My Lovely Liar (2023) Drama Seri Korea

Pertemuan komposer terkenal yang hidup dalam persembunyian dengan seorang pemburu kebohongan. Akhir-akhir ini saya sedang menikmati drama berjudul My Lovely Liar ini. Seperti biasa, otak saya sibuk menebak korelasi antar pemain dan ending-nya.

Memang terlalu dini bicara akhir drama seri ini, tapi kebiasaan memang sulit diubah. Karena drakor lama ending-nya, kadang saya lupa dan merasa sudah menonton sampai tamat, padahal baru setengah. Ya gara-gara senang membuat prediksi jitu gini. Kalau sobat Susindra bagaimana?

review dan sinopsis lengkap My Lovely Liar (2023)


Judul drama: My Lovely Liar | 소용없어 거짓말 | Soyongeobseo Geojismal | Useless Lies

Negara asal: Korea Selatan

Jumlah episode: 16

Durasi: 60 menit

Estimasi tamat: 19 Sep 2023

Perilai: tvN, VIU

Penulis naskah: Seo Jung Eun

Jenre: supranatural, misteri, romansa, komedi


Sinopsis My Lovely Liar

1. Kisah pemburu kebohongan

Ada seorang gadis dengan kemampuan super yang unik, yaitu telinganya bisa mendeteksi kebohongan secara akurat. Kemampuan bawaan lahir ini membuatnya memilih profesi sebagai "pemburu kebohongan". Ia mendapatkan banyak uang dari situ, terutama dari orang-orang kaya yang selalu punya kebimbangan. Namanya Mok Sol He

Punya kemampuan mendeteksi kebohongan tapi punya ibu yang selalu berbohong: menipu sana-sini demi bisa hidup enak. Hal ini membuat sang ibu merasa benci pada anaknya, yang selalu membongkar kedoknya.

Soyongeobseo Geojismal


Mok Sol He seumur hidup selalu mendengar orang berbicara bohong, bahkan saat ia hanya melintasi jalan. Hal ini sedikit banyak membuatnya merasa... apa ya, mungkin skeptis dengan ketulusan manusia. Apalagi ibunya seperti itu, dan bapaknya demi menghibur, banyak membohonginya.

Kalau dikatakan sombong, rasanya tidak bisa, meskipun ia sering mengatakan kalau aku bilang begitu ya itu adanya. Tak ada ruang komunikasi atau diskusi. Dia akan langsung pergi karena enggan basa-basi.

Ia seperti hakim atau jaksa yang cuma tahu benar dan salah. Bahkan urusan cinta pun begitu. Ia putus dengan tunangannya, 5 tahun lalu, gara-gara kebohongan. Lee Kang Min bukan hanya tak bisa menjawab pertanyaannya akan tetapi juga berbohong saat ditanya sibuk apa sampai melewatkan janji. Tak ada alasan yang bisa diterima untuk kebohongan yang telanjur dilontarkan.


2. Kisah komposer yang mengucilkan diri

Kim Do Ha adalah komposer jenius yang misterius bagi semua masyarakat seni tarik suara. Karyanya hanya untuk penyanyi Syaon saja. Wajahnya tak pernah tampak sama sekali. Banyak rumor tentangnya yang beredar dan tak pernah diklaridikasi.

Ada yang mengira profesinya adalah anggota badan intelejen (BIN), ada yang mengatakan ia anak SMA, ada yang mengatakan ia anak konglomerat. Semua rumor itu tidak benar. Ia adalah orang yang memang sengaja mengucilkan diri karena suatu trauma berat pada 5 tahun yang lalu.


misteri kim do ha


Lima tahun lalu ia dituduh membunuh kekasihnya, namun dibebaskan karena tak ada bukti. Meski demikian, masyarakat sudah menganggapnya demikian sehingga saat keluar, ia dipukuli warga. Sejak saat itu dia benar-benar menutup diri.

Beruntung ia punya sahabat baik bernama Jo Deuk Chan. Sahabatnya ini tak hanya percaya padanya, akan tetapi juga berkolaborasi dengannya, bersama memasuki dunia musik. Sa Ji On, seorang gadis yang ikut audisi dipilih sebagai satu-satunya yang boleh menyanyikan lagu ciptaan Kim Do Ha. Oh iya, nama aslinya adalah Kim Seung Joo.

Sa Ji On tenar dengan nama Syaon dan tak menutup rasa tertariknya pada Kim Do Ha. Tampaknya ia tak tahu nama asli dan masa lalu dari orang yang ia cintai itu.


3. Pertemuan Mok Sol Hee dan Kim Do Ha

Rumah Kim Do Ha terekspos wartawan dan paparazi. Ia pindah ke rumah Jo Dwuk Chan yang lama, tepat di sebelah rumah Mok Sol Hee. 

Kim Do Ha seperti biasa, hidup dalam kegelapan: hoodie, kacamata dan masker serba hitam. Bahkan keluar untuk menerima pesanan gojek pun ia akan menggunakan masker. Perilaku anehnya ini membuat Mok Sol Hee menduga ia bersembunyi karena takut pada kreditur. 

Tinggal bersebelahan membuat mereka sesekali bertemu dan berkomunikasi. Mok Sol Hee merasa aneh karena ia tak bisa mendeteksi kebohongan saat Kim Do Ha berbicara. Seakan ia orang yang tak pernah berbohong. Hal ini membuat Mok Sol Hee mengira tetangganya itu kebal pada kemampuan uniknya.

Keduanya menjadi makin dekat karena beberapa situasi khusus. Apalagi mereka punya kesamaan yaitu suka pada sepakbola, namun tim yang difavoritkan adalah musuh bebuyutan. Ada satu lagi yaitu sama-sama suka musik. Jalinan keduanya makin hangat saat mantan Lee Kang Min hadir di antara mereka. 

Mok Sol Hee bimbang. Di satu sisi ia tiba-tiba menyadari bahwa perasaan skeptisnya pada manusia mulai luntur. Ia mulai bertanya-tanya apakah keputusannya memutuskan tunangannya 5 tahun lalu itu benar atau tidak. Ia juga mulai membuka tabir misteri tetangganya sedikit demi sedikit. Feeling-nya mengatakan ada rahasia besar yang berkaitan dengan seseorang dalam hidup Kim Do Ha yang bunuh diri dan hal ini masih jadi ganjalan dalam hati. Penyebab tetangganya itu menyembunyikan diri sejak 5 tahun lalu.

review dan sinopsis Useless Lies


Tak ada aib yang bisa ditutup selamanya. Kira-kira, apakah nanti ia akan bisa merangkul kebohongan Kim Do Ha yang berkaitan dengan nyawa seorang gadis, ataukah ia kembali pada mantannya yang ternyata punya alasan syar'i untuk berbohong padanya 5 tahun lalu.


Review My Lovely Liar

Saat sedang menunggui anak di kelas, saya punya me time yang menyenangkan. Entah membaca buku, mencari tutorial, atau menonton drama. Tak sengaja saya menemukan judul ini dan asyik menontonnya. Oh iya, saya menonton di VIU.

Saat menonton drakor, biasanya saya memilih yang jelang tamat atau malah sudah tamat. Agar cepat saja karena rentang kesabaran saya menanti episode baru cukup rendah. Terlalu banyak agenda sehingga lupa. VIU juga bukan aplikasi video on demand favorit saya karena tak bisa dipercepat. Wkwkwk. 

Orang sok sibuk seperti saya, menonton drama dengan kecepatan 1,5 - 2 x sudah jadi kebiasaan saja. Makanya aplikasi VoD di HP yang sering saya buka ya WeTV, iQIYI, Youku, dan Vidio. 

Kebetulan saja saya menemukan My Lovely Liar ini dan punya waktu menontonnya. dapat 2 episode sambil menanti anak ragil yang sekolah TK A. Setelah itu dengan dalih menyetrika saya menonton sampai episode terakhir.

Pendapat saya tentang drama ini cuma satu: MENARIK. Otak analitis saya jadi sibuk mengumpulkan data dan membuat skenario untuk mereka. 

Saya memang jarang menonton drakor sehingga tak tahu record Kim So Hyun, Hwang Min Hyun, Seo Ji Hoon, Lee Si Woo maupun Yun Ji On. Oh saya lupa Nam Hyun Woo yang menjadi Jo Jae Chan, adiknya Jo Deuk Chan yang menjadi sahabat terdekat Kim Do Ha. 

review dan sinopsismy lovely liar


Saya harus menyebutnya karena menurut prediksi saya, ia adalah kunci utama dari kasus 5 tahun lalu. Mereka semua terikat satu benang merah dengan meninggalnya seorang gadis yang sampai sekarang dinyatakan hilang. Oh iya, gadis itu adalah mantan kekasih Kim Do Ha.

Menurut khayalan saya, si gadis ini adalah sepupu dari tunangan Mok Sol Hee. Alasan mengapa ia bebrbohong sehingga pertunangan mereka putus. Apa hubungannya dengan kakak-beradik Jo? Si gadis - entah siapa namanya ini - entah meninggal entah bersembunyi, karena akan/sudah dinodai oleh Jo Jae Chan dan si kakak tahu hal itu.

Saya memang mengembangkan skeptical mind kalau memecahkan kasus dalam drama. Tak ada persahabatan yang bisa menerima rahasia besar tanpa syarat. Kepercayaan penuh adalah barang mahal di era sekarang ini. Mungkin karena baru menyelesaikan film Korea berjudul Soulmate, dan membuat review super lengkapnya, ya.

Lagian, si kakak ini , Jo Deuk Chan, tampak lebih waspada jika adiknya mendekati sahabatnya. Kenapa coba? Bukan karena ia tahu prilaku menyimpang adiknya, tapi karena rahasia yang mereka tutupi bersama.

Yah, namanya juga prediksi ending My Lovely Liar, ya. Tak harus benar begitu. Terima kasih sudah membaca review dan sinopsis lengkap My Lovely Liar ala Susindra sampai selesai.  


14 Komentar

  1. Pas banget lagi ngikutin Drakor ini kak. Ya meskipun diselingi Moving sama Not Others yang mau tamat, hehe. Masih nebak-nebak endingnya seperti apa. Belum nemu mana biang keroknya. Minggu lalu manis terus, khawatir Minggu ini jadi asem.

    BalasHapus
  2. Waduh saya sudah lama nih tidak nonton drakor. Sepertinya film My Lovely Liar ini bisa nih ditonton sambil mengisi waktu luang

    BalasHapus
  3. Kira2 dia kalau terjadi di dunia nyata, Mok Sol He ini banyak temennya ngga ya? Ngeri-ngeri sedap juga kalau dia selalu mampu mengetahui kita bohong apa ngga, hahaa.
    Pokoknya keliatan deh yang temanan sama dia pasti orang jujur semua, nih...

    BalasHapus
  4. Seru juga ya my lovely liar ini, unik ide cerita yang diangkatnya. Jujurly jadi penasaran dan pengen nonton juga, seru sepertinya ya. Btw, kalo ada yang punya kemampuan deteksi kebohongan di dunia nyata, mungkin koruptor atau pelaku kejahatan bisa cepat diringkus ya hehehe

    BalasHapus
  5. Seru juga ya my lovely liar ini, unik ide cerita yang diangkatnya. Jujurly jadi penasaran dan pengen nonton juga, seru sepertinya ya. Btw, kalo ada yang punya kemampuan deteksi kebohongan di dunia nyata, mungkin koruptor atau pelaku kejahatan bisa cepat diringkus ya hehehe

    BalasHapus
  6. Kebetulan banget lagi nyari-nyari drama buat tontonan, My Lovely Liar sepertinya memiliki tema yang menarik, telinga seorang gadis dapat mendeteksi kebohongan sementara emaknya suka ngibul. Jadi penasaran ingin nonton.

    BalasHapus
  7. Saya baru nonton episode 1 itupun belum tamat, untung baca tulisan Mbak Susi jadi tau sinopsisnya
    Saya nonton My lovely Liar karena dibintangi Kim So-Hyun
    Lihat aktingnya sejak masih bintang cilik dan sering dapat penghargaan bikin saya yakin dramanya gak mengecewakan, minimal lumayanlah :D

    BalasHapus
  8. Makasih kak Susindra sudah review film "My Lovely Liar 2023", semoga bisa memberikan gambaran bagi orang di luar sana yang sedang menanti film ini dan ingin tahu sinopsisnya seperti apa. Semoga bisa membantu para sineas film2 drakor.

    BalasHapus
  9. Pernah sekali sih nyasar nonton My Lovely Liar. Diawal emang agak susah dicerna... Lama-lama enjoy juga sih.... Penasaran sama endingnya.... Nanti deh kalau sudah ada episode terakhirnya baru lanjut nonton sampai selesai...

    BalasHapus
  10. Tabungan dramakuuu...
    Hehehe.. aku suka banget sama Minhyun dan nunggu banget sama karir aktingnya setelah karir bermusiknya mengalami disbanned lagi. Sediih.. tapi aku bakalan terus dukung Akang Minhyun dan nonton drama My Lovely Liar. Apalagi ceweknya Kim So Hyun, aktris cilik yang uda mateng banget di dunia akting.

    BalasHapus
  11. Saya termasuk yg engga nonton drakor, karena engga sabar endingnya. Lah...baca artikel mb Susi jadi tahu tips nonton drakor. Tonton aja yg hampir berakhir...wkwkwk. Tapi seru juga ya punya instink, tahu mana pembohong mana bukan. Cocok nih untuk dosen kalau sidang akhir. Mhs-nya bikin sendiri karyanya atau dibuatkan orang lain...

    BalasHapus
  12. Analisisnya masuk akal mbak, pasti berkaitan nih kejadian 5 tahun lalu dalam hidup si pendeteksi kebohongan dan si komposer. Drama kan gitu hehehe....

    BalasHapus
  13. wah genre detektif ini drakornya ya bisa selidiki dan rasakan kebohongan atau engga menarik buat ditonton filmnya

    BalasHapus
  14. Salah satu genre favoritku nih, bisa sekalian melatih analisis juga kalau nonton genre semacam ini. Tapi kalau jadi orang yang bisa mendeteksi kebohongan orang lain ini bagai buah simalakama ya, di satu sisi kita jadi tau siapa yang jujur, tapi ya... di sisi lain kayaknya bakal jadi stress sendiri karena ternyata terlalu banyak kebohongan di dunia ini :((

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)