Pelatihan untuk Mencegah Turn Over Karyawan

Turn over karyawan sulit dihindari perusahaan yang masih belum dapat memahami kebutuhan karyawannya. Kata orang sini, "Ngapitalis banget." Hmmm... Apa iya? Nah jika terjadi, apa yang perlu dilakukan? Simak yuk...

Pelatihan untuk Mencegah Turn Over Karyawan


Kita mulai dari divisi SDM di perusahaan sebagai ujung tombak bagi semua karyawan.

Pasti tahu dong orang SDM alias Sumber Daya Manusia punya peran yang sangat penting di perusahaan. Bukan karena posisinya yang tinggi tapi karena menjadi aset penting bagi suatu perusahaan. Tugasnya melakukan perencanaan, kebijakan, serta aktivitas lain yang kinerjanya menentukan perkembangan perusahaan. 

Mendapatkan karyawan yang tepat salah satu tugasnya.

Namanya perubahan zaman, pasti akan datang. Karyawan dengan dinamika kehidupannya. Perubahan demi perubahan terjadi. Cepat atau lambat hanya masalah waktu. Kesempatan dan kemampuan adalah kunci.

Kunci untuk bertahan di lingkungan bisnis yang tak kalah dinamis. Inovasi sudah menjadi budaya baru agar mampu berkompetisi dengan perusahaan lawan. Siapa yang paling mampu menjabarkan kebutuhan dengan karyawan? Tentunya orang SDM yang berkualitas dan kompeten. Cakrawala Susindra punya solusinya.




Tapi ini juga bukan solusi primer. Turn over tetap bisa terjadi kapan saja. Makanya perlu langkah lain yang lebih solutif. Bentuknya berupa memberikan program pelatihan untuk karyawan. Cara ini punya 3 keuntungan, yaitu:

  1. memperbaiki performa kerja karyawan,
  2. meningkatkan kompetensi karyawan,
  3. membuat karyawan merasa dirinya diperhatikan
  4. "membeli" kesetiaan karyawan karena merasa diajak untuk berkembang bersama


Ada sebuah aplikasi pelatihan guru yang bagus. Meskipun online namun tetap sebaik pelatihan langsung secara tatap muka. Namanya ruangkerja. Ruangkerja adalah salah satu unit bisnis di Ruangguru yang berfokus pada pelatihan SDM secara online. 

Banyak perusahaan yang telah bermitra dengan ruangkerja dalam memberikan pelatihan online bagi karyawan mereka yang tersebar di seluruh Indonesia. Aplikasi ini dianggap sebuah solusi karena menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan secara efisien dan profesional. 


Aplikasi ruangkerja punya beberapa fitur unggulan, yaitu: 

1. Pelatihan berbasis digital

Platform pelatihan berbasis digital mampu mengatasi hambatan jumlah waktu dan tenaga perusahaan yang terbatas. Aplikasi ruangkerja sangat mudah diakses oleh karyawan. Mereka dapat mengikuti pelatihan kapan pun dan di mana pun, langsung dari perangkat mobile, komputer, atau laptop. Cara ini dinilai jauh lebih efektif dan efisien.


2. Personalisasi Materi Pelatihan dengan Mudah

Aplikasi ruangkerja memiliki fitur sistem manajemen konten untuk setiap mitra perusahaan. Sistem ini memberi keleluasan bagi perusahaan untuk mengelola materi pelatihannya dalam bentuk apapun, seperti video belajar, bank soal, dan lain sebagainya. 

Kelas-kelas pelatihan bagi karyawan dapat diatur secara runtut dan sistematis, sesuai kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Selain itu, SDM perusahaan juga dapat membuat kelas pelatihan sendiri melalui Content Management System (CMS) ruangkerja yang sangat mudah.  


