Big Data yang Semakin Mudah dan Akurat

Data adalah sesuatu yang mendasar dan sangat penting pemanfaatannya dalam dunia teknologi informasi di dunia digital. Seiring dengan perkembangan teknologi, data dalam dunia digital terus berkembang. Bahkan memiliki banyak klasifikasi.

Big data yang semakin mudah dan akurat


Salah satu klasifikasi yang relatif sering dibahas dalam dunia teknologi informasi masa kini adalah 'data tentang pengguna teknologi informasi'. Data ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. 

Data-data digital tentang pengguna teknologi informasi terkumpul. Ada yang beraturan, ada yang tidak. Keduanya disebut dengan istilah Big Data. 

Big data memiliki potensi tersendiri untuk diolah dan dimanfaatkan oleh perusahaan IT. Oleh mereka, kumpulan data tersebut diolah dan hasilnya disebut dengan istilah Big Data Analytics. 

Proses pengolahan data sudah ditopang dengan segala aspek yang memungkinkan, sehingga big data analytics kini jauh lebih mudah dan akurat.


Dunia dalam Big Data

Data sudah ada sejak dahulu kala dan dapat diproses dengan berbagai cara. Data tersebut bisa berupa apa saja, selama ia tercatat dalam suatu bentuk. Bentuknya bisa berupa tulisan di atas kertas maupun data dalam dunia digital. Sebut saja data penduduk. 

Data penduduk adalah data yang sudah ada di dunia sejak suatu negara berkembang dan melakukan pencatatan terhadap penduduknya. Namun pada saat ini pencatatan data tersebut sudah berkembang menggunakan teknologi digital. 



Bila kita berbicara tentang industri IT, big data sudah menjadi metode yang dianggap wajib punya bagi perusahaan dengan tipe tertentu. Misalnya perusahaan layanan teknologi informasi yang melibatkan "pasar" sebagai klien-nya. 

Pasar di sini dimaksudkan untuk manusia yang menjadi pelanggan atau end-user yang menggunakan jasa perusahaan-perusahaan tersebut. Data dalam dunia digital yang direkam lalu selanjutnya disebut dengan big data tersebut sudah memiliki lingkup hampir di seluruh dunia, sehingga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan secara global. 

Data tersebut didapatkan dari interaksi pengguna internet yang mungkin secara tidak sadar terekam dan tersimpan dalam suatu tempat penyimpanan tertentu. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena big data sudah berjalan semenjak perekaman data diterapkan dalam dunia digital. 

Big data tersebut di atas, selanjutnya dapat dimanfaatkan, dengan menggunakan metode yang dinamakan big data analytics.  Big data analytics kini jauh lebih mudah dan akurat.


Big Data Analytics

Secara sederhana, big data analytics adalah suatu proses pengolahan data dalam dunia digital dalam jumlah yang besar. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan analisa big data (data berjumlah besar/masiv). Data yang dianalisa tersebut bisa mencapai kapasitas terabyte dalam satu proses analisa. 

Sebelum adanya teknologi yang cukup maju, pengolahan data besar tersebut dilakukan secara manual menggunakan teknik-teknik yang relatif sederhana. Namun dengan perkembangan teknologi dan manajemen yang terstruktur, pengolahan big data sudah dapat dilakukan dengan lebih mudah dan akurat. 

kode dalam big data


Salah satu contoh teknologi yang mempermudah pengolahan analisa big data tersebut adalah ditemukannya code tertentu yang dapat mengotomatisasi proses pengolahan data menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligent) sehingga dapat mempermudah proses pengolahan data. 

Salah satu contoh pemanfaatan big data yang sering digunakan, yaitu tentang kebiasaan pengguna. Pengguna sosial media akan secara otomatis melihat postingan yang terkait dengan kesukaan pengguna tersebut yang ditentukan menggunakan algoritma tertentu yang diterapkan oleh perusahaan. Proses inilah yang membuat pemanfaatan data dalam dunia digital semakin mudah. 

Contoh paling mudah adalah saat sobat Cakrawala Susindra selesai melihat-lihat produk tertentu di e-commerce, sobat akan menemukan iklannya saat scroll linimasa media sosial.


Apa Manfaat Big Data Analytics?

Mengolah data merupakan hal yang penting terutama bagi perusahaan. Data olahan menggunakan big data analytics akan lebih membantu perusahaan di era milenia, di saat data berkembang sangat pesat di dalam dunia digital

Lalu manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh perusahaan dengan menggunakan big data analytics tersebut?

1. Meningkatkan Hubungan dengan Pengguna

Dengan memiliki big data analytics, perusahaan dapat mengetahui keinginan atau harapan pengguna terhadap layanan yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Dengan demikian perusahaan dapat melakukan survey terlebih dahulu atau mendapatkan data dari sumber lain yang dinilai cocok untuk perusahaannya. 



