Pengalaman Mendaftar blu via redi untuk Membuat Pos-Pos Pengeluaran Lebih Mudah

Dari membaca literasi finansial, saya tahu bahwa memisahkan pos-pos dana di awal gajian sangat penting. Cara ini akan memaksimalkan penggunaan uang sehingga meski penghasilan tak seberapa pun bisa jadi tabungan di masa depan. Ada yang seperti saya?

review aplikasi blu


Wah banyak juga teman saya. Hehehe. Yah begitulah. Mempraktikkan ilmu yang ada, tak bisa sekali dua kali, tapi harus bertahap dan berkomitmen. Dalam hal ini saya dibantu sekali oleh blu by BCA Digital. Saya daftarnya melalui aplikasi redi. Mumpung ada bonus kuota Telkomsel sebesar 10 GB dan saldo bli Rp50.000,- bagi pengguna Telkomsel yang buka rekening blu melalui aplikasi redi. Asyik, kan?

Pucuk cinta ulam pun tiba. Saya pengguna Telkomsel sejak kartu perdana pertama sampai sekarang. Bahkan sudah menjadi kartu sakti sehingga bisa beli paket data super irit dengan kartu tersebut. Sejak tahun 2014 sampai sekarang nomor HP saya jadi nomor WhatsApp dan kartu data untuk berselancar di dunia maya.

Artikel kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat pos-pos pengeluaran yang super mudah menggunakan bluSaving dari blu by BCA Digital. Ini adalah aplikasi bank digital terbaik. Asyik, kan?



Mencukupkan gaji berapapun jumlahnya

Banyak orang yang kehabisan uang di tengah bulan, dan ini tidak selalu berkaitan dengan kecilnya jumlah pemasukan. Hal semacam ini juga dialami oleh pekerja dengan gaji tinggi atau pengusaha dengan omzet besar. Kuncinya bukan ada pada jumlah uang yang diatur tapi bagaimana cara pengaturannya.



Saya sudah pernah merasakan gaji besar - menurut ukuran di sini - dan namun tidakk mempunyai tabungan atau investasi. Yang saya dapatkan adalah berat badan dari 48 kg menjadi 68 kg karena sangat suka jajan.

Memang, sih, badan membesar pasca menikah itu kerap terjadi dan dianggap wajar. Namun setelah lebih paham tentang konsep dan nilai uang, maka saya bisa simpulkan bahwa pada masa muda saya tidak bisa mengatur pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Saya tak mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Keseringan jajan.

Sekarang saya sudah lumayan bersantan untuk urusan keuangan, sehingga saya dapat mengetatkan pengeluaran. Anak-anak sudah besar sehingga dana kuliah harus disiapkan. Ini berarti menyiapkan kendaraan dan kebutuhan lainnya agar ia bisa menjadi remaja yang siap bekerja. Pos lain tak kalah penting, yaitu dana darurat dan dana mudik. Juga dana untuk memiliki mobil. 

Dengan gaji yang masih tergolong kecil, semua hal di atas serasa beban. Kalau tak tahu cara mengaturnya. Kalau tidak cermat membagi pos-pos pengeluaran di awal, dan konsisten melakukannya. Akan lebh mudah kalau kita pakai aplikasi keuangan terbaik.

Sebelum ini saya punya tiga tabungan dan suami punya 2 tabungan. Masing-masing dari kami punya rekening utama untuk keluar masuk dan sisanya adalah rekening untuk dana tak terduga. Kami menyebutnya demikian karena memang tidak menamainya. Mana yang bisa diambil untuk dana tak terduga itulah yang dipakai. 

review aplikasi redi


Contohnya saat anak diterima di sekolah kejuruan dan sekolah itu hanya memberi waktu 5 hari untuk melunasi dana pendidikan selama setahun. Jika tak ada simpanan, bisa tabrak-tubruk keluarga untuk pinjam uang, dan itu sangat tidak mungkin. Mana ada sekarang ini keluarga yang dengan mudah meminjami uang?

Dana tak terduga itu kami miliki karena sering segera mengirim sejumlah uang dari penghasilan kami ke rekening bank yang memang difungsikan untuk itu. Dengan cara ini, kami jadi lebih hemat karena dipaksa mencukupkan sisa uang yang memang untuk kebutuhan harian. 

Intinya memang bukan seberapa jumlah penghasilan kita tapi berapa kita bisa menyimpan uang di awal bulan dan mencukupkan sisanya. Sebagai contoh nyata, kami cukup lama bertahan dengan pengeluaran di bawah 2 juta per bulan. 

Trik kami adalah, beberapa kebutuhan kami cukupi dari kebun sendiri. Untuk lauk juga kami siasati dengan beli langsung di tempat pelelangan ikan atau langganan yang rata-rata kami kenal sejak awal menikah. Itu artinya sejak 18 tahun yang lalu. Harga pastilah sedikit berbeda. Kulkas dan food preparation adalah kuncinya. 

