Makan Ramen Mi BonCabe yang Enaknya Endolita

Sudah lama tidak makan ramen. Masa pandemi ini ya Allah mager-nya enggak ketulungan. Nyaris tidak keluar kecuali sangat penting dan butuh. Untung saja ada ramen pedas level 30 dari Mi BonCabe. Pedas, nikmat, dan endolita rasanya.


Yah, begitulah dampak pandemi yang cukup menetap bagi saya, yaitu sulit diajak keluar rumah. Tapi kalau memang harus keluar ya tetap saja dilakukan, dong. Tapi makan di luar diubah jadi pesan antar ke rumah. Bagaimana dengan sobat Susindra di sana? 


Mi ramen dan sejarahnya

Entah kenapa kalau membayangkan mi ramen pasti merah membara dan rasanya pedas. Sudah menancap seperti itu. Padahal aslinya, cabe itu hanya komplimen alias tambahan saja. 

Kita semua pasti tahu dong, kalau ramen itu dari Jepang. Dan makanan ini menjadi sangat lekat diingatan karena Naruto. Seri animasi dari Jepang yang menemani tumbuh kembang anak generasi y dan z sampai sekarang. Anak saya dua-duanya anak gen z yang masih mengulang-ulang seri ini tanpa bosan.

sejarah ramen


Kalau bicara sejarahnya, aslinya adopsian dari Cina. Pada masa Dinasti Ming ada seorang ilmuwan Konghucu yang diasingkan di Jepang. Ia menghidangkan mi ramen kepada Tokugawa Mitsukuni. Sejak saat itu si pencicip menjadi salah penyebar pertama ke seluruh Jepang, selain dari kawasan pemukiman keturunan Tionghoa di Kobe dan Yokohama. 

Mi ramen menyebar dengan cepat ke seluruh Jepang. Masing-masing mi ramen punya citarasa sesuai dengan lokalitas kota. Ada satu kesamaan, yaitu bahan pengenyal yang disebut kansui. Secara harfiah kansui artinya air dari Danau Kan. Danau ini merupakan danau air asin di Tiongkok yang menjadi bahan alami pengeyal mi. Oleh karena jauh, maka kansui dibuat dari bahan pengganti kimiawi. 

Tahun 1980, untuk memperbaiki perekonomian masyarakat, mi ramen digarap dengan maksimal sebagai media promosi. Mi ramen dikomersialkan sedemikian rupa. Beberapa kota mempunyai citarasa ramen yang khas sehingga bisa menjadi media promosi pariwisata. Mi ramen jadi kuliner khas Jepang.

Saya ingat pernah menonton variety show tentang promosi ramen di berbagai kota, dan acara ini sangat sering diputar ulang di televisi Indonesia. Sepuluh tahun kemudian saya mendapati anak sedang asyik menonton tayangan yang sama dan langsung meminta dibelikan mi ramen….


Kenalan sama Mi BonCabe, yuk

Kalau ingin makan mi ramen yang enak dan praktis, saya punya rekomendasinya. Bisa dimakan kapan saja di mana saja. Pengen makan mi ramen di puncak gunung juga bisa. Anggap saja sedang traktir teman-teman makan ramen di puncak gunung. 



Mi ramen yang saya rekomendasikan ini merupakan perpaduan mi yang kenyal dan BonCabe yang pedas enak. Semuanya bersatu jadi mi yang lezat sekali. Sudah tahu namanya? Yuhui, namanya Mi BonCabe yang versi kuahnya.

Untuk yang belum tahu, nih, BonCabe itu produknya enggak cuma BonCabe yang disukai oleh sejuta umat itu, tapi juga ada produk berupa mi dan makaroni. Semuanya enak sekali dan berciri khas yang sama.

Anak-anak saya sangat suka pada Snack BonCabe Makaroni Krispi. Bisa jadi camilan keluarga sesekali agar tidak itu-itu saja. Jadi kalau mau cari camilan ringan berempah dan ada pedasnya, langsung ingat ini aja.



Untuk Mi BonCabe, ada dua versi yaitu goreng dan kuah. Versi gorengnya enak, pedas, mi kenyal, dan ada taburan BonCabe-nya. Bumbunya berbentuk pasta sehingga lebih sehat. Mi BonCabe kuah tak kalah enaknya. Yang versi kuah ini yang saya ulas. Mumpung punya fotonya.


Kelebihan Mi BonCabe

Mi BonCabe bisa jadi andalan keluarga yang suka makan mi atau suka makan ramen. Rasanya enak di lidah. Lebih sehat juga. 

 


Berikut daftar kelebihannya:

1. Mie pedas 

2. Mie kenyal

3. Mie diproses dengan oven, jadi lebih sehat.

4. Berbahan natural

5. Tanpa pengawet

6. Tanpa pewarna buatan

7. Bumbu liquid lebih fresh

8. Bumbu mudah bercampur dengan mi


Bisa jadi alasan untuk sering makan mi, nih. Apalagi mudah ditemukan di warung dekat rumah. Di toko berakhiran –mart dan -maret juga ada. Andalan kita kalau belanja, kan? Cari di bagian mi saja, pasti ketemu. Biasanya di bagian atas.


Mi BonCabe rasa Ramen Pedas Level 30

Kami keluarga yang sangat suka pedas, tapi kalau makan di warung ramen selalu pesan yang versi moderat saja. Kadang kala pesan yang level pedasnya dua kali dari biasanya. Yah, karena kalau tambah level pedas juga tambah harganya. Itu kalau di sini, mungkin di kota lainnya beda.

Asyiknya makan mi ramen dari Mi BonCabe itu, level 30-nya masih murce. Masih 5 ribuan. Masak dua juga baru 10 ribuan. Hihihi. Emak-emak perhitungan karena sekali keluar itu berlima dan saya satu-satunya perempun. Dua anak saya sudah joko alias sudah remaja. Makannya banyak.

 


Mi kuah dari BonCabe yang versi ramen itu enak banget. Mie-nya sudah pedas tapi masih ada cabe di bumbunya dan taburan koya khas BonCabe pula. Tekstur mi kenyal seperti makan ramen. 

Cara memasaknya mudah banget:

  1. Rebus Mi BonCabe selama 3-4 menit saja. Atau bolehlah sesuai selera
  2. Tuang bumbu ke dalam mangkuk sambil menunggu mi matang
  3. Tuang mi beserta air rebusan ke dalam mangkuk. Tak perlu mengganti air.
  4. Aduk rata semuanya
  5. Ketika akan dimakan, taburi dengan koya BonCabe


Air yang digunakan untuk merebus tak perlu dibuang, ya. Dijadikan kuah saja, lebih enak….


Eeeenak banget! Satu bungkus sudah kenyang kalau saya. Suami habis dua. Mi BonCabe level 30 pedasnya sudah lumayan banget, bahkan untuk penyuka pedas. 

Lihat merahnya kuah. Sangat menggoda, kan? Ayo ke minimart dekat rumah, borong dan masak Mi BonCabe-nya. Endes-nya sampai jadi endolita saking enaknya.



38 Komentar

  1. Hemm mie jadi makanan favorit buat disantap saat musim hujan begini apalagi kalau pedasnya nampol bisa menghangatkan tubuh. Mantap ini ramen mi boncabe, perpaduan yang sempurna buat pecinta ramen dan pedas apalagi pecinta mi, hehe.

    BalasHapus
  2. Wah, ini sih anak saya yang suka. Penyuka rame & pedas. Ibunya bagian icip2 aja kalau dia bikin.

    BalasHapus
  3. Mie boncabe ini kesukaanku mbak. Pedesnya mantap banget, nampol di lidah Dan rasanya itu enak banget mie nya. Jadi langganan beli nih kalau ke minimart

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh saya jd pengen. jujur saya sebelumnya sama sekali gak mau pedas. tapi gegara ada boncabe di dapyr lalu pengen coba dan ternyata pedasnya enak gurih gitu. jadi pengen coba mi nya juga deh

      Hapus
  4. Akhirnya hadir juga Mie asli dari boncabe. Aku termasuk yang sering pake boncabe buat taburan mie, maklor sampe seblak. Soalnya tanpa boncabe rasanya tuh kurang greget. Kudu nyicip nih, besok cari ah di warung

    BalasHapus
  5. Karena namanya mie ramen jadi menarik untuk dicoba. Tapi menurut saya mungkin komposisinya hampir atau mungkin sama seperti mie instan di Indonesia yang pastinya nikmat banget. Sayang sekali saya udah gak makan mie instan sejak lama.

    BalasHapus
  6. Dilihat dari picture nya sudah sangat menggiurkan nih.. apalagi sampai mencoba nya..sudah tentu bikin ketagihan

    BalasHapus
  7. Sebagai penggemar mie kelas berat banget, saya wajib ny..obain nih mi ramen boncabe. Apalagi mie nya kenyal dan pedas, hmmmmm jadi nambah selera makan nih..

    BalasHapus
  8. Ramen memang jadi makanan favorit nih. Apalagi ditambah boncabe jadi makin endolita endolita apaan ini. Jadi pengen ngerasain nih. Hehe ..

    BalasHapus
  9. Duh, jadi pengen bikin mie jam segini. Tapi enggk punya mi boncabe. besok coba beli ah, pengen ngerasain mie pedes ini, hehe.

    BalasHapus
  10. wah gimana tuh rasanya? pedes banget ya mbak??? tapi klo makan makanan pedes apalagi mie, rasanya kepengen nambaaaaaaaaaah trs deh

    BalasHapus
  11. duh mie bon cabe kaya ramyun korea gitu ya mbak. sedep banget lihatnya tapi pedasnya kayanya aku ga sanggup pakai semua minyaknya mbak

    BalasHapus
  12. Saya jarang makan ramen, Mbak. Soalnya tidak kuat pedas. Beli makanan, maksimal cabe 1 hahaha. begitu juga kalau buat ramen instan, paling sedikit saja cabenya.
    Dan ini saya jadi penasaran pengin coba ramin mi boncabe. Tapi tetap takaran level 1 saja hehehe.

    BalasHapus
  13. Kalo saya belum pernah nyoba yang Boncabe ini. Nggak kuat pedas soalnya. Padahal ya pengen juga sesekali makan sih. Apalagi lihat postingan ini duh...jadi pengen

    BalasHapus
  14. Waduuduuu level 30? Nyerah deh akuh. Batuk kalau terlalu pedas. Tapi kenyalnya bikin penasaran nih. Boleh kali ya dikurangi level pedasnya...wkwkwk...

    BalasHapus
  15. duuh jadi ngiler lihatnya nih Mbak, pedasnya menggoda banget nih.
    jadi sekarang Boncabe juga ada ramennya ya :)

    BalasHapus
  16. Duh pedes g ya, paling bumbunya g dipake semua klo aku hehe

    BalasHapus
  17. saya juga suka makan mi pedas mba, rasanya enak memang endolita apalagi pedas, wah cocok banet buat orang Sunda yang hobby makan pedas

    BalasHapus
  18. Uhuyy, nikmat nih sepertinya Mi BonCabe, penampakannya yang menggugah, jadi mau coba menyicipinya langsung

    BalasHapus
  19. Lho boncabe ada mie ramennya nih sekarang. Enak banget buat nemenin pas hujan sambil ngedrakor. Ngga sabar ih mau nyobain.

    BalasHapus
  20. Sering lihat di minimarket dan pernah coba juga. Emang pedeees. Cocok deh buat penyuka pedas. Jadi pengen masak mie juga.

    BalasHapus
  21. aku belom cobain nih yang versi ramen pedas. baru yang versi mie boncabe biasa.. dan ingin aku mengajukan protes karena porsinya kecil banget wkwk gak puasss

    BalasHapus
  22. ya ampun seuhah banget deh itu lihat mie ramennya.. aku belum pernah nyobain nih, nih ramen lokal harganya terjangkau juga kan mbak?

    BalasHapus
  23. Duh aku mau cobain mie ini takut ngga kuat nanggung pedesnyaa mba hiks. Masih bisa kuat ga yaa, sbenernya juga penasaran sih sampai mana pedesnya wwkwkwkwkw

    BalasHapus
  24. Yang pedes selalu bikin bersemangat untuk makan. Kebayang deh nikmatnya seperti apa, Pasti bikin makin bergairah untuk menghirup kuahnya.

    BalasHapus
  25. I LOVE RAMEEENNN, baca artikel ini jadi pengen makan ramen lagi. Hahaha, apalagi ditambah boncabe yang pedasnya aduhaaayyyy

    BalasHapus
  26. gak kebayang deh ini nyampe level 30 segimana pedesnya, aku gak kuat tapi pensaran sama rasanya. bon cabe itu emang pedes tapi gurih, bikin nagih

    BalasHapus
  27. wah baru tau sekarang ada mie nya juga, waaaa wajib banget nyobain nih, belum liat kayanya di alfa atau indo hehe

    BalasHapus
  28. wah jadi pengin coba. Saya suka mie yang pedas-pedas gini, mbak.

    BalasHapus
  29. Mie Boncabe enak dan kenyal, kesukaan keluargaku mba. Hmmm nikmat banget...Jadi pengen nih...

    BalasHapus
  30. Yummii banget kak Susii..
    Ini enak banget dimakan pas hujan atau pas malam-malam kelaparan.
    Pedasnya sampai gak ada saingannya yaa...Mi BonCabe level 30.

    BalasHapus
  31. Saya pernah nyobain nih mi bon cabe yang ini Mbak Susi,, wuihh pedeees,,, gak perlu tambahan cabe tabur lg, tp anak sy tahan banget pedesnya,, ditambahin lg sm cabe tabur bon cabe hihi. Makasih atas info Kansui-nya ya Mbak, jadi ngerti.

    BalasHapus
  32. Memang paling enak ya kalau makan Ramen pedas apalagi ada BonCabe
    Saya belum coba jadi penasaran

    BalasHapus
  33. Hikss cuma bisa liat gambar nya doang, belum berani makan pedes saat ini, smga aq lekas pulih dn bisa cobain mie level pedasnya

    BalasHapus
  34. sy nyerah duluan deh kalau pedes seperti itu, perutnya ga tahan meskipun mulutnya suka hehehe, jadi sering diolokin temen-temen gara-gara sy ga tahan pedes

    BalasHapus
  35. Mie nya lebih sehat karena diproses melalui oven ya Mbak, noted. Jadi kepikiran mie-mie yang dikonsumsi selama ini, gimana proses pembuatannya ya,, sesehat mi Bon Cabe ini juga kah,, nice info Mbak, matur nuwun

    BalasHapus
  36. Saya paling doyan dengan ramen mi boncabe ini. Rasanya yang enak dan pedasnya itu nampol banget..

    BalasHapus
  37. Aku gak kuat sama pedesnya mie boncabe ini mbak. Ampun ampun wes. Satu aja udah pedes banget. Gak kuat. Tapi enak sih, jadi bikin nagih. Hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)