Bunga Kencana Ungu di Depan Rumah Saya Ternyata Punya Banyak Manfaat

Di depan rumah saya, banyak bunga indah berwarna ungu yang tumbuh liar. Saya tidak menanamnya, juga tidak merawatnya. Malahan, sering saya cabuti jika tumbuh di saluran air depan rumah. Bunganya indah, berwarna ungu, bentuk bunganya sekilas mirip bunga petunia. Apakah Sobat Cakrawala Susindra tahu bunga apa ini? 



Saat saya tanya suami, dia tidak tahu namanya. Hanya bilang, biji tanaman ini akan meletus jika dimasukkan ke dalam air. Dia tumbuh di lingkungan desa, jadi sedikit tahu. Saya anak pantai, baru tahu setelah tinggal di desa. 

Tetangga bilang, namanya pletesan. 

Rumah larva kupu-kupu

Saya sedang mencari informasi tentang bunga talang karena sedang menanamnya di pekarangan depan. Saya beli bijinya RP2000,- dapat 12 biji. Saat itulah, bunga di depan rumah saya ini muncul. Ternyata namanya KENCANA UNGU atau RUELLIA. Lebih tepatnya, bunga Ruellia tuberosa L. Mirip nama orang, ya. Ternyata nama itu diambil dari Pak Jean Ruelle, seorang herbalis dan ahli fisika dari Perancis. Menurut Wikipedia Ruellia, meski dijadikan bunga hias dan tanaman obat, tapi beberapa bagian diduga beracun. Daunnya sangat disukai oleh ulat, menjadi rumah tinggal sejumlah larva kupu-kupu jenis Lepidoptera, Nymphalinae, Junoniini, Anartia fatima, Junonia coenia, Siproeta stelenes, Yoma sabina, dll. 


Setelah baca ini, saya harus segera menyingkiran semua tanaman ini dari sekitar rumah. Sangat berbahaya bagi tanaman yang saya tanam, nantinya. Saat ini saya sedang menanam aneka jenis cabai. Pasti tahu lah kalau cabai itu rewel dan mudah diserang hama. Ada tomat yang sudah berbuah, daun kucai, sawi, kentang, kangkung, jahe, jahe merah, kunir, kencur, kunci, dan akan terus bertambah jumlah dan jenisnya. Itu belum termasuk beberapa belas jenis bunga di rumah. BAHAYA!

Tak heran juga, tanaman cabai yang sudah saya pindah tanam ke tanah kok yang bagian dekat galengan sudah rusak karena dimakan sesuatu....


Mungkin mau tahu cara membuat mikro organisme lokal (MOL) penyubur tanah?

Bunga kencana ungu atau ruellia ini, sebenarnya punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Di negara-negara lain sudah jadi tanaman obat. Tahulah, negara apa yang telaten menggunakan tanaman sebagai obat. Tentunya Cina dan India. Mereka juga mewariskan kebiasaan itu di Indonesia pada zaman dahulu kala. Sebagai penyuka sejarah, saya maklum sekali jika pedagang Cina sudah banyak yang di Indonesia sejak abad ke-4. India setelahnya sambil membawa agama Hindu dan Budha. Eits... ini bukan postingan sejarah. 

Klasifikasi bunga kencana ungu atau ruellia

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh )
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : AsteridaeBangsa: Scrophulariales
Famili /Suku : Acanthaceae
Genus / Marga : RuelliaJenis:
Spesies : Ruellia tuberosa L

Bunga kencana ungu/ruellia sangat indah, ya?

Ada kegiatan seru bersama anak yaitu mengajarkan cara memindahkan tanaman cabai hias ke polibag

Kandungan senyawa aktif

1. Alkaloid
2. Triterpenoid /steroid
3. Flavonoid
4. fenolik
5. Saponin, dapat menyebabkan keracunan pada ternak
6. Kumarin
7. Zat warna kuinon

Akar mengandung : apigenin , luteolin ,
Minyak biji mengandung miristat, capril dan asam Laurat


Manfaat bunga kencana ungu/ruellia

  1. Obat sakit perut
  2. Obat cacing
  3. Obat nyeri sendi dan otot, 
  4. Obat rematik
  5. Obat luka borok
  6. Obat pembersih darah
  7. Obat hipertensi
  8. Obat diabetes,
  9. Obat kencing batu
  10. Obat batuk rejan
  11. Obat demam
  12. Obat masuk angin
  13. Obat gatal 
  14. Obat gigitan serangga
  15. Obat kuat bagi laki-laki.