3. Sistem Belajar yang Terstruktur dan Up-to-Date

Ada fitur learning journey, sehingga materi belajar disusun secara terstruktur dan sistematis. Fitur ini sangat berguna bagi karyawan atau profesional yang sibuk dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran berbasis mobile. Tampilan ruangkerja yang menarik dan user friendly membuat peserta pelatihan nyaman saat menggunakan aplikasi ini sambil bekerja

Semua informasi penugasan pelatihan dan pengingat untuk menyelesaikan kelas akan terkirim secara otomatis melalui email maupun push notification. Hal ini membantu peserta agar selalu up-to-date dengan informasi yang diberikan perusahaan.


4. Kolaborasi dengan Kelompok Secara Online

Antarpeserta pelatihan dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya terkait materi pelatihan melalui fitur forum diskusi. Mereka pun dapat bertanya kepada para ahli mengenai materi yang mereka pelajari. Fitur ini memberikan kemudahan bagi peserta untuk memaksimalkan pemahaman materi, meskipun pelatihan kerja dilakukan secara online.



5. Mudah Pemantauan Proses dan Hasil Pelatihan

Perusahaan dapat memantau progres dan hasil pelatihan para peserta dengan mudah melalui fitur monitoring dashboard. Dashboard di aplikasi ruangkerja akan menampilkan data terbaru terkait jalannya pelatihan yang dilakukan peserta beserta hasil penilaian yang mereka peroleh. Tentunya, fitur ini membantu Anda dan Management Team dalam mengambil keputusan. 


6. Menyesuaikan Pelatihan dengan Role-based Access Control 

Fitur role-based control berfungsi untuk mengatur hak akses masing-masing karyawan sesuai jabatan (role) pada Content Management System (CMS) ruangkerja. Dengan role-based control, tidak semua data bisa diakses oleh peserta. Artinya, peserta hanya dapat mengakses data-data atau materi yang sesuai dengan jabatannya. Hal ini bertujuan untuk keamanan data serta mencegah penyalahgunaan data yang tersimpan.    



7. User Grouping dan Enrollment Peserta Pelatihan  

Agar pelatihan peserta dapat berjalan secara efisien dan profesional, ruangkerja menyediakan fitur grouping. Fitur ini akan membagi peserta ke dalam beberapa kelompok (group) berdasarkan posisinya di perusahaan. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan enrollment peserta secara massal.    



8. Meningkatkan Performa Karyawan

Aplikasi ruangkerja punya fitur yang dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam menyelesaikan pelatihan. Ada reward points yang mampu memicu antusiasme peserta pelatihan. setiap menyelesaikan modul pelatihan yang ditugaskan. Ada fitur leaderboard yang mengasah jiwa kompetitif peserta untuk untuk menjadi yang terbaik di kelas. Ada sertifikat digital yang dapat diunduh dan dicetak jika berhasil menyelesaikan pelatihan. 


9. Menghemat Investasi dan Waktu Implementasi

Tertarik bermitra bersama ruangkerja? Cara ini dapat menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk kegiatan pelatihan pekerja. Subscription model melalui cloud ruangkerja akan menghemat biaya investasi perusahaan, dibandingkan harus membuat sistem pelatihan sendiri. Data karyawan dan materi perusahaan disimpan dalam cloud storage ruangkerja. Hal ini tentunya akan mempercepat waktu implementasi. Tidak perlu khawatir mengalami kebocoran data karena ruangkerja dilengkapi dengan SSL Security yang mampu menjaga seluruh konten dan data Anda.     




Banyak sekali fitur-fitur ruangkerja yang dapat mendukung program pelatihan kerja agar lebih efisien dan profesional bagi perusahaan Anda. Aplikasi ruangkerja juga telah mendapat banyak review dan respon positif dari para penggunanya. Aplikasi ini mendapat rating app sebesar 4.8/5.0 dan engagement rate penggunaan social learning 94.8%. Hal ini menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap metode dan pelaksanaan kegiatan.    

