Dapatkan Ilmu untuk Taklukkan Perdagangan Syariah di Universitas Ini

Pekerjaan yang paling diminati di masa sekarang bukanlah menjadi pegawai, akan tetapi menjadi pengusaha. Pergeseran ini terjadi karena kemudahan bertransaksi dan unlimited-nya potensi transaksi perdagangan. Di antara semua jenis, perdagangan syariah masih menempati posisi pertama di negara yang agama mayoritasnya adalah Islam. Ini mungkin salah satu alasan mengapa Universitas Ma’some Bandung menawarkan jurusan-jurusan unik dan jarang ada di kampus lainnya.

biaya kuliah di Universitas Ma’soem


Sebut saja jurusan Perbankan Syariah (S1), jurusan Manajemen Bisnis Syariah (S1), Digital Bisnis (S1); dan lainnya. Kali ini saya mau mengulas tentang kampus islami di Bandung, siapa tahu Sobat Cakrawala Susindra jadi tertarik kuliah atau menguliahkan anak di universitas di Bandung

Kenapa pula saya bilang kuliah atau menguliahkan anak, ya karena usia saya sudah kepala empat dan punya anak yang tahun depan kuliah. Dan sebagian kecil pembaca saya seusia dan sudah bersahabat lama sejak anak masih TK. Sisanya? Tentu saja usia produktif 20-40 tahun.

Tapi bicara kuliah, saya tetap ingin ambil S2 sih kalau ga ada Giandra. Sudah niat banget mau kuliah jurusan Studi Humaniora. Atau minimal S1 lagi jurusan sejarah. 


Perdagangan Syariah

Perdagangan syariah atau kita bisa sebut bisnis syariah adalah kegiatan usaha yang paling cocok dikembangkan di Indonesia. Karena bisnis ini fokusnya pada jual beli produk agar memperoleh keuntungan dengan berlandaskan pada syariat. Kata syariat atau syariah berarti ketentuan atau ketetapan yang telah digariskan oleh agama Islam. 



Maksud bisnis sesuai syariat Islam adalah tidak hanya berfokus pada aktivitas jual beli saja. Ada etika yang harus dipegang teguh dan diamalkan. Kita bisa sebut sebagai etika perdagangan Islam, yang mengacu pada minimal 6 hal di bawah ini:

  1. Juju (shidiq)
  2. Bertanggung jawab (amanah)\
  3. Tidak Menipu dalam bentuk apapun
  4. Menepati Janji. 
  5. Bermurah Hati.
  6. Tidak Melupakan Akhirat.


Kalau kita kembalikan ke Al Qur’an dan Hadis, kita akan menemukan betapa usaha berdagang ini cukup diistimewakan dibandingkan dengan profesi lainnya. Masih ingat hadis riwayat Baihaqi yang sering dikutib, yaitu “Sesungguhnya sebaik-baiknya usaha adalah usaha berdagang.”? Ini salah satu bukti nyata mengapa berdagang adalah salah satu pekerjaan yang dianjurkan untuk dilakukan umat Islam.  

Dan tentu masih ingat kalau 9 dari 10 pintu rezeki adalah perdagangan? Ya karena dalam Islam, berdagang adalah salah satu jalan untuk membuka dan mencari rezeki terbaik dan paling luas. Seorang muslim yang berdagang sesuai syariat agama maka akan mendapatkan berkah dari Allah.


Kuliah di Universitas Ma’soem

Kalau mau menaklukkan dunia, maka cari ilmunya dulu dan belajar dengan tekun serta mempraktikkannya. Dari sana ilmu akan bertambah dan berkembang. Segala bentuk pengalaman akan menjadi kurikulum tambahan yang menyempurnakan.

Ini yang saya ajarkan pada anak saya. Ia saat ini masih sekolah SMK di jurusan Animasi. Tentu saja saya tidak mengarahkannya untuk kuliah yang melenceng jauh dari dasarnya. Saya mengutip nasihat itu untuk penguatan. 

Bahwa kuliah itu wajib. Itulah yang saya tekankan pada anak. Saya sejak lama sudah mengatakan padanya bahwa tinggal di desa yang tenang bukan untuk menenangkan cita-cita. Semua anak saya wajib kuliah, di jurusan apapun yang ia maui. Bagi saya kampus bukan hanya mencari ilmu akan tetapi juga untuk berkomunitas dan berjejaring. Inilah alasannya, Sobat Cakrawala Susindra.

Dari situ maka saya bisa menyatakan kalau mau menaklukkan perdagangan Islam, apapun bentuknya, maka ambillah kuliah yang memang memberikan kekuatan untuk ini. Salah satu yang terbaik adalah Universitas Ma’som.



Universitas Ma’soem adalah salah satu universitas swasta di Bandung, yang memiliki beberapa fakultas dan jurusan/program studi (prodi) yang unik dan beragam. Jarang ada kampus yang jurusannya seunik ini.

Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memiliki dua prodi/jurusan yaitu prodi Perbankan Syariah (S1) dan prodi Manajemen Bisnis Syariah (S1). Bagaimana dengan kampus atau fakultas lainnya? 

