Investasi Deposito Untuk Rencana Keuangan yang Tepat

Investasi deposito merupakan salah rencana untuk keuangan yang tepat. Bentuk investasi itu tepat bagi nasabah karena bisa digunakan di kemudian hari. Deposito memberikan keuntungan bagi Sobat Cakrawala Susindra yang lebih berarti daripada tabungan konvensional. Investasi itu membuat perkembangan uang nasabah lebih cepat dibandingkan tabungan konvensional. 

Cara apply deposito secara online -susindra

Salah satu alasannya, karena hanya antara 0,5-7% bunga yang diberikan tabungan konvensional kepada nasabah. Sementara, tersimpannya dana di deposito bisa mengontrol nasabah sesuai kebutuhan dan pengeluaran. Hal itu karena nasabah cuma bisa mengambil dalam jangka waktu tertentu sehingga dilarang mencairkan sesukanya. 

Itulah sebabnya, mengandalkan deposito akan lebih menguntungkan untuk dana yang tidak terpakai dalam waktu dekat. Berbeda dengan tabungan biasa yang dapat memunculkan risiko kehilangan karena terpakai sewaktu-waktu. Deposito juga menjadi sebuah cara investasi lebih aman. 

Apalagi ada hak nasabah deposito akan dilindungi oleh lembaga jaminan pemerintah. Oleh karena itu ada juga pajak khusus dalam suku bunga dari deposito sebesar 20% jika nilainya di atas Rp 7.500.000. 

Semakin besar juga pajaknya dengan suku bunga yang diperoleh. Pajak bunga deposito tersebut berdasarkan direktorat pajak (Dirjen Pajak), yaitu PP 131 Tahun 2000, KMK-51/kmk.04/2001 dan SE-01/PJ.43/2001. 

Butuh dana untuk nonton konser di luar negeri? Ini Caranya.

Pengajuan Deposito

Biasanya, nasabah harus punya rekening bank, juga menyiapkan KTP dan NPWP sebagai persyaratan investasi deposito. Kemudian ada biaya materai sehingga harus ada dana yang disiapkan. 

Lalu tentukan jenis dan tenor deposito yang ditawarkan oleh bank. Setelah itu, ada formulir pendaftaran yang harus diisi lengkap. Biasanya, CS akan memberikan arahan ketika nasabah membuka deposito. 

Bilyet sebagai bukti kepemilikan deposito pun akan diterima nasabah setelah tahapan-tahapan itu berhasil. Jangan lupa agar menyimpan bukti tersebut dengan baik karena akan digunakan saat pencairan dana deposito. 

Salah satu pengajuan yang mudah investasi deposito adalah melalui Aplikasi digibank by DBS. Membuka deposito lewat aplikasi itu juga tidak perlu datang ke DBS. Cukup melalui aplikasinya saja sehingga bisa menyetor deposito kapan dan di mana saja. Lagipula deposito online lebih banyak dipilih karena efisiensinya membuka rekening melalui internet banking. Menurut saya, Sobat Cakrawala Susindra lebih baik apply dengan cara ini karena sangat efektif.

Siapkan Rekening bank dan kebutuhan mendaftarkan deposito

Memilih Deposito

Ada yang perlu diketahui beberapa hal oleh nasabah sebelum menggunakan produk investasi deposito, yaitu: 

● Reputasi

Bank tempat nasabah membuka deposito harus diperhatikan reputasinya karena ini adalah hal penting sebelum menaruh uang di sana. Harus jelas bahwa bank yang akan didepositokan memiliki standar Bank Indonesia (BI) agar menghindari risiko kebangkrutan.

Bank dengan keuangan yang sehat akan membuat nasabah merasa aman mendepositokan uangnya. Apalagi ditambah dengan standar pelayanan yang baik sehingga membuat nyaman nasabah.

Reputasi bank itu penting sekali.

Ingin bisnis impor elektronik dari Hongkong? Pakai Transfer Valas saja.

● Suku Bunga

Setelah memilih bank yang tepat, besaran bunga deposito adalah pertimbangan berikutnya. Lihat dan cari tahu bank mana yang menawarkan bunga deposito tertinggi untuk dibandingkan dengan dengan yang lainnya. 

Salah satu bank yang menawarkan suku bunga deposito tinggi biasanya mencapai 6,00% p.a. Semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan jika semakin tinggi bunga deposito yang ditawarkan. 

