Asuransi Pengangkutan Untuk Solusi Proteksi Ekspor-Impor

Asuransi pengangkutan merupakan suatu produk layanan proteksi yang memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan pada barang yang diangkut melalui laut, darat, maupun udara. Jenis proteksi ini diperuntukkan bagi para lembaga atau suatu perusahaan, ataupun perorangan yang membutuhkan perlindungan atas barang yang dikirimnya ke luar negeri atau bakal diterimanya dari luar negeri.


asuransi-pengangkutan-axa-mandiri


Pentingnya Pengadaan Proteksi Pengangkutan

Berdasarkan pasal 246 KUHD, produk asuransi didapuk sebagai suatu kesepakatan yang terjadi antara pihak perusahaan asuransi sebagai penanggung dengan nasabahnya sebagai tertanggung. Kesepakatan tersebut berisikan penanggung yang akan memberikan ganti rugi apabila barang yang diasuransikan mengalami kerusakan atau kehilangan dikarenakan peristiwa tak terduga.

Bisa dibilang, jenis pertanggungan yang diberikan oleh si penanggung hanya sebuah prediksi, alias pengamanan atas kemungkinan-kemungkinan timbulnya masalah pada saat proses pengiriman berlangsung.  

Apabila terdapat kekeliruan dalam pemberian info ataupun dikenali adanya upaya penyembunyian resiko, maka kesepakatan tersebut akan gagal dan tidak lagi berlaku sah di mata hukum. Oleh karena itu, penting bagi para pemegang polis untuk memahami seluruh isi dan ketentuan polis dengan baik.

Asuransi Pengangkutan (Marine Cargo) dari AXA Mandiri

Dalam postingan kali ini saya lebih merekomendasikan teman-teman semuanya menggunakan asuransi pengangkutan dari AXA Mandiri. Karena AXA Mandiri merupakan salah satu perusahaan asuransi yang sarat akan pengalaman dan memiliki banyak produk asuransi lainnya. Bahkan AXA Mandiri juga punya produk asuransi dana pendidikan yang sempat kita bahas dalam postingan sebelumnya. 



Asuransi pengiriman AXA Mandiri bertajuk Marine Cargo tidak hanya menjanjikan proteksi atas pengangkutan di atas laut saja, melainkan juga pengiriman lewat jalur darat dan udara. Secara umum, proteksi yang umum ditawarkan pada produk asuransi pengiriman ialah:

1. Institute Cargo Clause A 

Biasa pula disebut sebagai perlindungan semua resiko (All risk), perlindungan institute cargo clause A mencakup seluruh beban kerugian akibat objek yang diasuransikan hilang atau rusak, terkecuali bila kerugian tadi dilakukan dengan sengaja, objek keausan, atau hal-hal lain yang sifatnya disengaja,

2. Institute Cargo Clause B

Jenis proteksi ini akan melindungi objek kiriman dari segala kerugian akibat ledakan, kebakaran, kapal kandas, gempa bumi, tabrakan antar kapal, serta hal darurat lain yang disebabkan oleh faktor tak disengaja dan kemunculannya tidak bisa dicegah secara teknis.

3. Institute Cargo Clause C

Mirip seperti Institute cargo clause B, namun dengan penyebab timbulnya kerugian berbeda. Selain itu, cakupan perlindungan institute cargo clause B lebih luas bila dibandingkan dengan institute cargo clause C.

Dari ketiga jenis proteksi marine cargo sebagaimana disebutkan di atas, umumnya ada penawaran tambahan sebagai perlindungan untuk barang kiriman pada saat kondisi-kondisi berikut:

  1. Pengangkutan dari gudang ke gudang
  2. Proteksi saat bongkar muatan
  3. Perlindungan atas general average contributions dan general average losses
  4. Proteksi atas resiko perang, kerusuhan, pemogokan, serta huru hara
  5. Perlindungan atas resiko pencurian, tidak terkirim, dan bajing loncat

Keunggulan, Syarat, dan Ketentuan Asuransi Pengangkutan AXA Mandiri

Dikenal sebagai salah satu penyokong terbesar dalam kontribusinya di dunia asuransi, AXA Mandiri lewat produk proteksi pengirimannya menjanjikan beberapa keunggulan seperti halnya:

  1. Manfaat perlindungan atas resiko kecelakaan
  2. Manfaat proteksi terkait resiko timbulnya kerusakan/hilangnya paket kiriman dikarenakan bencana alam
  3. Manfaat perlindungan atas resiko hadirnya tindak perampokan ataupun pencurian




Adapun beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku dalam produk asuransi ini ialah:

1. Masa Perlindungan

Diketahui, masa perlindungan yang dijanjikan AXA Mandiri pada objek kiriman yang dikirimkan menggunakan produk asuransinya bisa mencapai 1 tahun lamanya.

2. Mata Uang

Jenis mata uang yang diizinkan untuk pembayaran premi nasabahnya ialah Rupiah dan Dollar Amerika Serikat.

