Legend of Fei Kisah Perjalanan Penerus Pendekar Selatan

Sepanjang tahun 2019-2020, muncul isu drama Cina Princess Agent 2. Drama yang sangat ditunggu para penggemar Zanilia Zhao. Beberapa foto dengan gaya berpakaian mirip Xing Er serta cuplikan trailer-nya membuat isu ini santer. Tanggal 16 Desember lalu akhirnya terjawablah. Foto-foto itu adalah bagian dari Legend of Fei: Perjalanan Penerus Pendekar Selatan. Saatnya membaca sinopsis dan review ala Susindra lagi….

Legend of Fei Legend of Fei Kisah Perjalanan Penerus Pendekar Selatan.jpg


Legend of Fei termasuk drama wuxia yang saya tunggu saat melihat trailer-nya pada bulan Oktober lalu. Banyak adegan kungfu istimewa di sana dan kegesitan gerak Zanilia Zhao. Kali ini ia disandingkan dengan Wang Yi Bo yang ganteng. Kedua tokoh utama kita ini sama-sama tipe yang imut dan indah sekali kalau di-close up


Nonton Legend of Fei di mana?

Sebelum saya lanjut, saya jawab pertanyaan standar dulu. Di mana nonton drama Cina Legend of Fei lengkap dan ber-substitle Indonesia? Jawabannya standar juga, yaitu aplikasi WeTV. Nonton streaming gratis, ada kualitas video 144 sampai 720, bisa didonlot juga. Kalau mau menonton 10x lebih cepat, bisa daftar VIP. Drama yang satu ini memang sangat laku sehingga mungkin pihak WeTV agak memperpanjang jarak tayang antara pelanggan gratis dan VIP. Sepanjang yang saya tahu, biasanya hanya selisih 6 episode, tidak 10 episode seperti yang satu ini. 

Artikel ini saya tulis pada malam tahun baru, sehingga masih berstatus on going. Oleh karena laptop rusak, saya harus menanti diperbaiki dulu. Saat ini, Legend of Fei sudah tamat. Jadi sudah bisa ditonton full sampai tamat, secara gratis. Install saja WeTV. Banyak sekali film/drama dari Indonesia, Cina dan Korea di sana.

Ada aplikasi lainnya: Tencent Video, Croton Megahit, Viki dan Tang Ren Jie, tapi saya lebih suka nonton di WeTV. 

Oh, sebelum saya lupa, saya nonton drama Cina Blooms at Ruyi Pavilyun di iQIYI. Kali aja ada yang tanya juga. Saya tidak langganan VIP. Yang gratis saja. Cuma modal kuota internet. Yang jelas sih, ini legal, ya. Pengen eksplor drama Cina di Netflix tapi entar, deh. Dua ini aja belum habis.



Inti drama Legend of Fei

Inti dari drama Cina Legend of Fei adalah perjalanan seorang murid muda menjadi Pendekar Selatan yang disegani. Dalam prosesnya, ia harus bisa mengamankan gelang Haitian yang dimitoskan bisa membuat pemiliknya menjadi penguasa dunia. Ini adalah sebuah benda peninggalan kerajaan sebelumnya yang sudah runtuh. Setidaknya lebih dari 20 tahun sudah berlalu dan hanya sedikit orang yang tahu tentang benda ini. Rahasianya nyaris terkubur oleh makin sedikitnya pendekar tua yang terlibat di dalamnya.

Nama tokoh utama kita adalah Zhou Fei, atau panggilannya adalah A Fei. A Fei adalah putri tunggal Jenderal Zhou Yi Tang dan Li Jin Rong, pemimpin Klan/Padepokan/Desa 48. Saya agak bingung menerjemahkan yang pas. Yang jelas, versi novelnya diberi nama Desa 48, versi terjemahan drama serinya adalah Klan 48. Ada yang menerjemahkan Klan 48 sebagai gabungan dari 48 perguruan dalam sebuah desa. Mungkin perlu baca novel aslinya berjudul Bandits.

Kisah A Fei sebagai murid sekaligus putri dari pemimpin klan akan digambarkan dalam beberapa episode, termasuk didikan keras ibunya. 