Orang setia memang biasanya disayang di mana-mana, ya.


bluSaving untuk pos pengeluaran

"Nabung jadi hobi, bukan kebiasaan" demikian kata blu. Lumayan mengiris hati orang-orang yang kepayahan dalam membiasakan menabung. Jadi pengen meringis, kan? Jangan menangis, baca review aplikasi blu di Cakrawala Susindra saja.

blu by BCA Digital


Tapi memang sih, blu ini enggak main-main kata saja. Memang ada benarnya. blu sebagai aplikasi perbankan milik BCA Digital memang menyiapkan beberapa fitur keuangan yang inovatif. Salah satunya adalah bluSaving. 

"bluSaving adalah pemisahan tabungan dalam satu rekening bluAccount yang bisa diatur sesuai dengan tujuan kamu. Selain gampang buatnya, bluSaving menawarkan suku bunga yang kompetitif biar kamu bisa cepet merealisasikan goal tabungan kamu."

Buat yang belum tahu, nih, dengan bluSaving, kita bisa membuat 10 tabungan sesuai dengan kebutuhan, dan semuanya berada dalam satu rekening saja. Bisa dipahami atau tidak?

Jadi gini, bluSaving itu semacam tabungan rencana masa depan kita yang berbentuk pemisahan tabungan dalam satu rekening. Contohnya saya, nih, punya nomor rekening blu (disebut bluaAccount), di rekening itu saya bisa membuat pos-pos tabungan sesuai dengan tujuan saya menyimpan uang. Tak kalah canggihnya dengan aplikasi keuangan terbaik saat ini.

Jumlah yang bisa dibuat dalam satu rekening adalah 10 tabungan. Nah, tabungan ini bersifat pribadi. Nasabah bisa mengatur tabungan sesuai dengan tujuannya. Misalnya budget yang disimpan, tujuan menyimpan, durasi menabung dan sebagainya. Asyknya, sih, semua bebas bea admin. Uang utuh dong!

aplikasi bank digital terbaik


Contohnya; dana sekolah A, dana sekolah B, dana sekolah C, dana qurban, dana lebaran, dana piknik, dana kendaraan keluarga, dana kendaraan anak, dana mudik, dana renovasi rumah, dana haji, dana pernikahan anak, dana asuransi, dana investasi, dan lain sebagainya.

Dana-dana di atas harus diambilkan dari pendapatan pertama atau awal bulan. Cara ini akan membuat kita bisa dengan mudah menabung. Bisa juga ikut investasi kecil-kecilan dan punya asuransi kesehatan.


redi untuk semua pengguna Telkomsel

Ada yang kenal dengan redi? Pasti dong. Kan layanan aplikasi mobile banking-nya Telkomsel. Ini si raja diraja telekomunikasi di Indonesia. Saya sebagai pemakai kartu telpon dan data dari provider merah ini, menggunakan aplikasi redi untuk top up pulsa/data. Enggak kepikiran menggunakannya untuk aktivitas banking, sampai kenalan dengan blu. Transaksi cashless sudah jadi bagian dari hidup sehari-hari.


Awalnya sih demi dapat kuota 6 GB gratis dengan daftar blu melalui redi, dan blu juga memberi bonus uang tunai. Cocok dong. Langsung cus aja daftar.




Untuk yang belum tahu, redi adalah layanan aplikasi dari Telkomsel Mobile Banking yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk dapat mengakses rekening banknya melalui telepon genggam. ... Aplikasi ini memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan perbankan dengan lebih dari satu bank.

Aplikasi redi memberi beberapa kemudahan bagi penggunanya, seperti:

  1. Mengakses lebih dari satu rekening Bank dalam satu aplikasi
  2. Transfer uang ke nomor handphone dari rekening bank
  3. Fitur reminder untuk bayar tagihan listrik, air dan handphone tanpa terlewat
  4. Report pengeluaran yang dilakukan setiap bulan
  5. Mengetahui program promo terbaru dari Telkomsel dan Bank

Yang terakhir ini yang bikin tambah semangat Maklum pencari promo...

Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati dalam sambutannya menjelaskan bahwa Telkomsel merupakan mitra kerja sama ideal bagi BCA Digital untuk tumbuh bersama dan memberikan seamless banking experience yang lebih mudah serta nyaman bagi nasabah blu maupun pengguna redi.


Pengalaman mendaftar blu via redi 

November kemarin saya resmi punya akun blu untuk kemudahan transaksi perbankan. Biasalah... kepincut promo dan review aplikasi blu dari sesama teman bloger. Racun benar deh mereka tuh, jelasin aplikasi ini dengan detail dan sangat menggoda.