3. Jalur Distribusi 

Produk asuransi ini menggunakan bank dan broker sebagai jalur distribusi resminya.


Tak hanya mampu memberikan perlindungan atas berbagai resiko buruk yang mungkin terjadi, pengaplikasian asuransi pengangkutan pada barang yang dikirim dari luar negeri atau dikirim ke luar negeri menjanjikan rasa aman dan tenang, baik bagi pihak pengirim maupun penerimanya. 

Jadi, untuk kegiatan ekspor maupun impor yang lebih aman dan terjamin, jangan lupa menggunakan asuransi pengangkutan dari AXA Mandiri ya! 

18 Komentar

  1. Wah bener banget nih Mba, asuransi pengangkutan terlebih export dan import itu penting banget, secara lintas negara dan nominalnya juga lumayan banget.
    Baru ngeh tapi saya ternya AXA Mandiri juga menyediakan asuransi tersebut :)

    BalasHapus
  2. wah diriku baru tahu asuransi ini, tapi kalau pengusaha sih kudu banget ngelindungi barangnya biar aman. Menyiapkan segala sesuatu untuk yang paling buruk tentu lebih baik

    BalasHapus
  3. Manfaatnya itu bagus banget ya terntata.. btw aku kirain, cargo gitu gak ada asuransi. Kece inovasinya nih.

    BalasHapus
  4. Waah keren ihh Axa nih. Aku beneran baru denger sudah merambah ke transportasi atau kargo. Hihi kudet banget yaa

    BalasHapus
  5. Baru tahu lo kalau ada asuransi semacam ini. Tapi memang untuk perusahaan exim, ini penting banget ya untuk mengurangi resiko selama pengangkutan. Keknya di Indonesia baru ada AXA aja ya yang punya asuransi marine begini? Top banget!

    BalasHapus
  6. Ternyata AXA punya asuransi pengangkutan yah..aku malah baru tahu mba ada asuransi pengangkutan..tahunya juga kesehatan, jiwa gitu deh. Jadi dengan asuransi pengangkutan ini, keamanan pengangkutan untuk exspor impor gitu terjamin yah

    BalasHapus
  7. Produk dari AXA ini cukup lengkap juga ya. Penting banget nih bagi pengusaha export import untuk memilih asuransi pengangkutan dari AXA ini.. Apalagi produk yang dikirim barang mahal

    BalasHapus
  8. Asuransi cargo untuk perusahaan exim memang penting. Untuk memberi perlindungan barang sampai ke tangan buyer dalam kondisi prima. Dan asuransi pengangkutan dari AXA bisa jadi pilihan..

    BalasHapus
  9. Penting banget sih ini untuk ekspor impor apalagi terkadang komoditi atau barangnya juga kan nilainya juga lumayan jadi memang wajib sih pakai asuransi

    BalasHapus
  10. Wow AXA Mandiri semakin melebarkan sayapnya ya Mba Susi. sekarang sudah ada asuransi untuk pengangkutan ekspor dan impor dari AXA Mandiri. Karena pengiriman ekspor impor itu banyak sekali resikonya, maka sudah pasti wajib dong untuk memakai asuransi yang terbaik.

    BalasHapus
  11. Usaha ekspor import itu aku tau banget rumit di masalah perizinannya mb susi, belom lagi kabarnya banyak pungli di tengah jalan, penting banget pasti ikut asuransi pengangkutan ini yaa.

    BalasHapus
  12. Kalo udah cargo baiknya pakai asuransi emang ya mba. Secara barang-barangnya bukan cuma gede dan berat, tapi juga berharga. Hehehe. Apalagi kalo udah exim alias export import.

    BalasHapus
  13. Wah, aktivitas makro nih. ekspor impor. hehe..
    adanya asuransi ekspor dari axa mandiri bisa semakin membuat kegiatan ekspor semakin nyaman

    BalasHapus
  14. sudah saatnya setiap yang suka kirim barang daftar ansuransi biar terlindungi, Kita tak akan pernah tahu kabar barang yang kita kirim melalui jasa pengiriman barang

    BalasHapus
  15. Mbak Susi kebetulan suami dan aku juga berkecimpung di dunia ekspor. bener bgt terkadang barang2 tertentu ada yang harus di asuransi kan, tetapi kembali lagi keputusannya dari buyer mbak karena mereka yang bayar asuransinya hihi.

    BalasHapus
  16. Penting banget nih mengetahui ini, bikin kegiatan ekspor dan impor jadi lebih aman dan nyaman.

    BalasHapus
  17. ternyata ini buat pengangkutan barang ya. wah cocok nih buat pelaku usaha. biar lebih aman dan meningkatkan kepercayaan pelanggan

    BalasHapus
  18. AXA Mandiri wahh sudah punya asuransi untuk pengangkutan ya , memang asuransi pengangkutan perlu banget apalagi untuk eksport import .

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)