Penggemar Live Streaming Harus Punya Ponsel Cerdas Ini

Ada yang berubah dari kebiasaan ngobrol santai yang kadang saya ikuti. Memang cuma sekadar hangout atau nunut nyrutup kopi di rumah teman (atau rumah saya). Kadang ide-ide spektakuler dan how to execute langsung deal di saat itu. Kadang hanya kumpul melepas kepenatan. Perubahan yang saya perhatikan adalah jumlah waktu memegang HP menjadi lebih dominan. Ada yang asyik menonton youtube, menonton film, atau menonton live video streaming. Dari mereka saya mengenal BigoLive pertama kali, meski saya heran juga apa asyiknya menonton seperti itu. Dulu saya pernah kesasar ke #Fame lalu mundur teratur karena nama akun Susindra sudah diambil orang India. #tsah. Sebelumnya saya mengenal Periscope yang bisa ditonton dari Twitter. Nah… saat di Instagram dan Facebook ada live streaming, saya makin ngeh… oh.. itu to asyiknya. Lalu…. saya baru menyadari bahwa teman-teman mulai menjadi vlogger dan terus berkembang. Hmm… memang, ya… jika kecepatan internet bertambah sehingga konten multimedia yang bisa dibagi semakin komplit, maka semakin banyak pula pengguna live video streaming.


Mungkin karena usia dan waktu yang membuat saya kurang mengikuti perkembangan aplikasi live video streaming di Indonesia. Namun bagi sahabat muda yang menganggap itu adalah jalur kreatif baru sambil mendulang rupiah dan popularitas, tentu beda lagi. Makanya, makin banyak pemuda-pemudi kreatif yang sangat antusias dengan perkembangan yang terjadi. Makin lama, produk smartphone pun semakin kreatif. Dan guess what… Asus ZenFone 3 sebentar lagi akan meluncurkan HP cerdas ZENFONE LIVE di acara yang bertajuk ZenFinity. Di acara tersebut, ASUS akan meluncurkan juga Zenfone 3 Zoom S yang sangat mumpuni di fotografi (saya tulis di posting lain, ya). Apa sih beda Zenfone Live dan Zenfone Zoom S? Izinkan saya mengutip keterangan Galip Fu, Country Marketing Manager ASUS Indonesia.

“ZenFone Live dan Zoom merupakan dua smartphone terbaru ASUS yang ditujukan untuk dua segmen yang sangat berbeda. Namun demikian, mereka punya satu kesamaan, yakni untuk pembuatan konten kreatif.” Demikian keterangan Galip Fu, Country Marketing Manager ASUS Indonesia yang membuat kami penasaran. Lebih lanjut, Galip menjelaskan, “ZenFone Live ditujukan untuk kebutuhan video streaming yang sempurna, sementara Zoom S untuk pembuatan foto menakjubkan."



Tentu banyak teman yang ingin hadir di peluncuran kedua smartphone itu. Saya salah satunya. Kecepatan dan murahnya koneksi internet memanjakan saya dan teman-teman sehingga bisa tetap merasa seakan berada di sana dengan melihat Live Streaming. Saya akan pantau akun Facebook ASUS Indonesia di @ASUSIdOfficial pada hari Selasa, 16 Mei 2017 mulai pukul 14.30 WIB. Kamu juga ya.

Nah.. jika penasaran dengan keduanya, bisa cari tahu di zenfonezoomslive.id. komplit di sana. Bisa pesan produk di microsite tersebut untuk mendapatkan bonus MicroSD card berkapasitas 16GB. Beberapa e-commerce yang berpartisipasi memberikan bonus berupa wireless USB drive berkapasitas 32GB (khusus di e-commerce, selama persediaan masih ada). 



Zenfone Live adalah smartphone yang ditujukan bagi penggemar live video streaming dan video conference, yang ingin selalu memiliki penampilan sempurna. Jadi, meski wajah tampak kelelahan pasca kegiatan seharian, wajah kita tetap tampak cantik-fit-energik. Kita tahu bahwa wajah cerah dan cantik menjadi salah satu modal para vlogger dan user live video streaming. Karena, penonton tidak tahu bahwa kondisi kita saat ini sedang lelah, lepek berkeringat, atau malah ngantuk. Tak hanya penampilan yang diutamakan, fitur sekali klik untuk streaming juga memudahkan penggunanya. Takkan ada moment berharga yang terlewat. Satu klik langsung on air.

Dengan Zenfone Live, era selfie menggunakan beautification seakan menjadi masa lalu. Karena baru kali ini ada video yang dengan cerdas memuluskan kulit dan menghapus noda wajah, secara langsung pula. Fitur BeautyLive mengombinasikan algoritma software pintar dan akselerasi hardware untuk secara otomatis memuluskan kulit dan menghapus noda, lalu mengintegrasikan hasilnya dengan Facebook, Instagram dan YouTube dan juga hampir 30 layanan live-streaming populer lainnya. Daftar layanan yang didukung akan terus ditambah, jadi tak hanya 30 saja. 

