Review She and Her Perfect Husband ala Susindra

Barusan menamatkan drama She and Her Perfect Husband dan rasanya.... ingin mengulang dari episode 1 kembali! Bukan hanya bagus dramanya tapi juga banyak strong quote yang sangat bagus. Tapi sebelumnya, saya mau bagikan pendapat saya dulu lah.... bikin review She and Her Perfect Husband ala Susindra.

Review She and Her Perfect Husband ala Susindra


Setelah menulis ini saya berencana akan membedahnya per episode di blog anakan. Alasannya sederhana saja, karena kebetulan cocok dengan tema blog tersebut yaitu menjadi ibu yang berbahagia. 

Drama She and Her Perfect Husband memang (menurut saya) lebih kuat pada pesan "pernikahan adalah ujian yang harus diselesaikan berdua." Sobat Susindra bisa memasukkan drama ini dalam daftar wajib tonton.


Sinopsis She and Her Perfect Husband

Sebelum ke review, saya tulis sinopsisnya dulu, ya. Kisahnya tentang Pengacara Qin Shi yang bekerja di Firma Hukum Cheng dan Hui. Dia pengacara senior di divisi rumah tangga. Hal ini membuatnya selalu menangani kasus perselisihan keluarga, terutama perceraian. Dalam internal keluarga, meski ada ketetapan, "Tak boleh ada keluarga Qin yang bercerai, namun Qin Shi sebagai anak bungsu bisa melihat bagaimana badai pernikahan dua saudaranya. Kakak keduanya sudah punya 17 modifikasi surat perjanjian cerai yang ia tangani sendiri.

Pengacara Qin Shi punya keadaan keluarga yang tidak biasa. Ia tiga bersaudara dengan 3 ibu yang berbeda. Meski dua ibu sudah berstatus cerai dengan ayah, tapi hubungan mereka masih saling mempengaruhi. Saling memahami masalah masing-masing dan berusaha saling bantu. 

Konflik keluarga dengan kondisi tak biasa ini pastinya jauh lebih rumit daripada konflik keluarga pada umumnya. Ada istri dan mantan istri yang masih sering bersaing perhatian suami. Beruntung, antar anak ada pengertian dan rasa hormat pada orangtua dan kakak pertama, sehingga tak ada konflik berarti. Hanya saja, kisah rumah tangga kedua kakaknya menjadi tambahan beban ketidakpercayaan Qin Shi pada kehidupan rumah tangga.



Selalu mengakrabi kasus-kasus pertikaian keluarga dalam banyak ragam bisa membuat seseorang merasa muak, sehingga hanya pribadi yang kuat yang bisa bertahan. Pengacara Qin Shi punya kepribadian yang kuat, namun semua yang ia lihat membuatnya tidak percaya pada pernikahan. Sebagai pengacara divisi keluarga, ia melihat kobaran api cinta pada awal pernikahan dan lambat laun apinya meredup bahkan tak jarang menjadi padam. 

Karier Qin Shi di firma hukum naik turun seperti roller coaster. Ia awalnya pegawai yang disayang oleh atasan, karena selera dan ambisinya. Namun ambisi tersebut menjadi kekuatan dan kelemahan Qin Shi. Satu sisi kemampuannya bertahan dalam penyelesaian kasus sangat baik sehingga ia disebut "staples", sekali menggigit tidak akan lepas. Namun di sisi lain ia juga sesekali berselisih dengan atasan karena hal ini. 

Dalam kondisi itu, pacar dari mantan tunangannya memperkeruh keadaan. Dengan kekuasaan keluarga, Wu Fei, si gadis cantik ini, berhasil membuat Qin Shi turun jabatannya. Bahkan nantinya ke level terendah, yaitu menjadi asisten pengacara. Jabatan yang ia lewati saat pertama kerja dengan kebohongan, yaitu ia sudah menikah dan suaminya pegawai di luar negeri.

Firma Cheng dan Hui memang sangat memperhatikan relasi pegawainya. Sama seperti Wu Fei juga bisa menyingkirkan Qin Shi dengan status sebagai anak dari Humas Ximei. 



Siapa suami Qin Shi? Tentu saja Yang Hua, dan ia adalah sosok yang nyata. Bisa dicari record-nya. Namun awalnya Qin Shi berbohong. Ia tidak kenal pada Yang Hua, demikian juga sebaliknya. Pertemuan mereka terjadi ketika Yang Hua ada kencan buta dengan Pengacara Li Dai, saingan utama Qin Shi. Kebohongan itu dengan cepat disadari oleh Li Dai. 

Bagaimana akhirnya? Apakah Li Dai membongkar kebohongan Qin Shi? Apakah Yang Hua dan Qin Shi menikah? Bagaimana nasib mereka selanjutnya? Bagaimana ending She and Her Perfect Husband?


