Persahabatan dan Impian dalam Film Soulmate (2023)

Jangan meminjam impian orang lain, itulah kesan yang saya tangkap saat menonton film Soulmate (2023). Kesan yang saya tangkap pertama kali ketika menonton film Soul Mate (2016). Keduanya punya judul nyaris sama, bukan sebuah kebetulan, karena yang satu adalah adaptasi dari yang lainnya, dan keduanya berasal dari novel yang sama.




Sebuah film yang bagus. Tak boleh dilewatkan. Apalagi bukan tema yang biasa. 

Tema persahabatan antara dua perempuan bukan tema favorit sineas, karena penggarapannya lebih sulit. Penonton/pembaca lebih mudah larut dalam cerita jika dibumbui cinta. 

Suatu kebetulan kemarin saya menulis persahabatan 3 pendekar di jianghu atau dunia persilatan dalam artikel Mysterious Lotus Casebook, kali ini persahabatan perempuan yang bisa terjadi di mana saja di dunia nyata. 

Judul ini memang tiba-tiba menyusup masuk dan mendesak minta diulas setelah membaca Sediksi. Ada yang sudah kenal belum, sama portal media online satu ini? Banyak tulisan di sana yang bagus-bagus, mendalam ulasannya. Kalau menilik dari informasinya sih, memang diciptakan sebagai ruang diskursus peristiwa maupun isu yang sedang terjadi di masyarakat.

Mari kita lanjutkan tulisan ini.


Sinopsis Soulmate (2023)

Ahn Mi So adalah gadis malang. Ia selalu berpindah sekolah, sampai akhirnya "menetap" agak lama karena punya sahabat karib bernama Go Ha Eun. Keluarga Go memperlakukannya dengan baik sehingga ibunya Mi So bisa pergi dan tak pernah kembali. Mi So meski sendirian tapi tak sampai sebatangkara. 

Meski terlihat riang dan suka berpetualang, namun peristiwa masa kecilnya itu sangat membekas. Itu terlihat dari cita-citanya untuk mati pada usia 27 tahun seperti Janis Joplin. Meskipun mungkin dia juga tidak berpikir mengakhiri hidup seperti JJ.

Dia mengamini pandangan orang sekitarnya yang mengasihaninya sebagai anak yang tidak beruntung. Hal ini terungkap dari percakapan saat di gua. Ia meminta sedikit keberuntungan. Saat meminta jimat Jin Woo juga alasannya agar ia juga punya keberuntungan hidup.

Percakapan dan ciuman; dua sumber malapetaka persahabatan Mi So - Ha Eun. Ha Eun melihat mereka berciuman. 


penyebab pertengkaran Mi So dan Ha Eun


Setelah peristiwa di gua itu, tali persahabatan mereka sudah putus. Bagaimanapun upaya mereka menyambung tetap tak berhasil. Meskipun saling berkirim surat cukup intens yang menandakan keduanya masih mau menjalin komunikasi.

Mi So memilih merantau bersama pacarnya. Setelah putus, ia ingin berkelana ke tempat-tempat wisata impiannya. Tak terbatas Korea namun sampai ke luar negeri. Namun anak malang itu tak berhasil meraih impiannya karena tak ada dana. Ia hanya menjadi ART. 

Entah apa motifnya, Mi So mengirim surat seakan dirinya sedang berkelana sesuai impiannya. Rutin mengirimi kabar dan gambar pada Ha Eun yang merasa bosan dengan hidupnya yang terlalu biasa: belajar sesuai rute masa depan yang dibuat oleh ayah-ibunya.

Bagaimana hubungan Ha Eun dengan pacarnya?

Hubungan Ha Eun dengan Ham Jin Wo cukup baik meskipun Ha Eun selalu mengingat peristiwa di gua dan kalung jimat. Dia tetap merasa cinta kekasihnya itu tidak tulus. 

Suatu hari, setelah bertahun-tahun jaraknya, Mi So dan Ha Eun akhirnya bertemu dan mereka melakukan perjalanan wisata bersama. Perjalanan ini menjadi sumber keretakan paling parah karena cara hidup keduanya berbeda. 

Mi So terbiasa menginap di losmen kecil yang kumuh sedangkan Ha Eun lebih suka di hotel yang empuk ranjangnya. Masalah makan juga demikian. Mereka bertengkar hebat di restoran. Mereka berpisah dengan amarah. 

Perpisahan tersebut seperti sebuah puncak dari keinginan terdalam mereka: Mi So ingin hidup normal, kuliah lalu berkarier, sedangkan Ha Eun ingin menjalani kehidupan bohemian seperti cerita [bohong] Mi So saat berkelana. Mereka masing-masing menginginkan kehidupan dan impian sahabatnya.

Mereka bertukar impian dan kehidupan... 


Review Film Soulmate (2023)

Persahabatan Mi So dan Ha Eun sungguh indah dan bertahan selamanya. Meskipun mereka memendam kemarahan di dalam dada pada satu sama lain. Mereka selalu siap kembali merajut persahabatan tersebut setiap kali bertemu. 

Keduanya berasal dari latar belakang yang berbeda. Ha Eun meskipun bukan dari keluarga kaya raya, namun tak perlu cemas besok akan makan apa. Ayah dan ibunya masih hidup serta sangat menyayanginya.

Berbeda dengan Mi So yang tak punya apa-apa dan siapa-siapa. Hidup sebatangkara dengan impiannya untuk hidup bebas. Kesebatangkaraan Mi So bisa dibayangkan saat ia mengatakan, "Kamu tinggal di menara gading makanya tak pernah tahu."


Mungkin pada dasarnya memang keduanya punya dua kesamaan yaitu ingin hidup bebas dan suka menggambar. Kalau Ham Jin Wo ditambahkan, berarti ada tiga kesamaan. 

Dari gambar, lebih tepatnya lukisan, kisah Mi So - Ha Eun diceritakan. Sebagaimana pembukanya, Mi So yang sudah berusia 30an dimintai tolong sebuah galeri untuk mencari alamat Ha Eun karena beberapa lukisannya akan dipamerkan. Pasalnya salah satu gambar adalah dirinya di waktu muda. Dari situlah cerita mengalir dengan alur maju mundur. Penonton akan mudah mengenali dari gaya rambut.

Film ini berkisar pada kehidupan dua perempuan ini. Kehadiran Ham Jin Woo sebagai pacar Ha Eun hanya menempati posisi sekunder. 

Mengapa Mi So memutuskan "berkelana", penonton bisa menebak pastinya bahwa ia takut dengan keinginan dirinya sendiri. Ia takut mencintai Ham Jin Woo. Pesan ini ditampilkan secara implisit namun terbaca dengan jelas.

Ha Eun juga menerjemahkan demikian. Ia selalu didera prasangka bahwa hati pacarnya sudah membelok ke sahabatnya. Ia sibuk menekan mindernya sejak kecil, bahkan merasa cemburu saat ibunya menunjukkan perhatian pada sahabatnya.

Ia menjadi agak terobsesi untuk mengambil jalur yang sama dengan yang diambil oleh Mi So karena ia selalu merasa tidak seberuntung itu. Dia bahkan melarikan diri dari pernikahannya demi bisa mendapatkan impian barunya.

Bagaimana dengan Jin Woo? Kekasih Ha Eun ini agak sulit dimengerti. Mungkin ia memang tipe konvensional yang penuh perhitungan. Terlihat saat scene adu BH, Ha Eun mengatakan pacarnya lebih suka yang konvensional. 

Scene ini memperlihatkan karakter Jin Woo adalah lebih menggunakan logika daripada hati siapa pasangannya, sehingga wajar jika memilih Ha Eun. Masa depan mapan lebih utama baginya. Itu juga terlihat dari pilihan kampus kedokteran, yang membuat  Ha Eun sering membayangkan kekasihnya itu bertemu sahabatnya.

Tapi apakah Jin Woo tidak mencintai Mi So? Mungkin pernah masuk ke pertimbangan. Mungkin pernah ada cinta pada pandangan pertama, namunyang segera padam saat tahu kehidupan bebas yang disukai Mi So bukanlah impiannya.

Setidaknya penjelasan ini lebih masuk akal dalam menjawab perbedaan kekuatan karakter antara tokoh dalam Soulmate (2023) yang lebih ringan dibandingkan karakter dalam Soul Mate (2016) yang diadaptasinya.

Oh iya, berikut daftar pemain utamanya:

Kim Da Mi sebagai Ahn Mi So

Jeon So Nee sebagai Go Ha Eun

Byeon Woo Seok sebagai Ham Jin Woo


Overal, sangat bagus. Saya agak menyesal menonton yang versi Cina dulu karena secara penggambaran karakter dan akting memang lebih bagus. Jika saya menonton versi Korea dulu, saya tidak akan menggunakan dua kacamata.




Tapi jujur saja ada sedikit catatan kritis dari saya mengenai lukisan yang menjadi pondasi cerita. Mi So dan Ha Eun punya karakter bertolak belakang. Jenis lukisan mereka beda. Karakter sapuan juga akan sangat berpengaruh pada lukisan. 

Orang yang berjiwa bebas dan orang yang ingin jiwanya bebas kalau berkolaborasi dalam satu lukisan akan beda sapuan kuasnya. Pasti terlihat kalau lukisan dibuat oleh lebih dari satu orang. 

Dan di film ini hasil lukisan awal dari seperti ini menjadi sempurna. Logisnya kurator akan langsung tahu bahwa lukisan ini bukan milik Ha Eun seorang.

Menurut saya begitu, ya.


Film Cina Soul Mate (2016) 

Cerita film Soulmate di atas merupakan adaptasi dari film Soul Mate versi Zhou Dong Yu (An Seng), Ma Si Chun (Qi Yue), dan Toby Lee (Su Jia Min) yang rilis tahun 2016 lalu. Ceritanya sedikit diubah sana-sini namun plot besarnya sama, bahkan mungkin 80% sama. Perbedaan tentu ada, misalnya:

1. Media kenangan Soulmate adalah lukisan sedangkan Soul Mate adalah web novel yang akan difilmkan.

2. Benda pemersatu di Soulmate adalah anting-anting, di Soul Mate anting hanya hadiah terima kasih pada ibu sahabatnya.

3. Ha Eun jadi guru sementara Qi Yue jadi pegawai bank

4. Mi So tidak benar-benar jalan-jalan seperti di surat, sedangkan An Seng benar-benar melakukannya.


Saya cukup memahami mengapa ada yang mengatakan adaptasi Soul Mate menjadi Soulmate tidak berhasil. Dalam hal ini saya setuju dengan Anatasia Anjani di sediksi.com yang berjudul Review Film Soulmate Korea 2023: Tak Sebagus Versi Aslinya.

Bisa dikatakan, tokoh An Seng memang sangat bold. Sangat kuat dan nekat, serta tahu apa yang ia mau. Dia benar-benar sangat menikmati hidupnya meskipun tetap saja akhirnya setelah 5 tahun menjadi lelah dan ubannya mulai terlihat. 

Demi bisa berpetualang, ia mencari uang dan teman share cost. Ia pergi ke luar negeri dengan cara bekerja di kapal cruise. Kelelahan ia ceritakan dengan riang. Ketika tidur di jalan kedinginan ia katakan bumi sangat luas dan ia bisa tidur di mana saja. 

Perjalanan ini menegaskan bahwa memang tak pernah ada apa-apa antara dirinya dengan kekasih sahabatnya. Bahwa sahabatnya itu hanya membayangkan terlalu banyak karena punya sensitivitas penulis novel yang berbakat. Terlihat dari web novel kisah mereka yang akan difilmkan. 

Karakter Qi Yue juga lebih dieksplor, sehingga kita akan melihat sakit hati pertamanya itu benar-benar dahsyat sehingga bisa nyaris menghapus persahabatan mereka yang sudah seperti manusia dan bayangannya. 

Baik Ha Eun maupun Qi Yue memang dua orang yang terlalu peka. Sebenarnya mereka introvert, namun menjadi berani karena pengaruh sahabat mereka, dan keinginan menciptakan alter ego seperti sahabatnya itu. Makanya kemudian mereka (kedua versi) memilih berkelana, menyusuri jejak yang pernah ditulis dalam surat.

Di sinilah pesan kuat yang saya tangkap: jangan sampai meminjam impian orang lain hanya karena selalu merasa minder, tidak cukup baik dan tidak cukup dicintai. Padahal jelas bahwa baik Ha Eun maupun Qi Yue bisa dikatakan tinggal di menara gading seperti Rapunzel, jika dibandingkan dengan Mi So/An Seng yang rela mecium pantat lelaki tak dikenal saat taruhan demi uang untuk makan.

Ada dua hal yang luput digarap dalam Soulmate, yang pertama, yaitu isu gender yang selalu dimunculkan dalam drama Cina. "Perempuan itu akan selalu jadi obyek yang menderita di dunia patriarki." Setidaknya kalimat "lebih sulit menjadi anak perempuan" muncul 4 kali dalam 4 scene dan ditekankan lagi pada narasi Qi Yue tak punya ruang lagi di kota asalnya gara-gara ditinggal kabur oleh Jia Ming. 

Yang kedua adalah mitos tentang takdir. Meski di versi Korea menggunakan jimat, namun akhir cerita dilogika sebagai konsekuensi logis dari pilihan Mi So dan Ha Eun. Versi Cina secara grafis diperlihatkan dalam bentuk pertalian takdir yang diwakili oleh rambut yang dikepang. 



Byuh.. ternyata sangat panjang! Sesuatu yang dilakukan karena suka kadang memang seperti ini, ya. Terlalu menggebu dan lupa waktu. Wkwkwk

Semoga semuanya suka pada review Soulmate ala-ala Susindra ini. Lain waktu mungkin harus secara khusus membahas yang versi Cina, meskipun mayoritas sudah terwakili di sini,

23 Komentar

  1. Saya sangat menikmati semua ceritanya malah Mbak. Terimakasih. Hehehe ... Saya emang mendingan membaca daripada menonton. Jadi meski penasaran, gak terlalu sakit kalau gak kesampaian. Secara ini udah banyak bocoran yang Mba kasih. Hehehe
    Bagus nih memang cerita Soulmate lama maupun yang baru

    BalasHapus
  2. Kalau cerita tentang persahabatan memang mengalir indah ya mbak, karena kisah yang diangkat ke layar lebar, seperti ulasannya mbak Susi ini memungkinkan related dengan kehidupan.

    BalasHapus
  3. Aaaaa banyak banget film dan drakor yg belum ku tonton. Ini yg kusuka sih ttg persahabatan. Bs mewek sendiri deh

    BalasHapus
  4. Soulmate tuh engga harus pasangan suami-istri yah. Persahabatan yang udah lama pun jadi soulmate dan memengaruhi kehidupan kita. Memang bener sih, engga mungkin kita meminjam mimpi orang lain walaupun soulmate...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena soulmate memang yang mengerti kita ya kak. Sehingga lewat persahabatan juga bisa menemukan soulmate yang tepat

      Hapus
  5. Terkadang kisah persahabatan ini jauh lebih sedih dari persaudaraan. Apalagi kalau dibumbui dengan pertikaian, perselisihan, salah paham, perpisahan lalu akhirnya memilih untuk bersama kembali karena pesahabatan itu jauh lebih berarti

    Saat ini banyak sahabat rasa saudara.

    BalasHapus
  6. Duh, yang namanya drakor ini kenapa ceritanya selalu unik tapi relate dengan kehidupan sehari-hari ya? Udah gitu endingnya gak ketebak lagi...
    Ini apalagi, pemainnya numero uno semua.... Wajib tonton nih

    BalasHapus
  7. Jujurly, aku udah lama tidak nonton DraKor. Biasalah waktunya yang sulit dapat. But setelah baca sinopsis ini, penasaran mau nonton

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini film Mbak Dennise jadi paling lama 2 jam
      Yang butuh waktu lama itu drama Korea, apalagi drama Cina
      Hehe maaf saya jawab Mbak Susi, karena banyak yang salah fokus
      Saya juga sedang nonton Mysterious Lotus Casebook karena ratingnya lumayan tinggi

      Hapus
  8. Film ini ralate banget nih.. Jadi pengen deh nonton biar mengerti tentang arti persahabatan dan pasti cerita seru ya

    BalasHapus
  9. Waaah jadi pengen nonton keduanya saya. Yang versi 2023 Korea dan 2016 China ya kak. Seru nih jalan ceritanya. Kasian sih sama Ahn Mi So tapi di sisi lain aneh banget dia bohong ke Da eun soal kegiatan jalan-jalannya

    BalasHapus
  10. Kalau untuk endingnya, sama gak kak Susi?
    Sama-sama meninggoy sahabatnya?

    Aku nonton ini juga gak se-wah itu sii.. Tapi gak nonton versi aslinya apalagi baca novelnya, hiiks~
    Jadi seneng banget karena kak Susi bahas secara mendalam dan membandingkannya.

    Eksplorasi PD-nim nya terasa masih terllau dangkal ya..
    Meski remake, tapi "feel"nya terbilang jauh.

    BalasHapus
  11. Soul Mate adaptasi dari Soulmate...Menarik ini, biasanya memang penonton akan membandingkan sukses ga versi barunya, atau bagusan yang dulu dari yang terbaru dst dll
    Tapi apapun keren idenya ini, tentang persahabatan dua perempuan!
    Hm, nonton versi yang mana dulu ya enaknya. Makasih reviewnya Mba Susi:)

    BalasHapus
  12. Oooo rupanya film Soulmate seri Korea Selatan ini adaptasi dari karya fiksi yang sama dan sebelumnya sudah pernah difilmkan juga dalam versi China ya. Baru tahu deh aku, Mba, Kapan hari memang Soulmate ini banyak diperbincangkan karena pesan dan alur ceritanya.

    BalasHapus
  13. Kalau sudah ada pendahulunya memang harus rela dibandingkan ya. Dan harus terima jika tidak sesuai dengan ekspektasi orang orang yang biasanya lebih tinggi pada yang baru. Tapi kembali lagi, selera juga mempengaruhi ya..

    BalasHapus
  14. Baru ngeh masksu jangan memonjam impian orang lain, bagus ya bisa diceritakan dalam film kisah soulmate persahabatan seperti ini ..jadi kyk dunia nyata beneran nih kisahnya

    BalasHapus
  15. Klo menurut saya membaca lebih mengetahui jalan ceritanya, karena terkadang menonton suka tidak sesuai dengan persepsi dari novel itu sendiri

    BalasHapus
  16. Kalo soal persahabatan menurut ku lebih related sama kisah ku hahaha

    BalasHapus
  17. Tuh kan, setiap kesini dan membaca review ala Susindra, saya pasti pengen menonton film yang diulas dengan segera. Ini nontonnya dari Netflix kah atau di mana ya, Mba?

    BalasHapus
  18. Memang sih cerita yg berlatar persahabatan sesama jenis masih kalah dengan persahabatan beda jenis plus ditambah dengan bumbu percintaan. Lebih menarik dan menantang jika ada bumbu-bumbu kisah cintanya. Ini menurutku sih. Karena saya memang lebih suka yg ada kisah cintanya nan romantis gitu.

    BalasHapus
  19. Cerita soal persahabatan, yg khawatir pacarnya berbelok ke sahabat. Jadi inget temen kuliah loh. Emang kejadian, pacar berbelok ke sahabat, trus nikah. Tapi udah nikah juga kok yg ditinggalin tsb...Sempet heboh sih kami²...hehe

    BalasHapus
  20. Baca reviewnya langsung pengen nonton aku!
    Persahabatan, apalagi dengan jalinan kisah yang tak biasa, selalu menarik ya mbak Susi

    BalasHapus
  21. Reviewnya detail banget, habis baca review, seperti sudah nonton filmnya langsung. Tapi pasti lebih seru kalau nonton langsung ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)