Kupas Tuntas Gambaran Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Banyak orang gagal diterima kerja hanya karena CV yang dibuat isinya tidak menarik. Tidak hanya itu saja tetapi juga terjadi kesalahan dalam struktur dan bahasanya. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana gambaran contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar

Sumber gambar dari Hr-az.com

Hal ini perlu dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan lagi ketika membuatnya. CV lamaran kerja yang dibuat dengan baik dan benar bisa lebih membuka peluang untuk diterima kerja menjadi lebih besar. 



Poin-poin yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat CV Lamaran Kerja 

1. Memberikan Informasi yang Menonjolkan Kemampuan

Sumber gambar (hebalancecareers.com

Poin pertama yang perlu diperhatikan untuk membuat CV lamaran kerja adalah memberikan informasi tentang kemampuan yang dimiliki. Buat CV dengan ringkas dan simpel yang berisi riwayat pekerjaan, skill, pengalaman organisasi dan sebagainya. Penjelasan tentang hal ini tidak perlu terlalu panjang karena akan membuat orang bosan. Skil dan juga pengalaman dibuat sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.

2. Tidak Perlu Membuat Banyak Desain 

Hindari untuk membuat CV yang terlalu penuh dan banyak desain yang justru membuat sulit dibaca. Buatlah CV dengan tampilan sederhana tetapi tetap menarik dibaca. Pilihlah huruf, format sederhana serta desain yang bersih supaya mudah dibaca.

3. Menggunakan Tanda Baca dan Pemilihan Bahasa yang Benar 

Sumber gambar healmanac.org

Dalam membuat CV lamaran kerja sebaiknya menggunakan tanda baca dan pemilihan bahasa yang benar. Sebisa mungkin hindari kesalahan ketik karena bisa mempengaruhi penilaian. Jika ini terjadi maka HRD akan menganggap tidak teliti.

4. Menawarkan Kelebihan yang Dimiliki 

Perlu diketahui jika CV itu sama halnya dengan brosur yang berisi keunggulan dari suatu produk. Oleh karena itu, dalam CV juga menawarkan kelebihan yang dimiliki. Terlebih kelebihan yang dimiliki sesuai dengan posisi yang dilamar.
Gambaran Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar 

Sumber gambar Gusmang94.blogspot.com

1. Data Diri

Gambaran contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar yang pertama adalah tentang data diri. Data diri ini berisi tentang nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, status perkawinan dan sebagainya. jangan lupa untuk mencantumkan informasi mengenai nomor telepon dan alamat email supaya mudah dihubungi.

2. Pendidikan 

Cantumkan riwayat pendidikan yang pernah ditempuh, mulai Sekolah Dasar hingga pendidikan terakhir yang ditempuh. Jangan lupa beri informasi tahun masuk dan tahun lulus saat menempuh pendidikan serta gelar yang diterima. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menuliskan latar belakang pendidikan, yaitu nama sekolah atau universitas, lama menempuh pendidikan, jurusan yang diambil dan juga nilai ujian nasional dan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

3. Pengalaman Kerja 

Ketika membuat CV lamaran kerja jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman kerja yang dimiliki, terlebih pengalaman kerja tersebut relevan dengan posisi yang dilamar. Supaya lebih lengkap cantumkan posisi dalam pekerjaan sebelumnya, tanggal kerja dan jelaskan dengan singkat. Bagi yang masih fresh graduate bisa mencantumkan pengalaman magang  ataupun pekerjaan lain yang berhubungan dengan pendidikan yang sedang ditempuh. 

4. Kemampuan yang Dimiliki 

Dalam beberapa contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar juga mencantumkan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan tersebut, seperti keahlian mengoperasikan komputer (menguasai ms Word, Excel dan PowerPoint), keterampilan administrasi, keahlian berbahasa asing, memiliki kemampuan desain grafis dan sebagainya. Meskipun menguasai banyak kemampuan atau skill, bukan berarti semuanya harus dicantumkan. Sebaiknya mencantumkan kemampuan atau skill yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.   

5. Penghargaan 

Gambaran contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar yaitu cantumkan juga semua penghargaan yang pernah diperoleh. Hal ini supaya CV lebih menarik dan membuka peluang agar diterima. Misalnya menang lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional, beasiswa, dan sebagainya. 

6. Pengalaman Berorganisasi 

Sebagai informasi tambahan dalam beberapa pembuatan contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar, maka bisa mencantumkan pengalaman organisasi. Ternyata memasukkan pengalaman berorganisasi bisa mendapatkan nilai plus di mata HRD. Pengalaman berorganisasi misalnya anggota pramuka, ketua BEM, volunteer, ketua PMR dan sebagainya.

Itulah informasi mengenai gambaran contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal CV? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

12 Comments

  1. Betul sekali, dalam melamar pekerjaan, cv menjadi poin penting yang dilihat oleh hrd sih. Bagus sekali informasinya untuk para jobseeker

    ReplyDelete
  2. Nah CV tuh penting bgt, pastinya yang menjadi pertimbangan HRD tuh setelah melihat CV. Makasih mbak Susi udah sharing ya.

    ReplyDelete
  3. Ada contohnya langsung nih. Bisa ditiru ya kalau pas diperlukan nanti tinggal koreksi datanya.
    Kalau CV bagus dan menarik, panitia seleksi calon pekerja pastinya akan tertarik nih

    ReplyDelete
  4. Sipp sippp, ini dibutuhkan banget oleh para Fresh Graduates ataupun emak2 yg pengin kembali ngantor ya
    Makasiii makasiii

    ReplyDelete
  5. Tips nya bagus mbak kadang kita kurang dalam menulis CV padahal HRD mencari skill yang kita punya.

    ReplyDelete
  6. Penghargaan perlu juga ya ditampilkan, tapi yang memang memiliki kaitannya ya, jangan yang nggak nyambung hihi

    ReplyDelete
  7. Wah Keren template nya
    Mau pakai ah untuk CV, walau ngga perlu ngelamar kerja

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat jaman dulu ngelamar wkwkwk
    bikin CV browsing juga di intenet takut salah
    Sekarang mah, udah nggak pernah lagi bikin Tapi seru juga kalo buat hahaha

    ReplyDelete
  9. Sekarang udah enak ya mba, template CV yg praktis saja sudah tersedia di aplikasi. Kita tinggal masukkan data dan foto saja. Kebayang saya zaman 2010 masih ngetik di word, ngeprint, pake map. Hahahaha. Zaman-zaman penuh perjuangan.

    ReplyDelete
  10. Sebenernya sekarang udah lebih gampang ya untuk bikin surat lamaran kerja. Format-format surat lamaran yang kece ada di mana-mana.

    ReplyDelete
  11. Keren bgtt...
    Bisa jadi referensi nih buat lamar2 kerja hehe
    Makasih ya

    ReplyDelete
  12. Duh, jadi inget masa-masa bikin CV dulu. Dulu belom marak internet, jadinya pake template dari suami. Makin beragam dan makin menarik ya bentuk CV zaman sekarang.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)