Nissan Juke Pionir Kelas Crossover di Indonesia

Segmen SUV semakin laris. Desain yang tinggi dan gagah membuat SUV siap digunakan di jalur perkotaan atau off road. Selain SUV pada umumnya, Nissan Juke hadir dengan ukuran yang kompak dengan kenyamanan dan penampilan modern.




Juke pertama kali diperkenalkan kepada komunitas global mulai tahun 2010 di pameran otomotif internasional, Geneva Motor Show. Tahun berikutnya, PT Nissan Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek membawanya ke Indonesia.

Sebenarnya, Juke ini termasuk dalam kategori crossover karena ukurannya yang kecil namun perawakannya yang gagah. Desain agresif ini menjadi pelopor merek lain yang merilis mobil serupa belakangan ini, seperti Toyota dengan C-HR dan Honda yang merilis HR-V.

Namun sangat disayangkan, Nissan belum membuat penyegaran yang signifikan untuk Juke sejak 2011. Ini telah membuat penjualan terus menurun menjadi hanya 229 unit selama 2017. Meskipun penjualan lesu domestik, NMI terus memproduksi Juke di Purwakarta untuk ekspor ke Thailand.

Juke yang menjadi favorit di seluruh dunia kemudian memenangkan berbagai penghargaan seperti 'The Sexiest Car 2011' di Polandia, sementara di Indonesia telah memenangkan 'Car of the Year 2011' dari dua penghargaan media bergengsi.

Tidak hanya itu, hasil penelitian dari JD Power Asia Pacific pada 2011 menunjukkan bahwa Initial Quality StudySM (IQS), Nissan Juke menduduki peringkat tertinggi sebagai kendaraan dengan masalah paling sedikit dan memuaskan penggunanya di segmen entry-SUV.

Desain Agresif Nissan Juke


Profil Nissan Juke didominasi oleh lengkungan fender berotot dan tubuh tinggi, berbeda dengan jendela sampingnya yang ramping. Desainnya adalah interpretasi modern dari gaya bodi mobil yang sempat populer pada 1960-an yang berjudul 'styling botol kokas'. Bentuk tubuhnya melotot seperti katak besar berjalan di jalanan kota.

Juke hadir memadukan hatchback dengan SUV, sehingga menjadi sosok crossover yang nyaman, elegan, ulet dan kuat. Penampilannya eksentrik karena bentuk bumper depan yang besar dengan headlamp bundar. Kombinasi grille melengkung dan lampu depan bundar terinspirasi oleh mobil balap reli di tahun 1960-70an.

Pada 2015, Nissan menyegarkan Juke dan merilis varian baru, Juke Revolt. Varian ini membawa karakter yang lebih agresif dan ditargetkan pada konsumen muda yang berani tampil beda. Mereka adalah generasi yang suka jalan-jalan dengan aman dan nyaman.

Eksterior Nissan Juke

Sementara itu, berikut giliran sinyal kombinasi depan baru sekarang dengan tanda tangan LED, kemudian headlamp dengan Proyektor Xenon dengan fitur on/off otomatis dan fitur auto levelizer. Kaca spion samping juga menggunakan lampu LED yang membuatnya tampak modern.

Di bagian depan Nissan Juke memiliki gril radiator kecil tapi memanjang. Lalu, di tengah ada aksen krom dengan bentuk seperti V-Shape. Yang menarik dari Juke adalah desain belakangnya mengadopsi desain belakang fasia belakang 370Z Nissan dengan bentuk yang lebih penuh.

Lampu belakang juga menggunakan teknologi LED Signature. Desain lampu ekor berbentuk bumerang dengan bumper yang padat membuat Juke tidak hanya sporty, tetapi juga macho. Keuntungan dari desain belakang semok ini membuat kapasitas bagasi hingga 40% lebih besar.

Pada varian Revolt, ia hadir dengan kesan agresif dengan penambahan sejumlah aksesoris seperti bumper depan bawah, finisher bumper bawah, velg Black 17 inchi. Beberapa bagian juga ditingkatkan dengan menyelesaikan stiker seperti pada kap mesin, pintu bagasi, pintu samping hingga pilar C di sekitar jendela pintu.



Mobil Nissan Juke ini, benar-benar pionirnya kelas crossover, ya. Bikin saya langsung ngayal memilikinya sekarang juga. Apakah Sobat Cakrawala Susindra juga merasakannya?

15 Comments

  1. waawwww.. sumpah kok jadi pengen ya. Instalasi interiornyaapik, design bodi mobilnya juga keren, dan nampaknya bisa dibawa berkendara ke berbagai medan nih

    ReplyDelete
  2. Mobil dengan body nyentrik. Tapi sayang cuma mampu menampung 5 orang. Tidak cocok untuk keluarga besar.

    ReplyDelete
  3. Mobil mevvah seperti ini kapan aku bisa beli ya kak.. hehe..
    Kalo soal performa udah nggak bisa diragukan lagi..

    ReplyDelete
  4. Belum pernah merasakan langsung Nissan Juke.. baik sebagai penumpang atau driver... jadi penasaran...kayak apa sich didalamnya

    ReplyDelete
  5. Keren ya mobilnya, secara aku tak paham mengenai merk2, dan ga punya mobil jg, semoga bisa merasakan mobil nissan juke yang keren ini.

    ReplyDelete
  6. Untuk pemakaian bensin bagaimana? Kategori standar, hemat, atau boros di kelasnya? Kalau dari body memang cakep Nissan Juke. Saya juga suka

    ReplyDelete
  7. Ngiler juga mba. Kebetulan suami juga suka mobil yang mini-mini gitu, gak yang guede. Tapi, dananya kebetulan yang belum ada hehehe

    ReplyDelete
  8. Mobil yang sporty dan macho. Tampilannya memikat hati, pantaslah jadi salah satu mobil favorite. Keren.

    ReplyDelete
  9. Pas pertama lihat mobil ini di jalanan, saya dan suami langsung terpikat. Modelnya nggak biasa, nggak pasaran.
    Tapi sebatas terpikat saja, belum kuat untuk bisa memilikinya

    ReplyDelete
  10. Akutu yaaa kalau liat Juke sliweran di jalan, kagum lho. Mobil ini keren banget. Gagah dan mewah gitu...Tapi cocoknya anak muda kayaknya yah yg nyetir. Mamak kayak aku mosok cocok?

    ReplyDelete
  11. Saya dulu sempat naksir sama Nissan Juke ini. Mobilnya ganteng bangettttttt.

    ReplyDelete
  12. Wahh saya suka bentuk nya spti mobil klasik..apalagi klo warnanya hitam elegan ya..kpn ya sy pnya mobil nya hehe

    ReplyDelete
  13. Bagus banget ya modelnya, simple tapi elegan. Kira-kira harus ngumpulin berapa tahun ya kalo aku mau beli mobil ini, hahaha

    ReplyDelete
  14. Sering lihat di Juke di jalan, tapi beluj pernah mencoba naikin. BTW, apa masih ada unit barunya di dealer? Kayanya dah gak ada ya?

    ReplyDelete
  15. Saya sering nampak Nissan Juke di jalanan. Terus saya berdecak kagum, unik juga desainnya, agak-agak mirip mobil kodok gitu, terutama bagian belakang. Tapi saya benar-benar baru tahu kalau Nissan Juke dapat penghargaan di luar negeri

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)