Mengapa Anak Sekolah Bilingual?

Saya dan suami ingin anak-anak bisa berbahasa Inggris. Makanya membiasakan mereka dengan bahasa ini sejak kecil. Sesekali saya berbicara bahasa tersebut dengan anak. Sumber belajar mereka yang lain adalah dari kanal Youtube berbahasa Inggris untuk anak-anak. 

Mengapa Anak Sekolah Bilingual


Selain agar bisa, saya juga perlu mengkonfirmasi apakah mereka punya bakat bahasa atau tidak. Jika mereka mudah memahami dan menirukan bahasa selain bahasa ibu, sangat mungkin mereka punya bakat tersebut. Dari situ akan kami lakukan langkah selanjutnya.


Sejauh ini tampaknya si kecil Gi punya bakat bahasa. Kecerdasan linguistiknya bagus. Kata guru PAUD-nya, pengucapannya bagus.

Senang rasanya dapat pujian itu. Lebih senang lagi karena tahu bahwa itu benar. Saya menyertai proses belajarnya dan ikut aktif bersamanya. Saya jadi guru utama. Kadang kalau ia membuat kekacauan yang mengesalkan, saya mengomelinya dalam bahasa Inggris. Biasanya dia akan berhenti bergerak dan melihat saya dengan ekspresi ingin tahu. Mungkin sambil mencoba mengerti ucapan saya. Setelah itu ia akan memberi tanda jempol sambil berkata, "OK, Ma!"

Melihat bagaimana perkembangan bahasanya, saya ingin mengambilkan kelas di Alta School. Sebuah kelas bilingual yang bisa diambil secara online. Jadi meskipun kami jauh dari kota besar, bisa tetap ikut. Tapi mengapa harus menguasai bahasa Inggris? Mengapa harus sekolah bilingual?


Mengapa sekolah bilingual

Kalau ditanya kenapa perlu mengikuti program bilingual untuk anak di Alta School, jawaban pendek saya adalah agar kelak anak siap menghadapi persaingan global. Jawaban ini termasuk clichée karena sudah lama ada, tapi globalisasi zaman dulu dan zaman sekarang amat jauh berbeda, tapi juga sudah terbukti. 

enapa perlu mengikuti program bilingual untuk anak di Alta School


Kita yang masih biasa-biasa saja karena tidak mengakrabi bahasa dunia hanya bisa melihat teman-teman yang telah berhasil di kancah internasional. Bagaimana dengan masa depan anak-anak kita? Dunia global tak punya lagi jarak. Berkelindan dengan kehidupan sehari-hari, maka mereka yang menguasai komunikasi lah yang akan bisa menggenggam dunia.

Bukankah sebagai anak kisik yang berada di akar rumput, saya cukup berhasil karena memiliki kemampuan berbahasa asing bisa jadi bukti? Jika dibandingkan dengan semua saudara saya, sangat terasa bedanya.

Jika saya sudah dapat membuktikannya, maka kondisi anak kelak tidak akan sama. Tantangannya akan makin berat daripada zaman ibu-bapaknya. Sekolah bilingual akan membuat mereka terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari dan dalam menyelesaikan tugas belajarnya. Ini juga merupakan pengalaman nyata bagi anak dalam perannya sebagai masyarakat dunia.

Sekolah bilingual juga bisa membuat anak terbiasa melakukan swift code atau perubahan kode/bahasa, sehingga kemampuan multitaskingnya makin baik. Multitasking namun dengan tingkat konsentrasi yang baik. Hal ini terjadi karena ia bisa mengontrol perhatian, memecahkan masalah/kode bahasa. Hal ini bisa membantunya menjadi pribadi yang memiliki pemikiran dan kreativitas out of the box. Baiknya sih sekolah bilingual diambil sejak masih kecil. Misalnya saat berusia 5 tahun. Kalau mau tahu lebih banyak tentang sekolah ini bisa membaca artikel saya yang berjudul Sekolah Bilingual di Rumah. Ulasannya panjang dan lengkap.