Dengan adanya data tersebut, perusahaan bisa memenuhi harapan target pasarnya, dan membuat mereka akan merasa nyaman menggunakan jasa dari perusahaan. Hasilnya tentu saja adalah meningkatkan value dari perusahaan tersebut di hati pengguna. 

Data tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan pengguna baru dan mempertahankan pengguna yang sudah menggunakan layanan dari perusahaan tersebut.


2. Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Data dalam dunia digital dapat dimanfaatkan untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dengan lebih cepat dan akurat. Dengan adanya rekam data yang sesuai dengan kenyataan dan didapat secara real-time, perusahaan dapat melakukan manuver kapan saja jika di rasa perlu.

Dalam menjalankan sebuah usaha, perusahaan tentunya akan mengalami dinamika dan tantangan. Dengan adanya data tersebut, perusahaan dapat mengambil keputusan krusial seperti merger atau menjual saham. 

Hal ini juga dapat dibantu dengan adanya teknologi kecerdasan buatan. Sistem dari big data analytics dapat memberikan saran-saran tertentu atas situasi yang sedang dialami oleh perusahaan. Tentu saja hal ini dapat mempermudah perusahaan untuk mengetahui situasi terkini terkait layanan yang disediakannya. 

Bila dibandingkan dengan sistem pendataan manual tanpa teknologi data dalam dunia digital, tentu saja hal tersebut memerlukan waktu yang relatif lebih lama dan juga tidak efisien.


3. Membantu Perusahaan Mengelola Risiko

Perusahaan yang menggunakan big data analytics dapat memprediksi resiko yang akan dihadapi perusahaan dengan lebih mudah dan akurat. Hal ini sangat krusial karena manajemen resiko adalah satu dari beberapa hal yang sangat penting bagi perusahaan. 

Dengan big data analytics, perusahaan dapat menghindari atau memanfaatkan situasi resiko yang akan terjadi. Namun perlu diingat, resiko dalam usaha pasti ada. 

Big data analytics hanya membantu memprediksi resiko usaha, bukan menghapus resiko dan prediksi bisa memiliki error walaupun hanya sebesar 0,01%.




Perlukah Big Data Analytics? Bagaimana dengan Privasi?

Penting atau tidaknya big data analytics tentu tergantung dari beberapa sudut pandang yang relatif. Bagi kemajuan dan perkembangan perusahaan, tentu saja kemudahan dan akurasi yang ditawarkan oleh metode big data analytics sangat diperlukan. 

Perlu diingat, bahwa isu privasi mulai menggema seiring dengan berkembangnya big data. Itu jika kita melihat dari sudut pandang masyarakat umum dan awam. 

Pasalnya, perusahaan dianggap menggunakan data-data pengguna yang dianggap tidak sepantasnya digunakan menurut sudut pandang tertentu. Namun, hal ini dapat dijawab dengan adanya regulasi yang jelas dan tegas yang mengatur batas-batas penggunaan big data. Hanya data yang seharusnya dapat menguntungkan kedua belah pihak. 

Big data bila digunakan selayaknya untuk keuntungan kedua belah pihak. Apalagi, seiring dengan bertambah mudahnya pemanfaatan big data yang makin akurat. 




25 Komentar

  1. Data merupakan sumber daya paling berharga di era informasi ini. Siapa yang pegang data, bisa menguasai dunia.

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak manfaat yang didapat dari penggunaan big data bagi perusahaan2 :D Misalnya dari survei-survei bisa ditarik kesimpulan X sehingga akan ada perbaikan untuk meningkatkan produk tersebut. Tentu tetap ada privasi yang harus dijaga jangan sampai diketahui pihak2 lain yang tidak semestinya mengetahui.

    BalasHapus
  3. Ini yang aku bayangkan ketika data analitik perangkat pribadi kita terbaca oleh lembaga tertentu, menkominfo misalnya, huhu...agak parno meski ku bukan siapa-siapa juga sih yaa..
    Tapi Big Data di zaman digital menjadi berasa "dikuliti" kalau sampai bocor.

    BalasHapus
  4. Terus terang aku sempat loh "diskusi dahsyat" ama temen. Itu yaaaa waktu vaksin, dan ternyata bank data di negara Wakanda, negeri Konoha dan negara Aasgard (tempat Thor berada), sampe ke Atlantis asal Aquaman - adanya di tangan Thanos.... gubraks!

    Kurang oneng apa lagi yaaaa ... data itu penting loh, Ferguso!

