7 Alasan Merenovasi Kamar Mandi

Setiap ada teman yang akan dolan, saya akan berusaha memberi waktu untuk membersihkan kamar mandi. Area ini yang paling mengenaskan, di rumah saya; lokasinya di luar rumah dan seadanya banget dan masih semi permanen. Pengen banget merenovasi kamar mandi. Lalu saya cari-cari informasi mengapa harus merenovasinya. Sebagai penyemangat dan agar tahu berapa budget yang perlu disiapkan.

7 alasan merenovasi kamar mandi


Kamar mandi sering jadi penanda kehidupan rumah tangga seseorang. Hal ini ada benarnya tapi juga tidak benar-benar seperti itu. Tak semua orang saat membuat rumah memiliki budget untuk mengistimewakan area rumah yang satu ini. Apalagi rumah yang dibuat belasan atau puluhan tahun lalu.

Tren memang terus berkembang, dan sekarang kamar mandi jadi indikator. Saya sendiri jika ada teman yang datang dan izin ke kamar mandi akan lebih memahami jika menolak sajian kami. Lha pancene seadanya banget, ya. Rumah ndeso, lantai tidak berubin apalagi keramikan. 
Pengen banget upgrade kondisi rumah dan fokus kami memang ke sana. 

Alasan merenovasi kamar mandi

Secara umum ada 7 alasan mengapa perlu merenovasi kamar mandi. Tentu saja bisa lebih.

1. Ingin kamar mandi yang lebih sehat

Alasan yang pertama ini membuat saya bersikukuh ingin merenovasi kamar mandi. Minimal ke arah permanen dulu. Tapi kalau asal bikin juga sayang dananya, kan? Lebih baik perhatikan alasan selanjutnya dulu agar sekali renovasi langsung memikat hati.

Kamar mandi dan gaya hidup.


2. Mengganti elemen yang sudah rusak

Selama pemakaian, sangat mungkin ada area atau elemen yang rusak dan butuh diganti. Kalau ini, renovasinya hanya parsial saja. 


3. Ingin menambah fungsi baru

Beberapa kamar mandi mungkin terlalu sempit sehingga perlu tambahan lagi, misalnya menambahkan kloset atau mungkin bathtub. Apapun alasannya, kita bisa menambahkan fungsi baru ke sana


4. Ingin suasana berbeda

Kamar mandi sekarang bukan lagi hal privasi, tapi sebuah ruangan multifungsi. Tempat merenung dan kontemplasi. Tempat relaksasi harian agar selalu bisa menghalau moody


5. Ingin membuat kamar mandi lebih lebar/ringkas

Selera dan kebutuhan tiap orang tak bisa sama. Jadi memang alasan merenovasi kamar mandi jika terkait ukuran ya memang memperlebar atau memperkecil. Memangnya ada? Ada dong. Kamar mandi saya, ingin saya perkecil agar punya ruang cuci yang lebih lega.

6. Ingin mengikuti tren

Kamar mandi minimalis dan kamar mandi naturalis sangat digandrungi beberapa tahun ini. Saya sempat bingung mau kamar mandi minimalis yang serba putih dan neat, atau kamar mandi dengan elemen kayu/batu dengan tambahan unsur flora yang alami. Sobat Cakrawala Susindra suka yang mana?

Inspirasi kamar mandi outdoor dari Pinterest (SoulArts)


7. Ingin mengesankan tamu/saudara (gaya hidup)

Aih, ini tidak terkait dengan riya' ya. Tapi membuat tamu terkesan dengan kamar mandi itu cukup penting. Kamar mandi dikatakan sebagai penanda gaya hidup kita. Kamar mandi yang sehat memberikan kesan bahwa kita orang yang suka menjaga kebersihan. 


Persiapan mengganti pipa-pipa air

Pipa air termasuk hal yang sangat perlu diperhatikan. Kita perlu memastikan bahwa pipa air yang ada di rumah kita aman. Sebagian dari pipa itu mengalirkan air yang bersentuhan dengan perut dan kulit kita. 

Renovasi paling memungkinkan bagi saya saat ini, adalah mengganti pipa-pipa airnya dengan produk yang lebih sehat yaitu produk dari www.rucika.co.id.




Alasan saya ingin menggantinya dengan produk ini bukan asal gaya-gayaan, akan tetapi karena hidup akan lebih sehat jika tanpa timbal. Ini salah satu keunggulannya. Saya buat list agar mudah ya.

