Ingin Bisnis Jual Beli Rumah Bandung? Perhatikan Hal-hal Penting Berikut Ini

Bisnis properti atau jual beli rumah Bandung memang tidak pernah mati. Pasalnya, kebutuhan akan tempat tinggal atau papan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi.

Apalagi jika kita mengetahui tata cara bisnis jual beli rumah yang benar, maka keuntungan dari melakukan bisnis tersebut akan terus terasa, bahkan berlipat ganda di masa depan.
Ingin Bisnis Jual Beli Rumah Bandung Perhatikan Tips Berikut Ini
(Photo: Best in Au)
Di beberapa daerah di Indonesia, prospek jual beli rumah juga semakin hari kian menjanjikan.
Bandung misalnya, sebagai kota terbesar keempat di Indonesia, permintaan hunian di Bandung terus meningkat, yaitu sebesar 2,6 persen per tahun.
Tidak heran jika banyak para pengembang dan investo besar menjadikan kota Bandung sebagai lokasi investasi propertinya.

Lantas, bagaimana peluang para pemain baru jual beli rumah Bandung?
Untuk menjawab rasa penasaran Anda, mari sama-sama kita lihat penjabarannya di bawah ini.

Meraup rezeki dari bisnis jual beli rumah Bandung


Meraup rezeki dari bisnis jual beli rumah Bandung (by Indonesia Expat)
(Photo: Indonesia Expat)

Selain faktor alam yang indah, cerahnya prospek jual beli rumah Bandung disebabkan oleh banyaknya pembangunan infrastruktur yang terdapat di kota tersebut.

Sebut saja pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, Tol Soreang-Pasir Koja, Tol Bandung-Kertajati, serta Tol Cisumdaun.

Proyek-proyek ini seakan menjadi magnet bagi para pemburu properti untuk melakukan jual beli rumah Bandung.

Bahkan kabarnya, harga properti di kawasan Bandung pada tahun 2016 melonjak naik setelah pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dimulai.

Rata-rata kenaikan harga jual beli rumah Bandung meningkat sekitar 5,42 persen pada kuartal pertama lalu, serta diestimasikan mencapai 5,77 persen pada kuartal kedua mendatang.

Selain itu, adanya pembangunan Light Rail Transit (LRT) Metro Kapsul, yang termasuk dalam rencana pembangunan Bandung Urban Mobility Project oleh Pemerintah Kota Bandung, diprediksi akan membuat lonjakan harga properti di kota tersebut.

Belum lagi soal lonjakan penduduk akibat terdapatnya kampus-kampus ternama yang berlokasi di kota Bandung.

Bisa dibayangkan, berapa banyak mahasiswa yang masuk ke kota ini setiap tahunnya untuk dapat berkuliah di kampus-kampus seperti UNPAD, ITB, UNPAR, Telkom University, dan sebagainya.

Para mahasiswa buru ini tentu membutuhkan tempat tinggal sementara, bukan?
Itulah yang membuat bisnis jual beli rumah Bandung dianggap sangat prospektif dari tahun ke tahun. Tidak hanya bagi investor besar, namun juga para pemain baru di bisnis jual beli rumah Bandung.

Tips Jual Beli Rumah Bandung

Setelah Anda mengetahui propsek bisnis jual beli rumah Bandung, saatnya sekarang saya memberikan tips dalam melakukan jual beli rumah Bandung.

Hal ini penting, dengan mengetahui langkah-langkah yang benar dalam melakukan bisnis jual beli rumah, maka investasi properti yang Anda lakukan dapat terus berkembang dan menguntungkan di masa depan.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, sama-sama kita cari tahu di bawah.

1. Temukan lokasi yang tepat
Tips Beli Rumah Bandung Tentukan lokasi yang tepat
(Photo: Shutterstock)

Untuk kota Bandung sendiri, pilihlah lokasi investasi yang berdekatan dengan proyek pembangunan yang telah disebutkan di atas.
Selain itu, daerah yang berdekatan dengan kampus-kampus ternama yang ada di Bandung juga sangat baik untuk dijadikan lokasi bisnis jual beli rumah Bandung.

2. Ketahui kekurangan dan kelebihan rumah

Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan rumah, Anda dapat melakukan jual beli rumah Bandung secara lebih mudah, serta akan terlihat lebih profesional di mata calon klien.
Buatlah daftar dari segala kekurangan dan kelebihan dari rumah tersebut, mulai dari kondisi rumah, lingkungan, serta segala fasilitas umum dan penunjang yang ada di sekitar.

3. Cari tahu harga pasaran rumah

Tips Beli Rumah Bandung, Cari tahu harga pasaran rumah (by Mashvisor)
(Photo: Mashvisor)
Di kota Bandung sendiri, harga pasaran untuk rumah type 36 berkisar Rp400 – Rp500 juta, maka jual lah rumah tersebut tidak lebih rendah dari harga pasaran yang ada.
Selain itu, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mencari tahu kisaran harga jual beli rumah Bandung, yaitu dengan menghitung NJOP atau Nilai Jual Obyek Pajak di lokasi rumah tersebut berada.

4. Siapkan segala dokumen penting yang diperlukan

Tips berikut ini sering sekali luput untuk dilakukan pebisnis properti pemula. Padahal, dokumen asli dari rumah tersebut bisa dikatakan sebagai legal standing atas kepemilikan properti.
Maka untuk memperlihatkan bahwa Anda adalah pebisnis profesional di dunia jual beli rumah Bandung, siapkan segala dokumen penting seperti sertifikat asli, PBB asli, AJB asli, dan blue print terlebih dahulu ya.

5. Ketahui waktu terbaik melakukan jual beli rumah

Tips Beli Rumah Bandung  Ketahui waktu terbaik melakukan jual beli rumah (by Victoria Real Estate)
(Photo: Victoria Real Estate)
Salah satu waktu yang tepat untuk Anda melakukan bisnis jual beli rumah Bandung adalah pada saat suku bunga turun.
Pasalnya, pada saat suku bunga turun, harga cicilan rumah rendah, dan banyak pemburu properti yang memanfaatkan momen tersebut untuk mencari rumah.

Rekomendasi rumah dijual di Bandung

Buat Anda yang masih mencari lokasi terbaik untuk memulai bisnis jual beli rumah Bandung, sekarang saya akan memberikan beberapa rekomendasi rumah yang dapat dijadikan sebagai investasi properti.

Dihimpun dari situs jual beli rumah terbesar dan terpercaya 99.co Indonesia, berikut 3 rekomendasi rumah dijual di Bandung untuk Anda sekalian.

1. Rumah Dijual di Bandung kawasan Cileunyi

Rumah Dijual di Bandung kawasan Cileunyi
(Photo: 99.co Indonesia)

Rekomendasi rumah dijual di Bandung pertama adalah sebuah rumah yang terletak di kawasan Bandung Timur, tepatnya perumahan The Green Pandanwangi, Cileunyi.

Memiliki luas tanah 71 meter persegi dan luas bangunan 30 meter persegi, rumah ini dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan sebuah carport.

Untuk prospek investasinya sendiri, wilayah Bandung Timur dinilai sangat menjanjikan, mengingat terdapat pembangunan Tol Cisumdawun yang nantinya akan menghubungkan kawasan Cileunyi dengan kota Sumedang dan Subang.

Selain itu, lokasi tersebut juga dekat dengan kawasan pendidikan Jatinangor, tempat dua kampus ternama di Bandung, yaitu UNPAD dan ITB berada. Maka cocok dijadikan lokasi bisnis jual beli rumah Bandung.

2. Rumah dijual di Bandung kawasan Buahbatu

Rumah dijual di Bandung kawasan Buahbatu
(Photo: 99.co Indonesia)
Rekomendasi rumah dijual di Badung selanjutnya merupakan rumah yang terletak di perumahan Grand Imperial Ciwastra, Buahbatu, Bojongsoang, Bandung.

Dibangunan di atas lahan seluas 75 meter persegi, dengan luas bangunan 30 meter persegi, rumah dijual di Bandung yang satu ini dilengkapi 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan carport.

Sejak dulu kala, kawasan Buahbatu memang menjadi lokasi favorit masyarakat Bandung untuk dijadikan hunian, oleh sebab itu, Buahbatu sangat cocok untuk dijadikan lokasi bisnis jual beli rumah Bandung.

Selain itu, adanya kampus Telkom Universitas di daerah Bojongsoang menambah nilai jual daerah tersebut.

3. Rumah dijual di Bandung kawasan Kopo

Rumah dijual di Bandung kawasan Kopo
(Photo: 99.co Indonesia)

Tidak lengkap bila kita tidak memasukkan kawasan Kopo sebagai rekomendasi lokasi jual beli rumah Bandung.

Terletak di perumahan Taman Kopo Indah, rumah yang satu ini memiliki tanah seluas 68 meter persegi dan bangunan seluas 45 meter persegi, lengkap dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluar, dapur, dan juga carport.

Sebagai lokasi perumahan murah di kota Bandung, Kopo juga menyimpan nilai investasi yang cukup baik karena aksesnya dekat dengan dua pintu tol, yaitu pintu Tol Kopo dan Tol Moch Toha.
Selain itu, adanya terminal dan beberapa pabrik yang beroperasi di lokasi tersebut membuat rumah di kawasan Kopo tidak pernah sepi peminat.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait lokasi, spesifikasi, serta harga dari ketiga rumah tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi situs jual beli rumah terbesar dan terpercaya 99.co Indonesia.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia jual beli rumah Bandung.

Setelah membaca penjabaran di atas, tentu Anda sudah tidak ragu lagi dong untuk melakukan jual beli rumah Bandung?

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat, selamat mencoba!

0 Comments