● Tenor Deposito

Bank memiliki jangka waktu yang juga memberikan dampak dari besaran bunga. Biasanya, jangka waktu yang ditawarkan oleh kebanyakan bank adalah satu, tiga, enam dan 12 bulan. 

Nasabah bisa melakukan perbandingan bunga sambil melihat ini dan menyesuaikan kebutuhan jangka waktunya.  Setelah itu, nasabah menentukan berapa investasi awal yang akan didepositokan. Misalnya, deposito di Aplikasi digibank by DBS sudah bisa mendepositokan uangnya minimal Rp 1.000.000.

● Biaya

Pastikan apakah bank yang ditujukan memiliki biaya-biaya administrasi serta penalti atau tidak. Jika ya, perhatikan juga besar biayanya agar nasabah bisa memikirkan keuangannya. Sebab tidak semua bank memberlakukan biaya administrasi dan penalti. 

Biasanya, biaya administrasi berlaku setiap bulan dan penalti diterapkan ketika nasabah mencairkan uang sebelum jatuh tempo. Bahkan kebanyakan bank menghilangkan bunga nasabah pada penaltinya. 


● Fitur

Carilah bank yang memiliki fitur canggih untuk melayani nasabahnya. Apalagi di era digital ini yang semuanya serba online. Kebanyakan bank sudah bergerak ke arah sana dan salah satunya adalah Aplikasi digibank by DBS. Memakai aplikasi itu membuat nasabah bisa membuka deposito dengan instan.

Jadi nasabah tidak perlu ribet lagi harus datang ke bank. Nasabah cukup membuka deposito lewat aplikasi sehingga bisa setor deposito di mana dan kapan saja. Info lengkap tentang suku bunga juga bisa dilihat pada aplikasi di ponsel pintar tersebut.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Sobat Cakrawala Susindra lakukan jika hendak berinvestasi di deposito. Saya sarankan digibank by DBS karena memenuhi semua standar keamanan perbankan. Terlebih, bisa deposito secara online. Praktis, kan? Yang seperti ini nih, yang mengikuti perkembangan kita para milenials, yang biasanya suka hal praktis dan cepat. Yuk! Depositokan uang di digibank by DBS!

34 komentar

  1. Kalau jaman sekarang fitur yang canggih juga jadi bahan pertimbangan ya mba. Supaya memudahkan nasabahnya cek sewaktu-waktu.

    BalasHapus
  2. [sedikit OOT] di saat-saat tak terduga seperti sekarang ini, investasi berguna banget ya. Apalagi bagi pelaku usaha, di mana imbasnya kerasa banget ya mbak. Jadi emosional komenku, huhuhu badai ini segera berlalu.

    BalasHapus
  3. Deposito masih jadi pilihan simpanan yang aman dan low risk ya. Kalau ada uang nganggur mending didepositokan aja daripada habis di rekening tabungan.

    BalasHapus
  4. Jadi ingat Mama yang suka ngingetin buat investasi deposito :)

    BalasHapus
  5. Kemarin sih sudah coba reksadana mih...tp kedepan deposito ini juga sepertinya lebih aman dibanding uang aku tabung biasa gitu deh...

    BalasHapus
  6. Iya, kalau misal punya uang minimal 1M gitu aku pingin deposito-in. Benernya udah lama pingin, mau nyoba dari sedikit ga nunggu 1M tapi belum ada dana nganggur.

    Deposito termasuk low risk

    BalasHapus
  7. Dengan perkembangan dunia IT juga bisa memudahkan nasabah-nasabahnya cek sewaktu-waktu. banyak alternatif dari berbagai platform

    BalasHapus
  8. Ternyata mwmbuka deposito tidak seribet yang dibayangkan ya, bisa online pula.

    BalasHapus
  9. Kalau di tempat saya, deposito untuk bank kecamatan bisa sampai 12% per tahun. Lumayan juga buat uang yang lagi gak kepakai.

    BalasHapus
  10. Investasi melalui deposito merupakan salah satu usaha untuk menjaga keuangan di masa yang akan datang bagi orang-orang yang tidak ingin ribet. Terima kasih informasinya mba.

    BalasHapus
  11. Investasi melalui deposito merupakan salah satu usaha untuk menjaga keuangan di masa yang akan datang bagi orang-orang yang tidak ingin ribet. Terima kasih informasinya mba.

    BalasHapus
  12. Semoga kita ada dana yg bisa dinvestasikan dalam bentuk apa saja. termasuk didepositokan.

    BalasHapus
  13. Saya pernah dikirimi email nih sama DBS k, untuk investasi ini tapi belum dibaca-baca detil. Sekarang makin banyak ya jenis deposito jadi nasabah bisa pilih-pilih mana yang cocok. makasih infonya

    BalasHapus
  14. Perlu juga nih untuk kesiapan masa depan anak. Terima kasih Bu artikelnya

    BalasHapus
  15. Wah, pas sekali jaman stay at home ni bisa buka deposit sendiri di aplikasi mobile banking digibank. Keren

    BalasHapus
  16. Apa bedanya ya dengan tabungan rencana. Kadang aku masih bingung. Ini penting sih, apalagi untuk para anak muda yg selalu tergiur dengan lifestyle dan diskon skin care. Kalau mau komitmen investasi pasti lifestyle bisa direm

    BalasHapus
  17. Wah, menarik juga nih sepertinya buat yang baru mau memulai investasi seperti saya nih. Terima kasih banyak infonya, bu! Sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  18. Dulu saya suka menabung. Cuma sekarang saya kurangi..belajar investasi di bisnis. Beli tanah..bikin bisnis. Dll

    BalasHapus
  19. Wah ini sangat menarik, saya sedang mencoba untuk memulai investasi juga. Mungkin ini bisa menjadi salah satu pertimbangan :)

    BalasHapus
  20. Sekarang buka deposito bisa lebih mudah lewat aplikasi ya. Syukurnya aplikasi-aplikasi bank sekarang semakin bagus dan aman jadi tidka perlu takut

    BalasHapus
  21. Wah aku jadi paham apa itu deposito, terus jaman skrg bs ya pake aplikasi. Makasih sharing nya mbak

    BalasHapus
  22. Yup..pas banget dimasa social distancing seperti sekarang ya kak.. ga perlu datang bisa online untuk investasi depositonya..yang penting sudah ada ijin ojk dan terpercaya

    BalasHapus
  23. Memang sie investasi deposito merupakan perencanaan yang tepat karena memiliki resiko yang kecil dan kita juga dpt hutung brp imbal hasil yg didapat apabila investasi deposito.

    BalasHapus
  24. saya belum pernah main deposito. tapi ulasan artikel ini membantu banget buat mengenal deposito. bisa direkomendasiin nih. thanks ya kak

    BalasHapus
  25. keluarga kami pernah memiliki deposito dalam jumlah yang lumayan. Memang sih di jaman dulu, segala sesuatu harus dilakukan secara offline dengan mendatangi bank. Saat ini, keren banget euy deposito bisa dilakukan secara online :)

    BalasHapus
  26. Aplikasi Digibank by DBS ini memudahkan sekali ya Mbak bagi yang mau mendepositokan dananya. Apalagi kl ada unit syariahnya ya, makin kompliiit

    BalasHapus
  27. semuanya sudah dijelaskan di artikel ini apalagi aplikasi Digibank by DBS sangatlah mudah dan minimal depo harus 1 juta

    BalasHapus
  28. Belum pernah main2 sm deposito. Jd ngeh deh ternyata jmn now bisa by online ya. Thx infonya

    BalasHapus
  29. beruntung sekali sekarang deposito sudah bisa online. tahun 2008 lalu aku terpaksa menutup deposito gara-gara pindah ke kota lain yang cabang banknya ga ada.

    BalasHapus
  30. Akupun pengen punya deposito ini. Biar bisa diatur jangka waktunya mau berapa tahun dan tepat sasaran untuk pemanfaatannya. Thx mbak infonya

    BalasHapus
  31. memang saat ini semua di berikan dengan kemudahan untuk investasi, kita juga harus pintar pintar memilaih yang aman dan terpercaya, aku akan mencoba untuk investasi di sini sepertina aman

    BalasHapus
  32. Aku kalau tabungan ada lebih, langsung depositokan. Sebagai langkah supaya engga boros juga sih. Jadi mau gesek kartu debit, eh dananya udah didepositokan. Tapi belum nyoba nih yang online. Harus nasabah DBS dulu ya?...

    BalasHapus
  33. Diriku belum pernah sih nyoba men deposit kan begini mbak. Terimakasih artikelnya membantu sekali.

    BalasHapus
  34. Wow gede ya. Suku bunga deposito bisa sampai 20% gitu. Mungkin sejak ada saingan fintech yg berani timbal balik 15%.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)