Jika Ibu Hamil Kurang Kalsium

Jika ibu hamil kurang kalsium, biasanya ia sering mengalami nyeri di tubuhnya, kesemutan, serta kram otot kaki. Hal ini terjadi karena jumlah kalsium yang dikonsumsi harus dibagi dua, yaitu untuk dirinya sendiri dan untuk janin yang ia kandung. Hal ini membuat kehamilannya menjadi tidak nyaman. 

jika ibu  kurang kalsium


Kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan hal-hal lain yang bisa membuat persalinan lebih sulit. Ini bukan artikel untuk menakuti ya. Saya ingin para ibu hamil menyadari bahwa mengandung itu sebuah proses panjang yang dapat mengubah diri kita secara fisik.

Contoh paling dekat dengan saya adalah area tulang rusuk saya baru saja merasa tidak sakit sekali. Butuh waktu lama untuk sembuh. Padahal waktu itu hanya sedang lengah aja. Saya baru melahirkan 4 bulan sebelumnya dan harus merawat ibu yang tak dapat berjalan selama sebulan penuh. Biasanya saya datang ke rumah saudara untuk bergantian merawat beliau. 

Saya tidak membeli susu dan suplemen yang dibutuhkan karena ibu lebih butuh. Saya mengerjakan pekerjaan tugas saya tanpa ART, dan dalam kondisi kelelahan luar biasa sekaligus kurang tidur. Suami juga harus pulang karena bapak mertua sakit keras lalu meninggal.

Dalam kondisi semacam itu saya meminta anak untuk pijat kaki. Agar lebih cepat selesai mengurai sakit di badan. Baru kakinya naik langsung saja posisi badan saya turun dengan sangat cepat seperti spons yang diinjak. Sejak saat itu ada bagian dari rusuk saya yang masih sakit, dan sakit itu bertahan selama 2 tahun.

Betapa berbahayanya jika kekurangan kalsium. Dan bisa jadi testimoni betapa bahayanya pijat kaki jika kondisi tulang rapuh. Makanya saya menulis kali ini di blog Cakrawala Susindra.


Yuk kenalan dengan si kalsium

Kita sudah sering dengar tentang kalsiu dan manfaatnya. Tapi pernahkan mencari tahu definisi kalsium?

Kayaknya sudah jadi kebiasaan saya deh, mencari informasi dasar sepert ini. Sebenarnya ini jenis kepo yang baik juga, sehingga saya tak perlu merasa malu. Hihihi.


definisi kalsium

Kalsium adalah mineral penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi. Itu definisi paling singkat dan mewakili. Tapi tidak lengkap karena kalsium juga dibutuhkan untuk membantu fungsi saraf, kontraksi otot, pembentukan darah dan berperan dalam fungsi jantung. 

Jadi, kalsium adalah mineral paling banyak dalam tubuh dan termasuk paling penting. Ini bisa melengkapi definisi di atas.

Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh. Sekitar 99% total kalsium dalam tubuh ditemukan dalam jaringan keras yaitu tulang dan gigi. Itulah sebabnya kalsium selalu dihubungkan dengan kesehatan tulang. 

Dalam kondisi normal, kadar kalsium dapat terkontrol dengan baik. Tapi beda lagi ceritanya jika jumlah asupan kalsium menurun, maka kekurangannya diambil dari tulang. 

Kalsium di dalam tulang mudah dimobilisasikan kedalam cairan tubuh dan darah, bila diperlukan untuk diteruskan kepada sel-sel jaringan yang lebih memerlukannya. Itu sebabnya jangan sampai lupa makan makanan dan suplemen berkalsium sesuai jumlahnya. 

Kalsium ada dalam darah, berikatan dengan protein dan albumin. Pasalnya kalsium diperlukan untuk transmisi impuls saraf serta untuk kontraksi otot miokardium dan otot rangka . Makanya jangan heran jika ibu hamil sering merasa kebas. 

Jika kalsium dalam darah kurang, maka kalsium dari otot akan digunakan untuk mengendalikan jumlahnya. Jika terjadi terus menerus, maka tulang ibu hamil bisa rawan keropos sebelum waktunya.


Bagaimana jika kelebihan kalsium? 

Pada dasarnya kalsium yang berlebih akan disimpan di tulang. Namun hanya kalsium yang sudah terionisasi. Kalau belum, maka akan keluar dari tubuh melalui urin atau feses. Namun juga jangan berlebihan sekali.



Jumlah kebutuhan kalsium harian setiap orang berbeda. Ibu menyusui boleh mengonsumsi lebih dari 1.200 miligram kalsium per hari. Batas maksimal yang sangat tidak baik adalah 2.500 miligram. Jumlah besar ini malah menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh dan persalinan nantinya. 

