4 Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Merenovasi Kamar Mandi Anda

Merenovasi rumah merupakan salah satu aktivitas yang hampir pasti dilakukan. Renovasi besar atau kecil, dilakukan demi membuat nyaman penghuni rumahnya. Budget renovasi rumah baiknya dianggarkan agar tidak menghabiskan uang belanja. 

Renovasi kamar mandi - sumber pixabay.com

Beberapa orang beruntung memiliki rumah ‘kedua’. Rumah warisan orangtua, misalnya. Atau sudah telanjur beli rumah akan tetapi ternyata harus pindah kota. Rumah menjadi kosong dan bersaranglah banyak debu dan sarang laba-laba, juga binatang lainnya. Rumah yang lama tak ditempati, juga harus direnovasi untuk mencegah kerusakan. Renovasi merupakan sebuah hal yang mutlak dan paling sering dilakukan oleh masyarakat yang memiliki rumah secondary. Apalagi jika akan memasukkan propertinya tersebut ke dalam pasar jual rumah atau properti hunian lainnya.

Tidak hanya bagian-bagian penting seperti struktur, dinding, dan atap, beberapa ruangan pun turut direnovasi untuk meningkatkan kualitas dari rumah yang dipasarkan, begitu pula dengan harga jual rumahnya. Kamar mandi diketahui merupakan salah satu ruangan yang biasanya direnovasi sebelum memasuki pasar jual rumah. Ada banyak cara untuk merenovasi kamar mandi. Namun, untuk dapat meningkatkan harga jual rumah dari proses perenovasian ini, cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan remodelling. Remodelling merupakan proses yang tidak sederhana. Beragam hal yang detail harus diambil untuk meningkatkan nilai dari kamar mandi milik Anda.

Bagi Anda yang saat ini sedang melakukan renovasi kamar mandi, Freshome memaparkan sekiranya terdapat 4 hal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan prosesnya. Beberapa hal tersebut yakni:

Membuat Daftar Kelebihan dan Kekurangan

Sebagai langkah awal dalam merenovasi kamar mandi Anda, Anda harus menganalisis kelebihan dan kekurangannya. Beberapa pertanyaan yang dapat dimunculkan adalah bagaimana ruang gerak saat beraktivitas di kamar mandi, apakah perangkat-perangkat yang ada dapat berfungsi dengan baik, bagaimana nuansa yang hadir pada saat ini, dan bagaimana penempatan perangkat-perangkat penyimpanan disana. Setelah Anda menganalisis kelebihan dan kekurangan, mulailah untuk menghilangkan kekurangan-kekurangan yang ada. 
Semakin sedikit kekurangan pada kamar mandi Anda, Anda dapat membanderol harga jual rumah Anda dengan harga yang terbaik kepada calon konsumen. Para calon konsumen pun dipastikan akan sangat puas saat mengetahui hanya sedikit atau tidak adanya kecacatan saat menyurvei bangunan jual rumah Anda.
sumber foto: pixabay.com

Mengubah Tata Letak

Remodelling dijelaskan sebagai proses mengubah model. Aktivitas ini juga termasuk mengubah penataan letak dari masing-masing area yang ada dalam kamar mandi Anda. Jika Anda benar-benar serius untuk melakukan jual rumah tersebut, tidak ada salahnya untuk membuat penataan letak yang terbaik, berbeda dari tata letak yang sebelumnya.
Saat ini, model yang paling ngetren adalah kamar mandi kering. Tata letaknya pun sangat mudah, yakni membagi tata letak menjadi dua area. Area pertama yakni area kering, merupakan area yang jauh dari aktivitas mandi dan kesan basah dari cipratan air. Selain untuk menempatkan water closet dan tempat cuci tangan, area ini dapat difungsikan untuk menaruh lemari-lemari yang berisikan perlengkapan pembersih kamar mandi atau bahkan menaruh lemari pakaian Anda. Area kedua yakni area basah, merupakan area khusus untuk aktivitas mandi yang dapat berisikan shower dan bathtub.

Estetika

Pada dasarnya, kamar mandi memang merupakan ruang yang bersifat fungsional karena aktivitas-aktivitas yang dilakukan memiliki fungsi terbatas. Namun, bukan berarti ketika fungsi-fungsinya dapat berjalan dengan baik, ruangan tersebut tidak memerlukan nilai estetika.
Estetika diketahui berkaitan dengan pandangan secara visual. Tidak ada patokan estetika yang mutlak, estetika ruang kamar mandi dapat hadir dan ditentukan dari kenyamanan sang pemilik hunian (bersifat subjektif). 
Sebelum menentukan lanskap yang estetis saat remodelling, ada baiknya Anda merencanakan konsep apa yang Anda bawa pada kamar mandi Anda. Semakin spesifik konsep yang Anda pilih, akan semakin memudahkan Anda untuk menentukan perabotan-perabotan apa yang sesuai untuk mengisi kamar mandi Anda menjadi bentuk yang estetis.

Aspek Pencahayaan

Untuk meningkatkan kesan kamar mandi yang elegan, faktor pencahayaan ruang merupakan hal yang juga harus diperhatikan. Idealnya ada tiga jenis pencahayaan yang harus terkandung untuk hasil penerangan maksimal. Tiga jenis pencahayaan tersebut yakni ambient, accent, dan task.
Ambient, merupakan pencahayaan umum yang mana dapat mengisi sebagian besar ruang pada kamar mandi, dapat berupa lampu utama di plafon atau cahaya matahari dari luar kamar mandi. Accent, merupakan pencahayaan yang menyoroti sebuah area tertentu, misalnya lampu yang dipasang di area kering maupu area basah. Task, adalah pencahayaan tambahan yang dikhususkan untuk membantu sebuah aktivitas khusus. Dapat dicontohkan dengan lampu pada wastafel atau lampu yang menempel pada kaca untuk bersolek.

Nah, itulah 4 tips yang harus diperhatikan saat akan merenovasi kamar mandi. Semoga bermanfaat ya.

2 Comments

  1. Mantap sharingnya bu. Terkadang kamar mandi malah bisa jadi sumber inspirasi buat saya.

    ReplyDelete
  2. Nah..pas banget lagi renov kamar mandi nih.. jadi dapat ide untuk hal2 yg harus diperhatikan . TFS mba..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)