Mempersiapkan Karakter Pembelajar Sejati

Punya anak SMA kelas 11, berarti sudah harus memikirkan kuliahnya. Inilah yang terjadi pada kami. Karena bagi kami, kuliah itu sangat penting. Kampus adalah komunitas terbaik bagi anak selama hidupnya. Makanya, kami merasa penting untuk membidik kampus yang tepat bagi karakter anak, dan sebagai bagian dari ikhtiar itu, kami memilih tempat kursus yang paling tepat.

Mempersiapkan Karakter Pembelajar Sejati melalui brain academy by ruangguru
Mempersiapkan Karakter Pembelajar Sejati melalui Brain Academy by Ruangguru

Mengapa kursus? Karena sekolah saja tidak cukup untuk mendapatkan universitas. Apalagi sekolah di masa pandemi ini, menggunakan kurikulum darurat dengan angka minimal terendah yang diputuskan oleh sekolah. Berbeda dengan universitas yang secara alami memiliki lingkungan belajar mandiri. Mereka yang sukses di kampus universitas adalah sosok pembelajar mandiri yang tahu apa yang harus ia capai.

Bukan itu saja. Mahasiswa yang bisa menulis adalah mereka yang akan mengharumkan nama universitas dan nama orangtuanya. Ini sangat saya sadari benar, sehingga saya perlu membentuk karakter anak saya sebagai mahasiswa yang baik di saat ia masih SMA. 


Mempersiapkan karakter pembelajar sejati

Bisa dikatakan saya sudah berhasil menjadi pembelajar sejati. Kesukaan saya belajar pada hal baru membawa saya pada edisi hidup dramatis, karena kewalahan mengatur kegiatan sehari-hari. Saya sering dihadapkan pada malam-malam yang panjang namun terasa sangat singkat. Tahu-tahu sudah jam satu pagi dan dengan terpaksa saya menutup buku yang sedemikian menariknya. 

Saya ingin anak saya mendapati episode hidup yang penuh kejutan seperti saya… Namun ini bukan sesuatu yang bisa ajarkan. Ini perlu dilatihkan, dan nuansa belajarnya harus tepat. Meski melihat saya sering membeli dan membaca buku tak membuat anak tiba-tiba mencintai buku. Keingintahuannya perlu digugah.

Pembelajar sejati adalah ia yang punya motivasi kuat untuk belajar, menemukan pertanyaan dan jawabannya sekaligus. Juga pribadi yang mampu berpikir analitik dan kreatif mencari jawaban. Ini adalah karakter yang seharusnya dimiliki setiap anak Indonesia yang memprhatikan masa depannya. 

Sayangnya, sistem pendidikan di Indonesia sama kunonya dengan sejarah kemunculan Indonesia itu sendiri. Teknik belajar pada masa Hindia-Belanda masih dipakai sampai sekarang, yaitu menghapal dengan satu jawaban baku. Masih saja ada beberapa guru yang tak memberi ruang kreatif menjawab. Saya masih ingat pada pelajaran B Indo di SMP ketika saya menjawab, “sebagai ajang pencarian jati diri” dan saya mendapatkan nilai 7 dari kata “ajang” yang menurut guru tidak tepat, seharusnya “tempat”. Apakah sampai sekarang masih? Beberapa guru senior masih melakukannya, dan jumlah beliau-beliau ini tidak sedikit.

Padahal sekolah seharusnya menjadi tempat siswa untuk mendapatkan informasi, memahaminya, mengolahnya dan menggunakan sesuai porsinya dalam memecahkan masalah di kehidupan nyata. Bukan hafalan yang sempurna akan tetapi kemampuannya mengaplikasikan pada masalah/tantangan yang sedang dihadapi.



Ciri pembelajar sejati

1. Selalu ingin tahu

2. Kemampuan berpikir kritis, analitis dan kreatif

3. Berpengetahuan luas

4. Komunikator yang efektif

5. Optimis dan percaya diri

Sudahkah 5 karakter di atas dimiliki oleh anak?


Brain Academy sebagai pembentuk pembelajar sejati

Brain Academy merupakan bimbel yang mengkombinasikan antara bimbingan belajar online dan bimbingan belajar offline, atau gabungan teknologi dengan tatap muka. Bimbel ini menyediakan fasilitas Live Teaching, di mana siswa dapat mengikuti proses pembelajaran bersama guru-guru yang sudah terlatih di bidangnya (STAR Master Teacher) secara live melalui Aplikasi Ruangguru. 

Tak hanya itu, akan tetapi juga terdapat Ruangguru On-The-Go yang bisa digunakan untuk mengakses video offline secara langsung. Jadi tidak selalu menggunakan kuota internet. Nah, Brain Academy ini sangat terbuka untuk siswa-siswi mulai dari kelas 4 SD hingga 12 SMA.

Jadi, Brain Academy bisa secara offline? Iya, bisa. Saat ini Brain Academy telah dibuka secara serentak di 10 kota di Indonesia yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang. 

