Merenung di Tepi Danau

Merenung di tepi danau, merefleksikan hasil belajar. Itulah tugas mahasiswi Bunda Cekatan dari Institut Ibu Profesional minggu ke-7 ini. Kami dipersilakan membuka bekal yang kami kumpulkan sepanjang 7 minggu belajar, sambil melihat kembali peta belajar pada saat kami masih di kelas telur.





Tracking perjalanan Belajar

On track, atau tersesat? Pertanyaan ini layak dipertanyakan semua pelajar yang sedang mengalami masa penimbunan makanan (ilmu yang dibutuhkan) sebelum memasuki kepompong. Kembali ke diri sendiri, sembari menjalin setiap lembar serat pewarna kupu-kupu agar kelak sayapnya indah.

Selama ini saya selalu menjaga jalur yang saya tetapkan sejak kelas telur. Tak bergeming meski ada banyak ilmu bertaburan di kelas lain. Baru seminggu lalu saya memutuskan mencari pengalaman di keluarga lain sebagai bahan kudapan. Menu utama saya tetap SEO di keluarga WeBS.


Kudapan selain SEO

Saya memasuki keluarga Camlicious dan Vloglicious karena merasa butuh ilmu fotografi dan videografi. Keduanya masih satu keluarga, hanya dibuat lebih fokus. 

Ternyata saya tak bisa menikmati kudapan lezat di sana. Bukan roaming tapi lelah mengikuti ritme belajar di sana, yang sebenarnya akan jadi warna indah di kupu-kupu saya. Semua berbagi pengetahuan bahkan tantangan. Tapi 2 minggu ini, waktu belajar saya sudah banyak berkurang karena si kecil membutuhkan lebih banyak perhatian.

Keluarga kedua yang saya ikuti adalah KePeDeSan atau keluarga pecinta desain. Ilmu yang dikulik adalah tentang desain, animasi, gambar, Canva, dan lainnya. Lagi-lagi saya tak bisa maksimal.Sayang sekali.

Keluarga ketiga adalah keluarga Sustainable Living. Tiap hari kami belajar tentang cara berkebun dan menikmati hasil olah tanaman. From garden to table. Sesekali bahas zero waste dan temannya. Saya menikmati sekali di sini, karena bagi saya gardening is healing. 


Bongkar keranjang bekal

Peta belajar saya mempunyai banyak sekali cabang, sehingga kelihatannya rumit. Aslinya, sederhana dan memang to do list seorang blogger yang ingin memasuki dunia blogger profesional. Jadi saya sangat menikmati proses belajarnya. Baik belajar secara mandiri maupun di kelas.




Di bawah ini adalah beberapa topik swabelajar saya:
Membuat konten yang SEO Friendly, dengan sebaran keyword yang tepat, tulisan tetap enak dibaca, membiasakan format heading, mengis alt image dan metadeskription, dan memasang inbund link. 

Itu to do list saya setiap kali akan dan sedang menerbitkan sebuah tulisan di blog Cakrawala Susindra. 



Ilmu di kelas WeBS
WeBS atau Website – Blog – SEO adalah kelas utama yang saya masuki sejak pertama. Saya sangat betah di sini. Meski kadang saya seakan menjadi tutor, aslinya saya belajar banyak di sini. Saat menjawab dengan tulisan, sejatinya saya sedang mengikat ilmu sehingga tidak lupa lagi. Juga tentang long tail keyword dan semacamnya.

Kelas ini juga jadi tempat berbagi beberapa teman blogger senior. Saya belajar hal teknis dan praktis misalnya jumlah prosentase ideal kata kunci di tulisan blog. 

Saya tak ambil pusing dengan DA/PA, tapi tetap mengunyah dengan lahap kudapan tentang 2 nilai yang bagi saya misterius. Beberapa teknik menaikkan DA/PA rasanya seperti tebakan, karena memang demikian. Berbeda dengan saat berdiskusi tentang SEO on-Page. Bagi saya lebih nyata, meski tak semua bisa dipakai atau memberi manfaat. 

Blog itu unik. Seperti manusia, ia memiliki karakter. Bolehlah ilmu parenting bertebaran tapi belum tentu cocok dipakai. Pun demikian dengan blog. Ada jutaan tips ngeblog tapi hasilnya takkan sama meski dipraktikkan bersama-sama. 

Dari hasil diskusi, saya punya 2 kegiatan sampingan: membangun branding di dummy blog dan membuat blog baru khusus untuk belajar SEO, yaitu https:

Hadiah dari teman
Selasa lalu saya sudah membagi hadiah dan menerima hadiah yang sangat bermanfaat. Alhamdulillah semuanya cocok dengan saya.

21 komentar

  1. Huaaa, rajin banget, Mbak, bikin dummy blog. Sesuatu yang bagi saya masih terasa jauuuh gitu, hehehe.

    BalasHapus
  2. ini seru banget sih konsep belajarnya, tadi kukira pergi ke danau mana gitu hihihi. setuju banget kalau blog itu unik kaya manusia, susah bener ditebak. link dummy blog seonya apa mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar tidak jadi spamscore, sementara belum saya berikan link-nya Mbak. Jadi ga berat bagi kedua blog.
      Plus, setelah berisi 10 baru deh, dibagi ke umum

      Hapus
  3. Mbak alamat blog barunya apa? Terus menerima dan memberi hadiah apa? Jadi penasaran dengan cerita lengkapnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi. Biar agak menanjak dulu baru dibagikan di sini. Kasihan kalau dimasukkan sekarang. Berat untuk kedua blog.

      Iya, nih, kayak ga selesai ya, jadi pengen nambahin. Apalagi banyak istilah bahasa Inggris yang belum dimiringkan. Hihihi

      Hapus
  4. Emang harusnya gini nih kalo mau nulis blog, mind mapping dulu. Tapi kadang bingung mau mulai dari mana.

    BalasHapus
  5. Ah aku pun juga suka gardening mbak. Entah kenapa aku suka berlama2 di taman kecilku even itu cuma nyabutin rumput aja aku uda ngerasa itu healing.

    BalasHapus
  6. seru banget ini, ide memang datang dari mana saja ya mbak, apalagi kalo hasil merenung, kadang banyaaak banget ide yang muncul tinggal dieksekusi, huhu

    BalasHapus
  7. wah itu peta skema penulisan artikel SEO dan cara optimasinya. bikin mual ya, banyak sekali yang harus di oprek-oprek. mungkin bagi yang sudah terbiasanya, sudah tidak asing lagi dengan skemanya.

    BalasHapus
  8. Hahaha bener mbak banyak ilmu ngeblog tapi kalau gak dipraktikin ya ambyar yaaaa. Apalagi saat ini kyknya persaingan dengan keyword cukup banyak. Tapi yoweslah nikmatilah menulis krn insyaAllah tulisan blog kita pasti ada aja jodohnya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih woles Mbak. Enak ngeblog dengan bahagia saja

      Hapus
  9. wah blog seo nya masih disembunyikan :D bisalh nih nanti sharing nitip link di sini utk ningkatin DA hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih terlalu dini untuk dimasukkan ke sini. Risikonya kedua blog akan terpengaruh secara negatif jika dipaksakan disebut di sini

      Hapus
  10. Sru skali proses belajar di IP zaman sekarang yaaa...
    Bener-bener diminta aktif melakukan penelitian sendiri dan menemukan sendiri hasilnya.
    Aga menantang...

    BalasHapus
  11. Saya menikmati setiap kudapan yang disediakan di artikel ini :) menarik sekali ikut belajar setiap ilmu yang ada

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)