Ketika Ngantuk dan Butuh Penyemangat Menulis

Tiap hari saya harus menulis beberapa artikel. Ada target jumlah tulisan, dan ini terkait dengan target jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Kadang terpaksa lembur sehingga keesokan harinya mengantuk. Ketika ngantuk gini saya butuh penyemangat menulis. Salah satunya minuman energi Kratingdaeng.

Ketika Ngantuk dan Butuh Penyemangat Menulis


Kadang memang terasa lelah sekali. Punya anak usia 3 tahun tapi memiliki target menulis sejumlah buku, dan masih pula membuat target beternak blog demi cuan. 

Saya tidak mau menjadikan si kecil sebagai alasan untuk menunda target. Ia memang hadiah yang tiba-tiba diberikan, dan namanya hadiah harus diterima dengan suka cita. Apalagi Giandra adalah hiburan baru di rumah kami. 

Daripada menyalahkan kehadiran anak, lebih baik tetap produktif. Jika perlu, mengkonsumsi minuman berenergi untuk bantu hidup aktif dan dinamis. Buat saya itu pilihan yang tak bisa ditawar.

Memang pernah ada suatu masa ketika suami mengharap aktivitas menulis saya dikurangi secara signifikan. Kami berdiskusi beberapa kali dan akhirnya sepakat saya bisa tetap mengejar target dengan mengurangi kebiasaan menulis dan interaksi di beberapa media sosial. Bagi saya ini sebuah hasil bargain yang terbaik.


Ketika harus begadang

Bisa dikatakan, saya cukup sering begadang. Setidaknya 3 hari dalam satu minggu. Jam menulis efektif saya memang 21.00 WIB sampai pukul 01:00 WIB. 

Lumayan, ya. Mau bagaimana lagi. Agak sulit juga menyiasati kebiasaan produktif meskipun bukan hal yang tidak mungkin. Bisa kok diubah. Misalnya menulis pukul 02:00 dinihari. 

Saya pernah mencobanya. Berhasil? Berhasil tentunya, tapi saya jadi mengantuk di siang hari sementara si kecil adalah anak yang amat sangat aktif. Rumah berantakan parah dan beberapa benda rusak saat saya terlelap 30 menit di sebelah dia bermain. Hahahahaha.

Wait, dari tadi curcol saja. Begadang itu apa sih? Memangnya perlu dijelasin


definisi begadang

Menurut KBBI begadang adalah suatu kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tidur saat pagi datang. Kalau lihat definisi ini, kayaknya tidur sebelum jam 00:00 WIB itu belum masuk begadang. Benar, ga sih?

Saya tidak bisa jawab itu. Buat sebagian orang, yang disebut begadang adalah masih terjaga setelah pukul sembilan malam. Ada lagi yang menetapkan batasannya pukul sepuluh malam. Saya pakai batas yang terakhir ini. Terutama buat anak. Sebelum jam sepuluh anak-anak harus sudah tidur.

Saya percaya bahwa tidur lelap sebelum pukul sebelas itu sangat penting bagi tubuh. Makanya pukul sepuluh harus sudah di atas kasur. 

Tidur sebelum pukul 11 malam dapat membantu tubuh kembali bugar pada keesokan harinya. Membuat perasaan yang lebih tenang, nyaman, dan bahagia. Umumnya, jam biologis manusia butuh waktu istirahat paling lambat pukul 11 malam.

Tapi... namanya hidup kadang tak bisa menuruti kehendak. Dan saya belum mampu benar-benar punya waktu sendiri dengan kehadiran si kecil. Ada kalanya ia meminta terlalu banyak perhatian. Jika dirata-rata, menghasilkan kemungkinan begadang 3-4 kali dalam satu minggu.


Ketika butuh penyemangat

Sebenarnya begadang juga bisa dikatakan sebagai bentuk produktivitas. Jika memang ada faktor eksternal yang memang harus diperhatikan. 

Coba bayangkan jika saya memilih give up dan menyimpan semua target saya karena punya anak kembali. Bukankah itu artinya saya memilih tidak produktif?

Saya memang tak mau menyerah dengan keadaan. Menulis adalah cara saya merasa tetap hidup. Hidup yang menyala-nyala. Hidup yang bermanfaat dan bermakna. Yang penting saya tidak mencederai fitrah anak dengan kesibukan menulis.

Beruntung juga saya tipe yang termasuk sabar. Katanya jika sering begadang akan membuat emosian. Oh tidaaak.... Saya termasuk all out saat menemani keseharian dengan anak. All out juga saat menulis.



Nah, namanya begadang, kadang juga menghasilkan kantuk yang luar biasa. Kadang juga bikin badan kurang nyaman. Seperti kurang tenaga. Kadang disertai dengan menguap terus menerus. 

Padahal, saat menemani anak atau menulis itu, konsentrasi harus selalu tinggi. Wajib banget hukumnya. Ngantuk harus segera sirna. 

Kalau kondisi seperti ini, minuman berenergi seperti Kratingdaeng bisa dijadikan solusi. Sesekali saya meminumnya.

Saya butuh tenaga dengan cepat. Segar dan bugar kembali secepat mungkin. Saya termakan opini bahwa minuman energi dapat meningkatkan kewaspadaan mental, meningkatkan gerak tubuh, dan fungsi otak.

Yah, gimana ya, penelitian yang dilansir dari Pubmed menyatakan demikian. Menurut laporan penelitian, minuman energi atau energy drink dapat meningkatkan fungsi otak. Yang dimaksudkan dengan fungsi otak adalah memori, konsentrasi dan waktu reaksi, sekaligus mengurangi kelelahan mental.

Ditambah lagi tentang fakta gula yang dapat diolah menjadi glukosa dan digunakan tubuh sebagai bahan bakar energi. Rasanya memang seperti kembali mendapatkan energi kembali setelah meminum Kratingdaeng. 



Kratingdaeng dan semangat menulis

Pekerjaan rumah itu sungguh sangat banyak. Masih ditambah punya anak usia tiga tahun yang eksploratif. Masih mengejar target menjadi penulis blog dan penulis buku sejarah best seller. Kalau sedang kelelahan sekali dan kondisi mental menurun, rasanya seperti mengejar ekor sendiri.

Saya beberapa kali mengalami itu. Setidaknya tahun lalu. Tahun 2022 ini saya memutuskan harus bisa hidup produktif, aktif dan dinamis. Jika saya merasa ada yang tak beres dengan cara bereaksi akan sesuatu, saya langsung melakukan review. Usia 40++ memang sangat membantu dalam menyadari ketidaknormalan fisik atau mental. Juga sangat membantu untuk segera switch ke mode normal.

Kali ini sesuai judul, saya lebih fokus pada penyemangat menulis saja. Lebih tepatnya saya memfokuskan pada manfaat minum minuman energi Kratingdaeng.

Kratingdaeng termasuk minuman berenergi yang sehat. Kandungan kafen dan gulanya tidak lebay. Pas banget. Kadar gulanya aman, pun demikian dengan kadar kafeinnya. Masih ditambah beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan sebagai pelengkap penambah energi.  

Tidak hanya meningkatkan energi, manfaat minuman berenergi juga dapat meningkatkan performa dan konsentrasi agar lebih baik. Yang jelas, ngantuk langsung sirna.


Pengalaman minum Kratingdaeng 

Hampir setiap melakukan perjalanan, saya dan suami berhenti di minimarket untuk menghilangkan kantuk atau hanya sekadar mengembalikan konsentrasi. Kratingdaeng selalu jadi salah satu pilihan wajib. Biasanya kami minum langsung di kursi istirahat. 

Kebiasaan ini kadang saya lakukan saat tahu akan ada acara lembur yang lebay. Lembur lebay? Maksud saya, ada DL tapi belum punya ide sama sekali. DL-ers lomba menulis pasti paham maksud saya. Seperti sekaran ini nih, sebelum menulis kebetulan saya minum Kratingdaeng Red Bull



Kratingdaeng Red Bull mengandung taurine, lisin, kafein, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B3, Kolin, inositol, dan Pro Vitamin B5. Semuanya dalam komposisi yang terukur. Air yang digunakan dari air pegunungan. Gulanya asli, bukan pemanis buatan. 

Oh ya, Kratingdaeng Red Bull mengandung 50 mg kafein per 250 mL botol. Sesuai dengan ketentuan BPOM. Malahan lebih tinggi jumlah kafein dalam segelas kopi kesayanganmu. Meski kafeinnya tidak tinggi tapi bisa bikin lebih bertenaga seperti banteng merah yang menjadi ikonnya.

Dari berbagai sumber, saya mencatat setidaknya ada tujuh manfaat meminum Kratingdaeng Red Bull, yaitu: 

  1. Memaksimalkan fungsi otak.
  2. Membantu proses produksi energi.
  3. Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.
  4. Meningkatkan kerja sistem saraf.
  5. Membantu proses sekresi enzim untuk metabolisme lemak dalam tubuh.
  6. Memperbaiki fungsi kerja jantung
  7. Melindungi hati dan meningkatkan proses metabolisme lemak.

Minuman Energi Suplemen Kesehatan ini bisa dibeli di warung dekat rumah, di minimarket mana pun, juga di supermarket dan E-commerce. Ada di Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store. 