Akhirnya A Fei lulus ujian dan berhak keluar padepokan untuk mencari pengalaman. Ia turun bersama Nyonya Song dan Li Seng untuk menolong 2 anak Jenderal Wu dan membawanya ke padepokan. Misi ini gagal total. Nyonya Song meninggal, Li Seng terpisah dan ditolong ketua Akademi Qi (enaknya disebut Perguruan Qi), dan A Fei sendiri mengalami banyak sekali bahaya yang mengancam jiwanya. Ia hanya bisa menyelamatkan 1 putri sang jenderal dan membawanya menemui laksaan bahaya, dan perjalanan mereka ditemani oleh Xi Yun.

Laksaan jadi terkesan lebay… tapi saya malas menghitung berapa kali mereka hampir meninggal. Hihi.

Xi Yun adalah tokoh utama pria kita yang akan menjadi pasangan A Fei. Latar belakang Xi Yun tidak sederhana. Dia pewaris sah gelang Haitian dan tahta kerajaan yang sudah digulingkan. Baginya, gelang itu adalah kewajiban sekaligus kutukan. Dia sudah lama menyerah namun akhirnya harus berhadapan dengan masa lalunya itu karena jatuh cinta pada A Fei.

Perjalanan mereka diwarnai banyak pertarungan dengan musuh. Sering kali berakhir dengan pedang A Fei patah jadi dua. Reputasi A Fei meningkat secara perlahan dari murid kecil sampai menjadi master. Beberapa kali ia dipaksa belajar ilmu silat baru demi menyelamatkan diri. Dia memiliki dasar ilmu pedang tangguh dari keluarganya. Reputasi abadi sang kakek adalah sebagai Pendekar Selatan. 

Oleh karena keadaan, ia dipaksa memiliki energi kurong yang sama terkenalnya, serta formasi dari Perguruan Qi. Pada bahaya yang lain, ia terpaksa menguasai ilmu pedang utara yang reputasinya juga sangat baik. Begitulah A Fei, secara perlahan meningkatkan kemampuannya. Dia berhasil menyamai kemampuan ibunya sendiri, dan membasmi desa penjahat (Di Sha) yang mempunyai banyak master setingkat ibunya, sehingga namanya melegenda. 


Hmm... tapi fei sendiri artinya bandit, kalau tidak salah. Jadi... legenda bandit atau legenda A Fei, nih?


Sinopsis lengkap dan penjelasan

Sekarang sinopsis Legend of Fei versi lengkapnya….. Tentunya boleh skip dan langsung ke review lengkapnya. 

Zhou Fei atau A Fei (Zanilia Zhao) dididik dengan sangat keras oleh ibunya. Saking kerasnya, hukuman dan pukulan sudah jadi makanan harian. Hanya ayahnya yang selalu berhasil membujuk agar hukuman dihentikan. Sialnya, A fei punya sepupu sembrono bernama Li Sheng yang kerap membuatnya dihukum. Mereka saudara yang sering bertengkar sehingga membuat drama sendiri di ceritanya.

Meski tampak seperti penjara, namun padepokan ini sangat aman melindunginya.

Cita-cita A Fei adalah bisa segera keluar dari padepokan dan berkelana di luar. Pastinya ia bosan dihukum. Tapi benteng pertahanan klan ini sangat kuat dan tidak dapat ditembus. Hanya bisa keluar dengan terhormat, yaitu lulus ujian dan mendapatkan tugas keluar atau malah ditugaskan di luar seumur hidup.



Tentu saja, A Fei sudah berkali-kali mencoba memecahkan formasi benteng di klannya sendiri dengan risiko putus badan oleh formasi benang qian ji di sungai Ximo. Benang qian ji setajam pedang, sangat samar terlihat, bisa memutus badan seseorang, dan formasinya sangat rumit. Kehebatan formasi ini ditunjukkan beberapa kali di sepanjang drama dengan 45 episode ini. 

