Vaksinasi Sistem Drive Thru di Jepara Ourland Park

Warga Jepara suka piknik tipis-tipis ke tempat wisata lokal. Ketika ada informasi pelayanan vaksin di Jepara Ourland Park, maka berbondong-bondonglah mereka ke sana. Apalagi ada 5000 dosis yang disiapkan dan penyelenggara meyakinkan akan menambah jumlahnya jika diperlukan. Uniknya, vaksin kali ini menggunakan sistem drive thru



Senin pagi pukul 9, acara vaksin dimulai. Warga tak perlu turun dari kendaraannya untuk mendapatkan suntikan. Jadi tak ada antrean yang berarti. Tak perlu mengambil kursi pula.

Oh iya, sudah tahu belum, apa yang dimaksud dengan Vaksinasi sistem drive thru? Mengapa sih kita perlu vaksin?


Mengapa sebaiknya vaksin

Kita semua tahu bahwa pemerintah terus mempercepat penanganan Covid 19 dan bisa dikatakan hasilnya sudah cukup terlihat. Vaksinasi dengan target 208 juta orang, sudah lebih dari separuhnya yang mengambil hak vaksin gratisnya. Informasi mengenai vaksin dan penanganan Covid juga lebih dekat dengan masyarakat.



Sedikit flashback pada second outbreak pada bulan Juli yang luar biasa eksesnya bagi kita. Bagi sebagian orang yang peka, teror sangat terasa. Hampir setiap tikungan ada bendera kuning tanda lelayu. Memang hanya sebagian yang benar terkena Covid, sebagiannya karena teror itu sendiri. 

Saat ini kita sedang bersiap menghadapi kemungkinan third outbreak. Pasti tahu lah kalau liburan akhir tahun itu sebuah kebiasaan yang bahkan sudah jadi budaya. Dengan kondisi ini, bayangan Covid varian delta plus dan omicron sudah di depan mata.

Sejak awal November lalu Malaysia dan Singapura sudah mengalami ledakan kasus baru dari varian delta plus atau AY.4.2. Jelang akhir November ini varian baru omicron atau B.1.1.529 sudah ditetapkan sebagai varian of concern (VOC) alias varian yang mengkhawatirkan. Yang terbaru ini mengandung 30 mutasi pada protein spike yang memungkinkan virus masuk ke dalam tubuh. Bahkan, varian terse but dianggap lebih cepat penularannya ketimbang varian delta.

Jadi tak ada alasan untuk tidak segera vaksin... Vaksin membuat tubuh kita lebih kebal dan memperingan gejala jika terkena. 

Mari kita berharap upaya pencegahan dan penanggulangan yang dilakukan oleh pemerintah, swasta dan seluruh elemen masyarakat berhasil menangkal delta plus dan omicron. Tetap menjaga protokol kesehatan, ya. Sekarang sudah 6M, lho.


Vaksinasi sistem drive thru

Februari 2021 menjadi awal munculnya sistem vaksinasi drive thru di Indonesia. Bali menjadi kota pertama. Sistem ini kemudian diadopsi oleh kota-kota lainnya untuk kalangan lansia yang perlu dijemput agar bisa vaksin dan tak perlu turun dari mobil saat menyuntiknya. Bagi para lansia juga diberlakukan sistem door to door
Melihat keefektivannya, maka kota-kota lainnya juga memberlakukan untuk pelancong. Start Juli memang pemerintah sangat banal dalam mengajak masyarakatnya untuk vaksin. Bersamaan dengan PPKM, vaksin dapat dilakukan di stasiun, bandara, tempat wisata dan pintu masuk jalan tol. 


Apa bedanya vaksin sistem drive thru dengan lainnya? Nyaris tidak ada kecuali kemudahan berupa penyuntikan langsung tanpa turun dari kendaraan. Mereka yang vaksin dapat mendaftar secara online atau langsung datang membawa KTP/KK.
Lokasi penyuntikan sistem ini selalu berada di tempat terbuka, biasanya di tempat yang menyenangkan sehingga sangat diminati. Contohnya di Jepara Ourland Park, sebuah tempat wisata terbesar di Jepara.
Sedikit informasi, strategi atau sistem vaksinasi di Indonesia memang dibuat semakin dekat dengan masyarakat, yaitu:
  1. Kita awalnya mengandalkan kesempatan vaksin di lokasi fasilitas kesehatan. Rumah sakit, Puskesmas, Faskes dan dokter yang ditunjuk
  2. Berkembang menjadi vaksinasi berbasis institusi, misalnya kantor, dan sekolah
  3. Vaksinasi massal dengan target ribuan dosis 
  4. Vaksinasi bergerak, misalnya drive thru, walk in, dan door to door. Langsung di atas kendaraan, sambil berjalan, dan dari rumah ke rumah. Itu artinya.