Bagi kota lainnya, siswa akan dikirimi modul dan paket belajar yang bisa digunakan secara mandiri, juga sarana belajar secara daring dengan guru-guru yang ada di Ruangguru, sehingga anak tidak belajar sendiri. Ia belajar mandiri dengan cara yang paling tepat baginya. Namanya Klinik PR Intensif. Sesuai namanya, melalui fasilitas ini, siswa secara individu dapat menjadwalkan sesi konsultasi satu kali seminggu dalam bentuk diskusi online untuk membahas PR dan soal persiapan ujian lewat aplikasi Zoom.


Fitur-fitur menarik di Brain Academy Online

Mengapa Brain Academy? Karena bimbel online yang satu ini punya fitur-fitur yang sangat menarik, adaptif, dan memang hasil dari masukan para orangtua murid yang sudah menjadi pelanggan tetap sejak lama. Jadi, ini merupakan pengembangan Ruangguru.



Adapun fitur-fitur menarik di Brain Academy Online, yaitu:

1. Kelas Live interaktif dengan Star Master Teacher

Ada kelas-kelas online melalui Zoom yang dapat diakses oleh siswa Brain Academy Online, dan dalam kelas itu, siswa dapat berkomunikasi langsung dan belajar bersama Star Master Teachers, yakni para pengajar dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Hal ini bisa menjadi motivasi yang kuat bagi anak untuk memasuki kampus impiannya karena bertemu langsung dengan sosok yang membantunya belajar. Melalui fasilitas ini, siswa juga akan melakukan webinar bersama peserta kelas lain, untuk membahas materi ujian SNMPTN dan mata pelajaran sekolah melalui metode live teaching lewat Zoom.


2. Full modul setahun belajar dikirim ke rumah

Brain Academy menyediakan modul belajar setahun yang lengkap dan dikirimkan dalam bentuk hard copy ke rumah siswa. Jadi lebih memudahkan bagi siswa dalam belajar. Modul ini disusun secara khusus oleh Brain Academy Ruang Guru.

Modul belajar berupa materi dan latihan soal sesuai dengan jenjang pendidikan yang dipilih pada saat ini. Jadi selain belajar online, juga dapat belajar secara mandiri dengan menggunakan buku tersebut. Ini sangat memudahkan bagi mereka yang masih kurang nyaman dengan full metode online.


3. Belajar via HP atau laptop

Materi Brain Academy dapat diakses melalui ponsel pintar maupun personal komputer, sehingga memudahkan saat belajar. Seluruh rangkaian fasilitas tersebut dapat diakses setiap hari tanpa jeda libur, selama satu tahun ajaran. Jadi siswa bisa memilih hari belajarnya sendiri secara mandiri berdasarkan jenjang kelas.

Siswa yang mendaftarkan diri di program ini juga akan mendapatkan akses untuk ratusan ribu video belajar, bank soal, rangkuman, infografis, dan kuis dalam fitur Ruangbelajar di aplikasi Ruangguru.



4. Kelas pengembangan soft skill

Mengambil kelas Brain Academy memberi kesempatan pada siswa untuk dapat menjadwalkan sesi konsulitasi setiap saat dalam bentuk diskusi daring, terkait strategi belajar, pemilihan jurusan, dan topik penunjang lain bersama Master Teacher Guru Wali dan konselor pendidikan Brain Academy. 

Juga ada webinar bagi siswa untuk mengasah keterampilan dan soft sklils. Beberapa materi yang akan diberikan dalam durasi 120 menit. Beberapa bentuk soft skill yang diberikan adalah public speakingg dan cara membuat konten kreatif.



5. Klinik PR

Sesuai namanya, melalui fasilitas ini, siswa secara individu dapat menjadwalkan sesi konsultasi satu kali seminggu dalam bentuk diskusi online untuk membahas PR dan soal persiapan ujian lewat aplikasi Zoom. Jadi semua kusilitan siswa diharapkan dapat dipecahkan bersama-sama dan siswa secara mandiri menentukan pelajaran yang ia mengalami kesulitan belajar. 

Produk Brain Academy mampu memutus jarak, ruang, dan waktu untuk memudahkan anak-anak selama PJJ untuk mendapat pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran.Membuat anak belajar dengan riang dan senang.


6. Paket bimbel sesuai kebutuhan (Regular, Premium, Elite)

Brain Academy mempunyai 3 paket bimbel dengan penawaran menarik, yaitu reguler, premium, dan elite.

a. Paket Reguler, siswa mendapatkan

1). 6 sesi live teaching

2). Jadwal belajar

3). Akses forum tanya jawab

4). Modul digital

5). Star Camp atau juara kelas

6). Rapor belajar setiap semester

7). 20x kesempatan try out dalam setahun

8). Konseling privat via chat




b. Paket Premium

1). 10 sesi live teaching

2). Asah konsep dan akselerasi

3). 2 Jadwal belajar

4). Akses forum tanya jawab

5). Modul digital dan cetak

6). Klinik PR selama 45 menit untuk 5 siswa

7). Star Camp atau juara kelas

8). Rapor belajar setiap bulan

9). Kelas pengembangan diri

10). 29x kesempatan try out dalam setahun

11. Konseling privat via chat dan Google Meet.


c. Paket Elite

1). 12 sesi live teaching

2). Asah konsep dan akselerasi

3). 2 Jadwal belajar

4). Akses forum tanya jawab

5). Modul digital dan cetak

6). Klinik PR selama 60 menit untuk 3 siswa

7). Star Camp atau juara kelas

8). Rapor belajar setiap bulan

9). Kelas pengembangan diri

10). 29x kesempatan try out dalam setahun

11). Konseling privat via chat dan Google Meet.



Dengan fotur-fitur Brain Academy sebagaimana pemaparan di atas, bisa dipahami mengapa Ruangguru bisa menjadikan siswa menjadi lebih baik dari segi nilai dan karakter. Anak diasah untuk menjadi pembelajar mandiri yang dengan mudah menemukan semua jawabannya. Kemudahan ini membuat anak belajar dengan senang hati dan selalu termotivasi. Hasil akhirnya bisa diduga, yaitu anak bisa mendapatkan kampus impiannya. 

Yang jelas, semua fitur Brain Academy sangat tepat untuk pembelajaran jarak jauh yang harus digunakan selama pandemi ini. Semua kesulitan orangtua dalam membantu anak belajar pada masa PJJ menjadi hilang sama sekali. Dan asyiknya, harga bimbel yang satu ini jika dihitung benar, jatuhnya jauh lebih murah daripada bimbel konvensional. Brain Academy menjadi tempat les online terbaik dan termurah di Indonesia saat ini.





19 Komentar

  1. Paketnya lengkap, bisa disesuaikan kebutuhan mau pilih paket mana nih ya belajar di ruangguru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Lengkap paketnya. Dan termasuk murah, lho, apalagi ada promo sampai 31 Juli ini

      Hapus
  2. Wah.. Wadah untuk belajar online maupun offline semakin beragam ya, Mbak. Terlebih Ruangguru ini, banyak banget pilihan paket dan fiturnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Meski sudah ada sebelum pandemi tapi trend belajar dari rumah jadi kebiasaan ya sekarang

      Hapus
  3. Waah bisa2 belajar offline ditiadakan nih, hehee
    habisnya belajar online kelihatannya malah lebih menyenangkan yaa klo fiturnya sprt ruang guru ini nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. Iya, benar. Kalau anak masih kecil dan mau diajak homeschooling, bahagia banget, saya

      Hapus
  4. Lengkap sekali ini... bedanya dengan modul2 yang ada di ruang guru sendiri apa mba? dengan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brain Academy lebih lengkap, Mbak. Punya akses Ruangguru dan Brain Academy sekaligus. Ada waktu belajar dan klinik PR via Zoom, juga ada tambahan misalnya public speaking dan menjadi konten kreator. Tryout juga lebih banyak di Brain Academy

      Hapus
  5. Waa sebentar lagi punya anak mahasiswa bih Mbak Susi ^^

    Brain Academy emang kerap bikin terobosan ya?

    Maklum pendirinya, Belva Devara lulusan 2 universitas luarnegeri sehingga visioner dan lulusan Brain Academy jaminan mutu

    BalasHapus
  6. Semakin tinggi usia seseorang belajar itu menjadi kebutuhan seperti brain academy dengan beragam fiturnya.

    BalasHapus
  7. Enaknya program program dari ruangguru ini bisa diakses secara offline ya mbak. Jadi ga perlu kuatir asalkan sudah terdaftar jadi membernya tetap bisa belajar walau sinyal lagi susah.

    BalasHapus
  8. Hemm bener banget hanya dari sekolah saja tidak cukup untuk ke universitas butuh banget bimbel online kayak brain academy.

    BalasHapus
  9. Brain Academy memang membantu di saat sulit memahami materi.

    BalasHapus
  10. Lengkap banget di brain academy, apalagi sekarang daring sulit memahami dan sering ketinggalan, ini penyelamat banget sih.

    BalasHapus
  11. Kalau belajarnya kayak gini sih jadi asyik, hemm di kelas 11 udah waktunya kejar nilai dan mulai memikirkan kuliah nih.

    BalasHapus
  12. Brain academy memang solusi di segala situasi.

    BalasHapus
  13. senang deh, makin banyak fitur pembelajaran untuk anak-anak kita. Semoga anak-anak kita tumbuh menjadi generasi cerdas, kreatif dan berprestasi, amiiin

    BalasHapus
  14. Keren pokoknya ruang guru banyak pilihannya ya, aku pun ikutan nyobain nih banyak fitur yang membantu buat ortu mendampingi anak belajar di rumah aja

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)