Inspirasi Resep Masakan Rinaresep.com

Menjadi koki keluarga adalah salah satu job description seorang istri. Tapi ini stigma lama. Stigma yang masih bertahan saat saya menikah dahulu. Sekarang sudah jarang ditanyakan. Sekolah menjadi salah satu penyebab seorang ibu tidak mengajarkan skill memasak pada anak perempuannya. Padahal ada banyak sekali inspirasi resep masakan enak di Rinaresep.com.

Inspirasi Resep Masakan Rinaresep.com


"Sekolaho wae nduk, sing duwur, ben ibu iso nunut, mengko," pesan ini pernah saya terima dulu. Oleh karena saya introver yang tak pernah keluar rumah kecuali sekolah, akhirnya toh saya memasak sendiri di rumah. Apalagi ibu dan bapak dagang di jalan. 

Bahkan suami saya terpilih, salah satunya karena saat kami memasak bersama di kampus, dia tahu cara memasak. 

Bagaimana zaman sekarang? Seperti tahun-tahun sebelumnya, atau dekade sebelumnya, memasak adalah keterampilan hidup. Jikalau punya banyak cuan untuk membayar kateringan, maka keterampilan mencari cuan yang dipentingkan. Kiranya tak pernah berubah dari entah zaman kapan. Hanya saja sekarang makin lazim.


Memasak itu mudah

Memasak itu mudah. Bahkan resep rumit pun sudah disederhanakan. Zaman digital dan virtual gini, semua orang bisa melakukan ujicoba menyederhanakan resep lalu membagikan hasilnya layaknya mentor. 

Resep bertaburan, ada yang di blog, situs, maupun aplikasi. Ada yang hanya teks dan satu foto buram, ada yang foto ala profesional dengan resep ala kadar, ada pula video yang dibuat ala-ala maupun profesional. Salah satu yang saya suka adalah rinaresep.com. 

Memasak itu mudah. Mencari inspirasi masakan juga sangat mudah. Cukup menyebut bahan baku utama di Google. Misalnya resep ayam. Maka akan muncul rekomendasi seperti:
Resep ayam simpel
Resep ayam pedas 
Resep ayam kuah
Resep ayam kecap
Resep ayam goreng
Resep ayam mentega
Resep ayam bakar
Resep ayam istimewa

Banyak juga hasilnya.

Rahasia memasak

Banyak sekali orang yang suka memasak dan membagikannya di media sosial. Saya salah satunya. Biasanya sih masakan sederhana yang unik. Misalnya ikan asin krispi, ikan goreng krispi, sambel belimbing wuluh, sambel ikan pari, dan semacamnya. Bahannya di sini melimpah, tapi di tempat lain mungkin jadi kangenan. 

Atau... inspirasi menu berbudget rendah hari ini.

Rahasia memasak tidaklah benar-benar sulit. Rahasianya cuma mau dan mau. Mau membeli bahan dan mau memasak. Sisanya adalah mau mencari tahu resepnya secara daring. Salah satunya di rinaresep.com. 

Misalnya saat bosan dengan mi instan kesayangan dan sedang ingin mencari resep mi yang nyemek-nyemek. Di situs kesayangan baru ini ada beberapa versi. Mi nyemek ala Jawa, Korea, Cina dan Eropa.

Mungkin kalau ala Eropa lebih tepat disebut spageti, ya. Hahahaha.

Yaa... begitulah. Rahasia memasak itu cuma mau, mau, dan mau.

Inspirasi resep masakan di rinaresep.com

Mencari resep masakan di rinaresep.com sangat menyenangkan. Resepnya enak, mudah diikuti, ada bahan dan informasi nutrisi. Yang jelas, tidak crowded atau bertumpuk-tumpuk resep serupa dengan cara memasak yang sama. Misalkan mau memasak yang cepat. ringkas dan bisa dimasak bersama anak, bisa klik tulisan "cepat saji" di bawah gambar khas franchise ayam goreng dari Amerika itu. Atau mau cari inspirasi resep masakan dari negara tertentu? Ada kok di sidebar. 

Saya sudah mencoba recook satu resep mi nyemek yang super pedas dari sana. Rasanya enak dan pas. Bumbunya minimalis seperti kebiasaan saya. Namanya mi setan pedas maksimal.