“Intinya, dengan ZenFone Live, pengguna dapat mengatur dan menyiarkan penampilan sempurna mereka sapanjang sesi live-streaming kepada seluruh pemirsa,” terang Galip.

Agar aktivitas live streaming berjalan mulus, ASUS ZenFone Live didukung konektivitas data 4G LTE pada kedua slot SIM yang disediakan. Hanya satu kartu SIM yang dapat aktif di jaringan 4G di satu waktu. "Agar optimal," tambah Galip, "akses internet yang perlu dimiliki oleh pengguna saat melakukan live streaming dengan BeautyLive adalah di atas 1,5Mbps (upload)." Catet, ya.


Ini smartphone penunjang profesi yang menjadi impian para blogger pemalu seperti saya, nih. Bisa jadi booster agar semangat nge-vlog. Selama ini, alasan saya belum menjadi vlogger, pembuat tutorial craft dan lain-lain adalah ketajaman video HP Asus ZE520KL saya yang membuat keriput parah di tangan saya terlihat sangat jelas. Hahahaha….  (Selain fakta bahwa saya tinggal di tepi jalan besar menikung yang tiap sedetik ada suara motor, mobil, container dll melaju sehingga semua video saya berhias dengung kendaraan melintas). Saya sudah beberapa kali mencoba live video streaming yang :uhuk… bisa jadi penyemangat agar move one step a head. Sejak ikut kuliah pengembangan diri dan kelas fasilitator, saya makin paham bahwa perubahan memang selalu dimulai dari SAYA. 

Oh ya, sebagai bonus saja, mungkin butuh rekomendasi aplikasi Live Video Streaming agar makin mantap membeli HP Zenfone Live:

1. Youtube. Vlogger menjadi salah satu next step teman-teman blogger dan nonblogger dalam mencari popularitas, mendapatkan produk (review) gratis,  dan uang. Makin banyak kesempatan mendapat rupiah melalui lomba vlogger dan review produk. Dan vlogger sudah berkembang pesat sekarang, dan memberikan banyak kesempatan.

2. Facebook. Siapa tak kenal aplikasi yang satu ini. Bayangkan, ada berapa juta penggunanya, menjadi asset potensial untuk mendulang rupiah melalui streaming video. Tak heran jika pengguna Facebook Live semakin banyak. Fasilitas live video bisa dilakukan di dalam grup, sehingga sangat menarik. Saya beberapa kali mencobanya, terutama jika kegiatannya seru dan berada di kota dengan internet coverage 4G.

3. Instragram. Makin banyak saja yang menggunakannya meski masih banyak yang kurang sip (atau saya yang kurang mengeksplor). Memang, pembuat siaran live tak selalu tampak eksis di sana, bahkan seringnya tak terkonsep seperti Facebook Live. Tapi siapa pun tahu bahwa thing will grow sesuai permintaan user, kan? 


4. BigoLive termasuk pendatang baru yang langsung booming. Meski sempat diblokir Kominfo sebentar, tapi tak menyurutkan user setianya. Pengguna BigoLive banyak yang menyalurkan hobi, bakat dan keahliannya lewat live video streaming. Mereka mempertontonkan keahlian mereka, seperti bernyanyi, menari, memasak, memberikan tutorial, hingga sekadar ngobrol dan berbagai hal lainnya. Teman-teman ngobrol saya paling sering buka ini selain Youtube. Saat menjadi narasumber Ngobras - Ngobrol Bareng Komunitas di radio PopFM Jepara, para penyiarnya juga ternyata pengguna BigoLive aktif. Oh ya, ada lombanya tuh, bisa dicari di Facebook PopFM Jepara ya. DL 25 Mei ini. Hoho…

5. Periscope. Siapa tak kenal aplikasi satu ini, apalagi jika mengaku anak twitter. Para broadcaster (sebutan user Periscope) bisa memberi love dan berinteraksi melalui komentar. Tokoh-tokoh terkenal dunia menggunakannya untuk berinteraksi sejak 2014 sampai sekarang.

6. #Fame adalah live video social platform yang digemari para pemusik, fasionista, artis, dan masih banyak lagi. Salah satu keunggulannya adalah kesempatan menonton konser atau aksi selebriti secara langsung dan interaktif. Saya pernah ubel-ubek di dalamnya dan menemukan fakta bahwa Shah Rukh Khan adalah salah satu pengguna aktifnya. Penyuka serba Hindi dan Korea bisa puas ngeksis di sini.


7. Zeemi. Para hijaber yang tergabung dalam komunitas besar menjadi salah satu pengguna aktif Zeemi. Juga komunitas musik indi dan serba Jepang. Memang sasaran utamanya untuk komunitas. Hayuhngeksis di sini.