Fakultas Komputer memiliki 3 prodi/jurusan, yaitu Sistem Informasi (S1), prodi Komputerisasi Akuntasi (D3) dan prodi Digital Bisnis (S1). Jurusan ketiga ini tampaknya masih bisa cocok dengan jurusan yang diambil anak saya, jika ia mau mengembangkannya dari animator ke desain digital bisnis. Masih ada Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan. Jadi sudah termasuk lengkap. Yang nyenengin sih ada asrama putri dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 168 orang. Asrama putra juga ada dan terpisah. Namun keduanya masih di lingkungan kampus.


Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Universitas Ma’soem

Salah satu fakultas andalan di Universitas Ma’soem adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Wajar adanya karena kampus ini awalnya berdiri sebagai STIBANKS Al Masoem atau Sekolah Tinggi Ilmu Perbankan Syariah Al Masoem

Universitas Swasta di Bandung yang satu menjadi andalan karena punya misi mencetak lulusan yang berstandar nasional di bidang ekonomi dan bisnis Islam berbasis entrepreneurship. Kampus ini bermitra dan berjejaring dengan dunia bisnis syariah di tingkat nasional dan global. Tentu saja tak melupakan misi paling utama yaitu civitas akademika berkarakter cageur bageur pinter.

Ini juga sebuah upaya untuk menjawab kebutuhan global dan mengikuti laju pertumbuhan ekonomi berbasis syariah yang terus saja meroket. Muslimin di seluruh dunia terus berupaya saling menguatkan sehingga kebutuhan mereka perlu diakomodir. 

Selain itu juga tren kemunculan lembaga-lembaga keuangan syariah di Indonesia yang sangat cepat. Ini adalah sebuah sinyalemen bahwa masyarakat mulai percaya pada alur ekonomi syariah. Mereka tertarik, karena produk lembaga keuangan syariah bank maupun non bank, karena produk ini terbebas dari praktek-praktek kolusif yang bersifat ribawi.

Lembaga-lembaga keuangan syariah menawarkan berbagai produk ekonomi misalnya transaksi mudharabah, murabahan, wadiah maupun pemberdayaan zakat produktif. Semua ini membutuhkan tenaga andal lulusan kampus khusus seperti Universitas Ma’soem.

Jadi bisa dikatakan, apapun cita-cita Ananda, entah mandiri di jalur perdagangan maupun ikut meramaikan dunia yang satu ini dalam sistem yang sudah mapan, yaitu jadi karyawan, semua akan kembali ke para mahasiswa atau lulusan. Kampus akan menggembleng mereka semua dengan kurikulum terbaiknya.

biaya kuliah di Universitas Ma’soem


Terlebih, selain mencetak lulusan yang berkualitas, sistem pembiayaan juga sangat dipermudah. Kampus yang satu ini merupakan salah satu universitas swasta yang murah dan berkualitas. 

9 Komentar

  1. Menarik banget kak pembahasannya. Nice info

    BalasHapus
  2. Bisa buat rekomendasiin ke adekku nih. Pas banget dia pengen jurusan ekonomi

    BalasHapus
  3. Wah keren ... ada bidang studi Perdagangan Islam di Universitas Ma'soem. Kalo gak salah, ada juga jenjang SMA-nya - SMA Ma'soem.

    BalasHapus
  4. Jurusan bidang ekonomi dan bisnis Islam berbasis entrepreneurship masih sangat jarang ya di sekitar kita, salut banget buat Universitas Ma'soem ini

    BalasHapus
  5. Memasuki jenjang kuliah haruslah memilih jurusan yang sesuai dengan passion sehingga saat memasuki dunia kerja juga bahagia. Hhehe, tapi memang jurusan perdangan syariah di Universitas Ma’soem sangat diminati yaa.. Merancang blue print masa depan.

    BalasHapus
  6. Tak dapat dipungkiri ya sekarang ekonomi syariah sedang bergeliat. Bisnis2 berbau syariah mulai diminati. Jadi kalau kuliah ambil jurusan yang berhubungan dengan bisnis, ekonomi, perdagangan syariah prospeknya insyaAllah OK banget di masa mendatang.

    BalasHapus
  7. Saya dulu kuliahnya S1 Teknik Informatika, jadi tahu beberapa jenis jurusan yang mirip-mirip atau gak jauh-jauh dari IT. Tapi tumben nih dengar ada kampus dengan program studi Digital Bisnis, eh apa Bisnis Digital ya? Pas banget nih sama kebutuhan di dunia sekarang prodinya..

    BalasHapus
  8. Kalau ngga salah tes masuk perguruan tinggi negeri sudah selesai ya mba. Misal mau fokus ke Syariah, nak anak bisa nih, dialihkan ke Universitas Ma'soem.

    BalasHapus
  9. Akupun selalu nekanin ke anak2, utk belajar setinggi mungkin. Kuliah wajib! Supaya mereka bener2 bisa mendalami ilmunya juga.

    Walopun sebenernya anakku masih pada SD, tapi memang hrs dr skr utk mengarahkan mereka ya mba, Trutama soal pendidikan. Biar anaknya juga semangat tiap belajar.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)