Sekolah Alta School 

Ada yang penasaran dengan Alta School? Alta School adalah sekolah non formal berbasis teknologi dengan metode pembelajaran daring (online) yang dapat menyesuaikan kebutuhan siswa. Sangat hype pada masa pandemi lalu, sebagai sekolah kedua bagi anak. Pasti pahamlah dengan adanya beberapa permasalahan terkait sekolah pada masa itu. Banyak guru yang tidak siap dan tidak mampu mengajar secara online. Banyak orangtua yang tidak puas dengan hasil belajar anak, bahkan cemas dengan peluangnya belajar di sekolah impian anak.

Alta School adalah
Asyiknya belajar di Alta School


Bagi yang belum tahu, Alta School tidak melulu sekolah bilingual. Ada sekolah reguler yang menggunakan satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia. Ada sekolah bilingual yang memang menggunakan dua bahasa pengantar yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Keduanya menawarkan sekolah online dengan 7 sesi program nasional per minggu. Khusus untuk sekolah bilingual, ada tambahan 5 sesi program internasional per minggu. Sekolah ini termasuk sekolah bilingual terbaik. 

Kapan hari ada yang tanya-tanya tentang homeschooling dan unschooling. Dua jenis sekolah di rumah yang sempat sangat menarik minat kami berdua, tapi pada zaman itu, belum seramai sekarang. Kami ingin - anaknya juga - ambil langkah unshooling karena tidak puas dengan sekolah konvensional. 

Saat itu sudah ada pandangan mau gabung dengan komunitas homeschooler yang mensyaratkan pertemuan bulanan. Bedanya dengan sekarang dan 10 tahun lalu, pertemuannya bisa di kota mana saja, sesuai jadwal. Semacam parent meet sambil melatih anak bersosialisasi dengan sesama homeschooler.

Nah lho... repot kan kalau parent meet di luar kota sebulan sekali? Kalau sekarang sih, hampir tiap kota sudah ada komunitas homeschooling. Nah, Alta School ini menerima banyak sekali peserta dari sini, termasuk homeschooling bilingual. Bagi yang belum tahu, biasanya anak-anak homeschooler mengambil kurikulum internasional dan secara khusus menargetkan kuliah di luar negeri. Dan persiapannya sudah dimulai sejak anak usia dini. Sejak masih PAUD.


Sekolah Alta School Bilingual

Kalau sedang mencari sekolah PAUD bilingual dan sekolah SD bilingual, maka Program Bilingual dari Alta School adalah rekomendasi terbaik. Sekolah ini memang dikhususkan untuk anak-anak, dan semua gurunya minimal punya pengalaman mengajar anak selama 5 tahun. Itu salah satu syarat selain harus lulus PTN terbaik.

Sekolah ini cocok untuk anak homeschooler maupun anak yang sudah belajar di sekolah konvensional. Bukan hanya sebagai pengayaan belajar namun juga untuk membantuk kebiasaan belajar yang jauh lebih baik. Anak akan belajar dengan kurikulum terbaru, dan punya tematik home based project

Sekolah bilingual yang cocok untuk anak homeschooler
Sekolah bilingual yang cocok untuk anak homeschooler


Untuk anak-anak yang sudah terlanjur sekolah, tetap bisa mengambil program Alta School Bilingual, sebagai sekolah pendamping. Untuk anak-anak homeschooling atau unschooling, bisa mengambilnya sebagai sekolah utama karena materi yang diberikan setara dengan sekolah nasional.

Anak juga bisa membiasakan diri belajar dengan sistem blended learning yang sampai saat ini masih menjadi metode belajar terbaru, dan akan menjadi standar belajar di masa depan. Dengan sistem ini, Alta School bilingual maupun reguler sama-sama mengedepankan konsep live teaching yang interaktif, adaptif, dan menyenangkan. Tujuan besarnya adalah agar dapat menggali minat dan potensi anak secara maksimal. 


Fasilitas sekolah Alta School Bilingual

Sebagai sekolah dalam dua bahasa, program yang satu ini memberi banyak fasilitas yang menarik. Tak heran jika menjadi sekolah biligual terbaik. 
Fasilitas sekolah Alta School Bilingual
Fasilitas sekolah Alta School Bilingual



Berikut ini fasilitas sekolah bilingual di Alta School:

  1. Metode belajar 2 bahasa 
  2. 5 sesi program internasional per minggu 
  3. 7 sesi program nasional per minggu 
  4. Guru berpengalaman 
  5. Modul belajar 200-300 halaman 
  6. Learning Kit (tematik home based project
  7. Pilihan jadwal bervariasi 
  8. Akses video belajar 
  9. Berbagai event kreatif 
  10. Laporan belajar bulanan & semester 
  11. Pertemuan orang tua murid bulanan (parents meet)
  12. Pembayaran hanya sekali


Setahu saya sih, pembayaran memang hanya sekali untuk 1 tahun dan bisa dicicil. 

Setiap pelajar di Alta School bilingual akan mendapatkan modul belajar dan learning kit yang dikirimkan ke rumah. Jadi tak hanya stok video belajar yang melimpah, anak juga memiliki modul pegangan di rumah. 

fasilitas sekolah bilingual di Alta School
fasilitas sekolah bilingual di Alta School

jadwal belajar PAUD di Alta School
Jadwal belajar PAUD di Alta School

Jadwal belajar SD di Alta School
Jadwal belajar SD di Alta School


Cara daftar sekolah bilingual di Alta School

Jika ingin memberikan pengalaman belajar yang terbaik dan membiasakan anak aktif belajar dalam komunitas yang memang memiliki visi yang sama, maka Alta Scholl adalah pilihan yang paling tepat. Cara daftar sekolah bilingual juga mudah. Tak banyak syarat macam-macam. Hanya 3 langkah saja:

  1. Kunjungi Alta school Program bilingual, klik link berikut: https://www.altaschool.id/bilingual
  2. Isi formulir pendaftarannya, lalu klik 'daftar sekarang'. 
  3. Lakukan pembayaran sesuai form yang ada.


Semoga artikel ini menjawab banyak pertanyaan semua sobat Susindra, ya. Saya juga punya jawaban yang banyak seputar sekolah, kursus dan pendidikan. Semangat menyambut masa depan!




19 Komentar

  1. Memang belajar bahasa Inggris perlu dimulai sejak dini agar nantinya mudah untuk anak berkomunikasi dengan bahasa internasional ini. Pastinya setiap orang tua ingin anaknya bisa bersaing dan tidak tertinggal di perkembangan zaman, mantep sekolah Alta bisa jadi solusinya untuk mendampingi anak belajar bahasa Inggris. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. sejujurnya saya kurang puas dengan metode mengajar di sekolah anak saya, mereka paham secara garus besar tapi gak deep. saya melihat ini kelemahan kurikulum tematik. sementara saya kurang cakap dalam mengajar atau membimbing anak untuk belajar lebih dalam dirumah. cocok banget nih kalau ikutan kelas di alta school. its oke kan ya meski anak saya udah masuk sekolah konvensional.

    BalasHapus
  3. Senang sekali di alta school bisa diakses secara online karena semua anak di berbagai kota jadinya bisa belajar bilingual. Btw si sulung saya memang berniat belajar homeschooling saat SMP nanti. Mau ngecheck deh kurikulum alta school. Lumayan bisa dicicil ya kak.. Hehehe

    BalasHapus
  4. Setuju mba, memang tanggung jawab orang tua untuk memberikan fasilitas terbaik sesuai kemampuan, Alta school ini jadi salah satu sarana mengupgrade skill anak. Boleh juga di dicoba anak saya.