Rasanya seperti over claim, ya? Dan memang perlu penelitian lebih mendalam. 


Mengetes makanan yang mengandung formalin dan boraks

Makanan berformalin adalah ancaman serius, karena secara fisik tampak sama dengan makanan tanpa formalin. Perbedaan yang ada, misal lebih kenyal, lebih renyah atau lebih awet, juga dapat dibuat tanpa formalin. Perbedaannya mungkin pada harga saja, karena perbedaan kualitas bahan dan kuantitas. Demikian juga dengan makanan yang mengandung boraks. 

Staff dan peneliti dari Departemen Kimia Kedokteran FKUI pada tanggal 27 dan 29 Agustus 2019 pernah membuat pengabdian masyarakat, salah satunya tentang pelatihan pemeriksaan boraks dan formalin menggunakan ekstrak bunga kencana ungu. Kegiatan ini diikuti oleh para ibu PKK setempat dan pedagang jajanan sekolah, di Kelurahan Ratu Jaya Kecamatan Cipayung, Kota Depok Jawa Barat. 

Foto pinjam dari artikel kumparan. Link sumber foto ada di atas.

Bunga kencana ungu mempunyai kandungan pigmen antosianin yang memberikan warna ungu pada bunga tersebut. Zat antosianin ternyata sensitif terhadap derajat keasaman (pH) lingkungan. Ekstrak bunga ini bisa menjadi pendeteksi formalin dan boraks dengan mengaati perubahan warna makanan (harus dihancurkan dan ditambah air sedikit sehingga menyerupai bubur) yang ditetesi dengan ekstrak ini. Jika mengandung formalin, makanan tersebut akan berwarna coklat kemerahan, artinya makanan yang diuji mengandung formalin, karena pH formalin sekitar 2-6. Jika warna makanan menjadi hijau, artinya mengandung boraks, yang pH-nya sekitar 9-11. Jika warna tidak berubah, berarti aman.

Bagaimana baiknya?

Kalau saya, sih, karena suka bertanam, saya memilih membuang semua bunga ini dari pekarangan sekitar rumah. Saya tidak akan mengganggu yang tumbuh subur di tanah tetangga. Meskipun akan berdampak juga ke tanaman saya, tapi itu risiko. Tak mungkin juga saya kampanye membuang bunga ini meskipun dianggap rumput liar. 



Kalau sobat Cakrawala Susindra yang membaca ini, silakan pilih, tanam bunga ini atau tidak. Mengingat banyak manfaat bunga kencana ungu juga, kan, ya.

16 Komentar

  1. Ah bakal aku buang juga Mbak, ya gimana wong emang aku lebih sayang cabaiku yg susah ditanam, huhu

    BalasHapus
  2. Kalau tumbuhnya di pinggir sepanjang jalan di depan rumah, kubiarkan. Biar ada ungu-ungunya gitu sehingga perasaan mengharu biru #halah
    Tapi seriusan baru tahu kalau ini berbahaya buat tanaman lainnya,lebih pilih cabe dan teman-teman kalau aku punya.

    BalasHapus
  3. Saya baru tahu nama bunga itu kencana ungu. Dulu waktu masih anak-anak. sering mainin bijinya di air biar meletus. Kadang taruh didalam mulut.

    Manfaatnya buat jesehatan kayaknya banyak sekali ya. Jadi rada-rada gak masuk akal

    BalasHapus
  4. Waaah Mba Susi, anakku kalo main ke rumah neneknya suka banget nyari pletesan ini..
    Sampe ngebolang dijabanin, haha bunga kencana ungu ini masih satu keluarga juga gak ya sama Telang ungu?

    BalasHapus
  5. Kencana ungu tanaman liar ya. Bijinya dulu dipake main, diletusin di dalam air. Kece juga tanaman ini, bis buat ngecek formalin di makanan

    BalasHapus
  6. Saya sering lihat tananam ini. Tapi liar di kebun yang tidak terawat. Masih belum berani nyoba manfaatnya tapi...dan belum ada keinginan untuk menanam juga. Banyak ulatnya soalnya..he3..

    BalasHapus
  7. Bunga tersebut juga ada disekitar tempat tinggal ibu.
    Tapi dianggap tanaman liar, makanya waktu bersih - bersih pekarangan rumah di cabutin dech.
    Diganti dengan tanaman tomat dan sayuran hijau

    BalasHapus
  8. Bener Mbak Susi bunga kencana unggu ini mudah sekali tumbuhnya. palagi setelah musim hujan akan menyemak.Di depan rumah saya juga dulu banyak , tapi belum tahu namanya kencana unggu dan apa manfaatnya.sekarang jadi pengen tes formalin pake bunga ini.

    BalasHapus
  9. Wah, saya sering sekali melihat bunga ini, Mbak Susi. itu pas ngebolang dan juga di jalanan. Ternyata namanya bunga Kencana Ungu ya, Mbak.
    Selama ini saya cuekin, karena saya kira hanya bunga liar. Ternyata manfaatnya sangat banyak ya, Mbak. Besok kalau pas jalan dan lihat, saya mau ambil dan akan tanam di halaman rumah saya.

    Terima kasih infonya, Mbak Susi

    BalasHapus
  10. kayaknya emang bunga ini umum tumbuh didaerah indonesia ya mba. disekitaran rumah saya juga mudah sekali tumbuh bunga kencana ungu ini. tapi kalau memang banyak manfaatnya, sudah pernah belum ya bu dimanfaatkan oleh masyarakat awam? saya baru denger ini bunga banyak sekali manfaatnya. sayang sih kalau nggak dimanfaatin sbg herbal.

    BalasHapus
  11. oooh namanya bunga kencana ungu
    baru tau namanya, hoho
    soalnya aku nyebutnya kembang pletosan
    bijinya kan bisa meletus2

    BalasHapus
  12. Hihihi "over claim" tapi menarik sih kalau ada yang meneliti. Dulu terenal krn nenek moyang kita mungkin yang mengajarkan buat memakai bunga ini sebagai obat alami kali ya mbak :D
    Owalah jd itu alasan kembangnya udah disingkirin. Mungkin kalau ada lahan yang jauhan ma tanaman lain bisa ditanam lagi mbak, misal di pojokan belakang gtu hehe

    BalasHapus
  13. Udah lama enggak pernah liat bunga kencana ungu lagi. Terakhir kali pas masih SD, bijinya bisa meletus-letus. Baru tahu ternyata punya banyak manfaat yaa

    BalasHapus
  14. Di sekitar rumah saya juga banyak tanaman bunga ini. Ternyata banyak manfaatnya namun ada yang beracun juga yaaa.... Hmmm makasih mbak atas infonya. Saya jadi lebih aware nih..

    BalasHapus
  15. Kalau ibu2 jadul bunga talang itu direndam di air dan di tetrsin ke mata bayi. Biar matanya bersih. Dulu si Abang dipakaikan tetrsan bunga talang tuh, Mba. Dan memang matanya bersih. Saya mah dulu ikut2 aja. Pas adek fi ga dikasih lagi. Takut kenapa2. Eh, malah mata adek fi ga sebening abangnya, malah ada mata malasnya. Yaaa percaya ga percaya sih ya.. xixixi. Mgkn saja bkn krn efek itu juga.

    BalasHapus
  16. di halaman rumah saya banyak nih bunga seperti ini. Tapi wait wait..besok saya pastikan dulu, sekadar sama bentuk dan warnanya, atau memang bunga yang sama persis dengan yang di postingan ini. Selama ini seringnya dipakai main sama anak-anak buat main masak-masakan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)