1. Pipa Tanpa timbal 

Kita tahu bahwa timbal berbahaya bagi tubuh. Akan tetapi, timbal sangat dibutuhkan dalam produksi pipa. Fungsinya sebagai stabiliser. Agak mengagetkan, ya Pipa pilihan saya ini, menggunakan Calcium Zinc sebagai penggantinya.

2.Produknya lengkap

PT. Wahana Duta Jaya Rucika tak hanya memproduksi pipa, akan tetapi seluruh kebutuhan instalasi perpipaan. Satu paket lengkap.

3. Tahan korosi

Pipa ini terbuat dari bahan uPVC yang lebih tahan korosi, lebih kuat, dan lebih ringan jika dibandingkan dengan material polimer. Bahan ini juga membuatnya lebih mudah penyambungan dan perawatannya.

4. Ada banyak jenisnya

Bicara jenis pipa Rucika, saya bisa roaming karena sangat banyak. Targetnya bukan hanya untuk rumah dan perubahan akan tetapi juga untuk perusahaan dan industri lainnya. Kalau ingin tahu lebih banyak, lebih baik cari jenis dan harga pipa air langsung dari situsnya. 


Ada banyak cara untuk hidup sehat, salah satunya dengan membuat renovasi kamar mandi dan perpipaannya menggunakan produk yang lebih sehat dan bagus kualitasnya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan yuk, renovasi kamar mandi kita.

11 Komentar

  1. karena rumah aku perumahan minimalis, jadinya kamar mandinya juga minimalis dan sederhana banget.
    kalau nemu hotel atau liat foto kamar mandi outdoor seperti diatas cuman bisa ngebayangin dulu aja

    BalasHapus
  2. Kamar mandi emang tempat yang harusnya bikin kita pas masuk seger dan ga bau sih yang penting banget yaa mb susi, aku juga nanti pengen ah renovasi kamar mandi biar lebih nyaman.

    BalasHapus
  3. Tapi emang bener sih Kak, biasanya indikasi Rumah bersih dan nyaman itu bisa terlihat dari kamar mandinya. Soal pipa aku pernah ada masalah loh kak.. pengembang perumahan gak pasang pipa bermutu akibatnya lantai luar kamar mandi kebasahan. Akhirnya baru tau akibat pipanya pecah. Beda sama rucika ya.. sudah jelas berkualitas.

    BalasHapus
  4. kamar mandi emang harus bersih dan nyaman yaa, karena kita membersihkan diri secara rutin juga di kamar mandi kan, dan klo renov kamar mandi emang harus dari bahan-bahan yang berkualitas yaa

    BalasHapus
  5. Saya punya rencana juga merenovasi kamar mandi, karena sejak 13 tahunan rumah saya tempati ada bagian-bagian kamar mandi yang perlu diperbaiki. Pengin lebih sehat saja.. Dan tentang pipa memang rucika cudah ternama dengan kualitasnya yaaaa

    BalasHapus
  6. Kamar mandir emang bagian yang penting yah mba dari rumah, aku juga gt suka malu kalau kamar mandi kotor eh ada tamu ada saudara kerumah lalu pengen kekamar mandi. Eh jadi pengen Renovasi kamar mandi juga deh nih hehehhe.. kalau pipa rucika, aku juga dah tahu nih merk ini dari jaman dulu, dari jaman renov rumah ortu dikampung. Emang udah ketauan kualitas nya.. bagus

    BalasHapus
  7. Jadi ingat kamar mandi rumahku di Denpasar, pipa air panasnya lagi trouble. Perlu direnov juga itu, tapi sampai sekarang masih belum sempat karena udah kadung pindah sekeluarga. Huhuhu. Kamar mandi itu sama seperti wajah rumah. Orang Jepang justru menilai kebersihan tuan rumah itu dari kamar mandinya.

    BalasHapus
  8. pengennya sih kamar mandi bagus dan keren tapi apa daya kamar mandinya dak bisa di ubah karena permanen.

    BalasHapus
  9. Aku punya ke 7 alasan diatas, tinggal nunggu rejekinya nih supaya bisa beneran renov dan pastikan pakai pipa rucika ah nanti.

    BalasHapus
  10. Saya nih lagi siap-siap untuk renovasi kamar mandi. Letaknya yang sekarang nggak banget dan bikin rumah keliatan lebih sempit. Bayanginnya pengen punya kamar mandi kayak di hotel itu sih biar keliatan mevvah, hehe.. Pipanya pake rucika aja ya.

    BalasHapus
  11. Pas banget neh, kebetulan ada rencana untuk renovasi kamar mandi. Makasih Mba untuk infonya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)