Ketahui 10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Sastra Inggris 2020

Bagi para mahasiswa yang saat ini sedang menyelesaikan tugas akhir, tentunya sering bertanya-tanya setelah ini mau kerja apa ya. Tidak terkecuali untuk mahasiswa jurusan sastra Inggris. Selama ini diketahui banyak orang yang meremehkan jurusan ini karena dianggap sulit mencari pekerjaan. Padahal fakta di lapangan tidak seperti itu, ada banyak perusahaan yang mencari lulusan sastra Inggris. Supaya tidak bingung inilah 10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 yang bisa dicoba. 

Gambar dari enterprise.efax.com



10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Sastra Inggris 2020

1. Freelance Writer 

Gambar dari medium.com

10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 akan diawali dengan profesi sebagai  freelance writer. Bagi lulusan sastra Inggris yang ingin bekerja tetapi tidak terikat, freelance writer merupakan pilihan yang tepat. Dari namanya saja sudah diketahui jika tugasnya untuk menulis. Jenis tulisan yang ditulis adalah menulis majalah, artikel SEO, artikel berita, freelancer, indeed, skenario, cerita pendek, dan sebagainya..


2. Interpreter 

Interpreter menjadi salah satu pekerjaan yang cocok bagi lulusan sastra Inggris, terutama bagi mereka yang suka menerjemahkan bahasa. Pasti ada yang bertanya-tanya apa perbedaan antara interpreter dan translator? keduanya memiliki tugas yang mirip tetapi interpreter memiliki perbedaan dalam penyampaiannya.

Interpreter akan bertugas untuk menerjemahkan bahasa Inggris dan langsung menyampaikannya secara lisan tanpa terlebih dahulu menulisnya. Dalam hal ini nantinya menuntut seorang interpreter berkonsentrasi dalam menerjemahkan orang yang berbicara. Biasanya jasa seorang interpreter digunakan ketika sedang ada pertemuan dengan negara lain.


3. Translator  

Tentunya pekerjaan sebagai translator sudah sangat populer di kalangan lulusan sastra Inggris. Tugas dari seorang translator itu sendiri adalah menerjemahkan  bahasa Inggris ke bahasa lainnya atau sebaliknya. 

Biasanya jasa seorang translator diperlukan ketika menerjemahkan sebuah tulisan seperti novel, buku, tulisan, dan sebagainya. bisa dikatakan pekerjaan yang satu ini cukup memiliki prospek ke depan yang sangat cerah.


4. Blogger 

Lulusan sastra Inggris yang memiliki hobi atau kemampuan menulis dengan sangat baik bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menjadi seorang blogger. Dengan kemampuan bahasa Inggris bisa memilih topik blog menggunakan bahasa Inggris sehingga bisa dilihat oleh orang di seluruh dunia.


5. Editor 

Gambar dari climatecouncil.org.au

Editor menjadi salah satu pekerjaan yang termasuk dalam 10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020. Editor atau penyunting menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Nantinya editor akan berperan dalam membaca dan menilai suatu naskah, kemudian mengedit maupun mengoreksi tulisan dalam bahasa Inggris. 


6. Pengajar 

Sebagai lulusan sastra Inggris yang dilengkapi dengan kemampuan bahasa Inggris mumpuni. Supaya ilmu yang diperoleh bermanfaat bisa menjadi seorang pengajar bahasa asing. Seperti menjadi seorang guru, dosen, instruktur kursus dan sebagainya. kemampuan tersebut tidak hanya digunakan sebagai pengajar orang indonesia tetapi juga sebagai pengajar bahasa indonesia bagi orang asing yang mendalami bahasa indonesia.


7. Ahli Bahasa 

Ahli bahasa merupakan salah satu peluang kerja bagi lulusan sastra Inggris terutama yang mengambil konsentrasi linguistik. Adapun tugas dari ahli bahasa adalah melakukan logika pembentukan kata dalam suatu bahasa, meneliti hubungan antar bangsa, dan meneliti interaksi unsur bahasa.


8. Entrepreneur 

Entrepreneur merupakan satu di antara 10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 yang juga sangat menjanjikan untuk masa depan. Profesi yang satu ini sekarang sedang digemari oleh anak muda terutama generasi millenial. Dibekali dengan kemampuan bahasa Inggris maka bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha travel agent atau les privat bahasa asing. 

9. Staf Diplomatik 
Gambar dari wsav.com

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa bekerja di kedutaan besar harus berasal dari jurusan Hubungan Internasional. Ternyata anggapan tersebut salah, karena banyak yang berasal dari lulusan sastra Inggris. Mereka biasanya ditempatkan sebagai editor, staf penerjemah, dan tenaga pengajar.


10. PNS 

10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 yang terakhir adalah PNS. Pekerjaan yang satu ini masih menjadi dambaan masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari adanya jaminan masa tua atau pensiun. Bagi lulusan sastra Inggris juga tidak ada salahnya untuk melamar sebagai PNS.


Itulah informasi mengenai 10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan sastra Inggris? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

14 Komentar

  1. Banyak juga ya kesempatannya
    Kawan aku kebanyakan jadi dosen hehe

    BalasHapus
  2. Staf diplomatik sih ya yang ok, karena pastinya bisa jalan-jalan pergi ke luar negeri. This my opinion hehe

    BalasHapus
  3. ternyata sampai juga 10 ya peluangnya dan mungkin masih banyak yang lainnya

    BalasHapus
  4. Teman saya banyak yg sambil kerja ambil UT jurusannya bahasa Inggris. Ya karena pilihan jurusan juga gak banyak kalau buat UT di Taiwan. Hehehe.
    Tapi kalau memang bisa disalurkan di berbagai macam profesi, senang banget dong ya. Kalau sudah punya ilmunya, apapun jadi terasa mudah

    BalasHapus
  5. Sastra Inggris memang jurusan yg prospektif buangeett
    Aku dulu sempat ada wacana buat masuk jurusan ini Mba
    Tapi kuatir tugasnya buanyaaak hihihi

    BalasHapus
  6. Banyak ya peluangnya ternyata lulusan sastra Inggris, saya dulu ingin masuk kuliah sastra Inggris tapi malah masuk akuntansi, hehe.

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak peluang sastra inggris ini ya mbak. Cakep deh, jadi gak ada alasan buat menganggur ya gak mbak?

    BalasHapus
  8. Nah kan ga ada tuh alasan susah nyari kerja, dengan 10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Sastra Inggris pasti bisa. Asal kita nya mo usaha dulu, kalau rezeki kan ga akan kemana.

    BalasHapus
  9. Waw lulusan sastra Inggris emang banyak banget ya peluang kerjanya hampir bisa dimana aja

    BalasHapus
  10. Banyak banget ya peluangnya, saya dulu sebenarnya pengen ambil sastra Inggris, tapi zaman dulu, orang lebih suka nanya, mau kuliah jadi apa?
    Dan yang keliatan berduit itu yang dipilih ortu hahaha

    BalasHapus
  11. Anak saya ke-3 lulusan sastra inggris undip
    Sedang berjuang untuk dapat profesi 9 atau 10, dan ternyata ga mudah

    BalasHapus
  12. Luar biasa ya Mba Susi, sastra inggris emang banyak banget dicari
    semangat yang lulusan bahasa Inggris, aku jadi pengen belajar bahasa inggris lagi hahaha

    BalasHapus
  13. Wah makasih sharingnya mbak.
    Ini mw aku share ke murid2 aku.
    Beberapa diantara mereka mau ambil jurusan bahasa inggris soalnya

    BalasHapus
  14. Wah, saya juga suka belajar bahasa Inggris.
    Terimakasih kak sharingnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)