realme narzo 20 Series Favoritnya Kawula Muda

Menjadi pemain esport sudah menjadi salah satu impian anak muda Indonesia. Profesi ini menjadi hits setelah banyaknya cerita kemenangan tim esport Indonesia di kancah dunia. Sekarang ini mudah menemukan beberapa anak atau anak muda berkumpul untuk mabar, istilah gaul untuk main bareng. Fenomena ini juga menjangkiti anak saya. Meski jumlah jam bermain mereka masih saya pantau dengan ketat. Usia mereka masih 13 dan 16 tahun. Tentu bukan proplayer, hanya terinspirasi dan keinginan berekreasi di antara jenuhnya belajar daring. 



Ternyata, bermain game juga bukanlah kegiatan satu-satunya para kawula muda. Mereka juga merambah dunia content creator yang sama menantangnya. Dan, yang jelas, selain aktualisasi diri juga bisa menjadi sumber rezeki. Saya melihat banyak anak usia SMA yang sudah menjadi pembuat konten sukses, bahkan menjuarai banyak lomba. Saya masih proses mendorong anak lebih berani merambah dunia pembuat konten.

Fenomena ini ditangkap oleh Sky Li, sehingga mendirikan realme, sebuah jenama baru untuk ponsel pintarnya para kawula muda. Ia sangat menyadari bahwa meskipun punya banyak harapan akan sebuah ponsel ideal, namun semua anak muda punya dua keinginan global, yaitu kinerja dan desain. Nama lainnya adalah 'Power Meets Style'.

Kinerja di sini berupa kecepatan dan ketahanan baterai. Maka, pada tanggal 4 Mei 2018, realme diluncurkan, dengan tagline  “Proud to be Young”. Sungguh sebuah optimistik yang sangat tinggi, dan ternyata memang mendapatkan sambutan yang sangat hangat. Ponselnya laku keras. Tak mau cepat puas, di tahun 2020 yang istimewa ini, diperkenalkan tagline baru yaitu 'Dare to Leap'. 

Sebuah acara keren digelar dengan tema Leap to Next Gen. Leap to Next Gen sendiri adalah inisiatif realme mengajak anak muda untuk beralih ke gaya hidup baru dengan dukungan trend setting technology. Misinya yaitu, agar membuat hidup mereka lebih keren dengan smartphone yang trendi dan berteknologi tinggi, serta produk AIoT dari realme yang cocok untuk anak muda Indonesia dari semua kalangan. 

Kata leap mungkin mengepaskan tahun 2020 sebagai tahun istimewa. Tahun Kembar, menurut hitungan Jawa. Kebetulan merupakan Tahun Kabisat juga. Bahasa Inggrisnya adalah leap year. Namun tak hanya itu, alasan tagline baru ini diperkenalkan. Kawula muda memang identik dengan kemampuannya melompat jauh melebihi para generasi sebelumnya, terutama dalam kaitannya dengan Smart Tech-Lifestyle.


Esport, sebuah kesempatan dan impian

Esport atau olahraga elektronik sedang berkembang dengan sangat pesat di Indonesia. Atmosfernya memang dikembangkan sedemikian rupa. Kompetisi video game secara daring sering diadakan. Kompetisi kecil sampai besar memberikan iming-iming hadiah yang memukau. Bahkan bisa masuk tim profesional saja sudah bisa menjadi atlet sekaligus brand ambassador suatu produk. Maka bermunculanlah proplayer baru. 



Prestasi RRQ tahun 2017 dengan membawa pulang hadiah lomba sebesar $50.000 USD menyentak banyak orang, apalagi nama esport Indonesia berkibar di kancah internasional. Prestasi lain yang membanggakan adalah kemenangan tim esport Indonesia di SEA Games Philipina. Pada saat itu ada 6 game yang dilombakan, yaitu Mobile Legends, Arena Of Valor, Heartstone, Starcraft 2, Dota 2, dan Tekken 7.

Dan sejak saat itu anak saya sering mabar game Mobile Legend..... Sekarang mereka bermain Free Fire. Memang masih berkutat di mobile gaming, karena saya tidak akan mengizinkan PC saya untuk bermain gim. 

Oh iya, pemerintah Indonesia juga sangat mendukung perkembangan esport di Indonesia. Buktinya ada esport dengan Piala Presiden 2019.... Duh, makin semangatlah para anak muda, padahal kalau mau jujur, pemain esport profesional kan bermainnya dengan PC gaming, ya.....


Content Creator sebagai profesi kekinian

Content Creator merupakan sebutan bagi orang menciptakan konten atau media untuk dibagikan secara online. Ragamnya cukup banyak yaitu Blogger, Vlogger, dan Podcaster, yang bisa dilakukan secara terpisah maupun bersamaan. Sudah jadi profesi yang menjanjikan di dunia kreatif. Bahkan terus berkembang menjadi content creator analysis, social media agent, social media analysis, dan sebagainya. Ini sih kesempatan yang tanpa batas. Uniknya, beberapa pekerjaan ini bisa dilakukan dengan modal sebuah ponsel pintar dengan tipe tertentu. Salah satunya realme narzo 20 series.

Membuat konten YouTube dengan Power Director


Mempunyai perangkat mumpuni bisa jadi prasyarat yang harus dipenuhi, namun tidak selalu identik dengan ponsel mahal dengan spesifikasi yang mantap. Yang penting punya ponsel yang berkamera sangat bagus, baterai yang berkapasitas besar, serta mesin prosesor HP yang mampu diajak mengerjakan tugas content creator yang kadang berat, yaitu saat menyatukan aneka gambar, video dan suara dalam sebuah karya. 


Nah, saya ada rekomendasi ponsel untuk content creator sekaligus pemain gim dengan rentang harga 2 jutaan dan 3 jutaan. Malahan, untuk event 11.11 Salebration ini, harganya dibanting menjadi sejutaan dan dua jutaan. Wow! 


Besok ya... besok.... Besok tanggal 11 November 2020.


realme narzo 20 Series 

realme narzo 20 Series punya dua produk, yaitu realme narzo 20 dan realme narzo 20 Pro. Keduanya HP gaming yang bisa dikatakan best value; harga terjangkau dengan bonus performa melimpah. Prosesor gaming terbaik dan baterai berkapasitas besar menjadi daya tawar yang menggiurkan. Ditambah, teknologi pengisian daya yang super cepat, sehingga kita akan menemukan slogan 'Boost the Power'. 

Produk realme memang didesain untuk memenangkan hati para kawula muda agar jadi favorit mereka. 

realme adalah jenama favoritnya anak muda masa kini. Oh iya, pada pagelaran launching Leap to Next Gen, realme memperkenalkan rangkaian produk teknologi terlengkap yang berasal dari strategi 1+4+N. Produk tersebut berupa smartphone dan AIoT. Semuanya merupakan Tech Trendsetter.

Rinciannya begini:

  1. 1. Boost the Power realme narzo 20 Series berasal dari kategori “1”;
  2. realme Watch S, realme Buds Air Pro, dan realme Smart Cam 360 ° sebagai produk AIoT dari kategori "4";
  3. realme Sonic Electric Toothbrush, realme M1 Sonic Electric Brush dan realme Power Bank 2i dari kategori “N”

Semua produk di atas siap membuat hidup anak muda menjadi lebih keren dan produktif. Seluruh produk tersebut akan tersedia pada 11.11 Salebration, lho.

Lanjuy ke produk realme narzo series, ya. Produk ini ada 2:

  1. realme narzo 20 punya baterai 6000mAh Mega Battery  dengan tambahan 18W Quick Charge mendukung reverse charging. Kabarnya, butuh 30 menit  untuk mengisi sampai 29%. 
  2. realme  narzo  20  Pro, baterainya lebih sedikit, yaitu 4500mAh, namun memiliki kecepatan pengisian daya yang awesome, yaitu 65W SuperDart Charge. Baterai kembali 100% dalam waktu 38 menit!

Pilih mana nih? Memakai HP lebih lama atau mengisi baterai HP lebih cepat?

Yang jelas, keduanya tepat sekali mewakili tagline 'Dare to Leap'. Bayangkan saja, HP gaming harga 2 dan 3 jutaan namun memiliki performa sebagai HP flagship yang harganya uwu itu. 

Ah, baiknya saya mulai membedah keduanya saja.....


realme narzo 20



realme narzo 20 menawarkan beberapa keunggulan hal yang sulit untuk ditampik, yaitu:

1. Prosesor powerful untuk gamer muda, yaitu Helio G85 12nm Octa-core 64bits prosesor. 

Media Tek adalah salah satu produsen chipset terkemuka untuk smartphone, dan chipset terbarunya, Helio G85 memang ditujukan untuk mobile gaming. MediaTek Helio G85 membawa peningkatan pada sisi GPU, jika dibandingkan dengan seri Helio G80 sebelumnya. Helio G85 12nm Octa-core 64bits prosesor meraih skor 200.000+ di  Antutu Benchmark, memberikan daya yang cukup untuk pengalaman gaming yang mulus. 



2. Baterai 6000mAh atau bisa kita sebut dengan Mega Battery. Dengan baterai sebesar ini, kita bisa menggunakan HP secara optimal tanpa khawatir kehabisan baterai. Para emak bisa menonton satu judul drakor sampai habis tanpa khawatir kehabisan baterai, lol. Para pembuat konten bisa membuat konten dengan cepat menggunakan ponselnya saja. Lama-lama kebutuhan akan notepad berkurang, nih.  

Oh iya, baterai sebesar ini juga memungkinkan HP hidup dalam kondisi siaga selama 45 hari. Tak hanya itu, realme narzo 20 juga dilengkapi dengan 18W Quick Charge. Mengecas selama 30 menit bisa mengisi sampai 29%. Bisa  dengan cepat kembali memegang HP setelah 30 menit. 

Selama pemakaian HP pun, sebenarnya realme narzo 20 juga punya aplikasi bernama Pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze-AQF) dan Pengoptimalan Baterai Layar  (Screen Battery Optimization= SBO). AQF dengan cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan, sehingga menghemat penggunaan daya pada  aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sementara, SBO juga efektif membantu menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan, agar daya tahan baterai lebih prima. 

Masih ada 2 tambahan aplikasi penyerta yaitu Sleep Standby Mode untuk menghemat daya ketika tidur dan Power Saving Mode untuk mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar-mati ke 15 detik dan menonaktifkan  sinkronisasi di latar untuk lebih jauh memperpanjang masa pakai baterai. Masih kurang? Ada Super Power Saving Mode, yaitu strategi penghematan daya yang lebih agresif. Menurut penelitian realme, pemakaian WhatsApp atau YouTube selama hampir 2 jam hanya menghabiskan 5% baterai saja. 

3. Kamera canggih yaitu 48MP AI Quad Camera 

Kamera utama realme narzo 20 memiliki sensor 48MP, apertur besar f/1.8, dan lensa 6P. Sangat bagus digunakan sebagai alat para pekerja konten seperti youtuber, vloger, tiktoker, dan banyak profesi baru sekarang ini yang berbasis ponsel pintar. Sudah cukup mumpuni sehingga tidak perlu lagi berpikir untuk membeli kamera DSLR, karena gambar sudah detail dan kaya, sehingga resolusi dan kualitas gambar menjadi sangat prima, bahkan pada pengaturan cahaya rendah.

Ultra-wide angle lens pada realme narzo 20

Masih ada kemampuan kamera pintar, yaitu 8MP Ultra-wide Angle Lens. Kamera sudutnya lebar yaitu ultra-wide-angle 119°. Kita dapat menangkap gambar yang lebih luas, misalnya saat  mengambil foto pemandangan, gedung, foto grup dengan banyak orang, dan pemandangan jauh  lainnya, kita tidak perlu mundur. Cukup beralih ke mode sudut ultra lebar hanya dengan  satu klik. 