Review She and Her Perfect Husband

Drama She and Her Perfect Husband menceritakan tentang lika-liku kehidupan dunia pengacara dan dunia investasi. Meski saya tak banyak menceritakan tentang Yang Hua dan dunianya, namun porsi untuk tema investasi, keuangan dan saham cukup besar. Ketiga setelah  tema keluarga dan tema pengacara. Karakter dalam ceritta juga kuat dan bisa saling mengisi.


1. Penokohan yang kuat

Yang Hua sangat suka kebersihan. Nyaris seperti OCD karena sangat suka berbenah. Ia membuat terperangah ketika mengatakan mengapa menghamburkan banyak uang jika uang 4500 yuan sudah cukup untuk biaya hidup satu bulan? Kalau diuangkan setara dengan 10 juta rupiah. Dan di kisah itu bahkan lebih mahal harga daging yang mereka santap.


 

Qin Shi adalah pengacara senior berusia 35 tahun yang sangat hebat. Ia dijuluki staples karena pantang melepas kasus, apalagi kalah. Namun ia tak pernah mengkhianati hati nuraninya. Ia sibuk bekerja dan tak bisa mengurus rumah. Semua benda campur aduk karena tidak ditata. Bisa dibayangkan saat Qin Shi dan Yang Hua tinggal bersama? 

Drama ini mengisahkan perjalanan cinta Qin Shi dengan Yang Hua yang berawal dari kebohongan Qin Shi. Ia mengambil foto Weibo Yang Hua dan mengakuinya sebagai suami. Juga ada kisah cinta Tao Ju Hui dengan W Fei, yang sempat teracuni oleh cemburu buta. Wu Fei mencelakai Qin Shi karena tahu bahwa ia adalah mantan kekasih Tao Jun Hui. 

Ada Li Dai, musuh bebuyutannya Qin Shi yang punya watak dan kemampuan setara. Keduanya menjadi pengacara utama di divisi keluarga dan sama-sama menjadi ratu. Jika Qin Shi tampak lebih unggul, lebih karena ia tahu cara menyenangkan atasan perempuan mereka.



Qin Shi dan Li Dai dikisahkan seperti kopi dan teh, tak bisa dijadikan satu minuman. Penonton bisa salah paham dengan sikap memusuhi Li Dai, namun ia punya prinsip dan pengacara yang sama baiknya dengan rival utamanya. 

Qin Shi bertekad menjadi mitra di firma tempat ia bekerja agar bisa mengusulkan kesempatan yang sama bagi semua pegawai di firma. Ada aturan di sana yang ketat mengatur kenaikan pegawai. Hanya pegawai yang sudah menikah yang bisa naik jabatan, dan dalam kontrak tertentu pegawai perempuan tidak boleh hamil. 

Qin Shi bertekad mengubah aturan tersebut dan tetap bertahan meski karienya beberapa kali dalam bahaya. Pada akhirnya ia dengan tepat memilih kata hatinya. Ending yang sangat bagus. 


3 Tema cerita: pengacara, investasi dan pernikahan

a. Kehidupan pengacara

Kehidupan pengacara sebagai pembela kebenaran membawa banyak cerita seru tentang bagaimana mereka berjuang membela kebutuhan klien. Ternyata mereka melakukan banyak penyidikan berlapis-lapis demi menambah prosentase kemenangan kasus. Rasanya kadang seperti menonton film detektif saja. Tapi ini tak kalah menarik. 


Drama Korea Blind ini bagus juga

Beberapa pengacara akan tetap memegang hati nuraninya, menjadi satria pembela kebenaran. Beberapa sudah sedemikian fleksibel sehingga mencari celah demi kemenangan. Meski tak sampai melakukan kejahatan namun mereka juga kadang melihat bahwa lawan mereka berada di pihak yang benar.

Dari drama ini juga kita bisa melihat perjuangan pengacara di sebuah firma, mulai dari asisten sampai menjadi mitra. Roller coaster posisi kerja Qin Shi menjadi cerita yang baik dan menguatkan sisi dirinya sebagai pahlawan pembela kebenaran. Kita dibuat berpikir, seperti apa moral Qin Shi, yang berbohong demi status pekerjaannya. Jika ia tidak mengaku-aku menjadi istri Yang Hua, ia hanya akan masuk sebagai asisten pengacara pada pertama kali masuk ke firma hukum Cheng dan Hui. Yang Mi sangat bagus memerankan sosok Qin Shi. 


b. Dunia investasi saham

Yang Hua mewakili sosok genius dalam dunia investasi saham dan bisnis pada umumnya. Xu Kai, entah kenapa selalu cocok memerankan sosok jenius yang tiada banding. Meski para penggemarnya akan sedikit kecewa karena di sini ia dibuat tidak se-glowing biasanya. Ia jadi sosok pengamat keuangan yang cupu dan imut. Agar jarak usia antara Yang Hua dan Qin Shi terlihat jauh. Xu Kai bahkan berponi dan sangat menggemaskan. 

Coba tonton drama kolosal Dream of Splendor yang bertema bisnis juga.