Sebelum menutup artikel ini, saya mau pesan sedikit, nih. Kalau memilih minuan berenergi, jangan minum minuman bersoda juga. Kandungan gula dalam Kratingdaeng misalnya, sudah 25 gram. Minuman bersoda biasanya mengandung 10 gram tiap 100 mililiternya. Lebih baik perbanyak minum air putih. Dan, sehari maksimal 2 botol Kratingdaeng, ya.... Jangan lebih. 

Yang paling penting adalah, minum satu jam sebelum melakukan aktivitas yang menjadi alasanmu lembur/begadang. 


Sumber: 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3653568/konsumsi-energy-drink-untuk-bantu-hidup-aktif-dan-dinamis

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3653568/konsumsi-energy-drink-untuk-bantu-hidup-aktif-dan-dinamis

29 Komentar

  1. Iya Mba Sus, bener deh bgadang itu banyak banget jamnya, bagi mereka yang biasa tidur jam 8, masih melek jam 10 dibilangnya bgadang.
    Buat aku pekerjaan menulis/ngeblog ini paling seru dan asik kalau malam selepas jam 11ke atas bisa sampe jam 3 atao 4 pagi. Kebiasaan dulu jaman anak kecil, kalo dah tidur baru bisa nulis, sekarang mah malah ditemenin nulis deh.
    Nah ini, solusi banget buat obat ngantuk selain kopi aku juga suka sama minuman berenergi, biar makin smangat atulah.

    BalasHapus
  2. Penyemangat bisa didapatkan dari mana aja ya, termasuk juga dari minuman berenergi biar bangkit lagi

    BalasHapus
  3. Saya jadi pengen cobain Kratingdaeng Redbull juga ... soalnya masih butuh begadang juga nih, Mbak Susi, biar kelar yang mau dikerjain.

    BalasHapus
  4. Jujur belum pernah minum minuman berenergi karena dari dulu khawatir kandungan gulanya, tapi ternyata kandungannya masih aman untuk sesekali minum dan tidak berlebihan ya mbak. Kalau badan terasa lelah ngantuk dan tak bertenaga bisa coba Kratingdaeng ini ya

    BalasHapus
  5. Kirain cuma buat laki laki mbak, minumannya. wahh bisa nih jd energi kalau lagi butuh begadaang..

    BalasHapus
  6. Kratingdaeng jadi andalan keluarga juga nih saat dulu mudik lebaran. Emang bener sih jafi mengurangi ngantuk jadi bisa gas terus di jalan

    BalasHapus
  7. Saya kalau begadang andalannya minum kopi saja mbak, belum pernah coba minum kratingdaeng redbull ini. Soalnya salam alam bawah sadar saya bilang, ini tuh minuman buat laki. Ternyata gpp juga ya diminum perempuan

    BalasHapus
  8. Sama banget nih, mbak. Jam efektif saya untuk nulis juga di malam hari. Tapi akhir-akhir ini kalau siang jadinya cepet capek. Akhirnya saya ubah deh, tidur lebih cepat dan bangun jam 3 atau 4, ternyata enak banget di badan. Terus kalau terpaksanya bergadang, andalan saya ya cukup wedang jahe. Anaknya tradisional banget haha. Kalau kratingdaeng belum pernah minum, sih. Di benak saya masih identik dengan minuman cowok hahaha. Padahal ya aslinya bisa diminum siapa saja, ya.

    BalasHapus
  9. Iya nih, kadang lagi pengen nulis, idenya banyak, tapi kok ya malas. Bawaannya ngantuuuuk aja.

    Oh ya, sering nih saya lihat Kratingdaeng RedBull di minimarket dekat rumah. Kirain minuman apa gitu, yang gak bisa sembarangan dikonsumsi hahahah. Dasar saya, curigaan duluan. Padahal ini tuh minuman energi suplemen kesehatan yaa.. malah bagus buat tubuh, eitt pastinya mesti rajin minum air putih juga..seperti yang mbak sarankan

    BalasHapus
  10. Minuman Kratingdaeng minumanku pas jaman SMP. Aktif-aktifnya ikut karate ketika lomba suka minum bikin badan seger.

    Sudah puluhan tahun dunk yaa Kratingdaeng hadir dan masih banyak diminati berarti memang produk ya bagus.

    BalasHapus
  11. Minum Kratingdaeng Red Bull untuk konsentrasi yang mantap yaa, kak Susi..
    Aku juga pengen banget bisa kuat begadang. Rasanya semakin naik usianya, semakin butuh waktu lebih banyak buat tidur.
    Huhu..

    BalasHapus
  12. Saya biasa minum Kratingdaeng Redbull ini saat jadi sopir cadangan pas di perjalanan jauh. Bukan untuk lawan kantuk sebenarnya, tapi buat nambah energi. Dan efektif sekali.
    Semangat ya Mba Susi, semoga semua aktivitasnya lancar.
    Noted, minum Kratingdaeng satu jam sebelum melakukan aktivitas yang menjadi alasan lembur/begadang.

