

Seperti apa sih baju Smart Cassual itu? 
Pernah dapat undangan ke suatu acara yang menetapkan dresscode? Syukur Alhamdulillah saya belum pernah. Tinggal di kota kecil, jadi DRS (di rumah saja) membuat saya hanya mengenal istilah tetapi belum pernah menjadi “korban dresscode”. Meski begitu, saya tetap pakai lazimnya baju yang pantas dengan acara. Jika ke kondangan ya pakai baju rapi, sopan, dan membuat saya dihargai tuan rumah maupun sesama tamu. Ke acara seminar atau diundang ke kantor atau dinas pemerintah ya diusahakan pakai batik atau minimal abaya yang elegan. Lagi-lagi demi menghargai diri sendiri dan tuan rumah. Nah… makanya saya tertarik dengan istilah smart casual untuk outfit off the day. Apakah kamu juga?

Menurut hasil browsing Mbak Ria,  smart cassual lebih ke anjuran atau larangan halus untuk tidak mengenakan baju asal pakai dari pihak pengundang. Misalnya, seperti datang dengan memakai daster, celana jeans sobek, atau semacamnya. Kalau istilah saya, memakai baju yang tidak pantas. 

Mbak Ria dengan Smart Casual Outfit favoritnya - Source 
Year's end lunch menjadi tradisi di kantor Mbak Ria, dan dresscode yang diberikan adalah smart casual. Sempat terjadi perdebatan seru tentang seperti apakah sebenarnya dresscode yang sangat digemari ini. Wajar jika terjadi silang pendapat karena smart casual bersifat sangat personal dan tergantung kebiasaan berbusana. Mereka yang biasa memakai baju kasual merasa bahwa penambahan aksesoris tertentu sudah mengubah gaya casual menjadi smart casual. Mereka yang biasa memakai baju formal merasa bahwa smart casual berarti memberi warna agar baju formal yang cenderung kaku menjadi enak dilihat dan terlihat santai. 

Saya sempat membaca beberapa pendapat mengenai gaya berpakaian yang satu ini dan merasa bahwa definisi smart casual memang sangat luas. Yang terpenting adalah berpakaian pantas, rapi, dengan tambahan aksesoris agar tampak nyaman, enak dilihat sekaligus sulit diabaikan keberadaannya. Poin terakhir itu tambahan dari saya karena beberapa kali bertemu orang yang berpakaian seperti ini, dan saya merasakan aura berbeda. Saya merasa ia lebih menonjol dan “lebih baik” daripada yang lain. Mungkin karena itu, makanya ada imbuhan kata smart.

Smart casual versi Bussiness Insider
Begini nih contoh busana smart casual untuk wanita  ala Mbak Ria (dan ala saya):
1. Kaos polos dengan aksesoris, dengan bawahan rok senada, serta wedges. Ini contoh smart casual yang paling aman dan semua punya. Bagi kita yang terbiasa pakai baju kasual seperti kaos, kita bisa menambahkan aksesories seperti kalung unik agar terlihat lebih rapi dan enak dilihat. Bagi yang terbiasa memakai baju formal, ganti atasan kemeja dengan kaos polos berwarna. Jadi, meski tetap memakai blazer, tetap terlihat casual.

2. Kaos polos, jaket dan celana panjang bisa terlihat smart casual jika kita pandai memadupadankan. Seperti baju Mbak Ria di bawah ini. Bahkan memakai celana jeans tetap diperbolehkan, asal warnanya gelap dan membuat penampilan kita terlihat rapi. Pakai baju senada, tambahkan sebuah kalung etnik menjuntai sebagai centerpiece sehingga celana dan jaket jeans tetap bisa dipakai di dresscode ini. Bagimana dengan sepatunya? Flatshoes atau boots bisa jadi teman yang manis. 
Atasan bunga-bunga ditambah sepatu, scarf & gelang - source
3. Atasan berbunga kecil dengan sepatu boots atau slip on menjadi paduan yang paling mudah dan aman di semua acara. Lagi-lagi… tambahkan aksesoris penunjang. Untuk baju berbunga seperti ini, gelang etnik atau anting bisa dipakai. Scarf atau blazer juga bisa dijadikan pendukung agar tampilan maksimal.

4. Atasan batik dengan jeans warna gelap menjadi outfit favorit Mbak Ria karena paling aman, antiribet, dan sangat dia. Sebuah jam tangan trendi bisa jadi penyempurna.

Bagaimana? Ternyata, memakai busana smart casual tidak ribet, kan? Tambahkan sedikit sentuhan berupa kalung, gelang, anting, jam, scarf, blazer dan alas kaki yang tepat, kita sudah terlihat sophisticated. Ada dua rahasia lagi yang perlu ditambahkan, yaitu fragrance dan confidence. Hehehe

Ini sudah smart casual, kah? - dokpri
Oh ya, saya mencoba memakai smart casual outfit ala Mbak Ria. Saya pakai atasan bergaya Boho Chic berwarna hijau dengan inner dan hijab warna putih. Saya tambahkan satu kalung mutiara yang menjuntai yang tetap terlihat meski memakai penutup kepala. Tas kulit warna hijau menjadi aksesoris tambahan (meski tidak terlihat di situ). Yang agak kurang masuk adalah jeans warna hijau mint muda dan sandal gunung. 2 Celana jeans hitam saya antri di cucian dan saya tidak punya rok atau celana khaki yang tepat. Celana yang saya pakai pun seharusnya sudah masuk ke mesin cuci karena sudah saya pakai beberapa kali. Hihihi.... Sandal gunung saya pilih karena saat itu acaranya adalah bermain bersama anak-anak SD Panggang 1 Jepara yang mengunjungi Rumah Belajar Ilalang Jepara. Bagaimana? Apakah baju saya termasuk di definisi smart casual dresscode?

Selamat mencoba.

3 Komentar

  1. Atasan boho chicnya lucu mbak, aku suka warna hijau tosca kek gitu :)

    Dan itu masuk smart casual sepertinya ya...santai tapi tetep okeh ^^

    BalasHapus
  2. memang jadi wanita itu kadang ribet ya mbak... maunya terkesan santai effortless padahal pas di rumah puyenk milih bajunya :) Saya juga suka warna hijau tosca baju atasan itu :) Pas lah dengan acaranya

    BalasHapus
  3. Jadi, smart casual itu: a) Terlihat santai di saat santai dan terlihat formal di saat formal? atau b) Terlihat formal di saat santai dan terlihat santai di saat formal?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)