Pusat formasi qian ji berada di Pavilyun Jiangxin, rumah tinggal Tetua Le. Tetua Le adalah ketua Ming Feng, sebuah organisasi mata-mata terhebat di dunia. Ia sudah pensiun tak dapat lagi hidup jauh dari air sejak minum penangkal racun lopseed. Efek jangka panjangnya adalah dehidrasi kronis. Li Yan menyebutnya sebagai monster lele karena memang Tetua Le tak bisa jauh dari sumber air.

Ada satu kenangan masa kecil, ia pernah sekali berada di luar tembok klan yang terjaga ketat itu. Ia ditangkap oleh Klan Penjahat dan gelangnya direbut. Gelang ini adalah salah satu alat untuk membuka gelang Haitian.

A Fei kecil diselamatkan oleh ayah Li Sheng (yang saat itu menjadi ketua Klan 48) dan akhirnya meninggal dunia. Mungkin ini juga yang membuat ibunya A Fei sangat keras dalam menghukum putrinya, bahkan untuk kesalahan Li Sheng. 

Tentu, ini kesimpulan di permukaan. Karena jika dipahami benar, posisi sebagai pemersatu padepokan besar yang membawahi banyak perguruan besar tidaklah sulit. Jika ada perguruan yang kecewa dan memutuskan keluar dari aliansi, bisa jadi sangat berbahaya. Mereka sudah berbaur selama 20 tahun di sana. 


Syahdan, tiba-tiba ada penyusup masuk. Namanya Xie Yun (diperankan oleh Wang Yi Bo). Ia menyampaikan pesan dari seorang jenderal bahwa Gantang (ayah A Fei) mewarisi pasukannya. Gantang sudah cukup lama mempertimbangkan untuk mengakhiri pengasingannya di Klan 48 karena tugas militernya. Kesediaan Gantang turun gunung untuk memimpin pemberontak membuat ibu-anak sedih. Xie Yun sebagai penyampai pesan mendapati dirinya merasa bersalah dan diam-diam melindungi A Fei. Seperti biasa, ia pun jatuh cinta padanya.

Xi Yun adalah cucu kaisar yang berhasil dikalahkan. Kekaisaran Xiao berakhir pada kakeknya tersebut, karena dikalahkan oleh Kaisar Chen. Ayah dan keluarga Xi Yun sudah lama meninggal, saat dirinya masih berusia 1 tahun. Dia berhasil disembunyikan di Pulau Penglai oleh para pengikut setia kerajaannya. Nantinya akan diceritakan bagaimana (mantan) kaisar muda itu pernah menjadi pemimpin untuk merebut kerajaannya kembali lalu terkena racun lopseed, racun terhebat di dunia yang membuatnya tak lagi boleh menggunakan tenaga dalam seumur hidup. Racun ini menjadi kutukan sekaligus berkah baginya, karena ia jadi kebal semua jenis racun.

Xi Yun setia menemani A Fei dan sering menolongnya. Banyak adegan kocak dan bikin gemes. Drama jadi lebih cair dan terasa ringan. Lumayan menghibur.


Dalam perjalanan mengarungi dunia jianghu, mereka sering bertemu bahaya dan A Fei harus menguasai jurus tertentu dari padepokan lainnya. Perlahan A Fei menjadi kuat dan akhirnya berhasil mengalahkan musuhnya,
 yang merupakan master tingkat 1: Shen Tianshu. 

Dalam tubuh A Fei beberapa jenis silat berbenturan saling mendominasi. Satu-satunya cara adalah membuat semuanya terkendali dengan menyatukannya. Pada akhirnya A Fei jadi pesilat nomor 1 pastinya, karena ia mampu belajar dengan super cepat, dan berkali-kali diangkat murid tetua persilatan untuk menyelamatkan diri.

Perjalanan karier A Fei sebagai pendekar diwarnai oleh dua hal yang sangat khas, yaitu patah pedang dan perebutan gelang Haitian. Saya menyebutnya pendekar yang pedangnya selalu patah. Sepanjang konflik selalu diselingi patahnya pedang yang ia pakai, sehingga Xi Yun dengan bercanda menyatakan akan membuatkan sarung pedang bercabang banyak agar A Fei selalu punya stok pedang selama pertarungan. 