Jepara Ourland Park

Warga Jawa Tengah pasti kenal dengan Jepara Ourland Park di Jepara. Biasa disingkat JOP dan disebut dengan Jateng Park 1. Konsep wisatanya dibuat terpadu dan termegah. Arsitekturnya bertema Timur Tengah, Eropa dan India.
JOP berdiri di atas lahan seluas sebelas hektar dan berada di pinggir Pantai Mororejo. Lokasi tepatnya di Pantai Mororejo RT.04/RW.02, Rw. I, Mororejo, Kec. Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59452.
Bagi yang ingin ke sini, tiketnya sudah bisa dipesan secara daring. Jadi mudah, kan? Di sekitarnya juga ada hotel-hotel yang cukup lengkap pilihan bintangnya.


Bangunan ikonik JOP adalah Istana Aladin. Tak seperti istana pada umumnya, Istana Aladn punya 36 peluncuran untuk bermain air. Beberapa jenis perosotan menjadi andalan "istana" ini, yaitu:
1. Race Slide, berupa 4 slide panjang bergelombang yang bisa digunakan untuk berseluncur menggunakan ban.
2. Octopus Slide, berupa 6 seluncuran dengan track cepat sehingga memicu adrenalin
3. Lef Spiral, berupa 2 jalur luncur yang berkelok dan melingkar. Seluncuran ini lebih mendebarkan dibandingkan dua lainnya.

Wahana seluncuran atau peluncuran di atas didesain untuk pengunjung yang sudah cukup umur. Bagaimana dengan anak-anak? Tentu ada wahana lainnya yang lebih cocok yaitu arena kolam anak yang didesain dengan apik. Ada ember besar yang memuntahkan air ketika penuh dan di sisi lain ada kolam dangkal dengan air-air mancur yang sangat disukai anak-anak usia PAUD. Untuk sukacita keluarga juga ada Lazy River. Tentu saja ada kafetaria dan kebutuhan lainnya.
Untuk yang ingin tahu berapa tiket masuk JOP, saya beritahu sekalian ya. Harga tiketnya termasuk murah yaitu Rp35.000 pada week day (Senin - Jumat) dan Rp50.000,- pada week end (Sabtu - Minggu). Tiket tersebut dibayar penuh oleh pengunjung dengan tinggi di atas 85 cm.

Vaksinasi sistem drive thru di Jepara Ourland Park

Jepara mulai menggunakan sistem vaksinasi drive thru agar lebih banyak masyarakat yang mendapatkan haknya. Dua bulan ini animo warga dalam mendaftarkan diri untuk vaksin sangat tinggi. Sejak September saya lihat banyak tempat vaksin yang kehabisan formulir dalam satu jam. Padahal pendaftaran vaksin dibuka di beberapa instansi. Saya dan suami melakukan vaksinasi di Polres Jepara pada bulan sembilan dan harus saya akui kalau kami cukup beruntung karena nyaris kehabisan.
Sampai hari Minggu kemarin beberapa tetangga masih menyatakan belum dapat daftar karena stok dosisnya di tempat yang mereka ketahui sudah habis. Ketika tahu di JOP ada vaksinasi drive thru, bisa dibayangkan betapa semangatnya mereka. Bisa sekalian piknik tipis di JOP atau pantai sekitarnya.


Lokasi vaksinasi berada di luar, di area parkir yang sangat luas. Jadi warga tidak perlu membayar tiket masuknya. Kita perlu mengapresiasi Mas Aan Praja, pemilik Jepara Ourland Park karena turut menjadi pendukung program pemerintah untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat, dan bersama-sama bisa mencapai target yang telah ditetapkan. 
Meski bukan drive thru pertama di Jepara, namun apa yang dilakukannya harus segera ditiru oleh para pelaku wisata lainnya. Jika target vaksin sudah terpenuhi, yaitu 208 juta warga, maka level PPKM bisa diturunkan menjadi dua bahkan dihapus sama sekali. Dengan demikian, wisata di Jepara termasuk semua pendukungnya bisa segera pulih kembali.
Kita tahu dong kalau akhir tahun itu saatnya berwisata, saatnya para pelaku wisata panen cuan, namun pemerintah sudah menetapkan akan ada PPKM. Sedih, ya. Semoga saja semuanya rata PPKM Level II. Jadi yang ingin berwisata tetap bisa melakukannya. Tentu saja dengan mengetatkan Prokes 6M.
Agar segera tercapai kekebalan kelompok (herd imunity) maa Pemerintah Jepara dan Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI menyelenggarakan vaksinasi massal untuk masyarakat umum, dengan sistem drive thru di Jepara Ourland Park pada tanggal 29-30 November ini. 

Dengan menerapkan sistem drive thru, masyarakat yang hendak melakukan vaksin tidak perlu turun dari kendaraan dan bisa dilakukan didalam atau di atas kendaraan masing – masing. Sistem ini juga efektif mencegah kerumunan dan sangat cepat dilakukan. Oleh karena vaksinasi dilakukan dengan sistem drive thru, maka proses registrasi juga dilakukan dengan sistem online. Akan tetapi, bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi dengan melakukan pendaftaran langsung dilokasi juga tetap dilayani. Peserta vaksin on the spot hanya membawa foto copy identitas diri seperti KTP, SIM atau kartu keluarga.

Terakhir hari ini, dan mari berharap vaksinasi sistem drive thru diadakan kembali di JOP dan destinasi wisata yang lainnya. Dengan penyebaran informasi yang massif, maka acara ini akan menjadi sebuah cara ampuh untuk mengejar target jumlah orang yang vaksin. Lebih cepat lebih baik, karena kekebalan komunal akan segera membuat Indonesia Pulih.

50 Komentar

  1. Nah mantep banget ini caranya, unik dan efektif untuk diterapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Cara yang langsung menyentuh masyarakat ya

      Hapus
  2. Di kota saya baru saja sistem door to door ini kelihatan. Sistem drive thru, kayaknya pernah dengar tapi yang banyak, kita yang datang ke tempat vaksinnya.
    Jemput bola macam sistem drive thru dan door to door bagus banget, masyarakat kita jadi agak dipaksa untuk mendapatkan vaksin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, menyesuaikan dengan animo masyarakat yang luar biasa. Banyak yang aktif mencari informasi vaksin karena merasa harus segera.

      Hapus
  3. Mengajak masyarakat buat di vaksin memang Perlu cara inovatif salah satunya adalah drive thru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Wisata dan vaksin dikombinasikan

      Hapus
  4. Aku ikutin info vaksin dari mulai yang daftar online sampai yang door to door bahkan drive thru gini aja disediakan. Jadi nggak ada alasan aiueo lagi lah buat membantu imun tubuh saat sikon masih pandemi gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama. Informasinya banyak dan mudah kok

      Hapus
  5. Bulan juli emg menyeramkan mb, d tiap tikungan bendera kuning, dkit2 musholla deket rumah ada siaran kematian. Bahkan aku juga penyintas d bulan juli.
    Alhamdulilah y kini org2 sdg sadar untuk vaksin, aq ingat betul awal2 vaksin bnyak yg menolak dan sebar hoax

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bulan juli memang mengerikan sekali. Maish bergidik kalau ingat.

      Hapus
  6. Baru tahu ada vaksin dengan sistem Drive Thru kayak gini. Udah kaya sistem mau buat SIM aja yak haha
    Well, model vaksin gini menurutku mempercepat banget sih, jadi gak nunggu lama deh

    BalasHapus
  7. Aaamiiin semoga yg mendapat vaksin semakin banyak, dan kemudian vaksin untuk anak di bawah 12 tahun juga mulai dibuka harapanku. Selama anak2ku belum vaksin, aku msh takuuut mba buat naik kendaraan umum kayak pesawat. Makanya sampe skr aku blm mau traveling, kecuali naik mobil pribadi. Tapi dipikir, takut juga kalo anak2 blm vaksin.

