Kurikulum Kursus Bahasa Inggris Berstandar Internasional

Barang siapa ingin memiliki dunia, maka komunikasi adalah kuncinya. Sedikit memodifikasi dari idiom "barang siapa ingin kebahagiaan dunia maka tuntutlah ilmu. Tapi, Komunikasi yang seperti apa? Tentu saja yang dipahami oleh seluruh dunia itu sendiri, yaitu bahasa dunia. Karena ilmu atau kesempatan apapun akan lewat jika kita tak tahu atau tidak memahami bahasa yang digunakan untuk menyampaikannya. 




Bahasa Inggris memang bukan satu-satunya bahasa dunia, namun menjadi salah satu yang utama. Sebagai contoh kecil, saya (pernah) menguasai bahasa Perancis namun saat bekerja dengan orang asing, sebagian besar menggunakan bahasa Inggris dulu. 

Sebagai contoh, sampai sekarang jika ada orang Perancis atau francophone bertanya tentang suatu produk, mereka akan menggunakan bahasa Inggris terlebih dahulu sebelum akhirnya kami cas cis cus dengan bahasa ibunya tersebut.

Balik ke idiom di atas. Bahasa Inggris bukan hanya bahasa komunikasi utama di dunia, tapi juga pengantar segala ilmu. Bisa bahasa Inggris akan membuka jauh lebih banyak gerbang ilmu. Dengan sendirinya, kesuksesan sudah di depan mata. Sobat Cakrawala Susindra tertarik untuk menguasai bahasa Inggris juga?


Kursus bahasa Inggris dengan kurikulum internasional

Di era globalisasi, keterampilan berbahasa Inggris tidak lagi menjadi nilai tambah, tetapi sudah menjadi keharusan, karena dunia sudah lintas batas dan kita hidup berdampingan dengan rekan-rekan internasional. Dengan semangat untuk meningkatkan keahlian berbahasa Inggris bagi para siswa di Indonesia agar kelak memiliki daya saing global.

Ruangguru sebagai tempat belajar di luar sekolah yang terbaik saat ini membuat terobosan luar biaa, yaitu kursus bahasa Inggris berkurikulum internasional. Lebih tepatnya dengan kurikulum dari Cambridge. Namanya English Academy Center.



Kursus ini tidak diberikan secara online atau offline. Untuk offline, saat ini baru ada di dua cabang English Academy Center, yaitu di Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan di Denpasar Bali. 

Saat bicara kurikulum standar internasional, nama Cambridge selalu dibawa, karena memang itulah standarnya. Sudah baku dan semuanya sudah tahu berapa yang harus dicapai untuk setiap grade/jenjang. Jadi jangan heran jika kualitas internasional yang ditargetkan menjadi baku dan diakui seluruh dunia. Punya kompetensi ini, berarti membuka pintu karier yang nyaris tak terbatas.

Dengan berpedoman pada kurikulum berstandar internasional, para siswa akan dibekali dengan kemampuan-kemampuan esensial dan kompetensi yang relevan meliputi listening (mendengarkan), reading (membaca), writing (menulis), dan speaking (berbicara). Menguasai bahasa Inggris juga bagian dari menguasai skill masa depan.


Mengapa English Academy?

Di atas sudah saya buka tentang kurikulum yang digunakan di tempat kursus bahasa Inggris online terbaik ini, dengan kurukulum dari Cambridge. Dan kursus ini bisa diambil oleh semua siswa mulai dari sekolah SD. Program ini menggunakan level profisiensi Inggris yang sesuai dengan CEFR (Common European Framework of Reference) mulai dari level A1 hingga B2. Jadi lulusannya diharapkan berstandar internasional. 

Bicara kelas berstandar internasional, ada juga lho, kelas bilingual untuk anak usia 5-6 tahun. Sudah tahu?



English Academy Center mempunyai empat jenjang usia, yaitu:

  1. Runner: 7-10 Tahun
  2. Sprinter: 11-14 Tahun
  3. Ranger: 15-18 Tahun
  4. Explorer: 18+ Tahun

Kelebihan dari English Academy adalah memiliki berbagai fitur menarik dapat dimanfaatkan. Di antaranya digital book, rekaman video pembelajaran yang dapat diakses kapan saja, dan placement test untuk menyesuaikan materi yang akan diajarkan berdasarkan level kemampuan. Untuk yang kursus secara tatap muka juga didesain interaktif, dengan nama English Academy Center. Saat ini baru ada di dua kota besar, yaitu di Bali dan Jakarta. Tepatnya di Kebayoran Baru dan di Denpasar Barat.