  


28 Komentar

  1. Memang di era digital ini, banyak hal terkait produktivitas kerja yg bisa dilakoni secara online.
    Termasuk pelatihan utk karyawan seperti ini.
    Inovasi yg mantab jiwaaa!

    BalasHapus
  2. Wah keren nih ada ruang kerja. Tentunya membantu meningkatkan kualitas SDM dari perusahaan dong ya. Mantap banget.

    BalasHapus
  3. Benerrr banget, nyari karyawan itu susah apalagi kalau boss mintanya yang high quality trus cerewetnya ampun-ampunan, nanyain mulu, hadeeeuuh.. Bagus juga ada pelatihan begini buat hrd

    BalasHapus
  4. App RuangKerja ini sesuai bgt dgn perkembangan zaman now, yg serba digitalized.
    keren ya mba
    insyaALLAH bisa cegah turn over karyawan

    BalasHapus
  5. Produk inovatif dari Ruangguru satu ini cocok untuk membantu para mahasiswa dan karyawan mendapatkan konten pelatihan yang berkualitas dan bersertifikat secara online. Keren. Semoga banyak yang memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  6. Lengkap sekali Ruangguru dengan berbagai inovasinya, termasuk ada ruangkerja. Banyak sekali fitur-fitur ruangkerja yang dapat mendukung program pelatihan kerja agar lebih efisien dan profesional bagi perusahaanyang memudahkan karyawan

    BalasHapus
  7. Turn over karyawan bisa dari sisi Perusahaan dan dari sisi karyawan. Kalau dari sisi perusahaan, memang terkadang ada yang tidak mau karyawannya berlama lama di dalam satu posisi, atau memang karena kapasitas karyawan yang tidak memenuhi qualifikasi dan ini yang sesuai dengan artikel Mbak Susi, peningkatan kompetensi. kalau turn overnya dari karyawan, ini yang perlu dibenerin karyawannya. Salam sehat dan selamat beraktifitas.

    BalasHapus
  8. Iya banget, kak Susi.
    Saat karyawan memiliki banyak skill, maka perusahaan semakin sayang Dan bisa jadi lebih produktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruangguru ini semaki melebarkan sayapnya dengan berbagai macam fitur canggih dan meluasnya kebutuhan pasar. Sebagai pemiliki usaha, tentu menginginkan turn over karyawannya tinggi, skillful sehingga membuat perusahaan aktif produktif.

      Hapus
  9. Makin keren ya Ruangguru, sekarang ada Ruangkerja yang khusus untuk para pekerja. Jadi, ketika mau menjadi pekerja sekarang kita bisa punya skill dan bisa bersaing juga ya. Ini bisa berefek positif ke kinerja perusahaan juga. SDM dengan skill baik, bisa meningkatkan peforma perusahaan.

    BalasHapus
  10. Ruanguru makin inovatif ya mba. Senangnya ada Ruangkerja jadinya makin ngebantu meningkatkan kemampuan kerja

    BalasHapus
  11. Ruang Guru inovatif banget ada terobosan baru untuk dunia kerja melalui Ruang Kerja, perusahaan bisa menghemat biaya dengan melakukan pelatihan digital yang efektif ya

    BalasHapus
  12. Fitur-fitur Ruangkerja ini boleh juga ya. Zaman sekarang tuh mau pelatihan offline agak gimana gitu. Kan pandemi. Jadilah secara online aja. Sudah bisa macam-macam lagi dengan Ruangkerja

    BalasHapus
  13. bangettt kepake biar pandemi karyawannya ttp upgrade ilmu
    biasanya kan kudu training berhari-hari di kantor
    tapi ada ruang kerja bikin space besar buat karyawan perusahaan upgrade ilmu

    BalasHapus
  14. akhir tahun kayak gini, biasa di kantor ku ada pengurangan karyawan juga, bagus nih kalo dikenalin dengan ruang guru yah. moga bos aku mau dan berminat deh

    BalasHapus
  15. Wah ternyata Ruangguru juga memiliki layanan Ruang Kerja untuk peningkatan SDM yang bisa diakses secara online, jadi tidak ada lagi istilahnya pencari kerja tidak memiliki keahlian yang dibutuhkan pasar, karena tersedia layanan untuk peningkatan kualitas diri bagi pencari kerja agar mendapat pekerjaan yang diimpikannya.