Masih ada beberapa rekomendasi bagi penyuka live video streaming yang bisa di-googling. Pengetahuan saya masih terbatas di sini. Yah.. sebatas pengamatan atau nyicip sedikit sejak punya HP Asus. Hehe…  Memiliki HP yang bagus, dengan RAM besar dan kualitas kamera bagus memang mau tak mau membuat saya  mencoba menuntaskan rasa ingin tahu, selama positif. Kalau saya punya HP Asus Zenfone Live…. What will I be? Saya bisa membayangkan beberapa improvement yang akan saya ciptakan. Pasti penasaran berapa harga Zenfone Live. Jangan khawatir, masih terjangkau kok. Pre ordernya hanya Rp 1.799.000,-. Terjangkau, kan?




So… apakah kamu mau HP ini gratis? Hmm… ada caranya lho. Tapi ya itu… dengan cara mencoba keberuntungan. Keterangannya bisa dicari di akun Facebook Official Asus Indonesia. Layak dicoba. Kalau mau yang pasti-pasti ya memang lebih baik beli. Kalau mau pre order, ada bonus berupa MicroSD card berkapasitas 16GB. Mau ikut seseruan di launchingnya? Pantau terus Facebook Asus Indonesia di @ASUSIdOfficial pada hari Selasa, 16 Mei 2017 mulai pukul 14.30 WIB. Beberapa teman yang beruntung bisa dipantau di instagram dengan hashtag #ZenFinity #ASUSaja #ZenFinity2017 #ZenfoneLiveID.

Share:

17 comments:

  1. Abah K butuh nih berarti, hobi main BIGO Live kalo lagi ngoding. :v

    ReplyDelete
  2. sudah hampir launching nih. sepertinya kutak sabar melihat acara livenya di medsos. syukur syukur bisa dapet satu dan nyobain dipake

    ReplyDelete
  3. Zenfone mantap!
    Memang sesuai taglinenya Asus.

    Makin berinovasi untuk mengalahkan pesaing-pesaingnya yang mulai berjamur di Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Asus tau aja nih kemauan ku

    ReplyDelete
  5. Betul juga ya...sekarang live streaming lagi ngetrend. Tapi sayangnya, saya belum pede buatnya, Mbak hehehe...
    Kalau punya ponsel cerdas seperti zenfone, mungkin bisa lebih pede ya.. ^_^

    ReplyDelete
  6. Wahh mba susi diundang ke acaranya asus nih.. fitur yang ditawarkan asus emang keren banget nih. Bisa mengenai di pasaran anak muda yang suka foto dan video

    ReplyDelete
  7. Tahun ini mau merantau ke makassar

    ReplyDelete
  8. wah dengan harga segitu, banyak dapatnya ya mbak Susi.. prinsip ekonomi banget nih.. zenfone life jg cocok banget buat yg mau eksis,dan sepertinya user friendly banget, mak mak gaptek kayak saya jg bisa pakai

    ReplyDelete
  9. wih asyik banget emang asus, kerennn. Semoga terus berkembang ya di pasar indonesia

    ReplyDelete
  10. Wih keren banget nih. aku lagi rajin streaming. jadi harus beli yak. satu buat dipake sehari hari biar makin hits dan eksis

    ReplyDelete
  11. Asus udah mau ngeluarin produk baru lagi, dari harga cukup terjangkau ditambah dengan menyasar anak muda juga. Mungkin Zenfone LIve ini targetnya lebih ke multimedia, pas banget untuk orang yang suka vlogging :D

    ReplyDelete
  12. aku kok ya suka dilema mbak, antara pengen eksis tapi muka pas-pasan. mau gunain kamera yang bikin muka keliatan mulus tapi kok semacam nggak tega ama diri sendiri hahahaa.. kayak bukan diriku gitu loh mbak. tapi aku emang lagi tertarik buat vlog sih,, ah entah lah, labil deh aku hihihii

    ReplyDelete
  13. Sayah lagi suka streaming. Sekian. huehehe..
    By the way, memang spec Zenfone live buat fotografi gimana, Mba Susi?

    ReplyDelete
  14. Zenfone ga ada matinya ya mbak ngeluarin produk baru dan kece2... dan kekinian bangt, tahu aja kebutuhan penggunanya, ayuk ah mari kita live str3aming...

    ReplyDelete
  15. Waah dengan asus zenpon terbaru kini wajah bisa disulap mulus seketika saat mau live :)

    Lumayan hemat waktu gak perlu repot-repot dandam sgala untuk bikin cantik paripurna hehhe

    ReplyDelete
  16. Seru banget HP khusus buat live. Asus ini ngerti banget kebutuhan pasar

    ReplyDelete
  17. karena saya bukan penggemar asus ini mbak, tapi saya mau tanya kalau asus pernah ngeluarin yang anti air nggak ya karna sekarang saya kebanyakan mainnya dalam air

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra