Tips Bunga Miana Cepat Rimbun

Tiga tahun lalu saya pernah diberi hadiah bunga miana merah. Seorang teman penjual bunga begitu bahagia saya mampir ke sana. Tak lama, miana tersebut menjadi sangat rimbun. Mau tahu tipsnya? Kebetulan sekarang saya sedang tergila-gila pada tanaman harga kerupuk kualitas sultan ini.

Tips bunga miana cepat rimbun


Tanaman harga kerupuk kualitas sultan. Ini istilah saya sendiri yang bebas didebat. Perjalanan saya mencari miana atau Neng Mia memberikan kesimpulan semacam ini. Hal ini terjadi karena beberapa mentalitas penjual yang menjatuhkan harganya sampai level jongkok dan aktivitas sejumlah penjual lainnya yang meninggikan harganya agar naik level. Malahan ada rencana-rencana membuat pameran plus kontes kecantikan bunga miana.

Sudah pusing dengan penjelasan saya? Bagus. Artinya sudah mulai menyelami bunga miana dan sejuta cerita warnanya. 

Bunga miana di kebun kita dan viralnya di tahun ini

Miana banyak tumbuh liar di kebun. Kalau mau memperhatikan benar, biasanya bisa menemukannya. Ada satu cerita di kota saya, seorang warga kegirangan karena bunga miana yang tumbuh liar di pekarangannya ditebas dengan harga 350 ribu. Ditebas artinya dibeli semuanya.

Sampai sini bisa dipahami, ya. Terutama mengapa banyak yang menyepelekannya. Saya yang mengembangkan miana di rumah juga menerima banyak pernyataan, "Ini kan tanaman yang banyak di kebun. Tapi sedikit beda."

Sedikit beda bisa jadi kunci mengapa miana istimewa.



Bunga miana mudah beradaptasi dengan lingkungan dan bisa bermutasi warna, corak, lekukan, bahkan bentuk. Hal ini membuat banyak orang yang penasaran sekali dengan tanaman ini. Bisa dikatkan ia salah satu tanaman yang viral tahun 2020-2012 selain jenis-jenis phylo, alokasi, peperomia, dan begonia. 

Bedanya, bunga miana bisa dipinng dengan harga mulai 1000 rupiah per stek. Harga ini biasanya ditawarkan oleh penjual dari Kab. Agam yang memang merajai penjualan miana di salah satu e-commerce. 

Meski tahu, saya tak berani beli karena perjalanan jauh dari sana ke Jepara bisa berisiko stek tanaman busuk dan mati. Saya biasanya beli dari sesama orang Jepara saja, dan sampai rumah dengan kondisi agak layu. Butuh direndam semalaman dengan larutan B1 untuk membuat tanaman kembali tegak. 

Saya belum bicara tentang ongkos kirim, baru lamanya perjalanan yang harus ditempuh oleh potongan batang miana. Selanjutnya tentang peluang tanaman pulih kembali, setidaknya lebih banyak hari daripada potong sendiri atau beli dari dekat rumah. 


Harga standar bunga miana

Lepas dari strategi penjualan bunga miana, baik stek maupun akar, ada suatu kesepakatan bersama tentang harga standarnya. Terutama untuk harga stek.

Harga stek bunga miana yang biasa adalah 5000 rupiah, sedangkan harga stek miana premium adalah 10.000 rupiah. Masih ada stek miana sultan atau super premium yang biasanya dibandrol dengan harga 15-35 per batang (stek). Harga miana sultan/super premium cukup subyektif karena menyesuaikan kerelaan pemiliknya. 



Mungkin sekarang sudah 50% memahami istilah saya "Tanaman harga kerupuk kualitas sultan", ya.

Saya akan sedikit melanjutkan tentang harganya.

Tanaman miana sangat mudah dikembangkan dan dibuat rimbun. Tentu bagi yang tahu ilmunya. Katakanlah saya, membeli stek miana seharga 5000 rupiah. Dalam dua-tiga bulan saya bisa membuatnya rimbun sehingga harganya naik 10x lipat. Lamanya proses membuat rimbun tergantung pada jenis miana dan kemampuan saya memahami karakteristik tanaman ini. Karena, ada tipe miana yang sangat suka sinar matahari penuh, ada yang maunya sebagian. Di tempat yang ternaungi, warna daunnya jadi pucat meski tetap rimbun. 

Nah, lho...


Jenis miana

Rasanya perlu sedikit mengulas jenis miana. 
Orang yang menganggap miana tanaman liar di kebun biasanya akan condong pada jenis miana standar yang memang tumbuh liar. Miana jenis ini sangat cepat rimbun. Kita bisa dengan cepat mengenali dari warna daun hijau dengan corak di tengah dan ketebalan daun yang sangat tipis. Tak ada semacam lapisan seperti beludru yang terdapat pada tanaman miana premium.
Miana jenis ini jarang saya temui dijual. Kalau pun ada, harganya memang di bawah 5000/stek.



Miana standar

Meski dikatakan miana standar, akan tetapi tetap ada kecantikan pada warna, corak dan bentuk daun. Jenis ini dikatakan miana standar bukan untuk menjatuhkannya, tetapi untuk membedakan dengan miana premium dan super premium.
Jenis miana standar setiap seller bisa berbeda. Sebuah jenis miana bisa dikatakan biasa di sebuah daerah, dan dikatakan premium di daerah lainnya. 
Saya memaknainya dari jumlah ketersediaan dan kecepatan menjadi rimbun.
Miana standar tetaplah cantik dan harganya lumayan jika rimbun. Katakanlah dengan investasi uang 5000/stek bisa jadi rimbun dalam waktu 2-3 bulan. Contohnya miana ID Bolu Pandan, miana ID Mentega, miana ID Bolu Nanas, miana ID Cikar, dan sebagainya.
Pleas jangan tiba-tiba lapar saat tahu nama-nama ID miana.....

Miana premium

Miana premium disematkan bagi jenis bunga miana yang tumbuh/memperbanyak dengan lambat. contohnya miana ID Drupadi. Sama-sama membeli dalam satu waktu, miana Drupadi saya masih kecil saja. Atau miana ID Lemon. Juga miana ID Tricolor. Masih ada ID Ekor Cupang, ID Kipas, Selendang Putri, dsb. 
Kadang saya gemas dan ingin menggegas. Tapi ya gitu deh....

Miana super premium

Miana super premium, saya belum punya dan kebetulan belum ingin punya. Sepemahaman saya, sebuah ID miana dikatakan super premium jika ia benar-benar rare alias langka. Biasanya dari hasil mutasi atau persilangan antar ID miana sehingga menghasilkan jenis baru. 

Miana memanglah tanaman yang sangat unik. Ia bisa dikawinsilangkan untuk menghasilkan jenis baru. Bahkan bisa dibuat okulasi bagi mereka yang telaten menghasilkan jenis miana baru. 



Tips membuat bunga miana cepat rimbun

Tips membuat bunga miana cepat rimbun akan kita dapatkan jika bergabung di grup pecinta miana. Asal mau rajin menyisir post demi post di sana. Paling mudah membaca ini saja, ya. Hehehe

1. Tanam di pot yang cukup besar, minimal ukuran 20 cm.

Akar bunga miana sangat cepat tumbuh dan bercabang. Itu tandanya tanaman miana akan cepat menjadi besar dan rimbun. Jika tak ada pot, tanam di tanah yang sudah diolah agar gembur dan subur. Miana yang ditanam di tanah jauh lebih cepat rimbunnya.

Tapi saya lebih suka menanam miana di pot ukuran 20-30 atau polibag ukuran 30. Kecukupan media tanam membuat miana tumbuh dengan sangat cepat. saya pernah menanam di pot ukuran 15 cm dan dalam waktu 30 hari akar sudah sesak di dalam. Kebetulan jenis miana biasa yang memang pertumbuhannya gila-gilaan cepatnya. 


2. Media tanam yang gembur dan subur

Bunga miana punya karakter boros nutrisi meski tak seboros keladi. Ia butuh media tanam yang bergizi tinggi. Mereka yang ingin miananya cepat rimbun biasanya akan sangat memperhatikan media tanam yang dipakai. 

Media tanam miana harus porous alias air cepat turun, makanya butuh sekam yang cukup banyak. Sekam juga membuat akar bergerak bebas dan dengan cepat memperbanyak diri sehingga tanaman cepat besar. Sekam bakar atau tidak? Bebas. Saya memakai keduanya dan sama-sama rimbun.

Yang terpenting sebenarnya adalah campuran tanah dan pupuk berunsur N tinggi. Misalnya kompos daun atau kohe kambing. Saya menggunakan perbandingan sekam 2 : tanah 1: kohe 1. 


3. Pelajari karakter simat yang dibutuhkan

Beberapa bunga miana sangat suka sinar matahari full seharian, beberapa lagi malah merangas jika full sinar matahari sehingga daun terbakar. Makanya mempelajari karakter miana menjadi sebuah keharusan. 
Cara termudah adalah melakukan percobaan. Letakkan miana di tempat yang full sinar matahari. Jika daunnya gosong, itu artinya ia hanya mau sinar matahari parsial. Oleh karena karakter bunga miana yang cepat tumbuh memanjang + tambah daun, jangan lama-lama bersedih melihat daunnya gosong. 
Cara paling mudah ala saya adalah meletakkan bunga miana di bawah naungan plastik UV atau paranet. Sudah pasti aman meski terkena sinar matahari seharian.

4. Rajin memberi pupuk NPK

Memberi pupuk NPK menjadi keharusan karena miana rakus menerap nutrisi. Kecepatan tanaman menjadi besar dan rimbun sangat ditentukan oleh pupuk organik seperti dalam tips nomor dua dan pupuk sintetis yang memang diformulasikan sebagai pupuk daun. 
Pemberian pupuk NPK bisa diberikan secara langsung, yaitu 1/2 sdt ke dalam 1 pot. Ingat, ukuran pot minimal 20 cm. 

Aturan pemberian pupuk NPK yang benar:

  1. Yang paling mudah adalah dicampur air (1 sdm untuk 6 liter air)
  2. Jika langsung ditaburkan granule-nya, maka pupuk harus ditutupi tanah agar tidak menguap khasiatnya. 
  3. Jangan terkena batang. sebaiknya beri jarak 5-10 cm dari batang.
  4. Pemberian pupuk NPK cukup 2 minggu sekali, utamakan pupuk kohe saja.

5. Pupuk organik kohe kambing is the best


Sepanjang yang saya ketahui, pupuk dari kohe atau kotoran hewan kambing paling bagus kadar nitrogennya. Atau bisa dikatakan paling mudah didapatkan daripada kohe ayam atau kelinci. Pastikan selalu memberikan kohe kambing seminggu sekali Paling bagus adalah yang sudah difermentasi. 

6. Air yang cukup

Kecukupan air menjadi hal yang sangat sensitif bagi miana. Miana suka air tapi tak suka becek. Makanya sekam menjadi salah satu yang paling penting. Sekam membuat air langsung turun ke bawah namun ia sendiri menyimpan air cukup lama. Cukup untuk membuat miana bahagia mendapatkan semua kebutuhannya. Saat cuaca sangat terik dan miana cenderung layu, maka guyuran air akan sangat membantunya. Makanya di daerah yang panasnya benar-benar hot, penyiraman bunga miana bisa 3 kali sehari. 

7. Rajin potong dan pangkas

Rajin potong dan pangkas, ini rahasia rimbun yang paling utama. Makin sering dipangkas makin bagus dan makin rimbun. Setiap kali batang mempunyai 8 daun (kanan 4 kiri 4) saya akan memangkasnya. Saya menyisakan 1 ruas untuk cabang. Batang yang saya pangkas akan saya tanam kembali. Lama-lama dari tunas semua tunas termasuk yang dipangkas akan menghasilkan 2 cabang. 

Inilah rahasia utama membuat miana cepat rimbun.


7 tips di atas bersifat gandeng-geret alias harus dilakukan semua. Tidak boleh diabaikan salah satu, jika ingin hasil maksimal. 

13 Komentar

  1. Terima kasih, kebetulan istri sedang hobi menanam dan ada beberapa jenis miana yang ditanam.

    BalasHapus
  2. makasih, suamiku nanam beberapa miana

    BalasHapus
  3. Miana super premium baguuuss banget ya Mbaa
    warnanya bold gitu
    sukaakkk banget ama bunga ini

    BalasHapus
  4. Suka bgt miana krn banyak jenisnya.
    suka jg ma nama namanya.
    Bikin tambah lapar pingin punya banyak jenis miana/ mbak mia

    BalasHapus
  5. sebenarnya kalau telaten, perawatannya tidak juga terlalu sulit. salut juga nih dengan kualitasnya, sampai ada yang super premium. kecebanget yak hehehe

    BalasHapus
  6. Ngerawat bunga juga harus extra banget yaa mba Susi, aku kurang telaten buat beginian huhu padahal pengin liat bunga bunga di depan rumah gituuuu

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu namanya Miana dan ternyata jenisnya banyak. Ibuku kyknya punya yang ada garis kemerahan gtu di pinggirnya2. Kalau yang ungu2 kyknya jg sering lihat di taman2. Pemberian pupuk jg perlu diatur supaya gk berlebihan dan malah merusak ya.

    BalasHapus
  8. wuah aku baru tahu kalau ini namanya miana
    selama ini gak tau namanya soalnya
    bunga miana kalau ditanam ramai-ramai jadi bagus banget loh

    BalasHapus
  9. Cantik-cantik banget ya Mbak varian Miana ini. Dulu waktu kecil sering lihat di kebun2 tapi sebagian kecil saja. Ternyata gampang distek juga ya, makanya jadi gampang rimbunnya :)

    BalasHapus
  10. Bunganya bagus nih! dan harganya ga sengehits bunga sebelah itu yang menurutku yg awama bunga kok ya keterlaluan ya..

    BalasHapus
  11. Kalau lihat daun miana yang rimbun tuh seneng ya, nambah cantik halaman rumah, hehe saya belum nanam sih, tetangga yang punya

    BalasHapus
  12. Aku sering liat mana dibeberapa tempat banyak seriannya ya Mba dan bagus banget. Aku nggak bisa rawat tanaman di rumah pernah dan ditotol ayam mertua ternak ayam

    BalasHapus
  13. Wah saya baru tahu kalo ada tanaman viral lainnya yaitu Miana, saya taunya tanaman keladi hias hehehe
    Bagus ya Mbak daunnya berwarna-warni.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)