    BalasHapus
  5. Banyak juga manfaatnya big data analytics palagi di era digital yang terus berkembang sekarang ini. Cuma ya khawatir juga ya kalau data-data pribadi sampai bocor ke pihak2 lain, apalagi sampai disalah gunakan.

    BalasHapus
  6. Di dunia digital yang semakin banyak penggunanya, pasti banyak pula data yang harus disimpan setiap harinya. Enggak kebayang kalau tidak ada big data sih, apalagi untuk perusahaan-perusahaan besar sekarang juga menggunakan penyimpanan data. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  7. Gak banyak orang paham tentang penggunaan big data ini ya, padahal banyak juga manfaatnya. Tapi memang harus digunakan sebagaimana mestinya sih jangan sampai disalah gunakan.

    BalasHapus
  8. Dalam benakku yg namanya big data itu memori dan internal penuh 😂😂 padahal fungsinya banyak sekali ya Mbak

    BalasHapus
  9. in this digital era, big data is really something ya mba. Bahkan ini menjadi perebutan banyak pihak because it is precious

    BalasHapus
  10. bener banget kalau big data tuh ngebantu banget buat melihat keseluruhannya. aku usaha ya pake big data, kalau nggak lebih pusing

    BalasHapus
  11. Bener kalau penggunaan big data analysis bisa memprediksi risiko yang akan dihadapi perusahaan dengan lebih mudah dan akurat. Tapi maraknya isu privasi ini masih pro kontra yah.

    BalasHapus
  12. Data menjadi komoditas baru yang berharga. Pengumpulannya dg cara sadar dan wajib (seperti data utk KTP) atau sebaliknya tak sadar dan tak wajib. Seperti kita hepi2 dapat diskon2 dr berbagai aplikasi dan bersamaan dg itu data kita sedang dikoleksi.

    Sistem saat ini mmg membuat kita merasa tak bisa berahasia ya...lha wong chat di Wa saja serasa dimata2i. Seperti misal barusan chat WA sm trmrn ngomongin kacamata, abis itu ada iklan lacamata saat browsing. Segala sesuatu mmg seperti pedang bermata dua.

    BalasHapus
  13. Big data lagi ramai di perbincangkan apalagi berkaitan dengan data pribadi. Dari sisi perusahaan menguntungkan yaa maak...
    Wallahualam semoga tidak di salah gunakan

    BalasHapus
  14. Bagi perusahaan dengan kebutuhan analisa, memanfaatkan big data tentu satu keharusan. Kayak start up yang udah jadi perusahaan besar, juga memanfaatkan big data analyticsuntuk membaca resiko yang akan dihadapi. Kalo resiko memang semua data yang ada di penyimpanan cloud pasti akan selalu ada ya.

    BalasHapus
  15. Jujurly, aku baru tahu yang namanya big data ini, mbak. Ternyata maksudnya tuh begini, penjelasan tth big data dari mbak Susi terbilang memudahkanku untuk paham pengertian dan manfaat big data

    BalasHapus
  16. Ini nih, regulasi yang jelas dan tegas yang mengatur batas-batas penggunaan big data perlu sekali. Jangan sampai data kita disalahgunakan sehingga ada yang dirugikan.

    BalasHapus
  17. Perlu banget ya mbak ada aturan tentang big data ini
    Semoga data data kita nggak disalahgunakan ya mbak

    BalasHapus
  18. sekarang eranya belajar big data yah supaya pengambilan keputusan jadi lebih akurat karena memang based on data. Trus kalo dulu masih manual ngeceknya, sekarang bisa pakai software aja dan dalam waktu singkat udah muncul deh laporannya.

    BalasHapus
  19. Memang penting banget big data buat perusahaan, kebayang kalau datanya kena virus terus hilang tuh informasi penting. Makanya harus terjaga dan engga bisa sembarangan diaksesnya.

    BalasHapus
  20. Benefit Big data beneran BIG ya mba.
    Semoga setiap pihak makin bijak utk memanfaatkan dan berdayakan big data ini

    BalasHapus
  21. Nah setuju nih kalau kedua belah pihak harus sama-sama merasakan manfaatnya.. bukan cuma pengguna data aja ya yang dapet enaknya hehe

    BalasHapus
  22. banyak sekali ya manfaat dari big data ini dalam dunia kerja dan perusahaan. bisa jadi bidang analis data ke depannya juga bisa menjadi profesi yang menjanjikan

    BalasHapus
  23. Nilai positifnya bisa digunakan untuk perusahaan dalam mengambil keputusan tapi sisi negatifnya takut data yang ada diperjualbelikan untuk kepentingan tertentu

    BalasHapus
  24. Aku baru tahu nih big data, semoga saja lebih bermanfaat ya dan tidak disalah gunakan

    BalasHapus
  25. Aku baru ngeh soal big data pas baca blog ini. Wow

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)