Di sini diceritakan bahwa Yang Hua adalah pemuda yang tengah menyembuhkan dirinya dari kegagalan yang ia lakukan di luar negeri sebelumnya. Sebagai pemuda genius yang sangat prospektif, ia dijebak rekan kerjanya sehingga kehilangan pekerjaan, kehormatan dan bahkan kekasihnya. Padahal ia adalah sosok penyendiri yang lingkup pertemanannya tak jauh dari 6 orang. 4 tahun berlalu sejak peristiwa itu dan ia masih nyaman menyembunyikan diri. Cita-citanya, "mati dengan tenang di atas tempat tidur." 

Bisa dibayangkan bagaimana ibunya kipo-kipo memaksa anaknya menikah dan bekerja di luar kembali. 5 episode awal sangat seru menceritakan sisi keluarga Yang Hua da Qin Shi. Membuat penonton salut dengan sosok ibu dan ayah Yang. 

Nantinya Yang Hua akan bertemu dengan masa lalunya, dan harus membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah dalam kasus Ying Li No. 24. 


c. Tema pernikahan

Tema cinta
diwakili oleh beberapa pasangan dalam drama ini. 

  1. Qin Wen Yu, saudara kedua Qin Shi dan istrinya (Mei Mei) menjadi contoh bahwa pernikahan itu bukan tentang cinta dan harta saja, tapi juga kepercayaan dan kesempatan. Mei Mei selalu curiga pada suaminya, sementara suaminya cukup bebal sehingga sering masuk ke dalam jebakan temannya. Ini menjadi sumber ketidakpercayaan Mei Mei. Kita bisa tertawa dengan polah mereka yang tak sungkan memperlihatkan cinta dan cemburu bergantian, juga polah-polah kekanakan mereka. 
  2. Pasangan Jin Cheng - Tang Yi Hui (suami istri pemilik firma hukum) menjadi contoh keharmonisan rumah tangga tak hanya butuh cinta tapi juga saling melengkapi. Secara umum keduanya sama-sama ambisius, tapi yang satu lebih emosional dari lainnya. Jin sebagai laki-laki paruh baya tentu saja menjadi sosok yang tepat untuk menjadi benteng dan tameng bagi istrinya yang selalu ingin menghasilkan uang sebanyak mungkin dari firma hukumnya. Sungguh pernikahan ideal.
  3. Ny. Lan dan suaminya, menjadi contoh ketiga, yaitu bagaimana sikap seorang istri ketika suaminya terjerat hukum karena penipuan. Ny. Lan harus membayar hutang suaminya yang melarikan diri ke luar negeri, dan jumlahnya milyaran yuan. Ini sungguh bukan jumlah yang sedikit sehingga kasusnya membuat divisi firma hukum menjadi lebih sibuk dengan deal kontrak nikah dari sebelumnya. Pernikahan orang kaya raya tanpa perjanjian pernikahan bisa jadi malapetaka seperti kasus Ny. Lan ini.

Pernikahan Yang Hua dan Qin Shi sulit dijadikan contoh, karena pada awalnya karena bersifat transaksional. Mereka juga sepakat menikah hanya selama 3 tahun. Ternyata mereka saling jatuh cinta dan memutuskan berpacaran. Namun pada akhirnya Yang Hua memutuskan bercerai sebelum waktunya habis karena ia ingin memberi kebebasan pada Qin Shi untuk mempercayai pernikahan.




Selain 3 tema menarik di atas, drama ini memiliki kekuatan tersembunyi untuk membuat penontonnya terinspirasi. Banyak kalimat kuat, motto, motivasi, dan pribahasa yang sangat bagus. Beberapa di antaranya tentang hakikat hidup, pernikahan, cinta, kepahlawanan, self love, dan lainnya. Kadang saya mencatatnya karena terkesan. Tiap episode selalu ada beberapa kalimat yang layak dicatat, sebagai pengingat. 

Selain semua hal di atas, drama ini memperlihatkan kualitas Yang Mi dan Xu Kai, sebagai pemain watak. Yang Hua memerankan sosok pangeran alias anak mama di awal episode, dan secara perlahan berubah menjadi pria matang. Bahkan lebih matang dari Qin Shi yang menurut cerita berusia 6 tahun lebih tua. 


3 Komentar

  1. Sempat nonton juga film China satu ini, suaminya idaman semua orang walau masih berondong pemikirannya dewasa dan tulus banget. Suka meleleh sama sikapnya, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Ni hao ma? Ternyata ini filem china toh dari apa yang saya baca saya simpulkan bahwa cerita ini bisa dibilang mirip dengan drakor. Dimana ada peemasalahan yang dibalut dengan keromantisan pasangan namun yah itu dia.

    BalasHapus
  3. Menurutku bca review "She and Her Perfect Husband" sarat konflik ga sih? Ada berapa episode kah? Suami yang akhir-akhir ini seneng nonton drama. Drakor biasanya...Katanya nontonnya engga mikir...hehe...Coba aku kasih tahu dia, mungkin suka nih...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)