Inspirasi Resep Masakan mi setan di Rinaresep.com


Saat menulis ini, saya melihat-lihat resep siap saji yang mudah diujicoba di dapur. Saya bayangkan para pejuang keluarga yang ingin mencoba industri kuliner bisa mencoba resep masakan di rinaresep.com.

Banyak yang mudah dan kemedol. Maksud saya, akan laku dijual. Silakan kulik satu per satu tiap bagian atau kategori di bawah ini:
  1. Resep Masakan
  2. Resep Minuman
  3. Resep makanan
  4. Resep Kue
Semuanya disertai dengan cara memasak.

Fitur lain di rinaresep.com selain resep masakan

Apa saja yang ada di rinaresep.com selain resep masakan? Cukup banyak, ternyata. 

Rinaresep.com adalah situs baru yang bertema masak-memasak. Di sana ada tips memasak, jumlah kalori, forum member, juga jual beli. Oleh karena relatif baru, maka situs ini belum optimal. Berita baiknya, kita bisa meramaikan di sana. Enak jadi member awal dan militan. Hehehe.

Ada kesempatan berbagi resep sebagaimana situs atau aplikasi resep masakan yang terbuka. Jadi jika punya resep masakan keluarga yang unik, jangan pelit dibagi di sana. Saya menemukan sebuah menu unik yang pernah saya masak dahulu, yaitu lodeh umbut kelapa. 

Ada toko online, yang mungkin ditujukan untuk para member yang ingin menitipkan masakan atau bahannya. Saat ini baru terisi Sambal Bu Rudi yang viral itu. Semoga semakin banyak, kelak.

Ada forum untuk member. Tampaknya masih banyak yang malu-malu berinteraksi padahal saya yakin banyak yang sering menengok jawaban di sana. Mungkin butuh moderator yang bisa jadi mentor di sana.



Tempat mencari resep enak


12 Komentar

  1. Memasak di zaman sekarang sudah tidak ribet, rumit dan ruwet seperti yang kita bayangkan. Wah menginspirasi sekali, terutama untuka saya yang sering sekali dilanda kegalauan "besok madak apa ya?"
    Hehehe

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Setuju sama ini, Mbak

    Rahasia memasak tidaklah benar-benar sulit. Rahasianya cuma mau dan mau

    Yup. Dengan modal itu saja, lantas mencari resepnya, mudah. Sekarang ada RinaResep, bisa nyontek di situ saja.

    BalasHapus
  4. Berkat teknologi jadi mudah memasak karena berseliweran resepnya di Rina resep.com salam sukses ya

    BalasHapus
  5. Mau memasak dan mau belanja kuncinya ya. Kalo masalah resep tinggal cari di Rina. Btw, itu mienya kok menggoda banget ya? He, he.

    BalasHapus
  6. Mienya duuuh...enak banget tuh ya...pedes kan?😍 Saya lagi seneng-senengnya masak nih, bolehlah tar tengok-tengok ke Rina ya...biar makin beraneka masakannya.

    BalasHapus
  7. Ashiapp lah mampir rinaresep.com, tuk cari ide-ide resep masakan. apalagi jaman kudu dirumahaja.. yg harus punya banyak stok resep biar ga bosen yak

    BalasHapus
  8. galfok ke mie setannya heheuu... pedas banget kayaknya ya

    BalasHapus
  9. wah ini sih cocok banget buat aku yang baru belajar masak niy, kalau nanya ke orang kadang suka ga enak dan mereka ga sabar kalau kita nanya-nanya mulu, nah kalau lewat situs kayak gini kan kita bebas mau buka kapan aja ya

    BalasHapus
  10. Rinaresep andalanku juga nih kalau sedang rajin memasak. Tinggal buka cari menu yang mau dimasak muncul deh resepnya, ada fitur porsinya juga huhuhu

    BalasHapus
  11. Baru kali ini dapat situs resep masakan yang ada fitur toko onlinenya. Kabar bagus nih buat pelaku usaha kuliner, bisa nitip di web Rinaresep.com

    BalasHapus
  12. Aku suka masak kak dan suka nyari resep resep buat dipraktekkan wah rinaresep ini menarik banget lengkap ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)