    BalasHapus
  16. MAntab nih Ruangguru, kini ada Ruangkerja yang berfokus pada pelatihan SDM secara online. Makin mempermudah aja di jaman era digital ini, aplagi dengan fitur2 yang ada mendukung program pelatihan kerja agar lebih efisien dan profesional bagi perusahaannya.

    BalasHapus
  17. Wah, sekarang ada ruangkerja juga ya. Makin keren nih inovasinya ruangguru. Jadi bisa membantu HRD mengadakan pelatihan buat karyawan ya.

    BalasHapus
  18. Aku sepakat dong dengan apa yang disampaikan mba susi. Tapi jujur ya, pandemi bikin kita semua makin inovatif lho, nggak nyangka pelatihan digital seperti yang dimiliki ruangkerja ini bisa berkembang pesat dan memperbaiki kualitas SDM.

    BalasHapus
  19. Kalau turn over pegawai di suatu perusahaan tinggi emang patut dipertanyakan ya kok bisa begitu. Emang biaanya perusahaan gk peduli ma kesejahteraan atau pengembangan karir karyawannya.
    Kalau gak bisa kasi gaji lbh emang minimal kasi pelatihan2 yg bikin karyawan berkembang ya mbak. Menarik juga mbak aplikasi utk trainingnya.

    BalasHapus
  20. baru tau ternyata ruangguru ada produk barunya ya, ruang kerja. Penting banget ini perusahaan rutin memberikan pelatihan untuk karyawannya. Nggak bisa offline, sekarang bisa peatihan online. Bener-bener dimudahkan ya mbak

    BalasHapus
  21. Ruangkerja ini bikin pelatihan buat karyawan jadi praktis banget ya, Mbak. Mestinya sangat membantu buat perusahaan. Keamanan data juga dijaga, diantaranya dengan sistem peserta hanya dapat mengakses data-data atau materi yang sesuai dengan jabatannya. Keren inovasinya :)

    BalasHapus
  22. Wah pelatihan SDM online, menarik juga nih. Solusi buat perusahaan buat meningkatkan skill karyawannya ya

    BalasHapus
  23. disaat pandemi gini karyawan tetep butuh training untuk meningkatkan skill tapi kangak bisa tatap muka, peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh ruang guru buat bikin apps seperti ini

    BalasHapus
  24. Saya baru tahu sistem Ruangkerja nih, ternyata bisa digunakan ntuk uphrade skill yah aplg memudahkan monitoring saat karyawan melakukan pelatihan

    BalasHapus
  25. Keren banget ya mbak ruangkerja bu ruangguru ini. Jadi solusi perusahaan untuk mengupgrade SDM perusahaan dengan pelatihan online. Beneran saya baru tahu kalau ruangguru punya ruangkerja. fiturnya juga sama lengkapnya dengan ruang belajar.

    BalasHapus
  26. Sebagai karyawan, saya juga seneng kalau difasilitasi untuk mengikuti berbagai pelatihan. bermanfaat buat saya pribadi dan juga bagi instansi tempat saya bekerja.

    Kerenlah pengembangnya ruangguru ini, setelah sukses membantu banyak siswa, kini menyasar para pekerja dengan mengembangkan ruangkerja

    BalasHapus
  27. Keren banget deh Ruangguru. Produknya banyak. Dan ini Ruangkerja. Pastinya bakal banyak dibutuhkan. Selain bisa upgrade skill pekerja juga bisa jadi solusi untuk mencegah turn over karyawan ya. Kudu pada tahu nih para pebisnis dengan Ruangkerja ini.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)