#AsusGalaDinner & Table Manner ala Saya

Kamis 8 September 2016 masih menjadi hari istimewa saya di Nusa Dua Bali. Rangkaian acara ASUS Zenfone 3 Press Launch hari kedua adalah #ASUSIncredibleRace dan #ASUSGalaDinner. Di antara dua kegiatan itu, saya punya agenda pribadi melihat Water Blow di Peninsula Bay sambil mencoba teknik Slow Speed Shutter. Kegiatan tambahan ini perlu dibuat posting sendiri di lain waktu. Kita fokus ke Asus Gala Dinner dahulu.


Sekian lama belajar bahasa Perancis dan menggunakannya membuat saya pernah berkhayal suatu saat bisa merasakan French Cuisine & Fine Dining. Nama lainnya adalah haute cuisine. Makanya, ketika mendapatkan undangan Asus Zenfone Press Launch yang salah satu acaranya adalah Gala Dinner, saya serasa dibetot kembali ke masa muda ketika semua serba Fran├žais tapi menolak keras ketika dilamar orang sana 8 kali. Saya deg-degan. Saya bahagia, akhirnya saya bisa merasakannya.



Sebenarnya, di saat bulan Valentine atau tahun baru, paket Fine Dining/haute cuisine/Gala Dinner bisa dibeli dengan half price. Atau, perusahaan-perusahaan besar yang menjamu tamu sering memakai trik mengajak ke acara ini. Tapi, jika bisa gratis bersama-sama teman pastilah beda rasanya. Saya bisa lebih enjoy karena tak terikat kuat ke table manner yang cukup kaku. Banyak temannya yang tak tahu. Maka saya asyik saja menikmati hidangan sambil sedikit membungkuk khas saya.

Pukul 7 :15 malam saya memasuki area Nusa Dua Ballroom. Teman-teman sudah banyak yang duduk. Saya agak terlambat tapi belum sampai dimulai. Saya masih sempat bercengkrama dengan Mbak Dewi Rika dan berbalas WhatsApp dengan teman.

Penampilan sederhana saya hanya butuh waktu 15m
Sesuai table manner fine dinning atau gala dinner lainnya, serbet yang diletakkan di kiri piring utama haris diletakkan di pangkuan untuk melindungi baju dari noda makanan yang mungkin jatuh. Perlu diketahui bahwa kita dilarang mendekatkan wajah ke makanan. Jadi jarak makanan ke mulut cukup lebar. 
Appetizer
Air putih dingin diisikan ke gelas. Menuruti hati, saya ingin menghabiskannya langsung. Pelan-pelan, batin saya. Basket roti diedarkan sebelum appetizer. Kita boleh memakannya sekarang atau menunggu soup. Menurut aturan, kita boleh menyobek roti dengan tangan, jadi santai saja. Tak disarankan memotong dengan pisau mentega. Akhirnya, Seafood terrine and japanese seaweed with crisp garden greens sebagai appetizer atau hidangan pembuka dihidangkan. Rasanya… lezat sekali. Mungkin karena pertama kali. 

Cream soup
Menu kedua adalah Cream of mushroom soup. Saya suka sekali dengan soup ini. Menu terenak di antara semua ;) apalagi dimakan dengan roti. Tak butuh lama tuk menghabiskan. Akhirnya datanglah main course atau menu utama. Menu utama Gala Dinner untuk meja saya adalah Oven baked chicken fillet with mozzarella cheese, mushroom sauce, waited spinach, black olives & mashed potates. Nama sepanjang jalan kenangan itu penampakannya seperti ini.

Menu utama
Tampaknya main course Asus Gala Dinner ada 2, karena ada sahabat yang membagi menu Herbed crusted fillet of beef tenderloin with black pepper sauce, sauted spinach, black olives and mashed potatoes. Ok lanjut…

Usai menikmati main course, saatnya dessert. Hazelnut praline coffee mousse with mango ice cream cookies menjadi penyempurna Asus Gala Dinner. Manisnya pas dan tidak eneg. Seharusnya disempurnakan dengan  kopi dan biskuit, tapi saya sudah kenyang dan malas minum kopi, jadi saya pilih teh saja dan mengabaikan biskuit di depan mata. Mungkin teman-teman bertanya, apa kami kenyang dengan makanan seperti itu? Kalau saya sih kenyang. Entah teman yang lain.

Dessert
Oh ya, jika teman-teman memperhatikan, saya pernah mengatakan Asus Gala Dinner ini dengan haute cuisine americaine. Menilik dari minimalisnya alat makan dan menu, kami memang menikmati yang ala Amerika. Jika french dining yang resmi, total menu ada 7, dengan jumlah alat makan lebih dari 3 di tiap sisi. Jumlah gelas juga ada 4. Saya harus memakai salad knife sebagai butter knife juga karena masih kurang. Hihihi. Jika penasaran dengan french cuisine bisa buka link yang saya berikan.


Ketika acara usai, hati saya merasa senang sekali. Apalagi bisa berfoto dengan teman-teman selepasnya. 