Mau lagi? Lensa ultra makro 2MP membuat kita bisa membuat foto ciamik dari benda-benda imut di sekitar kita dengan jarak pemotretan 4cm. Wow!

Daan... mode malam atau Mode Nightscape yang menghasilkan bidikan malam hari yang jauh lebih cerah dan jernih. 

Untuk yang suka selfie atau isi konten Instagram dengan foto diri, wah, HP yang satu ini idaman banget. 4.2 8MP Selfie Camera bisa mengambil foto selfie sejernih kristal. Kameranya juga mendukung fungsi AI beautification, mode HDR, mode portrait, dan fitur Panoselfie, dengan sudut lebih luas. Secara keseluruhan memberi  pengalaman kamera terbaik di segmennya. 


Masih ada beberapa tambahan lagi yaitu: 

4. Layar 6,5” (16,5cm) Mini-drop Fullscreen dengan rasio layar 88.7%  

5. Sensor sidik jari instan seperti flagship ponsel gaming 

6. Memiliki 3 slot Kartu, yaitu 2 SIM + 1 MicroSD hingga 256GB 


Spesifikasi di atas, berarti kinerja bagus untuk nge-game, dan  biasanya ditawarkan oleh Hp flagship yang super mahal. Namun ternyata realme benar-benar menyasar para kawula muda yang you know lah, sebagian besar belum mapan secara ekonomi. Mau tahu berapa harganya? Hanya 2 jutaan saja.  Benar-benar Best Value for Money Smartphone for Gaming in 2 million

Apakah hanya untuk bermain gim? Bukan! Anak muda zaman sekarang menggunakan HP sebagai rekreasi (bermain gim) dan berkreasi (menjadi content creator). Wujudnya bisa gambar, video, dan animasi. Kekhawatiran orangtua akan bahaya bermain gim bisa sedikit diminimalisir dengan mengenalkan anak pada profesi sambilan sebagai content creator. 


realme narzo 20 Pro



realme narzo 20 punya beberapa sorotan utama yang memukau, yaitu:

  1. Prosesor powerful untuk gamer muda, yaitu Helio G85 12nm Octa-core 64bits prosesor. 
  2. 5W SuperDart Charge, 38 menit untuk mengisi 100%  
  3. MediaTek Helio G95 Prosesor Gaming  
  4. 90Hz Ultra Smooth Display 
  5. 48MP AI Quad Camera  
  6. 6,5 inci 90Hz Ultra Smooth Display 
  7. 16MP In-display Selfie Camera  

Fitur Pendukung: 

  1. UIS & UIS Max Video Stabilization 
  2. Dua varian warna – White Knight and Black Ninja 
  3. Pengenalan Sidik Jari Samping yang Cepat  
  4. Slot 3 Kartu: 2 SIM + 1 MicroSD hingga 256GB 

Seri narzo memang berorientasi pada kinerja untuk para gamer muda, sehingga menyematkan prosesor game terbaik di segmennya. Baterai besar dengan pengisian super cepat juga menjadi unggulan. Bayangkan, dengan baterai 4500mAh, bisa kembali penuh dalam waktu 38 menit, karena adanya pengisian daya cepat 65W SuperDart Charge. Dengan kecepatan itu, ponsel tetap dingin. 

Bahkan, saat mengisi daya sambil bermain game pun, pengisian 47% membutuhkan waktu hanya 30 menit saja. Butuh cepat? Dalam 3 menit sudah terisi 14%. 

Nah, dari pihak realme menyatakan,;

...itu  berarti  3  putaran  PUBG  (1,2  jam),  10  jam  mendengarkan  musik,  2  jam  menonton  film  dan  5,78  jam  panggilan  telepon.

Ini surganya anak saya yang sering memaksimalkan waktu bermain game 2 jamnya dengan berman sambil mengecas HP. Berapa kali pun saya ingatkan, sering diabaikan. Alasannya waktu bermain dan sedang mabar. Solidaritas mereka memang patut diacungi jempol. Omelan saya pun kalah dengan keinginan mereka saling back up saat mabar. 

Tampaknya realme tidak main-main. Review dan guideline produk menyatakan adanya Cip Cerdas Lima-Inti, yaitu:

  1. Perlindungan terhadap adapter yang kelebihan beban  
  2. Perlindungan terhadap pengidentifikasian kondisi pengisian cepat
  3. Perlindungan terhadap antarmuka yang kelebihan beban  
  4. Perlindungan arus lebih dan tegangan berlebih    
  5. Perlindungan terhadap sekring baterai 

Selain itu, ada Sepuluh Sensor Suhu atau Termistor  NTC,  yaitu Koefisien  Suhu  Negatif. Fungsinya untuk  memantau  perubahan  suhu  dalam  proses  pengisian  dan  pemakaian.  Kemudian  sistem  pengisian  daya  dapat  secara  dinamis menyesuaikan  daya  pengisian, dan secara ketat menghilangkan panas berlebih. 

Sangat canggih.


MediaTek Helio G95 

Bicara canggih, prosesor gaming MediaTek Helio G95 juga diunggulkan sebagai prosesor terbaik bagi ponsel gaming seharga 3 jutaan. Helio G95 dirancang secara eksklusif untuk menjadi inti dari pengalaman gaming dengan smartphone yang luar biasa. Prosesor ini dibuat dengan menggunakan proses 12nm, sehingga lebih bertenaga dan efisien. 

Tak puas, ada core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan 900MHz Mali-G76GPU. 


Kamera yang terbaik di kelasnya

1. Kamera depan 16MP 

Kamera depan 16MP realme narzo 20 Pro memiliki Ultra-clear sensor Sony IMX471. Aperture F2.0, sehingga dapat disebut sebagai kamera AI atau artifisial intelingence. Bisa super bokeh, lho. Teknologi kamera AI juga membuat pengalaman foto diri baik selfie maupun wefie menjadi luar biasa memuaskan karena bisa dipercantik namun tetap alami. 

2. Kamera belakang 48MP AI Quad Camera 

realme narzo 20 Pro menawarkan set-up quad camera ultra-clear terbaru, terdiri  dari 48MP kamera utama, 8MP kamera sudut ultra-lebar 119°, 2MP masing masing untuk lensa potret B&W dan lensa makro. 

Kamera Utama memiliki sensor 48MP, aperture besar f/1.8, dan lensa 6P. Lensa sudut ultra-lebar 119 ° juga menjadi tawaran super menarik.

Mau foto diri dengan latar yang lebih lebar juga bisa tanpa perlu mundur demi bidikan sempurna. Sudut kamera ultra-lebar ini dengan punya bidang pandang 119 °. Hanya satu klik untuk beralih ke mode sudut lebar, memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar lanskap, arsitektur, dan grup besar yang lebih menakjubkan. Lensa makronya juga bisa menangkap keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm. 

Hasil foto dengan realme narzo 20 pro


Foto malam pada realme narzo 20pro

Masih ada tambahan Lensa  B&W  Portrait yang memberikan kelebihan yaitu peningkatan kontras gambar. Jadi, gambar yang dihasilkan bisa lebih bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret. 

Masih ada Kamera realme narzo 20 Pro juga memiliki tiga filter malam paling populer: Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Hanya dengan satu ketukan, Anda dapat  dengan mudah mengeklik pemandangan malam kota itu, dengan cara yang benar benar baru.


Fitur lainnya:

  1. Pengenalan sidik jari samping yang cepat, dengan fitur pemindai sidik jari seluas 2,4mm, dan secara cerdik mampu menggabungkan tombol daya dan modul pengenalan sidik jari. Dengan satu tekan dapat membuka smartphone secara instan dan juga memberikan keamanan lebih. 
  2. Anti Air. Ini yang sangat saya sukai karena saya tergolong agak ceroboh dan pengguna ponsel akut. Body ponsel yang anti air! Semua lubang di realme narzo 20 Pro kedap air. realme menyegel lubang dengan  pelindung silikon, secara efektif mencegah percikan. 
  3. Memori / 3 Slot Kartu. Satu lagi tambahan akan harapan saya pada sebuah ponsel idaman, yaitu konfigurasi memori besar 8GB+128GB untuk mendukung spesifikasi powerful lainnya. realme narzo 20 Pro juga dilengkapi dengan 3 slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu MicroSD card (hingga 256GB).



11.11 Salebration

Besok sudah tanggal 11.11. Angka cantik untuk para penjual secara daring. Kesempatan ini juga diambil oleh realme, sehingga membuat acara 11.11 Salebration. Sebuah festival belanja terbaik bagi para realme fans agar dapat membeli produk best value-for-money.  Ada diskon hingga 50% yang ditawarkan untuk realme narzo 20 Pro, realme Buds Air Pro, dan realme Watch S. 




Untuk mempersiapkan event akbar ini, realme menjanjikan 4 hal penting, yaitu real stock, real price, real services, dan real surprises. realme sudah membuktikan dan diakui kesuksesannya dalam mendistribusikan produk mereka ke pasar dengan cepat. Tak ada keterlambatan pengiriman atau keterlambatan produksi. Hal ini sudah dipastikan jauh-jauh hari. Semua produk yang dijual dalam 11.11 Salebration juga sudah dipastikan kualitas primanya. 

realme sudah siap mengenalkan gaya hidup baru melalui “Leap to Next Gen”, yakni smart tech trendy lifestyle dengan dukungan teknologi pintar untuk seluruh anak muda di Indonesia, dan menghadirkan solusi produk yang lengkap dari strategi 1+4+N.

Citra “young player” di dunia gaming akan ditampilkan lebih powerful, karena segmentasi harganya bisa dijangkau oleh lebih banyak pembeli, sehingga membuatnya menjadi ponsel favorit kawula muda. Ada 4 smart trendy health assistant realme Watch S dengan SpO2 sensor akan memantau kesehatan pengguna & realme Buds Air Pro dengan active noise cancelation akan menjadi TWS premium terbaik, dan semuanya ditawarkan pada program 11.11 Salebration kali ini. Untuk kategori “N”, realme Sonic Electric Toothbrush dan realme Power Bank 2i juga akan tersedia. 

Ini sebuah kesempatan langka....

Last but not least... mari kita intip isi kotak penjualan realme narzo 20  Pro. Ada realme narzo 20 Pro itu sendiri, 65W SuperDart Charge, kabel USB Type-C, buku panduan, kartu garansi, sim ejector dan case silikon untuk melindungi smartphone

Ini tawaran yang tak boleh dilewatkan. Yuk ikuti 11.11 Salebration di:

Semua foto dari gambar official realme narzo.

21 Komentar

  1. Lihat review nya nih YouTube dan langsung bikin mupeng nih Real Narzo 20 Pro, harganya terjangkau, spec nya luar biasa
    Kayanya belum ada gadget lain yang setara ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hape gaming yg sudah saya baca dari review teman terbaru ini sih udah ada tiga dengan ini Mbu. Satu yg pengumuman lombanya kemarin diumumkan, satu lagi yg merk lokal Indonesia. Dengan ini jadi udah ada tiga hape spesial game sampai sekarang yg saya baca

      Hapus
  2. Hari ini ya 11.11 nya, hari di mana harganya dibanting. Wow! Selamat berburu HP real stock, real price, real services, dan real surprises *_*

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Realme Narzo sih bukan hanya cocok buat gammer aja ya. tapi buat pecinta foto-foto juga cocok nih kualitas foto dan baterai yang sanggat bagus cocok banget untuk kita miliki. udah gitu harganya pun sangat bersahabat lagi.