    Aku ga ngerasain yg Drive thru ini :). Bagus nih konsepnya. Jadi makin mempermudah vaksin buat orang2. Diharapkan kalo Drive thru gini JD ga ribet dan ga crowded kayak yg antrian biasa

    BalasHapus
  8. Vaksin Drive Thru bisa menjadi pilihan bagi yang membawa anak kecil yaa, kak Susi.
    Aku juga pengen ikutan... Apa di Bandung ada atau engga...kayanya belum pernah dapat infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ngga perlu turun dari kendaraan jadi ngga perlu was was yah bawa anak-anak.

      Hapus
  9. Bisa dijadikan contoh bagi tempat-tempat wisata lainnya untuk ikut menyelenggarakan vaksin sistem Drive thru ini. Siapa tahu juga bisa meningkatkan penjualan tiket masuk ke wahana ��

    BalasHapus
  10. Asik banget konsepnya. Jadi bikin masyarakat semangat buat divaksin ini sih. Soalnya kalau di Bekasi masih terlalu monoton. Orang yang mau vaksin masih harus antri, duduk manis dan menunggu sampai dapet giliran. Kadang malah masih suka ada yang disuruh balik lagi keesokan harinya sebab antriannya terlalu banyak dan waktunya enggak mencukupi. Kalau model drive thru gini kan bisa cepet gitu dan efisien terutama buat yang harus buru-buru ke kantor buat kerja.

    BalasHapus
  11. Batu tahu mbak kayak gini. Tempatku belum ada loh. Lebih memudahkan untuk vaksin ya

    BalasHapus
  12. Semoga harapan pemerintah untuk memberi vaksin terealisasi dengan baik ya kak, apalagi dengan konsep drive thru ini yang disambut antusias.

    BalasHapus
  13. Suka banget dengan inovasi ini, Mba. Untuk mendukung percepatan Indonesia Pulih memang dibutuhkan hal seperti ini. Unik, ya, bisa piknik tapi tetap dapat pelayanan kesehatan juga.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah ya semakin banyak masyarakat yg sadar untuk divaksin. Berbondong memanfaatkan fasilitas vaksinasi sesuai program pemerintah. Semoga virus Covid segera lenyap dari muka bumi deh, engga muncul varian-varian lainnya.

    BalasHapus
  15. vaksinasi dengan sistem drive thru pasti lebih menarik orang banyak untuk vaksin yaa Mbak, apalagi tempatnya strategis gitu ya.
    semoga seluruh warga Jepara bisa segera menggunakan kemudahan ini ya.

    BalasHapus
  16. Daku Alhamdulillah udah lengkap vaksinnya.
    Senengnya kemudahan vaksin ini, sehingga bisa langsung siap²

    BalasHapus
  17. saya jadi membayangkan pas di suntik, orangnya takut dan reflek nguntir gas sepeda motornya. bisa berabe urusannya. he he..

    BalasHapus
  18. Sebelum piknik disuntik dulu cus... Cara seperti ini efektif untuk mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat. Kalau pada malas vaksin atau yang bingung cari tempat vaksin bisa sekalian jalan-jalan bareng keluarga.

    BalasHapus
  19. sekarang semakin banyak tempat-tempat yang menyediakan sentra vaksinasi. memang mantab sih programnya

    BalasHapus
  20. Kalau vaksinasi di tempat umum apalagi tempat wisata kayak gini rasa horor dan takut jadi sedikit berkurang. Beda klo vaksinnya di rumah sakit atau tempat tertutup lainnya, jadi kayak gimana gitu

    BalasHapus
  21. Kalau dibayangin asik juga ya vaksin di theme park gini, hhehe. Di tempatku belum ada nih yang kaya gini.

    BalasHapus
  22. Coba semua kawasan wisata meniru cara ini. Ada diskon tiket masuk, syukur kalo bisa digratiskan buat yg mau vaksin. Pasti semua rame mau deh. Soalnya orang2 kalo ga dipaksa/diimingi hadiah gitu, ya males datang. Apalagi banyak berseliweran hoax di lapangan atau di group WA. Semoga pandemi ini lekas usai ya kak.

    BalasHapus
  23. wah asyik nih, vaksinasi sistem drive thru di Jepara Ourland Park, jadi gak perlu nunggu berkerumun ya, saya juga sudah vaksin mba sebagai langkah ikhtiar :)

    BalasHapus
  24. Seneng banget sekarang orang-orang udah makin aware sama vaksinasi ya kak. Karena emang vaksin ini jadi salah satu upaya untuk balik ke kehidupan normal sebelum pandemi, jadi emang kudu vaksin Covid-19 sih mau nggak mau

    BalasHapus
  25. Kalau liat dlu tuh jepara sempet jadi zonahitam trus baca ini jd super lega dan turut bahagia. Bahkan vaksin pun bs drive thru skrg

    BalasHapus
  26. Wah ada Jateng Park juga, belum pernah ke sana. Seringnya ke Jatim Park hehe. Enak yah kalo ada vasin drive thru ngga perlu turun lagi.

    BalasHapus
  27. Vaksinasi drive thru kayak gini jelas memudahkan banget ya mbak, di tempatq belum ada kayaknya nih karena belum pernah liat

    BalasHapus
  28. Sangat memudahkan sekali ya..Vaksinasi sistem drive thru di Jepara Ourland Park.
    Warga Jepara tidak perlu khawatir akan kerumunan. Karena sudah terjeda dengan baik.

    BalasHapus
  29. Seru juga ya vaksinasi sistem drive thru. Aku ingat dulu vaksin pertama nunggu sampai 6 jam dong. Hiksss hahahaha. Lelaaahhhh. tapi bersyukur sudah vaksin

    BalasHapus
  30. Vaksinasi bakal sukses dan merata kalo sistemnya diperbaiki. Gak lg lama2 antre lg. Sistem drive thru ini bs jd sistem antre yg gak bikin jenuh dan gak pake lama. Inget pengalaman saya antre di balai desa, panas2an dan gak enak banget deh. Coba ada yg drive thru gini di Sidoarjo

    BalasHapus
  31. Waah, enak amat nih bisa vaksin Drive thru. Masyarakat jadi dimudahkan. Sambil jalan aja. Hehe ..

    BalasHapus
  32. Vaksinasi salah satu upaya pemerintah peduli perlindungan rakyatnya

    BalasHapus
  33. Vaksinasi memang membutuhkan kerjasama banyak pihak ya, Kak. Tidak hanya pemrintah, tapi juga pihak swasta, dan kesadaran masyarakat juga dibutuhkan untuk menyukseskan vaksin. Yuk, ah..Pada vaksin, biar kita bisa holiday lagi..

    BalasHapus
  34. Cara yang unik dalam pelayanan vaksinasi ya, pasti rugi kalau yg blm vaksin tdk datang ketempat ini.

    BalasHapus
  35. Unik lucu juga kak. Ada vaksin drive thru seperti itu. Tapi harus lebih berhati-hati lagi jg ya kalau gitu

    BalasHapus
  36. alhamdulillah udah vaksin full sejak bulan maret. tapi aku masih penasaran sih tiap kali lihat foto vaksin drive thru gini, berasa beli mekdi ya hahaha

    BalasHapus
  37. Makin ke sini cara vaksin makin menarik ya, dan ini emang penting banget sih biar makin banyak warga yang dapet vaksinasi. Semoga aja Indonesia bisa mencapai target herd immunity biar masalah covid-19 ini cepat mereda. Tapi walaupun sudah vaksin, jangan lupa untuk tetap prokes

    BalasHapus
  38. aduh kok aku liatnya luucuu ya yg di vaksin di mobil bak gitu..kaya mau kondangan kalau di kampung mamahku hihi

    BalasHapus
  39. Keren nih cara vaksinasinya, bisa bikin tempat hiburan rame juga kan. Orang-orang jadi lebih tau tentang tempat hiburannya. Dan juga, ini mendukung banget sih buat pemerintah menghasilkan herd immunity

    BalasHapus
  40. Drive thru lebih aman ya karena bener2 jaga jarak. Di jkaarta juga banyak

    BalasHapus
  41. menarik nih kalau ada vaksinasi drive thru, apalagi diadakan di lokasi wisata. Abis vaksin langsung bisa piknik. Di Malang saya belum pernah dengar ada vaksinasi drive thru gini mbak

    btw tiket masuk JOP murang juga ya, cukup bayar 35 ribu di hari kerja.

    BalasHapus
  42. Hmmm... Keren nih idenya vaksinasi Drive thru. Meminimalisir kerumunan dan sepertinya lebih efektif Karan tdk perlu antri2 lagi. Semoga pandemi ini segera berlalu. Rasanya udah lelah banget.

    Btw,Keren banget istana Aladin nya.

    BalasHapus
  43. Uwoooo keren amat sih di Jepara udah bisa drive thru. Di sini masih sering ngantri panjang dan lama.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)