Jika kelebihan asupan kalsium, bumil berisiko untuk terkena batu ginjal. Bukan itu saja, bahkan penyerapan zat besi dan seng dari makanan yang dikonsumsi juga dapat terhalang. Padahal proses ini juga sangat dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin. 

Istilah medis untuk kelebihan kalsium adalah hiperkalsemia. Kondisi hiperkalsemia biasanya disebabkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif. Selain risiko batu ginjal, kelebihan ini juga dapat mengganggu cara kerja jantung maupun otak. 

Apa-apa yang berlebihan memang tidak baik. 


Suplemen kalsium

Kebutuhan kalsium ibu hamil adalah antara 1200 - 1300 mg per hari. Sebaiknya tepat jumlahnya. Ketepatan ini membuat hamil menjadi lebih nyaman dan risiko osteoporosis dapat dicoret dari daftar.

Sebenarnya bukan hanya ketepatan jumlah akan tetapi juga wajibnya mineral tertentu yang harus ada saat mengkonsumsi kalsium. Mineral penting tersebut adalah vitamin  C, D, dan B6. Ketiganya dapat membuat kalsium terserap secara optimal.



Kalsium untuk ibu hamil yang juga mengandung vitamin C, D, dan B6 ada pada suplemen kalsium CDR. Tambahan vitamin ini akan membantu penyerapan kalsium dari makanan dan mencegah hilangnya kalsium dari tulang.

Suplemen ini terdiri dari tablet effervescent yang mudah larut di dalam air.  Paling senang saat memasukkan tablet CDR ke dalam gelas bening yan sudah berisi air. Gelembungnya minta difoto.... Bahagia yang sangat sederhana, ya.

Suplemen ini punya rasa jeruk yang segar. Manisnya pas, segarnya tepat. Tak harus pakai air dingin untuk dapat menikmati kesegarannya. 

Yang bikin saya merekomendasikan produk ini selain enak dan tepat takaran, juga karena sudah 50 tahun hadir di antara kita. Saya dapa rekomendasi dari sahabat baik yang paham gizi dan diyakinkan bahwa CDR sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil. 


Kapan sebaiknya minum kalsium saat hamil?

Kebutuhan kalsium pada ibu hamil sangat tinggi. Risiko kekurangan juga sangat besar. Rasanya tidak layak mengambil risiko ini hanya demi berhemat. Kesehatan adalah investasi, sebagaimana anak juga investasi. Bahkan bisa jadi asuransi masa tua kita. Makanya perlu menjaga pola hidup sehat.

Kalau ditanya kapan waktu kita paling banyak butuh kalsium, jawabannya adalah di semua trimester. Trimester adalah pembagian bukan hamil agar memudahkan menghitungnya. 

Ada yang mengatakan bahwa trimester pertama dan ketiga yang paling butuh. Mungkin karena pada saat ini memang ada kebutuhan-kebutuhan khusus yang harus dipenuhi serta kondisi khusus yang harus ditangani.

Tahulah kalau trimester pertama membuat ibu hamil. Sering mengalami Mual muntah dan sebagainya. Makanya dianggap waktu yang paling butuh kalsium. 


Saat trimester ketiga, kaki sering kram dan kesemutan jika kurang kalsium. Maka dikatakan trimester ketiga yang paling penting. 

Lha bagaimana dengan pertumbuhan janin yang amat sangat cepat pada trimester kedua? Makanya saya setuju jika kalsium tepat takaran sangat penting selama masa kehamilan, tanpa batasan usia trimester. Lebih baik selalu pastikan kalsium ibu hamil selalu dikonsumsi di trimester satu, trimester dua, hingga trimester tiga kehamilan. 

Mengenai waktu konsumsi suplemen kalsium (dan mineral lainnya), sebaiknya diminum pada pagi hari setelah sarapan. Ini waktu yang baik. 

Konsumsi makanan tepat gizi, suplemen tepat sasaran, minum air putih yang cukup, dan istirahat yang berkualitas juga penting bagi ibu hamil. Membuat kehamilan menjadi nyaman dan lancar, serta bayi lahir dengan sehat


Akibat ibu hamil kekurangan kalsium

Di atas sudah banyak dibahas serba-serbi kalsium. Tapi ibu hamil punya kondisi khusus. Maka akibat defisiensi kalsium juga beda. 