Semoga bermanfaat ya. Jika ada yang salah, murni kekurang pengetahuan saya. Sampai jumpa di posting selanjutnya. 

Share:

39 comments:

  1. Hasil jepretannya pakai Asus ya Mba? Keren2 deh hasilnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, pakai Asus. Alhamdulillah sudah punya

      Delete
  2. kalo ada acara seperti ini pengetahuan table manner perlu banget ya mba, kadang masih bingung sih sendok untuk sup yang mana sendok untuk makan yang mana XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu Mbak. Mudah kok Mbak,mulailah dari sendok terluar. Tak pernah salah, kecuali jumlah sendoknya kurang. Jumlah sendok selalu sesuai jumlah menu yg dihidangkan.

      Delete
  3. duh.... kemaren pengen ikut tapi bablas ..... envy ihhhhhh

    ReplyDelete
  4. Wuahh ngiler deh lihat menu gala dinner nya, apalagi dessert-nya itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tak sampai bikin laper dan baper ya. :D

      Delete
  5. wnak sangat nampaknya makanannya ya mba...aku pake asus juga, emang ciamik ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, semoga suatu saat bisa ikut Mbak. :D

      Delete
  6. Keinget zamannya di IFI dapat info french cuisine ini, tp begitu lihat pricelistnya yang we'o'weee mundur cantik lah awak :)))
    Eh, link di atas saya buka, cuman ada 1 postingan aja ya Mba..blog dummy kah? Eaaa kepo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Yang half price krn promo Valentine atau New Year termurah Rp 500.000,-
      Bisa sampai 2 juta per pax

      Delete
  7. Terakhir ikut gala dinner dr perusahaan kapan ya? jd kangen dijamu bak ratuu

    ReplyDelete
  8. CKCKCK, itu makanannya makanan mahal semua yah Mba Susi, hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, mahal semua. Kalau beli sendiri, mikir 10 x ya. Hihihi

      Delete
  9. Saya masih pusing dengan aturan table manner Mba. Lha gak pernah praktek, qiqiqi. Maemnya senenge lalapan plus sambal yg dicolek.
    Aku bookmark deh, nanti baca lagi waktu selo biar mudeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai saja Mbak. Memang banyak aturannya, yg saya tulis itu yg terpokok saja, kok. Boleh cari tambahan tabe manner di google. Kalau saya yang penting enjoy dan tak terlihat mencolok karena kesalahan. Itu saja. ;)
      Terima kasih sudah menganggap posting ini bermanfaat

      Delete
  10. Aduuuhhhh, chicken filled with mozarella nya emang bikin mupeng, desert-nya jugaaaa. Pantas aja banyak yang nggak bisa move on usai pulang dari ASUS di Bali ya, hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Iya Mbak, jamuannya ala ratu dan raja. ISTIMEWA

      Delete
  11. Alhamdulillah ya mbaaa hihihi aku sih kenyang hihi meja sebelah banyak yang nyari nasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali ke persepsi kita ya Mbak. Kalo cukup ya cukup. Kalo harus ada nasi ya kurang. Hihihi

      Delete
  12. Aku ngefans sama Hape Asusnyaa...
    Gala Dinner bermakna, ceileh. jamuannya bikin ngiler lah itu mbak Susi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...
      Iya Mbak Inuel. Jamuan gala dinner yg berkesan nih

      Delete
  13. Alhamdulillah ya mba, ikut rangkaian acara ASUS, tahun ini lebih megah dan meriah dibanding tahun lalu. Aku juga kenyang pake banget hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabarnya tahun ini yang paling megah, ya Mbak. Saya tidak tahu krn baru pertama kali

      Delete
  14. Acaranya megah banget ya. Sajiannya keliatan enak, mba. Cuma ngiler depan laptop, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... maafkan kalo bikin ngiler ya Mbak. Bukan kesengajaan kok

      Delete
  15. Aku kalo table manner angkat tangan deh. Dulu kalo pas liputan dan makan di hotel aku mah cuek aja makan sebisanya. Habisnya kalo table manner kebanyakan sendoknya, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tentang sendok, selalu mukailah dari yang terluar Mbak. Jamin benar, deh. Hehe....
      Yg lain, paatikan serbet di pangkuan, jangan membungkuk dan makan dgn pelan. Takkan terlihat kalo pertama kali atau kikuk

      Delete
  16. Waduh, pagi-pagi mampir disini, malah bikin laper ^_^
    Saya jadi ngebayangin sedapnya cream soup-nya. Anget-anget, dicocol pake roti aah...jadi pengeen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cream soup dan roti memang cucok banget tuk sarapan mbak. Ayo, kita bikin. Hihihi

      Delete
  17. Itu krim sup keliatan enak but..ahhh mba bikin mupeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak menurut saya Mbak, jujur. Hehehe

      Delete
  18. Nama main coursenya panjang amir... kalo aku, alamat inget rasanya lupa namanya wkwkwkwk

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra