Persiapan Sebelum Melakukan LASIK Mata

LASIK mata atau Laser-assisted In Situ Keratomileusis jadi solusi paling ampuh dalam memperbaiki penglihatan. Prosesnya sangat cepat dan hasilnya maksimal. Agar makin maksimal perhatikan do & don't serta persiapaan sebelum melakukan LASIK mata



Sampai saat ini LASIK masih menjadi primadona penyembuhan mata. Solusi terbaik untuk meningkatkan fungsi penglihatan. Bahkan bisa meninggalkan ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak. 

Tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum tindakan lasik termasuk penting karena bisa mendapatkan hasil yang paling optimal. Sobat Susindra mau tahu?


Apa itu LASIK

Tindakan operasi mata menggunakan laser dan teknologi canggih disebut LASIK. Kata LASIK berasal dari singkatan Laser-assisted In Situ Keratomileusis. Lasik sangat efektif memperbaiki fungsi mata, termasuk mengatasi bias mata seperti yang dialami pemilik mata minus maupun plus atau bahkan silinder. 

Kalau mendengar kata "lasik" biasanya asosiasi kita langsung pada operasi mata, dan itu tidak salah. Para awam perlu tahu bahwa prosedur yang satu ini amat sangat aman dan dilakukan dengan sangat cepat. Sebuah prosedur bedah mata refraktif yang bertujuan untuk mengoreksi gangguan penglihatan.



Tindakan operasi laser berlangsung cepat dan pasien bisa langsung dapat merasakan hasilnya pada hari yang sama. Kurang lebih 30 menit. Memang sesingkat itu. Meskipun terkadang ada yang menginap semalam untuk observasi dokter. 

Prosedur penyembuhan mata ini dapat mengobati rabun jauh, dekat, dan mata silinder. Bisa juga menyembuhkan kelainan kornea mata. Lasik  memang operasi yang menggunakan sinar laser (mikrokeratoma) untuk memperbaiki bentuk kornea mata.


Kapan sebaiknya melakukan lasik

Karena cepat, aman dan efektif memperbaiki fungsi penglihatan, LASIK masih jadi primadona operasi mata. Setidaknya ada 4 tipe gangguan penglihatan yang perlu tindakan lasik, yaitu: 

1. Rabun jauh (miopi), 

2. Rabun dekat (hipermetropi) 

3. Silindris (astigmatisme)

4. Kelainan refraksi.


LASIK populer digunakan untuk mengoreksi gangguan penglihatan  sebagaimana saya sebutkan di atas. Caranya dengan memperbaiki bentuk kornea agar bisa mengarahkan cahaya dengan benar ke retina. Prosedur ini memiliki keberhasilan yang tinggi. 

Dengan mengoreksi bentuk kornea, cahaya sudah bisa diterima retina dengan benar. Alhasil penglihatan akan menjadi jelas. Bisa mengucapkan selamat tinggal selamanya pada kacamata dan lensa kontak. Tak heran jika prosedur ini digemari. 


Hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum lasik

Tak ada pantangan keras sebelum dan sesudah mendapatkan tindakan LASIK mata. Hanya perlu melakukan 3 hal di bawah ini, yang sebenarnya awam pun tahu.

1. Berhenti memakai memakai lensa kontak setidaknya 2-3 minggu sebelum tindakan operasi LASIK mata. 

2. Pada hari tindakan tak perlu pakai skincare

3. Pastikan membawa kacamata.

4. Perbanyak minum air putih agar terhidrasi.

5. Siapkan pakaian ganti untuk 1 hari.

6. Ajak minimal satu orang pendamping


Poin ke-5 dan 6 diperlukan jika harus menginap. Meskipun tindakan lasik termasuk sebentar dan pasien sudah bisa langsung pulang, namun biasanya dokter memberi rekomandasi untuk menginap satu malam. 

Setelah selesai LASIK tak ada pantangan khusus juga. Hanya saja memang pacsa operasik mata akan terasa kering dan gatal. Dokter akan memberikan beberapa obat untuk menghilangkan masalah tersebut. Yang perlu dilakukan selain tenang adalah memperhatikan perintah dokter. 

Biasanya perintah atau catatan penting dari dokter untuk dipatuhi adalah:

1. Tidak menggosok/mengucek mata meski rasanya gatal

2. Rutin memberi obat tetes mata yang diberikan 

3. Minum obat secara teratur

4. Minum air putih lebih banyak

5. Hindari terik matahari dan debu selama beberapa waktu.

6. Menghindari olahraga air atau olahraga yang memicu keringat.

7. Mematuhi jadwal periksa mata yang diberikan oleh dokter. 


Beberapa do dan don't di atas perlu diperhatikan agar hasil LASIK bisa maksimal. Sesimpel itu ya, persiapan sebelum melakukan tindakan LASIK mata. Saya bahkan memberikan tips pasca LASIK.



LASIK di KMN EyeCare

KMN EyeCare adalah salah satu jaringan klinik spesialis mata terbesar di Indonesia. Kliniknya sudah tersebar di banyak kota besar negeri ini. Tak hanya itu, klinik ini punya teknologi LASIK terbaru. Untuk operasionalnya, hanya dokter spesialis berpengalaman yang bekerja di sini. 

Keamanan dan kenyamanan prima jadi salah satu yang ditawarkan sehingga sudah banyak sekali prosedur LASIK yang dilakukan di klinik ini. Kombinasi dokter spesialis LASIK dengan teknologi terbaru menjadi kunci keberhasilannya dan menjadikannya klinik mata terbaik.

Prosedur LASIK di KMN Eyecare dilakukan dengan kondisi bius topikal dalam bentuk obat tetes mata. Jadi ga ada suntik-menyuntik. Yang takut suntik bisa operasi mata dengan LASIK.

Operasi mata yang canggih ini hanya berlangsung sekitar 20 menit. Mata sudah langsung sembuh dan bisa melihat dengan baik sesuai tujuan operasi. Memang tidak boleh ekstrim langsung keluar ke halaman dan menantang matahari, lagian siapa yang akan melakukan hal itu. 

Selesai operasi mata yang 30 menit itu, pasien sudah bisa langsung melakukan aktivitas biasanya di dalam ruangan. Keren, kan? Hayo siapa yang sudah memimpikan punya mata normal yang penglihatannya terang benderang? 

Segera periksa mata dan minta di-LASIK saja. Mau pakai BPJS? Sayangnya setahu saya LASIK tidak bisa pakai BPJS. Solusinya ya cari asuransi yang meng-cover operasi mata yang satu ini. Langkah paling pas yang bisa dilakukan adalah datang ke klinik KMN Eyecare atau website resminya untuk mengecek apakah ada promo terbaik yang bisa diambil untuk mendapatkan tindakan LASIK dengan harga paling sedikit.

19 Komentar

  1. Wah, baru tahu di hari H tindakan LASIK tidak boleh pakai skincare. Ada pengaruh khusus ya kak? Saat ini kondisi mataku minus, andai ada dana pengen tindakan ini juga.

    BalasHapus
  2. Memang keberhasilan dan singkatnya waktu LASIK adalah salah satu keunggulan yang dimiliki dalam mengobati beberapa permasalahan mata. Saya semakin merasa mata ini rabun dekat meskipun saya juga memiliki masalah miopi.
    Sudah bisa nih hunting promo LASIK ya kak..

    BalasHapus
  3. Wah proses operasinya ternyata cepet ya hanya butuh 20 menit. Saya juga penderita mata minus ingin juga deh LASIK tapi sayangnya tidak bisa pakai BPJS ya jadi harus nabung dulu nih...

    BalasHapus
  4. Anakku mata minus sejak Sd mba.

    kayaknya pingin coba lasik klo udah cukup usia. tips ini bs dipraktekin buat yg berminat lasik yahh😁

    BalasHapus
  5. Aku juga berpikir buat LASIK karena silinder... terutama karena tingkat keberhasilannya dan kecepatan penyembuhannya... harus nabung buat bisa LASIK...