Berikut ini dampak buruk kekurangan kalsium:

  1. Nafsu makan menurun
  2. Sering kram otot kaki.
  3. Sering kelelahan tanpa sebab
  4. Penurunan daya ingat dan menjadi mudah lupa.
  5. Mengalami tekanan darah tinggi selama hamil.
  6. Mengalami kelahiran prematur.
  7. Mati rasa atau kesemutan di jari.
  8. Pertumbuhan bayi lambat.
  9. Bayi tak mendapatkan cukup kalsium di tulang.
  10. Mengalami masalah jantung.


Akibat-akibat di atas memang bukan penyebab tunggal kekurangan kalsium, namun bisa jadi pengingat apakah ibu hamil sudah mencukupi kebutuhan kalsiumnya hari ini.



Semoga artikel ini bermanfaat.
Selamat menjalani kehamilan dengan bahagia, ya. Sobat lebih dari layak untuk mendapatkan kebahagiaan dan kenyamanan selama hamil karena sedang mengandung calon pemimpin di bumi ini.

15 Komentar

  1. bunda selalu jaga kondisi si kecil yang masih dalam kandungan dengan memakan makanan yang bergizi

    BalasHapus
  2. Aku yang kerasa banget, ya gigi ini. Dan ini sepertinya mulai kerasa area punggung..

    BalasHapus
  3. Sehat selalu Kak, perjuangan seorang ibu begitu berat ya, Kak. Insya Allah pahalanya juga besar. Terima kaish untuk para mom yang telah berjuang dan selalu sabar.

    BalasHapus
  4. Tidak saat hamil saja, sekarang sekarang ini pun saya masih minum suplemen untuk menambah kekurangan zat tubuh yang sangat diperlukan. Apalagi kalsium untuk usia cantik ini harus bener diperhatikan ya

    BalasHapus
  5. saya juga selalu minum suplemen kalsium CDR setiap hamil

    beruntung kita bisa ke dokter dan bidan ya Mbak Susi?

    banyak yang gak peduli dan akhirnya kekurangan calcium

    BalasHapus
  6. Aku dulu saat hamil sama dokter diberikan suplemen kalsium CDR.Kalsium memang dibutuhkan selama hamil.Namun dimasa sekarangpun aku masih minum CDR mom tapi dosisnya tidak sebesar saat aku hamil

    BalasHapus
  7. Saya pernah ngalamin kekurangan kalsium saat hamil anak pertama. Ya Allah itu gak enak banget. Badan cepat letih dengan tulang-tulang yang terasa gampang rontok saat diajak beraktivitas. Mana saya kan alergi susu. Alhamdulillah akhirnya ketemu dengan CDR ini. Dan karena saya ada maag akut, minum CDR nya diatur sekitar 30 menit setelah makan.

    BalasHapus
  8. Iya kalsium penting banget untuk tubuh terutama ibu hamil, agar kuat dan anak juga sehat.

    BalasHapus
  9. Duh selama ini sata tahunya ilmu sejak jaman SD, bahwa kalsium itu untuk pembentukan tulang dan gigi. Ternyata masih ada manfaat lainnya bagi tubuh.

    Memang ya, kurang efeknya nggak baik, berlebihan pun juga membawa akibat tak baik pula. jadi memang harus pas jumlahnya asupan kalsium ini untuk tubuh. kebutuhan untuk ibu hami tentu berbeda dengan yang sedang tidak hamil

    BalasHapus
  10. Kalsium penting banget buat tubuh
    Apalagi untuk ibu hamil
    Makanya selain makan makanan bergizi juga perlu minum vitamin kalsium ya

    BalasHapus
  11. CDR emang solusi nambah kalsium yang pas untuk segala umur termasuk ibu hamil ya mbak, andalan banget dehh

    BalasHapus
  12. Siip nih infonya pas nanti daku menikah kemudian hamil, bahwa kebutuhan kalsium dan kalium itu diperlukan

    BalasHapus
  13. Saat hamil, kalsium memang penting banget yaa apalagi kalsium yang kita konsumsi juga diserap sama bayi. gak heran beberapa bumil yang saya temui giginya goyang bahkan tidak jarang giginya tiba-tiba copot

    BalasHapus
  14. Setuju Mbak. Sampai saat ini saya pun masih merasakan tulang pinggang sakit ketika bangun tidur pagi, nah kalau pas lagi kambuh sakitnya gitu, setiap jelang tidur saya minumin susu cair, itu alhamdulillah dapat membantu.

    BalasHapus
  15. Bener nih, ibu hamil jangan sampai kurang kalsium. Dulu jempolku digerakkan sakit banget sewaktu hamil, pas di cek ternyata kekurangan kalsium kata dokter. sejak saat itu wajib banget konsumsi suplemen kalsium

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)