English Academy Center adalah kursus Bahasa Inggris luring/tatap muka dengan pengajar bersertifikat dan fasilitas serta sistem terbaik. Fasilitas berupa: 

  1. Kelas yang nyaman berbasis interaksi sosial dengan metode tatap muka terjadwal
  2. Cozy lounge
  3. Sterilisasi berkala
  4. Aktivitas belajar seru
  5. Fasilitas belajar modern
  6. Guru bersertifikat dan professional
  7. Menggunakan kurikulum Cambridge yang mencakup pembelajaran mengenai budaya lokal dan dunia dengan menggunakan bahasa Inggris
  8. Kapasitas kelas max. 15 siswa
  9. WiFi
  10. Modul cetak menggunakan kurikulum berstandar internasional
  11. Laporan belajar berkala
  12. 1 on 1 EA clinic
  13. Latihan soal



Kelas ini juga sangat memperhatikan prokes kesehatan sesuai yang berlaku saat ini, yaitu: 

  1. Wajib menggunakan masker di area gedung
  2. Cek suhu tubuh sebelum memasuki gedung
  3. Rutin mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer
  4. Menjaga jarak fisik 1-2 meter
  5. Dilarang berkerumun di dalam gedung dan kelas
  6. Segera meninggalkan gedung jika kegiatan sudah selesai

Misi utama English Academy adalah untuk membantu siswa meningkatkan penguasaan bahasa Inggris, mempersiapkan mereka agar lebih memenuhi syarat untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi terbaik, menambah kesiapan kerja jangka panjang, dan memperoleh pengetahuan lebih luas tentang bahasa Inggris untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bonusnya lagi, EA Center juga menyediakan kelas tambahan yaitu English Club yang membantu siswa yang ingin belajar Bahasa Inggris lebih insentif dengan kelas yang fun untuk melatih softskills.

Untuk yang sedang mencari tempat kursus terbaik dan terbonafide, segera manfaatkan English Academy Center ini, ya.


25 Komentar

  1. Kelas offline nya baru ada di Kebayoran dan Denpasar. Semoga nanti ada di BSD, seperti halnya kelas Brain Academy yang udah duluan ada gedungnya di BSD. Kalau English Academy anakku mau offline-nya.

    BalasHapus
  2. Sekarang bahasa Inggris semakin penting. Karena persaingan semakin global. Bahkan di kampus anak saya kalau mau wisuda harus lulus TOEFL dengan skor minimum tertentu

    BalasHapus
  3. Curicullumnya bagus ya. Pasti yang lulusan dari sini bahasa Inggrisnya sudah kaya air. Apalagi anak-anak lebih cepat ya menyerap ilmunya

    BalasHapus
  4. Iya, kini bisa menguasai dan menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi tuh bukan lagi sebuah nilai tambah, melainkan ketrampilan yang harus dimiliki.

    Sayangnya English Academynya ruangguru untuk yang offline baru ada di Jakarta dan Denpasar ya. Semoga segera disusul ada di kota-kota lainnya

    BalasHapus
  5. Di era globalisasi ini bahasa Inggris memang semakin penting dikuasai ya, Mbak. Bahkan harus dimiliki kalau gak mau tertinggal dalam banyak hal.
    Anak sulungku juga sekolah di kelas internasional standar Cambridge, Mbak. Tapi sepertinya kurang optimal pembelajarannya. Kalau English Academy dari Ruangguru tampaknya benar-benar bonafit, ya. Secara kualitas Ruangguru sudah teruji.

    BalasHapus
  6. English academy center ini juga nerima untuk dewasa mbak? belajarnya lewat online, jadi mudah banget dan bisa untuk pekerja juga yg kerja weekdays.

    BalasHapus
  7. English Academy ini tentunya sangat relevan dengan kondisi terkini yang membutuhkan pengetahuan serta ketrampilan untuk berbahasa inggris dengan baik ya. Moga makin banyak cabangnya

    BalasHapus
  8. Bahasa english memang serasa wajib menguasai sekarang ini ya. Itulah pilihan saya sejak anak Playgroup sdh masuk Tk berbahasa english sampai skrg.
    Bisa karena lingkungan yg membiasakannya.

    Itulah yg membuat les bhs english juga laku dipasaran ya...pastikan kurikulumnya jelas pastinya.

    BalasHapus
  9. Bahasa Inggris itu universal ya. Bisa digunakan secara luas termasuk saat ke luar negeri. Maka mengajari anak belajar Bahasa Inggris sejak dini itu sangat penting sekali agar mudah dalam berkomunikasi terutama dengan orang asing..

    BalasHapus
  10. Bahasa Inggris itu universal ya. Bisa digunakan secara luas termasuk saat ke luar negeri. Maka mengajari anak belajar Bahasa Inggris sejak dini itu sangat penting sekali agar mudah dalam berkomunikasi terutama dengan orang asing..

    BalasHapus
  11. Sekolah udah mulai tatap muka, jadi anak-anak yang butuh tambahan belajar juga butuh kursus. Salah satunya adalah Bahasa Inggris yang wajib dikuasai jaman sekarang ya mbak.

    BalasHapus
  12. aku sepakat mba... bahasa menjadi salah satu kunci keberhasilan kita di era seperti sekarang. Semakin nyaman kita dengan bahasa asing, semakin banyak kesempatan yang kita miliki

    BalasHapus
  13. Anakku udah sma pentiiingg bgt kuasai bhs inggris iniii

    Baeklaaa, nanti aku coba diskusi ama diaaa utk cari kursus terbaekkkk

    BalasHapus
  14. Wah pas banget nih mbak aku lagi cari kursusan bahasa Inggris untuk anak2ku. Sepertinya menarik kalau Cambridge nih. Aksen english-nya nggemesin #eh
    Tapi kyknya kejauhan kalau offline-nya dari rumahku, aku penasaran info online-nya, ntr kepoin webnya ah TFS

    BalasHapus
  15. Selama pandemi, anak-anakku juga les bahasa Inggris online, terutama percakapan, semoga English Academy bisa hadir di Ungaran juga ya apalagi kalau ada English Club nya sekalian

    BalasHapus
  16. Sebelumnya aku suka ragu kalau mau kasih anak masuk ke sekolah bilingual. Namun sekarang ketika mereka sudah masuk sekolah berbahasa Indonesia, merasa, kok penting juga ya anak mengenal bahasa lain selain bahasa Ibu. Salah satunya bahasa Inggris. Butuh les nih kayaknya hahaha

    BalasHapus
  17. Bisa ikut belajar. Di rumah sekarang juga saya juga jadi guru bahasa Inggris dadakan buat anak yang tahun ini ada mata pelajaran bahasa Inggris. Belajar di ruang guru menyenangkan ya

    BalasHapus
  18. Belajar bahasa Inggris itu penting ya mbak
    Makannya anak anak emab harus bisa berbicara bahasa Inggris

    BalasHapus
  19. Ini kelas offline nya kapan ya ada di Jogja? Mupeng nih mbak lihat kurikulumnya. Keren banget. Apalagi dengan sistem belajar yang menyenangkan

    BalasHapus
  20. kalau online apa berupa nonton video pengajaran lalu latihan mandiri? atau ada kelas daring dipandu gurunya? trus, gurunya native atau Indo?

    BalasHapus
  21. Penguasaan bahasa internasional tuh penting yaaa... apalagi Bahasa Inggris yang digunakan dalam banyak hal, ya pendidikan, ya bisnis dan komunikasi antar negara. Makanya harus jelas nih kurikulum yang kita ikuti.

    BalasHapus
  22. Kalau nggak salah kemarin baru buka juga mbak baru..English academy di Bekasi. Emang bahasa Inggris penting banget ya di segala bidang. Salut banget Mbak Susi bisa Bahasa Prancis selain Bahasa Inggris

    BalasHapus
  23. Kalau enggak punya skill bahasa Inggris itu seperti tertinggal rasanya
    Anak pertama sudah oke kalau bahasa Inggris
    Saatnya untuk anak kedua ini saya harus mulai mengenalkannya

    BalasHapus
  24. Ini belum ada kelas online-nya, ya? Memang menguasai bahasa inggris itu seperti gerbang karir, ya. Sekarang semua bidang pekerjaan butuh kemampuan berbahasa inggris. Bahkan dalam pergaulan saja bahasa inggris sudah mulai jadi kebiasaan.

    BalasHapus
  25. aku tuh bahasa Inggrisnya payah Mbak, suka bingung kalau ngajarin anak Bahasa Inggris. dan aku lagi nyari juga les Bahasa Inggris untuk anakku. sayangnya yang offline baru di Jakarta dan Bali, ya...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)