    BalasHapus
  5. Daku juga pengguna realme, jadi kesemsem sama si narzo 20 pro ini. Penasaran nanti setelah update software video kamera depannya dapat UIS gak ya

    BalasHapus
  6. Kecepatan dan ketahanan baterai yang dijagokan oleh Realme Narzo memang penting ya Mbak untuk bermain game. Sedangkan buat kita pakai ngeblog dan maintain blog serta media sosial juga penting banget ya. Nah, yang Narzo 20 dan Narzo 20 Pro ini rupanya sama-sama kece ya .. kalau ada yang mau ngasih dan suruh milih di antara keduanya saya pasti bingung deh milihnya. #ngayaldulu hihi

    BalasHapus
  7. Yakin banget realme narzo 20 series bakalan laris manis, pas bener jadi jawaban bagi kawula muda sebagai “young player” di dunia gaming karena performanya yang powerful, dengan harga bisa dijangkau oleh lebih banyak kalangan. Bisa mupeng nih anak saya kalau ditunjukkan ini. Secara smartphone dia bukan enggak punya spesifikasi gaming seperti ini

    BalasHapus
  8. Wah, langsung membayangkan bisa ngedit video pakai narzo 20 series ini saya, hehehe. Cocok banget buat zaman kekinian yang serba memudahkan orang bekerja dari ponsel pintar.

    BalasHapus
  9. Harga jualnya itu kadang bikin saya percaya gak percaya. Mosok iya secanggih ini hp-nya bisa didapat dengan 2-3 juta? Makin kompetitif saja ini hp-hp canggih, khususnya biat gamers sekarang.

    BalasHapus
  10. Baterei besar, pengisian cepat itu yg saya pilih. Hehehe... Makanya kemanapun selalu bawa dua hp. Biar bisa gantikan satu sama lainya

    BalasHapus
  11. Tampilan performa yang memikat dah gitu batere nya keren abis gede banget, boleh juga nih.

    BalasHapus
  12. Kira-kira udah masuk toko nggak nih ya? Jadi bisa pegang-pegang & nyoba sikit lah hehehe. Pas banget juga nih, aku real me user jadi bisa ngebayangin lah gimana canggihnya ni Narzo, secara punyaku hanya Real Me 5 (tanpa embel apa-apa hehe)

    BalasHapus
  13. Ini beneran ramah kantong sih menurutku dengan spec yg wawwww. Asli kepengeeennn

    BalasHapus
  14. Mobile phone saat ini bukan hanya dijadikan sebagai alat komunikasi tapi juga diandalkan untuk berbagai fungsi. Main game, browsing, dan photography. Perkembangan pesat smartphone akhirnya menjadi alat multi-fungsi yang menjadi gaya hidup. Realme mengikuti apa yang dibutuhkan oleh publik. Hadir dengan kemampuan AI terbaik diantara gempuran persaingan yang luar biasa.

    BalasHapus
  15. aaak ga nyangka utk performa dan kualitas seperti itu masih affordable, pas lah. Ngiler bgt jadinya aku Mbak sama realme narzo 20 ini, cakep bgt buat mendukung kegiatan bikin konten. Ya allah semoga rezekiii bs ketemu sm realme ini

    BalasHapus
  16. Realme ini canggih banget ya Kak apalagi dengan spesifikasi yang mumpuni kameranya 48mp mantap banget

    BalasHapus
  17. Di era e-sport, memang perlu hape yang mumpuni nih utk mendukung anak-anak muda menekuni profesi baru ini nih

    BalasHapus
  18. smartphone kece dengan spesifikasi paripurna yang cocok banget digunakan anak muda untuk gadget harian. Kameran nya menggiurkan banget....

    BalasHapus
  19. Waah.. passs banget.. aku dan paksu baru beliin Real me buat si bungsu. Tapi aku lupa.. apakah serinya yg ini yaa. Tadi sih katanya yg 4 kamera gt...
    Real me meamng kece.. dan harganya pun pas di dompet yaa

    BalasHapus
  20. Kemarin pengen ikutan lomba ini tapi ga sanggup deadlinenya 5 hari 😂 semoga menang ya Mba, btw emang bikin mupeng sih hp ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)