Sebenarnya ada penjelasan logis dari pedang yang patah ini, yaitu terkuburnya rahasia teknik membuat pedang bernama teknik soutie dalam gelang Haitian. Itu salah satu alasan mengapa pemilik gelang misterius ini akan menjadi penguasa dunia, karena bisa membuat pasukan perang yang tak tertandingi. Selain teknik rahasia pembuatan senjata, juga ilmu pengobatan sekelas dewa serta harta karun yang melimpah ruah.

Bagaimana ending-nya Legend of Fei? Ahai…silakan tonton sendiri dan bersiaplah untuk baper.


Review Legend of Fei

Sekilas tentang A Fei dan legendanya

A Fei sangat cepat menguasai ilmu silat baru, namun punya watak keras kepala dan gigih. Watak ini sama seperti ibunya, makanya sang ibu menjadi sangat keras padanya. Entah berapa kali ia dicambuk oleh kesalahan yang dilakukan sengaja atau tanpa sengaja. Kelak akan dipahami alasan sang ibu adalah karena ia tak ingin sejarah hidupnya terjadi pada A Fei.  Kisah masa muda Li Jinrong sehingga ia sangat disegani, bahkan oleh jenderal besar, dibuatkan sebuah film sendiri. Film lepas, ya, bukan drama seri seperti Legend of Fei. Kalau tidak salah judulnya sama, Legend of Fei (the movie) juga.

A Fei adalah keturunan dari Pendekar Pedang Selatan yang meninggal 20 tahun sebelumnya. Gelar ini tak bisa diteruskan oleh ibunya, padahal ia menjadi pendekar kelas satu. Penjelasan tentang level-level pendekar ini ada di salah satu episode. 

Tampaknya A Fei mewarisi watak keras kepala ibunya (Nyonya Besar/Li Jin Rong). Ini tampak dari sikap tegas sang ibu yang tak segan menghukum keras putri semata wayangnya itu. Belakangan saya paham bahwa ternyata sikap sang ibu itu diambil untuk memuaskan semua penghuni Padepokan 48. Jumlahnya ribuan, dengan sejumlah perguruan (akademi) lain dan para tetua. Padepokan yang satu ini memang semacam pelindung bagi bermacam-macam akademi, karena tak mau ikut campur dengan kerajaan. 


Klan 48 atau Padepokan 48

Klan 48 atau saya menyebutnya Padepokan 48 merupakan sebuah tempat berkumpulnya beberapa perguruan silat yang mempunyai satu visi, yaitu menjauhi intrik kerajaan. Masa itu memang masa pergantian dinasti, dan dunia jianghu terbagi menjadi 3: membela kerajaan di utara, membela kerajaan di selatan, dan pilihan ketiga adalah netral. Bagi kerajaan yang berkuasa, padepokan ini disebut sebagai desa bandit. Desa ini memang dibuat oleh Li Feng berdasarkan dekrit kerajaan yang telah runtuh, untuk melindungi rahasia kerajaan tersebut.

Sebagian besar perguruan yang netral bergabung di klan ini, 20 tahun yang lalu. Pendirinya adalah Li Zheng, sementara pemimpin saat ini adalah putrinya, Jin Rong. Suami Jin Rong adalah jenderal besar dari Pasukan Perdamaian namun tak punya ilmu silat. Tubuhnya lemah, namun sangat ditakuti. 

Klan 48 berada di sebuah Gunung Shushan dengan benteng pertahanan yang sangat kuat. Bukan hanya alam akan tetapi juga formasi yang mematikan. Setidaknya banyak yang gagal atau jerih menyerang. Pertahanan paling mudah adalah sungai Ximo, namun hanya master ginggong yang bisa melewatinya.


Adu pedang yang indah

Perjalanan A Fei menjadi pendekar dimulai dari saat ia menjadi murid di padepokannya serta bagaimana ia berlatih agar lulus ujian dan berhak turun gunung. Ketika berkelana di dunia jianghu, ia berkali-kali menghadang bahaya. Tak ada jalan lain kecuali upgrade ilmu silat baru. Ia mendapatkan jurus-jurus pamungkas dari para pendekar kelas atas dalam waktu singkat, demi menyelamatkan diri. Para master memberikan ilmu pamungkas dalam waktu singkat sebelum meninggal. Bisa ditebak, meski menguasai, tapi tidak mendalami. Meski demikian, ia bisa dikatakan sebagai pendekar tanpa tanding. 

Satu yang memesona dari drama ini adalah keindahan gerak tubuh pemainnya. Skornya menurut saya harus 100 di antara 100. Ciamik tenan, dan puas ditonton. Sepanjang drama memang banyak adegan adu pedang nan indah dan luwes. Mereka seperti penari yang wasis memainkan tariannya. Harus tonton. Percayalah, sangat layak menghabiskan 45 episode kali 45 menit. 


Zanilia Zhao dan kualitas

Alasan lain mengapa harus ditonton adalah pemerannya. Zanilia Zhao. Ia aktris kawakan yang cantik-imut, dan nyaris tidak mau pakai stuntman. Semua adegan dilakukan sendiri. Dikabarkan, pada drama Princess Agent, ia sering mengalami luka cukup serius bahkan sapai patah tulang saat melakukan adegan berbahaya. Sayang sekali drama terbaik versi saya ini mungkin tidak akan dibuatkan versi keduanya. Jadi bagi yang penasaran seperti saya hanya bisa membaca versi novelnya. 

Nama Cinanya Zhao Li Ying. Sederet film dan drama yang sukses besar ia mainkan. Debutnya kalau tidak salah sebagai Lin Shan Shan di drama Century Endless Love (2007). Yang paling membuat saya jatuh hati adalah perannya sebagai Xing Er di Princess Agents (2017), saat menjadi Bi Yao di Legend of Chusen (Noble Aspiration) season I dan season II. Ketiga drama ini sering saya sebutkan di artikel sinopsis dan review drama Cina dan salah satu most wanted drama yang penontonnya setia menanti.

Ada isu bahwa Princess Agents tidak akan dibuatkan season keduanya, sementara Legend of Chusen III sudah teken kontrak syuting sejak tahun 2017 namun tak ada kabar berita lagi. Padahal kalau lihat jadwal, rencananya bulan Maret tahun ini. Saya meragukannya karena spoiler pun tak ada, apalagi trailer. Ternyata peraih nomor empat untuk 100 Forbes China Celebrity tahun 2017 ini menikah tahun 2018 dan baru main film lagi setelah melahirkan. Ia mulai syuting tahun September 2019 dan berhenti sebentar pada 2020 karena Covid-19.

Drama lainnya yang saya masih sangat suka adalah Boss & Me (2014), The Journey of Flower (2015), The Legend of Zu (2015) dan Our Glamorous Time (2018). Setidaknya saya bisa menonton lebih dari 2x, padahal episodenya sangat panjang-panjang. 


Wang Yibo dan Xi Yun

Pemeran kedua yang membuat drama Legend of Fei layak tonton adalah kehadiran Wang Yi Bo sebagai pemeran utama laki-laki. Si ganteng imut yang menghipnotis di drama The Untamed ini benar-benar bikin mata melek. Saya melihatnya sebagai peri yang lahir ke dunia di drama ini. Setelah tampilan bak peri di drama yang barusan saya sebutkan ini, perannya selalu dinanti. Saking suksesnya sampai ada The Untamed Spesial Edition.

Yi Bo sangat terkenal di Cina dan Korea. Ia personel grup band UNIQ (2014-2017) dari Korea saat sekolah SMA di Negeri Gingseng itu. Salah satu hits-nya adalah Falling in Love. Yi Bo kemudian menjadi aktor, penari, penyanyi dan TV host di Cina, dan meniti karier sebagai pembalap motorprofesional juga. Tahun 2020 ini ia menjadi Top Celebrity ke-9 versi Forbes Cina. 

Kualitas Yi Bo sebagai penyanyi dapat dibuktikan dari penjualan single albumnya “My Rules” yang dalam waktu 10 menit telah didonlot 7 juta kali dengan pendapatan 21 juta yuan. Ia melampaui rekor pribadinya sebagai the fastest selling digital single di NetEase Music dengan penjualan 30 juta yuan dari 10 juta kopi dari single tersebut dalam waktu 2 jam 20 menit. Di Billboard internasional, My Rules nangkring selama 4 minggu di rangking ke-14. 


Penjelasan karakter Xi Yun

Wang Yi Bo di Legend of Fei berperan sebagai Xie Yun, si anak kaisar yang digulingkan. Nama lahirnya adalah Xiao Cuan, cucu dari Kaisar Xiao. Dia diberi nama Anzhi oleh gurunya, menggunakan nama Qian Suiyou saat menyamar sebagai kakek tua renta ahli sastra untuk mencari uang, dan menggunakan nama sehari-hari sebagai Xi Yun. 

Ia mencandai A Fei ketika mengaku bernama Xiao Meimei yang artinya Xiao si sial. Ada benarnya juga, siapapun yang bersamanya bisa mengalami kesialan karena dia selalu diburu penjahat. Statusnya sebagai pewaris tunggal gelang Haitian membuatnya tidak bisa hidup tenang. Cita-citanya adalah hidup tenang menjauhi keriuhan dunia jianghu.


Racun Lopseed

Xi Yun punya ilmu meringankan tubuh yang sangat baik. “Ahli melarikan diri”, seloroh A Fei, dan mungkin itu ada benarnya. Ilmu meringankan tubuhnya menjadi andalan dalam menyelamatkan nyawanya yang hanya selembar. Padahal ia punya jurus andalan Tinju Taiyun. Ilmunya disegel demi hidupnya. 

Penyebabnya adalah, ia terkena racun paling unik di dunia, yaitu racun daun lopseed. Racun Xi Yun ini punya karakter unik sebagai raja diraja seluruh racun di dunia. Terkena racun ini berarti tidak mempan racun jenis apapun. Salah satu obatnya membuat pasien tidak boleh lagi hidup jauh dari air yang melimpah, seumur hidupnya. Ia akan selalu dehidrasi dengan sangat cepat dan tak ada obat pencegahnya. Makanya Xi Yun tidak mau minum obat tersebut.

Guru Xi Yun menyegel racun dengan seluruh tenaga dalam miliknya sehingga menjadi keduanya manusia biasa kembali, tanpa ilmu silat. Yang tersisa hanya ilmu ginggong atau meringankan tubuh yang hebat. 


Drama Wuxia

Sekilas…. Drama Cina Legend of Fei ini mirip jenis Xianxia yang menitikberatkan pada kebaikan dan kejahatan; kelompok yang jahat akan jahatnya tiada terkira sampai baju pun selalu pakai baju malam yang serba gelap. Intinya, kelompok yang ini tidak ada baik-baiknya. Jahat sampai ke nadinya. Mereka bersatu di Desa Penjahat (Di Sha), di bawah pimpinan Shen Tiansu.

Jangan terkecoh, ini drama wuxia dengan gerak silat yang ciamik tenin. Tenin itu dialek Jepara yang berasal dari kata tenan (banget/benar). 


Gelang Haitian

Gelang Haitian sudah lama jadi mitos. Sangat sedikit yang tahu, dan biasanya para tetua. Pada episode ke-2, Jin Rong masih belum tahu mengapa padepokan yang ia pimpin dilindungi dengan sangat kuat sampai tak bisa ditembus oleh gabungan Di Sha dan pasukan kerajaan. 

Ternyata di padepokan tersebut telah ada 3 benda yang bisa membuka rahasia gelang Haitian. Masih kurang cap riak air, token milik Chu Chu, sarung pedang dan cambuk milik ketua Perguruan Qi. Jika 6 benda itu disatukan di formasi gelang Haitian, maka harta karunnya akan terbuka. Siapapun pemiliknya akan jadi pemimpin dunia. Saya sudah menjelaskan di atas.


Setting waktu Legend of Fei

Kapan setting waktu Legend of Fei? Bisa menebak?

Legend of Fei berlatar Dinasti Nanbei alias Dinasti Utara-Selatan. Dinasti ini berlangsung pada tahun 420-589 masehi. Pada masa ini, Dinasti Jin runtuh, sisa penerusnya terdesak ke Selatan, sedangkan dinasti yang berkuasa adalah Wei Utara. Kota Jiangkang sering disebut, merupakan ibukota kerajaan saat itu. Kota ini dulu menjadi ibukota bagi kerajaan Wu Timur(229-280), Dinasti Jin Timur (317-420), Dinasti Nanbei (latar waktu Legend of Fei), dan sekarang bernana kota Nanjing. Reruntuhan kota ini bisa ditemukan di Nanjing. 

Apakah itu berarti Xi Yun atau Xiao Cuan benar-benar ada? Saya lebih meyakini ini sebagai fiksi yang berlatar sejarah saja, bukan cerita dokumenter sebuah kerajaan yang memang pernah ada. 


Adaptasi novel berjudul Bandits

Legend of Fei adalah adaptasi dari novel karya Priest, seorang perempuan penulis novel online yang terkenal di tahun-tahun belakangan ini, sejak munculnya situs novel berbasis web. Novel ini berjudul "Bandits" dan diadaptasi menjadi You Fei atau Legend of Fei pada tahun 2020.

Kata bandit dalam bahasa Cina adalah fei, makanya Legend of Fei juga diterjemahkan sebagai legenda bandit. Agak membingungkan, ya? Tapi lebih membingungkan (bagi saya) saat mencari siapa sebenarnya Priest ini. Jejaknya agak sulit dicari, dan Priest sendiri adalah nama samaran. 


Kesan setelah menonton

Drama Legend of Fei punya pesona sendiri bagi saya, yaitu cerita yang tak biasa dan adu silat yang memesona. Saya selalu tak sabar menanti episode barunya. Namun saya tetap merasa kalau jumlah episode 45 terlalu panjang. Ada beberapa adegan yang tidak penting dan bikin pengen skip

Kemistri dua pemain utama sangat bagus. Sangat menghibur. 

Bukan karena keduanya elok dipandang dan kalau saya katakan mereka punya kemistri bagus. Keduanya memang saling menolong dengan pesona mereka masing-masing. Banyak adegan romantis yang bikin gemes. Juga adegan komedi yang bikin penonton sulit menahan tawa. Fei si saklek vs Xi Yun yang usil bin cerdas. 

Karakter Li Yan, Yang Jin dan Ying He Cong juga kocak dan sangat membantu. Tapi saya tidak suka perpaduan antara Li Shen dan Chu Chu. Hambar. 

Penggambaran Klan 48, saya sangat suka. Bagus. Seperti drama kolosal Cina lainnya, rumah yang ditempati sangat inspiratif. Saya jadi berandai punya sebuah resort dengan konsep seperti rumah/pavilyun di Padepokan 48. Asli sangat menarik. Pakaian A Fei dan Xi Yun bisa jadi inspirasi baju lebaran 2021. Hehehe.

Menonton ini bisa jadi refreshing juga karena ringan dan mudah dicerna. 


7 Komentar

  1. jadi pingin downloa weTV biar gak penasaran..

    BalasHapus
  2. Waaa, makin keren aja niihh tayangan2 di WeTV
    ini bisa banget jadi tontonan akhir pekan
    atau kalo lagi gabut, cuss ke WeTV
    cerita dan plotnya menarik, karakternya juga cihuy banget!

    BalasHapus
  3. Wah dari novel ternyata ya?
    Aku dah lama gak nonton drama Cina, sekarang kyknya visualnya makin kece aja ya mbak :D
    Yg ku sukai tu ada beladirinya gtu menarik buat diikuti kalau drama2 gini

    BalasHapus
  4. Kisah cina dari dulu memang terkenal dengan adu pedang yang indah dan pakaian2 yang sopan, apalagi kalo kisah2 legenda

    BalasHapus
  5. Wihh lengkap banget Mbak reviewnya.. ada adu pedang yang indah, ya. Saya kalau nonton perang juga lebih suka yang pake pedang, hehe.
    Btw tokoh utamanya udah berpengalaman banget ya..jadi kayanya beneran bagus nih :)

    BalasHapus
  6. Baca ini jadi inget dah lama banget aku ga nonton drama China nih. Btw di WeTV lengkap banget ya kak drama china nya? Jadi pengen download deh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)