    BalasHapus
  5. Menarik nih program dan fasilitas di Alta School bilingual. apalagi biayanya juga bisa di cicil jadi nggak terlalu berat. Jadi mempertimbangkan buat daftarin Toto nih

    BalasHapus
  6. tanggung jawab pendidikan murni ada di orangtua, sehingga wajar orangtua memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya, untuk beberapa hal mungkin bisa bekerjasama dengan pihak lain, tetapi tidak memindahkan tanggung jawab ke sekolah
    Alta School bisa jadi salah satu partner orangtua untuk memberikan pendidikan yang baik pada ananda

    BalasHapus
  7. Sekarang makin dini ya bisa belajar bahasa asing, apalagi ada fasilitas online. Memang terbukti bermanfaat kok bisa berbahasa asing. Feenya berbeda bagi orang yang bisa banyak bahasa. Semangaat...

    BalasHapus
  8. Semakin banyak opsi pengajaran bahasa Inggris yang mudah dijangkau dan diakses untuk anak. Yang terpenting, ini bukan model kursus grudukan yang diisi puluhan sampai ratusan peserta dengan capaian belajar yang kurang jelas. Jadi ikut penisirin nih berapa biayanya.

    BalasHapus
  9. Zaman sekarang bahkan sudah lebih dari bilingual ya mba, yaitu trilingual. Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa China/ Jepang/ Korea Selatan, pilih salah satunya. Wajar kalau orang tua memilih anak-anak bersekolah di sekolah bilingual.

    BalasHapus
  10. Wihh menariikk ini mba.
    Ada bbrp temanku yg jg minat dgn kurikulum sekolah alternatif kek gini. Bs bgt aku infoin ke doi.
    Trimikisiii mba

    BalasHapus
  11. Kebetulan banget aku lagi cari tempat buat si kecil bisa sekolah bilingual. Sekarang sudah masuk TK Konvensional tetapi full bahasa Indo. Tetangga rumah ada buka kursus tapi jarang ngajarnya. Mending daftar di Alta School saja ya, Mba.

    BalasHapus
  12. penting banget belajar bahasa asing apalagi Inggris ya mbaa. Kadang kalau di rumah kan suka nggak konsisten emak kayak aku ngajarinnya nih. Pas mau marah eh balik lagi bahasa sehari2 hahaha. Makasih infonya mba, Alta school bisa jadi pilihan sekolah bi lingual

    BalasHapus
  13. Wah kabar gembira banget ini..
    Karena di Bandung, yang namanya komunitas homescholler ini cukup banyak dan base-nya besar. Bila dilengkapi dengan Sekolah Alta School Bilingual, maka makin klop pembelajaran ideal sesuai dengan visi misi masing-masing keluarga,

    BalasHapus
  14. Duh mamanya ngomelnya pakai bahasa Inggris, jadinya Gi terbiasa mendengar ucapan bahasa Inggris secara langsung ya, nggak cuma dari youtube.

    BalasHapus
  15. Memang salah satu kiat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah dengan mengelilingi diri dengan aktivitas yang ada nuansa Inggris di dalamnya, seperti dalam daily conversation.

    BalasHapus
  16. Kebutuhan untuk bisa berbahasa Inggris itu penting di era sekarang dan era masa depan. Dengan adaya sekolah bilingual seperti ini, ngebantu. Apalagi lihat materi yang disajikan apa saja juga bagus dan tepat.

    BalasHapus
  17. Sekarang sudah banyak sekolah online berkualitas ya untuk para homeschooler, temanku anaknya juga home school di sekolah online, apalagi ada yang bilingual seperti ini anak jadi terasah ya kemampuan bahasa Inggris nya mba, ingat mba Susi ngobrol pakai bahasa Perancis pas di Yogya, keren banget

    BalasHapus
  18. Omo! sekarang udah ada paud online ya. malahan bisa belajar 2 bahasa sekaligus, jadi ibu2 bisa sambil mantau anaknya sekolah. wkwk..

    BalasHapus
  19. Alta school kyknya pernah denger, ini by ruang guru ya kalau gak keliru?
    Saya pun ingin anak2 bisa lebih pandai berbahasa Inggris lebih pinter dari emak bapaknya. Makanya di rumah sesekali kami pakai Bahasa Inggris gak peduli meski salah grammar yang penting anaknya terpapar dulu sih pas gede baru mendalami belajar :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)