Staycation Bisa Jadi Alternatif Liburan Seru dengan Budget Minimalis

Liburan dan hiburan sudah jadi kebutuhan yang cukup mendesak. Ini terlihat dari hawa-hawa negatif yang muncul seperti mudah emosi untuk hal kecil. Atau saat sedang ingin liburan sekeluarga tapi lelah menunggu terkumpulnya dana. Staycation bisa jadi alternatif liburan dan hiburan yang menyenangkan, dengan budget yang lebih minimalis. Serunya lagi, bisa ajak sekeluarga.

Staycation Bisa Jadi Alternatif Liburan Seru dengan Budget Minimalis


Mengapa staycation jadi altenatif?

Staycation menjadi trend tahun 2020-2021 ini karena beberapa pembatasan kegiatan masyarakat. Mau berwisata keluar kota yang jadi impian juga sedikit lebih ribet sekarang, dengan adanya Swap dan teman-temannya.

Contoh sederhananya jika mau ke Bali atau kota wisata lainnya, harus memenuhi beberapa syarat misalnya menunjukkan hasil Rapid test atau Swab test, mendownload aplikasi tertentu dari kota tersebut, mengaktifkan GPS, dan patuh pada protokol kesehatan yang ada.

Ini belum termasuk tiket pesawat yang harganya lebih mahal....

Tak heran jika staycation menjadi sebuah alternatif liburan dan hiburan.


Staycation itu apa?

Definisi staycation bisa tampak pada asal katanya. Stay berarti tinggal dan vacation artinya liburan. Jika digubungkan, punya arti 'liburan dengan tinggal/menetap di suatu tempat yang dekat'. Cambridge Dictionary memberi arti yang lebih baik, yaitu liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah tanpa pergi atau melakukan perjalanan ke tempat lain.

Staycation bukanlah tren baru karena ada pandemi. Di Indonesia, istilah ini sudah dikenal luas sejak tahun 2010. Biasanya dilakukan oleh warga kota metropolitan atau kota-kota besar yang memiliki hotel dengan fasilitas lengkap dan dekat dengan mall atau kawasan wisata kuliner terkenal. Vila dan apartemen juga bisa menjadi alternatif tempat menginap. Yang penting bisa berlibur sekeluarga. 

Manfaatkan fasilitas hotel untuk liburan



Harus sekeluarga? Tidak juga. Kadang saat ulang tahun pernikahan dan tidak tega meninggalkan anak terlalu lama, staycation bisa jadi solusi.


Mengapa memilih staycation?

Staycation punya efek hampir sama dengan liburan di destinasi wisata impian. Plusnya, budget menjadi lebih sedikit karena tidak perlu menganggarkan transportasi dan waktu tempuh. Beberapa perjalanan wisata memiliki porsi yang cukup besar daripada waktu berwisatanya.

Liburan di kota sendiri juga lebih mudah karena bisa ditempuh dengan mobil pribadi. Itinerary yang ditentukan juga lebih familiar, begitu juga dengan jarak tempuh dan hapal dengan jalan-jalan lancar di kota.

Pastikan memilih destinasi wisata yang menyenangkan bagi seluruh keluarga yang ikut. Permulaan berangkat dari rumah dan dari hotel punya efek yang berbeda. Biasanya jadi lebih disiplin. Pulang dari jalan-jalan juga ada air mandi panas dan kasur empuk yang menanti. Sungguh menyenangkan sekali.

Semua itu bisa didapatkan dengan bea liburan yang lebih minimalis, lho. Sudah coba kan? Tak apa lah sesekali memuaskan diri liburan di kota sendiri dengan cara orang luar kota. Ayok, liburan di kota sendiri sekaligus membantu pemulihan wisata dan ekonominya. Mau tahu caranya mengambil staycation?

Menikmati liburan di kota sendiri



Cara mengambil staycation

Staycation benar-benar solusi liburan tanpa ribet. Begini lho caranya:

1. Tetapkan tujuan staycation

Tujuan staycation tidak selalu sama. Ada yang sesederhana ingin liburan saja, ada yang ingin merasakan menginap di hotel pencakar langit, ada yang ingin puas nge-gym sementara anak puas berenang di kolam yang diimpikan, atau ada yang ingin bisa tawaf di mall sepuas hati.


2. Cari hotel/vila/apartemen yang sesuai dengan tujuan

Setelah menetapkan tujuannya, kita bisa mulai mencari informasi tentang hotel/vila/apartemen yang sesuai. Biasanya banyak pilihan sehingga harus cermat memilih yang paling pas.

3. Cari yang punya promo menarik

Staycation menjadi salah satu sumber pendapatan hotel dan pelaku wisata, sehingga pastilah banyak sekali promo yang menarik. Kita bisa mencari promo di Traveloka yang selalu terupdate dengan baik. 

Biasanya banyak promo menarik yang diberikan oleh hotel dan pusat kuliner di sekitarnya. Saya pernah menulis sebuah artikel menarik tentang tips mencari kuliner hemat di Jakarta dengan mencari hidden gems treats. Seru dan banyak promo menarik.

4. Buat itinerary yang jelas dan mudah dipatuhi semua peserta staycation

Meski liburan di kota sendiri juga perlu membuat itinerary atau jadwal perjalanan yang jelas. Jangan lupa memberi porsi cukup banyak untuk mengeksplor fasilitas hotel sehingga semua anggota keluarga merasa puas. 

Memang sebaiknya tidak banyak-banyak lokasi wisata yang ditargetkan. Kesempatan menginap di hotel juga adalah kesempatan emas.

Santai, sehat, rileks, bugar dengan aneka fasilitas hotel


Bisa dilihat bahwa staycation bukan hanya tren di masa pandemi ini tapi juga upaya pemulihan ekonomi di kota sendiri. Dalam prosesnya, kita pun bisa punya alternatif liburan seru dengan budget minimalis atau lebih sedikit jika dibandingkan berwisata di destinasi impian di sebuah pulau eksotis, misalnya. 

Liburan asyik begini perlu sering dilakukan, lho. Santai bersama keluarga, merasa bugar dan rileks, dan puas menikmati fasilitas hotel. Ayok, kita staycation. Liburan di hotel kota kita masing-masing. Sobat Susindra sudah tahu mau menginap di mana?


Semua gambar dari Canva

27 Komentar

  1. Asik bangeettt kalo bisa staycation, Mbaa
    secara udah bludrek dan jenuh banget terkungkung di rumah aja
    aku kayaknya abis lebaran deh, pengin ke Solo atau Batu, cari villa yg cihuy

    BalasHapus
  2. Memang terbukti ya kalau kurang piknik, bawaannya emosi terus, bahkan untuk hal-hal yang sepele.

    Hal ini menandakan kalau me-time punya pengaruh yang cukup baik terhadap kondisi psikis seseorang.

    Saya juga sering nyobain staycation ketika di rumah sudah merasa terlalu jenuh.

    Meski sering staycation, terima kasih sudah diingatkan kembali melalui artikel keren ini. Apalagi saya kerap mengabaikan itinerary,padahal punya peranan yang cukup penting ya untuk keberhasilan staycation atau liburan.

    BalasHapus
  3. Sebelum pandemi saya dulu sering banget staycation di hotel kadang vila bareng keluarga dan atau temen2. Bagus bisa silaturahim atau menghilangkan penat ya kak..apalagi stay cation di tempat wisata lebih seru. Kalo di lampung banyak nih tempat untuk sc.... makasih. Sudah kubaca lengkap artikelnya good

    BalasHapus
  4. Terima kasih untuk tips tentang pengambilan staycation yang tepat kak. Sempat kepikiran tentang hal tersebut karena masih pandemi dan enggak tahu sampai kapan semua ini berlangsung.

    BalasHapus
  5. wah ini memang jadi alternatif yang paling jos

    BalasHapus
  6. Punya anak dua yang masih kecil dan kondisi pandemi pas banget kalau staycation. Saya juga kangen staycation nih. Harus hiburan seru walau nggak bisa pergi jauh-jauh. Hunting hotel terdekat yg bagus dan terjangkau ah��

    BalasHapus
  7. Sebagai orang desa yang jauh dari hotel-hotelan, alam jadi pilihan kami buat refreshing. Berhubung rumah dekat laut jadi bisa staycation kapan aja. Mau renang tinggal nyebur, mau memanjakan mata tinggal liat gardasi warna laut dan sunset. :D

    BalasHapus
  8. Iyaa bener. Dari sebelum pandemi saya juga suka staycation. Seneng aja gitu suasananya berbeda dari rumah, tapi nggak perlu jauh jauh ke luar kota juga ^^

    BalasHapus
  9. Saya pengen juga nyobain Staycation, sudah sedari lama, cuma belum jadi-jadi juga. Yah, meskipun saya tinggal bukan di kota metropolitan, nginap di penginapan kayaknya bakal kasih pengalaman baru

    BalasHapus
  10. Duuh pingin banget ini liburan dan staycation di suatu tempat yang nyaman, kalau saya sendiri saat ini belum membayangkan mau ke mana, yang penting pingin bisa rehat sejenak dari rutinitas yang rasanya udah bikin diri merasa bosan banget sambil jalan-jalan ya Mba, terutama karena udah melewati masa di rumah aja semasa pandemi. Hummh... Semoga pandemi bisa segera berakhir, nggak khawatir lagi kita kalau mau ke mana-mana termasuk pergi liburan.

    BalasHapus
  11. Hmm, belum nyari2 promo lagi nih Mbak buat staycation an liburan nanti bareng2 anak2 ya... pinginnya sih yg menarik buat anak-anak yaitu yg ada kolam renangnya. Trus pingin nyobain fasilitias spa nya juga bareng cah wedok hehe

    BalasHapus
  12. Awal tahun 2021 kemarin, alhamdulillah berkesempatan untuk staycation di salah satu hotel di Tuban. Seneng banget.... Setelah sekian lama gak kemana-mana akhirnya bisa ikutan staycation juga

    BalasHapus
  13. "Ini terlihat dari hawa-hawa negatif yang muncul seperti mudah emosi untuk hal kecil".
    Wah bener banget ini salah satu tanda butuh plesiran wkwkwk. Emang bener kalau staycation adalah jeda yang dibutuhkan kalau penat sudah menyapa. Saya kadnag biasanya juga gitu, staycation tipis-tipis bareng keluarga (gencar nyari promo hehe), biar ngga jenuh. Makasih tipsnya mbakk.

    BalasHapus
  14. Sebelum pandemi, staycation sering jadi pilihan kami
    Akhir pekan nginep cari suasana baru
    Pandemi datang, kami jadi di rumah aja
    Lihar artikel ini, jadi pengen staycation lagi huhuhu
    Semoga pandemi segera berlalu

    BalasHapus
  15. Wah senangnya yang sudah bisa staycation. Kalau saya belum berani mbak masih ngeri - ngeri sedap gitu hehehe

    BalasHapus
  16. Sebelum pandemi aku sbnrnya tiap bulan selalu nyediain dana utk staycation :D. Krn kami sekeluarga suka bgt ngerasain suasana baru dgn stay di hotel2 mba :D. Apalagi anak2. Dan juga utk refresh para asisten ku.

    Tp jujurnya setelah pandemi jd jarang sempet sih bbrp kali, tp udh ga rutin tiap bulan. Krn memang LBH hati2 :(.

    Tp bener tuh, staycation alternatif pengganti liburan jauh. Dgn tinggal di hotel, bawaan nya juga kayak liburan kok :D

    BalasHapus
  17. Yuhuu, ide bagus banget buat staycation, mbaa
    untuk merilekskan diri for a while yaaa

    BalasHapus
  18. iya nih, semoga ya suatu hari aku bisa staycation sama ibuku di hotel paling mahal di Lumajang
    pengen norak2 sama ibu, hahaha

    BalasHapus
  19. Staycation memang menjadi pilihan utama buat yang ingin liburan di saat pandemi. Menghindari kerumunan sekaligus membantu dunia pariwisata bangkit dari keterpurukan karena pandemi.

    BalasHapus
  20. Untuk liburan singkat, staycation memang dapat menjadi pilihan yang tepat. Kita tetap bisa merasakan sensasi liburan meski hanya tinggal di penginapan.

    BalasHapus
  21. Sudah ada rencana staycation, sesekali melepaskan rasa jenuh di rumah saja. Tinggal mencari promo dengan diskon yang menarik dan waktu yang tepat.

    BalasHapus
  22. aku juga ngelakuin ini sih bareng nyonyah. alternatif liburan paling gampang. Ngga perlu jauh dari rumah dan bisa melepaskan penat dari rutinitas

    BalasHapus
  23. Duh aku rindu banget staycation, entah kapan terakhir staycation. Mungkij dalam waktu dekat setelah vaksin nerata akan berani staycation lagi ya

    BalasHapus
  24. Aku aja kayaknya yang belum pernah khusus staycation gitu. Nginep di hotel ya karena ada acara tertentu. Huhu. Pengen deh kapan-kapan coba staycation di hotel atau villa gitu.
    Makasih sharingnya, Mbak :)

    BalasHapus
  25. Uda lama banget gak staycation. Palingan kalau pas suami dinas, kita ikutan..hihii~
    Tapi akhir-akhir ini dinasnya jauuh sampai Lampung, jadinya gak boleh ikutan dulu deeh...Hiiks~

    BalasHapus
  26. Sejak pandemi dan emak struk aku dah nggak pernah lagi dolan mba, kangen staycation juga nih. Semoga ada waktu dan rejeki untuk me time begini menikmati liburan

    BalasHapus
  27. Aaah iyaaak, kalau udah gampang sensian di hal kecil rasanya memang perlu liburaaaan. Tp staycation aja bisa lebih dari cukup, bisa lebih hemat, tentunya tak kalah senangnya. Pengin ih, sepertinya aku hrs siapkan budget juga utk kapan2 staycation

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)