Saya sangat suka dengan fitur bluSaving, sih ya. Pas banget dengan program menabung saya dan suami. Pas pula ada promo menarik, yaitu kuota gratis 6 GB dan saldo blu Rp50.000,-.  

Ke depannya malah ada beragam program loyalty dan reward, yang akan terus dihadirkan redixblu untuk memberikan lebih banyak lagi pengalaman akses keuangan digital bagi pelanggan. Cool!

Yuk saya mulai sharing pengalaman mendaftar blu via redi... Sekalian review aplikasi redi dan review aplikasi blu.

  1. Bagi sobat yang belum punya aplikasi redi, sebaiknya unduh dulu di aplikasi redi. Datanya tidak besar dan banyak manfaatnya.
  2. Unduh dan instal aplikasi blu juga. Pengguna aplikasi blu Apple atau aplikasi blu Android? Pilih ya, namun jangan isi apapun. Langsung balik ke aplikasi redi saja. 
  3. Gunakan no Telkomsel untuk mendaftar di redi.
  4. Masukkan rekening bank. Pilih "BCA Digital". Jangan isi nomor rekening, tapi langsung klik "Hubungkan dengan rekening blu.
  5. Langsung mulai saja daftar. Mudah sekali. Pertama siapkan password blu. Kedua, foto KTP sesuai bidangnya, foto dirimu dengan pose yang tidak lebay, dan isi data diri. Semua data dijamin keamanannya. 
  6. Setelah semua terisi, langsung klik vcall saja. Tidak lama, hanya verifikasi data yang kita tulis tadi. Plus pegang KTP untuk difoto mbak costumer service blu.


Dokumen yang perlu disiapkan untuk membuka rekening blu via redi hanya KTP asli. Untuk Vcall, pastikan di jam operasional, yatu pukul 06.00 - 22.00 WIB. Siapkan KTP, gunakan browser Chrome, dan duduk manis di tempat yang punya koneksi lancar. Siap video call-an deh.

Oh ya, pengalaman vcall, nih, jangan mundur meski dapat antrian panjang. Saya dapat antrian 19, dan ternyata menunggu tak sampai 1 menit. Sampai kaget, deh. Padahal sedang bantu Gi membuka jajan...



Setelah vcall, biasanya nomor rekening blu bisa langsung didapatkan. Buka saja aplikasi blu dan masukkan password yang dibuat di redi tadi. Voila! Punya rekening aplikasi bank digital terbaik, deh. Sesimpel itu.

Bagaimana? Apakah review aplikasi blu dan review aplikasi redi ini bermanfaat? Langsung share dan praktik ya! Ajak teman-teman untuk mengatur keuangan dengan membuat pos-pos pengeluaran di awal dan simpan dana-dana tersebut di bluSaving. 

aplikasi keuangan terbaik


Apapun impianmu pasti terwujud kalau konsisten melakukannya, arena tak ada yang tak mungkin bagi orang yang mau berusaha mewujudkannya. Terus tambah pengetahuan literasi finansial untuk hidup lebih baik dan lebih mudah.

32 Komentar

  1. Bagus banget ya kak jadi tertip pembukuan dan terkontrol srus keluar masuk keuangan kita.

    BalasHapus
  2. Jadi bisa bikin pos-pos keuangan ya, Mbak. Bikin semangat nih nabungnya kalau begini. Karena bisa kelihatan jelas pembagiannya

    BalasHapus
  3. baca tulisannya Mbak Susi, saya jadi penasaran pingin buka blu by BCA Digital
    saya setuju, berapa pun uang yang kita miliki, rasanya gak cukup

    karena itu harus bikin rencana, dan displin membagi penghasilan dalam beberapa pos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang berapa pun cukup asal bisa mencukupkan

      Hapus
  4. Sebetulnya praktik finansial berkelanjutan itu sederhana ya mba. Asalkan mau melakukannya. Gak cuma diniatin, tapi dipraktikin. Hihihi.

    Duet maut ini mah, redi dan blu, telkomsel dan bca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Kalau niat saja pasti sulit. Biasanya kalau dapat transferan, separuh langsung saya larikan ke rekening khusus. Jadi penggunaannya masih random

      Hapus
  5. Nabung oh nabung,ini yang paling sulit tetapi kalau niat dijalankan sebenarnya bisa,he...he...he...selama ini kalau nabung,gampang dijebol mbak.Boleh juga dicoba blu by BCA Digital supaya keuangan terkontrol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami punya 5 rekening dan hanya 3 yang untuk transaksi normal. 2 rekening benar-benar untuk tabungan.

      Hapus
  6. Kata temen saya yang sudah gabung di Blu BCA ini emang nabung jadi gak rumit sebab no biaya admin. Mudah2an kesan positif pelanggan ini jadi prioritas untuk meningkatkan pelayanan ke depannya.

    BalasHapus
  7. Blu BCA memang tempat taro uang yang aman, nabung di bca ga rumit dan tanpa biaya, pelayanan-nya selalu terdepan

    BalasHapus
    Balasan
    1. BCA memang plihan tabungan terbaik untuk mereka yang di daerah dan pilihan bank-nya tidak banyak.

      Hapus
  8. Praktis juga ternyata Blu ya. Pas kubaca tulisan ini akupun jadi tau kalo Blu bisa membantu kita dalam menyimpan dan mengatur keuangan kita.

    BalasHapus
  9. Saya baru tau Blu BCA ini diversifikasi produk BCA atau produk pelengkap saja ya..keren nih fiturnya ..jadi kepo mau coba

    BalasHapus
  10. TELKOMSEL dan BCA. Perpaduan 2 jenama yang well-managed banget. Dah puluhan tahun saya tidak berpaling dari 2 jenama ini. Dari artikel ini juga saya baru tahu ada REDI. Ternyata mumpuni juga layanannya ya. Bagus disandingkan dengan BLU yang dimiliki BCA. Jadi tambah penasaran.

    BalasHapus
  11. Era digital ini terkadang pengluaran bisa lebih banyak ya mba karena semakin mudah mau transaksi pembayarannya. Dengan gunakan aplikasi gini kayaknya bisa terbantu untuk manajemen pengelolaan keuangannya ya. Saya memang nasabah BCA tapi belum cobain pakai BLU nih.

    BalasHapus
  12. Pos pengeluaran jadi lebih tertata sih ya, gak berantakan dan ketahuan keluarnya untuk apa

    BalasHapus
  13. Aplikasi Blu BCA akan memberikan layanan akses keuangan perbankan lebih inovatif.

    BalasHapus
  14. Hal yang aku sukai dari blu ini adalah bisa bikin 10 rekening sekaligus
    Ini pas banget buat atur pos pos pemgeluaran keluarga

    BalasHapus
  15. Kenapa yaaa kalo udah dihadapkan pada kata :NABUNG sedihnya kalo pas ada keluarga yang juga lagi butuh?

    Tapi kalo dengan blusaving kayaknya menjadi solusi nih mbak Susi, pisahin aja, beres

    BalasHapus
  16. Aku pengguna setia Telkomsel dan BCA, kok gak tau ya ada blu ini, huhuhu kurang update banget padahal banyak keuntungan. Nanti aku cek-cek lagi deh

    BalasHapus
  17. Membaca tulisan ini membuat saya tertampar. Sebab saya merasa belum pintar dalam mengelola keuangan. Terima kasih atas tipsnya ya, mbak. Butuh banget memang untuk dana cadangan ini

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah udah punya blu juga dan benar benar bantu buat bikin pos pos tabungan, salah satunya buat tabungan persiapan adik masuk SMA. Semangat nabung jadinya

    BalasHapus
  19. aku juga udah cobain buka redi sama rekening blu nih mba, lumayan banget ya bisa atur pos-pos keunagan nih jadinya

    BalasHapus
  20. Mbak mau tanya dong, untuk blusaving itu bisa disetting auto debit dr rekening utama gt atau kita harus manual mindahin uangnya satu2? fitur ini menarik banget sih menurutku.

    BalasHapus
  21. Sering banget aku baca ulasan positif memgenai Blu ini kak. Mulanya gak tahu kalau ini produk dari BCA juga ternyata iya. Aplikasi Blu memang banyak banget manfaatnya. Cocok sih utk orang-orang yang mulai nabung via digital. Pastinya bakal mudah dan praktis

    BalasHapus
  22. memang penting banget sih mengatur pos pos pengeluaran saat gajian. biar semua bisa dialokasikan pada tempatnya. Enaknya, sekarang sudah ada aplikasi blu. bikin lebih mudah.

    BalasHapus
  23. Baca postingan mbak susi bikin aku senyum senyum.. Kaya ada yang sama gitu, tp jadi tamparan mbak. Aku juga suka jajan soalnya :( Pengen punya jadinya, tp harus jadi nasabah BCA dlu ya .. Baiklah

    BalasHapus
  24. Suka banget ini, kak Susi. Bahwa menabung itu bisa menjadi sebuah kebiasaan.
    Dan pentingnya menyediakan dana darurat sehingga kalau ada apa-apa gak nubruk-nubruk.

    Bersama blu by BCA Digital, kita bisa mengatur keuangan dengan lebih sistematis karena ada fitur keuangannya yang sangat membantu.

    BalasHapus
  25. kok keren ya mba. kayak nabung sndiri jdi kita bsa atur pos tabubgan kita itu untuk apa.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)