    BalasHapus
  13. Meski kemasannya mungil, Kratingdaeng Red Bull manfaat dan kandungannya sangat baik untuk tubuh yang sedang membutuhkan asupan energi.
    Biasanya otak paling optimal ketika cukup segala kebutuhannya.

    BalasHapus
  14. kalau lagi ngantuk dan butuh semangat, ini memang obat paling instan ya mba. Buat yang membutuhkan pasti menolong sekali

    BalasHapus
  15. Di usiaku sekarang tuh rasanya beraaattt banget klo kudu begadang mba
    Tapii kalo suatu saat aku butuh utk melek malam2 demi sesuatu yg urgent/kerjaan, ya boljug nih minum Kratingdaeng

    BalasHapus
  16. Bener y ngecharge energy bngt klo minum kratingdaeng red bull Aku klo nyetir jarak jauh sih mba... Jadi konsentrasi bnget

    BalasHapus
  17. minuman kratingdeng minuman sejak jaman kuliah tahun 90an. Begadang ngerjain tugas gambar-gambar. Langsung melek deh. sekarang pun kadang masih begadang karena DL dan butuh kratigdeng juga

    BalasHapus
  18. Aku belum pernah minum Kratingdaeng soalnya ada riwayat lambung jadinya benar-benar membatasi konsumsi minuman berenergi

    BalasHapus
  19. Wah iya, kadang emang harus begadang buat kelarin deadline tulisan ya mbak
    Senang KLO sekarang ada minuman berenergi seperti Kratingdaeng ini
    Bisa bantu kita menyelesaikan dedline tulisan

    BalasHapus
  20. Semangat dengan tarjet2nya, mbak. Stok kratindeng perlu juga kalau emang dirasa dapar membantu kita.

    BalasHapus
  21. Memang untuk meraih semua impian harus dilakukan dengan pengorbanan yaa. Salah satu pengorbanan penulis adalah begadang. Untung aja ada krating daeng ya mbak, jadi kondisi fisik jadi semangat terus

    BalasHapus
  22. wah aku sepertinya butuh kratindeng juga. soalnya ini aku masih kerja jam 12 malam. kadang tuh ya ngantuk dan tertidur saat mengetik.

    BalasHapus
  23. Keren banget mak, masih tetap berusaha produktif walau masih punya balita. Memang dengan begitu kita harus mengorbankan waktu tidur kita berkurang sih ya.
    Tetap jaga kesehatan ya.

    Minum kratindaeng memang lebih baik ketimbang kopi, karena kandungan di kratindaeng cukup bagus buat tubuh dan otak

    BalasHapus
  24. Wahahaaa ada ya masa-masa mengalami lembur lebay. Iyes aku paham mba. Mantap nih begadangnya saat menjaring ide ditemani minuman penambah stamina ini.

    BalasHapus
  25. Saya kalau tidur malamnya kurang pasti siangnya ngantuk, Mbak. Meski pas malam itu gak kerasa ngantuk sama sekali, tapi siangnya gak bisa nahan. Hehe.
    Kratingdaeng cocok ya Mbak untuk menambah stamina dan mengatasi kantuk. Saya belum terbiasa minum, nih. Baru sesekali aja :)

    BalasHapus
  26. Salut dengan semangat Mbak Susi yang masih menyala-nyala buat target tulisan dan buku. Tapi punya anak kecil itu emang dah capek sendiri ya kalau malam. Kita samaan punya bonus anak ketiga di usia yang tidak lagi muda.

    Saya kalau ngantuk ya tidur aja. Baru tau kalau Krating Daeng bisa diminum buat wanita dan hilangin kantuk. Kapan-kapan pengin coba deh

    BalasHapus
  27. Aku belum pernah minum Kratingdaeng nih, udah bergantung dengan kopi. Jadi penasaran mau coba gimana rasanya ya.

    BalasHapus
  28. Aku dulu juga sering begadang, dulu sih ngopi karena setahu aku Krangtingdaeng ini buat laki-laki aja, eh perempuan bisa konsumsi juga yak...
    Sekarang aku udah jarang banget begadang, habis Isya tidur tapi bangun lebih pagi. Tapi malah lebih produktif pas begadang, soalnya pagi juga bakalan ada kesibukan lain.

    BalasHapus
  29. ahhh setuju sekali ,
    menulis adalah cara kita hidup
    hidup yang penuh semangatt
    jangan nulisnya yang galau mulu ya tapi bagusan menebar inspirasi kayak tulisan ini , senang bacanyaaaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)