    BalasHapus
  6. Temanku ada yang baru lasik, karena memang dia minusnya tinggi banget kemarin. Karena dia nyetir dan melakukan aktivitas lain, makanya memutuskan untuk lasik.

    BalasHapus
  7. Aku alhmadulillah matanya masih bisa lihat normal. Kalau yang punya kelainan dan memang butuh biar lebih sehat, lasik emang bisa jadi solusi. Sekarang mau operasi juga gak perlu yang sampai ke luar negeri

    BalasHapus
  8. Aku mau banget nih Lasik Mata karena sudah sangat terganggu harus bergantung pakai kacamata. Sekarang cuma bisa lihat jelas dengan jarak maksimal 30cm. Tetapi biayanya cukup mahal, harus menabung dulu.

    BalasHapus
  9. Pingin banget lasik dari pertama kali tindakan medis ini muncul.
    Eh, apa aku yang baru denger yaa.. Sejak aku SMA. Dan rasanya pas dulu tuh larangannya banyaaaak banget. Sampe kayanya, mundur aja deh.. Padahal dari segi biaya, lasik zaman dulu tuh terjangkau banget.

    Etapi sekarang makin canggih sih yaa..
    Dan rekomendasi lasik di KMN EyeCare ini menarik untuk mencari tau informasinya lebih lanjut. HIhihi, syapa tau ada rejeki yaa..

    BalasHapus
  10. Kalau silinder gak bisa lasik ya mbak?
    Aku kenal teman yang barusan lasik karena emang minusnya tinggi. Kata dia lebih nyaman sekarang gak pakai kacamata.
    Harus diperhitungkan matang2 emang ya kalau buat kesehatan mata sebelum memutuskan operasi.
    Trus kalau udah operasi ya tetep menjaga kesehatan mata.

    BalasHapus
  11. Kalau untuk mata silinder apakah semua bisa dilakukan LASIK, Mbak? Atau ada tingkat tertentu yang bisa di-LASIK atau tidaknya? Aku baru tahu kalau sebelum lasik disarankan untuk tidak menggunakan kacamata selama 2-3 minggu. Dan sebaiknya mempersiapkan diri untuk menginap, ya? Siapa tahu butuh observasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  12. Wah, ada ya mbak asuransi yang mengcover lasik? meski baru minus under 2 tapi aku pengin banget bisa lepas kacamata. Tapi ya itu, biayanya masih belum terjangkau budget, masih mendang-mending kalau buat lasik hehehe

    BalasHapus
  13. Pengen nanti anak2 mau aku lasik matanya krn minus banyak...tapi kata dokter minim usia 17th ya

    Makasih ulasannya tentang lasik

    BalasHapus
  14. Temenku ada yg udah lasik sih. Sekarang engga tergantung kacamata. Tadinya ya pakai kacamata ya kontak lens, karena minusnya udah banyak. Kalau kacamata semua, kayak pantat botol...wkwkwk. Trims info persiapan buat lasik Mbak...

    BalasHapus
  15. Duh pengen banget nih LASIK, tapi belum sanggup biayanya untuk saat ini.. Kebayang enak banget kalau bisa kemana-mana tanpa bergantung sama kacamata soalnya tiap taun kok minusku nambah teruuss..huhu

    BalasHapus
  16. Abis baca ini jadi makin pengen lasik, biar ga perlu pake kacamata lagiiiii. Walaupun kayanya prosesnya tuh agak bikin deg-degan yaaaa

    BalasHapus
  17. Lasik memang solusi yang tepat yaa mba buat mata minus. Lebih cepat juga hasilnya. Etapiii yang bikin maju mundur aku untuk lasik karena biayanya lumayaaan tinggi juga huhu

    BalasHapus
  18. Saya tuh juga pengen banget lasik. Soalnya suka lupa kalau bawa kacamata. Kan ga nyaman ya pakai kaca mata terus menerus, Tapi dananya belum kekumpul, hehehe. Semoga ada rejeki untuk Lasik

    BalasHapus
  19. Saya tertarik melakukan lasik soalnya sudah capek banget pakai kacamata kemana-mana, belum kalau terjadi drama lupa, wah bisa kacau dunia saya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)